Featured Post

#BukaInspirasi di Era Revolusi Industri 4.0

#BukaInspirasi di Era Revolusi Industri 4.0

buka inspirasi di era revolusi industri 4.0

#BukaInspirasi di Era Revolusi Industri 4.0

Halo pengunjung blog www.amiwidya.com

Sekarang masih bulan Agustus, bulan peringatan kemerdekaan negara Indonesia tercinta. Belum terlambat kalau saya membahas inspirasi kado untuk ulang tahun kemerdekaan negeri. Kado yang saya maksudkan di sini bukan berupa kado untuk jangka pendek. Namun lebih ke kado jangka panjang, guna mengejar digitalisasi di era revolusi industri 4.0.

Apa Tanda-tanda Munculnya Revolusi Industri 4.0?


Mungkin sebagian dari pengunjung ada yang masih belum mengetahui kalau kita sudah berada di era revolusi industri 4.0? Atau terkejut karena tiba-tiba sudah 4 saja nih, padahal terakhir masih di angka 3, cepet banget ya?

Yups, sebenarnya tanda-tanda revolusi industri 4.0 ini sudah mulai muncul sekitar tahun 2011, tujuh tahun  yang lalu. Apa saja tanda-tandanya? Yaitu dengan adanya peningkatan konektivitas, interaksi, dan batas antara manusia dengan mesin dan sumber daya lainnya yang semakin terpusat pada teknologi informasi dan komunikasi.
 tanda revolusi industri 4.0
Di era revolusi industri 4.0 ini, terjadi perubahan yang besar di semua sektor. Dimana teknologi informasi dan komunikasi mulai memegang peranan yang sangat penting. Merambah proses produksi, manajemen, pemasaran, hingga model penjualan produknya. Lalu muncul pula model bisnis baru berbasis digital guna mengimbangi gaya hidup di revolusi industri 4.0.

Sebuah peradaban baru berbasis digital yang menjarah semua lini kehidupan ini, semakin hari semakin menjalar. Segala bidang pun perlahan tapi pasti, mulai didigitalisasi. Dari bidang ekonomi, industri, perdagangan, pendidikan, kesehatan, kelautan, peternakan, dan sebagainya. Untuk mengimbangi lajunya, penggunaan berbagai aplikasi digital juga mulai digalakkan. Penggunaan paling marak, didominasi oleh aplikasi belanja secara online. Masyarakat disuguhi teknologi dalam genggaman berupa internet of things yang membuat kehidupan semakin mudah dan instan.

Semua ini karena semakin banyak manusia yang menganggap nilai efisiensi dari pemanfaatan teknologi digital itu lebih besar. Sebagai gambaran, saya berikan satu contoh:

Manusia tidak bisa lepas dari belanja untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Baik itu remaja, dewasa, ibu-ibu, bapak-bapak, perusahaan, instansi, ataupun golongan dan organisasi lainnya. Apalagi Indonesia, berperan sebagai pasar dalam negeri yang besar jumlahnya, otomatis membuat arus perdagangan juga berkembang pesat. Tinggal mengimbangi dengan sumber daya manusia dan teknologi yang memadai. Kelak bisa diprediksikan menjadi negara yang maju, bukan lagi menjadi negara berkembang.

Di antara kesibukan manusia zaman kiwari yang tak kunjung usai, ditambah permasalahan outdoor seperti panas matahari, polusi, dan kemacetan lalu lintas. Manusia akan lebih memilih belanja dan memesan barang dengan cara berselancar di internet daripada berjalan ke toko atau mall. Karena belanja secara daring bisa mempersingkat waktu yang dibutuhkan, tidak membuat capai, dan tidak perlu terjebak kemacetan. Tinggal memantau dari perangkat yang tersedia, barang pun sudah bisa diantar ke tempat tujuan yang dimaksud.

Revolusi Industri 4.0 #BukaInspirasi Para Pelaku IKM dan UMKM


Akhir-akhir ini kita sering mendengar kabar toko-toko konvensional di beberapa pusat perbelanjaan mulai tutup. Sebenarnya hal ini bukan disebabkan oleh minimnya minat beli masyarakat. Tetapi, menurut saya lebih ke pergeseran sistem belanjanya. Masyarakat lebih memilih belanja secara online daripada belanja secara konvensional.

Pergeseran pola belanja ini pun merembet ke pola transaksi uangnya. Dari yang bertansaksi secara cash, kini sudah mulai menggunakan e-money. Jadi masyarakat tidak membutuhkan uang cash dalam jumlah besar di dompet masing-masing. Tetapi lebih memilih menyimpan uang elektronik di rekening atau di aplikasi belanja masing-masing. Selain itu, masih banyak lagi transformasi yang terus terjadi di era revolusi industri 4.0 ini.

pergeseran pola belanja

Beragam perihal di atas sudah seharusnya #BukaInspirasi untuk para pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Era revolusi Industri 4.0 ini memungkinkan IKM dan UMKM turut serta dalam pasar dunia, bersaing dengan industri besar dari seluruh dunia. Karena teknologi internet of things sudah mampu membawa mereka menembus pasar internasional. Pemasaran produk pun terasa jadi lebih mudah dengan hadirnya digital marketing.

Pemerintah melalui Kementerian Perindustrian, sangat mendukung digitalisasi IKM dan UMKM. Dukungan itu bisa dilihat dari peluncuran program-program yang bisa dimanfaatkan oleh mereka. Program yang dimaksud adalah program untuk lebih meningkatkan akses pemasaran melalui internet marketing.

Aplikasi bukalapak
Dalam misinya untuk menyukseskan UMKM jualan online, pihak pemerintah menggandeng marketplace di Indonesia. Salah satunya adalah BukaLapak. Sudah beberapa kali Bukalapak menggelar roadshow agar semakin banyak UMKM online yang bergabung bersamanya.

Di acara ini, para pelaku UMKM mendapatkan bimbingan untuk mendigitalisasi bisnis mereka. Mulai dari perkenalan dengan jualan secara online, hingga pemasaran secara online. Setelah mengikuti acara, para pelaku UMKM mendapatkan kesempatan untuk bergabung bersama BukaLapak dan membuka lapak di BukaLapak, serta bergabung dengan anggota lain di komunitas BukaLapak.

Program ini diklaim sukses karena semakin hari semakin banyak UMKM yang beralih dari yang sekedar pemasaran offline menjadi online. Selanjutnya, tinggal membantu UMKM dengan mendampingi mereka agar bisa meningkatkan transaksi onlinenya.

Dengan demikian diharapkan bisa terwujud peningkatan skala bisnisnya hingga melakukan ekspor produk ke luar negeri. Menjadikan pangsa pasar dari regional, menjadi go internasional. Lebih bagus lagi kalau bisa membuka cabang produksi di luar negeri. Nah, kalau semakin banyak ekspor yang dilakukan IKM dan UMKM, maka kado untuk kemerdekaan Indonesia itu semakin dekat. 
Logikanya, ekspor dapat meningkatkan devisa negara, membuat produk Indonesia semakin terkenal, lapangan pekerjaan juga semakin banyak karena pembelian meningkat, juga menambah erat hubungan dengan negara lain di dunia. Dampak akhirnya, perekonomian negeri menjadi stabil dan terwujudlah kesejahteraan bagi rakyat Indonesia.

Pengalaman Bersama BukaLapak

Adik saya sudah berfoto-foto
mengenakan barang belanjaan dari BukaLapak
Untuk memastikan tingkat keprofesionalan para UMKM yang tergabung di BukaLapak, saya membeli sebuah tas daypack untuk adik saya. Ternyata fast respon adminnya, barang yang saya pesan pun sesuai dengan gambar dan deskripsinya. Baru dua hari, barang sudah mendarat dengan aman di rumah saya. Sekarang, barangnya sudah dipakai sama dia...

BukaLapak juga #BukaInspirasi bagi saya, karena setelah saya jalan-jalan di situsnya, saya mengetahui kalau BukaLapak tidak hanya menyediakan barang untuk dijual. Tetapi ada pula pelayanan lain yang bisa #BukaInspirasi para penggemar dunia marketing dan investasi. Kabar bagusnya, layanan ini bisa dijangkau oleh semua kalangan. Simak penjelasan saya berikut.
Fitur bukalapak
  1. Layanan pembelian e-voucher dan tiket (pulsa, kuota, listrik PLN, voucher game, tiket kereta, tiket pesawat, zakat profesi, BPJS, air PDAM, dan event). Layanan ini tentu membuka peluang usaha lebih luas lagi. Selain bekerja sama dengan UMKM, BukaLapak juga merambah kerja sama dengan BUMN dan maskapai penerbangan.
  2. Layanan BukaReksa, yaitu layanan yang menyediakan produk Reksa Dana bagi pengguna BukaLapak untuk berinvestasi dengan aman. Layanan ini sudah diawasi oleh otoritas jasa keuangan (OJK) dan bekerja sama dengan Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) Bareksa. Layanan BukaReksa dapat dimanfaatkan oleh seluruh pengguna BukaLapak dengan membeli produk Reksa Dana melalui BukaDompet. Hanya dengan uang minimal Rp 10,000,00 sudah bisa berinvestasi Reksa Dana di BukaReksa. Sangat terjangkau bukan?!
    keuntungan investasi bukareksa bukalapak
  3. Layanan BukaMobil, merupakan layanan untuk membeli mobil dengan sistem tunai maupun cicilan yang murah. Nah, semakin mudah kan? Bayangkan, sekarang mau beli mobil saja sudah ada sistem onlinenya. BukaLapak benar-benar makin menginspirasi.
    cara mencicil mobil bukalapak
    Sistem pembayarannya pun beragam. Bisa melalui transfer bank, cicilan kredit dengan kartu kredit bunga 0%, KlikPay, cicilan dengan Kredivo, BukaDompet, dan lain-lain. Dijamin membuat hidup kita semakin praktis.
    keuntungan bukamobil bukalapak
  4. Layanan BukaIklan, berupa inovasi layanan pertama di Indonesia yang bisa membantu mempromosikan lapak di marketplace BukaLapak ke pengguna search engine Google dan social media Facebook.
    contoh bukaiklan bukalapak
    Fitur BukaIklan ini termasuk salah satu strategi internet marketing yang ditawarkan oleh BukaLapak. Dengan memanfaatkannya, diharapkan para pelaku UMKM di BukaLapak bisa terinspirasi untuk memasarkan produknya ke pasar yang tertarget.
    alasan menggunakan bukaiklan bukalapak
  5. Layanan BukaPengadaan, merupakan layanan pengadaan barang dan jasa untuk suatu perusahaan. Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya, BukaLapak dapat dijangkau oleh semua kalangan dari bawah sampai atas, mulai dari perorangan sampai industri/perusahaan.
    keuntungan bukapengadaan bukalapak
    Nah, fitur BukaPengadaan ini jangkauannya bukan lagi untuk segmen customer to customer, tetapi sudah menjangkau business to business. Jadi fitur ini bisa dikatakan sebagai terobosan baru untuk mengajak pelaku bisnis Indonesia (industri atau perusahaan besar) agar ikut membesarkan UMKM Indonesia.
    alur pengadaan bukapengadaan bukalapak
  6. Layanan Mitra BukaLapak, berupa layanan BukaLapak untuk memberikan kesempatan kepada setiap orang, warung, toko kelontong, toko grosir, apotek, salon, dan para pemilik usaha lainnya untuk belanja secara grosir. Atau, bisa juga dengan menjual produk yang ada di BukaLapak seperti pulsa, paket data, tiket kereta, tiket pesawat, dan e-voucher lain-lain. 
    Keuntungan jadi mitra bukalapak
    Lalu bagaimana caranya agar sukses menjadi Mitra BukaLapak?Simak infografis berikut!
    cara sukses jadi mitra bukalapak
  7. Layanan BukaEmas, merupakan layanan untuk berinvestasi emas dari BukaLapak. Di BukaEmas, kita bisa membeli emas secara online, menyimpan emas, menarik kepingan emas melalui jasa pengiriman, dan menjual emas secara online. Fitur yang satu ini bisa jadi #BukaInspirasi bagi kaum yang memiliki budget pas-pasan untuk investasi. Cuma dengan uang Rp 3.000,00 sudah bisa berinvestasi emas melalui BukaEmas. Wow, sungguh ringan dan menggiurkan! Jadi tidak ada lagi alasan buat kita kaum milenial yang sudah melek digital, untuk tidak berinvestasi.
    keuntungan bukaemas bukalapak


Ide untuk #BukaInspirasi BukaLapak


Ada beberapa hal yang menjadi angan saya untuk diwujudkan di BukaLapak.

Pertama, saya ingin BukaLapak #BukaInspirasi dan memberi fasilitas para penggemar properti dengan layanan BukaProperti. Yah, siapa tahu ke depannya kita bisa membeli, menjual, ataupun menyewakan rumah, apartemen, dan gedung melalui BukaLapak. Supaya semakin komplit dan mantab. Kita tidak perlu lagi survey jauh-jauh ke lokasi bangunan, karena sudah bisa dipantau via online di BukaLapak.

Kedua, adanya layanan #BukaKandang. Yaitu sebuah layanan untuk #BukaInspirasi para peternak, pencari bibit ternak, pencari hewan ternak, sekaligus para investor peternakan Indonesia. Sebuah fitur yang bisa digunakan agar mereka saling bersimbiosis dan berinteraksi dalam mengelola peternakan. Jadi selain fitur untuk memfasilitasi investasi pada industri besar di layanan BukaReksa dan investasi pribadi di BukaEmas. Harapan saya, BukaLapak juga mampu memberikan layanan investasi untuk bantuan bagi para peternak daerah melalui #BukaKandang.

Ketiga, layanan #BukaKebun. Merupakan layanan yang bisa dikatakan bergandengan dengan #BukaKandang. Dimana selain peternak, juga ada petani dan para pelaku budidaya tanaman tertentu yang membutuhkan modal juga pasar. Saya berharap ke depannya, BukaLapak mampu memfasilitasi mereka. Demi terwujudnya digitalisasi di sektor pertanian.
 inspirasi bukalapak

Itulah beberapa ide digitalisasi di era Revolusi 4.0 yang bisa saya sumbangkan melalui tulisan ini. Namun, untuk perwujudannya, saya serahkan sepenuhnya kepada pihak BukaLapak. Karena saya juga bukan dalam kapasitas mewujudkan beberapa ide di atas.

Sebagai penutup postingan ini, saya berharap dengan adanya marketplace yang benar-benar bisa mem#BukaInspirasi kita seperti BukaLapak, perekonomian Indonesia mampu bersaing di kancah internasional. Karena revolusi industri 4.0 bukan era untuk bersantai ria, tetapi era yang menuntut masing-masing dari kita agar lebih melek digital. Supaya ke depannya mampu membaca peluang-peluang yang ada. Atau akan lebih bagus lagi jika kita lah yang menciptakan peluang-peluang tersebut.

Terakhir saya ucapkan,

Mari rayakan kemerdekaan bersama BukaLapak di sini


puisi revolusi industri 4.0 bukalapak




43 Responses to "#BukaInspirasi di Era Revolusi Industri 4.0"

  1. rayakan dengan hal hal positif ya aaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tentu, sudah jadi kewajiban kita sebagai penerus kemerdekaan untuk mengisi kemerdekaan dg hal2 positif yg mendukung kemajuan bangsa

      Delete
  2. Jadi pengen nulis tentang industry 4.0 juga, hehe....

    Memang semua lini industri dari hulu sampai hilir harus bersiap akan hadirnya Industri 4.0. Saat ini memang belum sepenuhnya 4.0, tapi hari itu pasti akan datang. Show must go on. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget, jangan sampai negara kita jadi tertinggal dg kemajuan zaman krn rakyatnya nggak melek digital.

      Delete
  3. Aku termasuk yg ga pernah belanja offline lg :p. Semuanya lbh suka dilakuin online, termasuk cara pembayaran jg lbh suka secara trf, e money, ato digital pocket lainnya. Udh jaraaaaang banget bawa cash :p. Kadang kasian jg ama toko2 offline g semakin banyak tutup. Tp gimana lg yaaa. .. Skr memang harus mengikuti zaman :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang lebih praktis belanja online ya mom. Apalagi buat yg super sibuk sm kerja di luar. Keberadaan toko online banyak membantu.

      Delete
  4. Bukalapak sedikit banyak sudah sangat berperan dalam jual beli beberapa barangku selama ini. Asyik juga ya kalau ada Buka kandang hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, ini jgn2 jual barang2 hadiah lomba blog ya wkwkwk... Sy lihat sering menangin lomba.
      Iya asik kalo ada buka kandang, membantu para peternak biar isi kandangnya didigitalisasi jg

      Delete
  5. Ide idenya bagus mba, sebagak pelapak dan pembeli di BL aku setuju banget 😍btw baru pekan lalu deegsr ttg rev ind 4.0, memang bg blogge rkita kudu melek yah 😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, jd bloger kudu up to date supaya nggak ketinggalan informasi. Alhamdulillah kalo suka sm idenya buat bukalapak, semoga bisa ditindaklanjuti ya

      Delete
  6. Aku pribadi berasaaa banget perubahan revolusi industri 4.0 ini hehe...
    Bukalapak sekarang lebih banyak lagi ya fasilitasnya, jadi penasaran cek lagi soalnya udh lama gak nengok buka lapak.. thks for sharing aku suka tulisannya salahku berbobot hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang revolusi industri 4.0 makin ke sininya makin terasa, krn uda berjalan 7 tahun. Pihak pemerintah pun uda mulai bikin plan2 buat ngadepin perkembangan selanjutnya.

      Delete
  7. Whuaa ternyata selengkap ini ya bukapalak. Daan aku juga baru tau tyt sekarang udah masuk industri 4.0 aja. Musti upgrade diri nih meski sebagai pembeli juga apalagi sebagai pelapak ya, supaya gak kalah saing sama negara lain.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mom, harus selalu upgrade biar kita jg bisa mengikuti perubahan zaman kalo gak pengen tertinggal.

      Delete
  8. Wah kita harus mempersiapkan anak-anak kita ya bun sebaik-baiknya dalam memasuki revolusi industri 4.0 itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itulah, anak2 punya zamannya sendiri kelak. Makin hari makin canggih. Persiapkan sebaik mungkin bunda.

      Delete
  9. Sudah memasuki 80% penduduk Indonesia menggunakan Technology. Revolusi Industri menciptakan lapangan kerja baru bagi para pendiri umkm.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, revolusi industri 4.0 ini bisa menciptakan lapangan kerja baru dg pekerjaan baru yg gak sama lg dengan era sebelumnya.

      Delete
  10. Wah ternyata bukalapak komplit juga ya, udah lama nggak upgrade aplikasi bukalapak. Btw revolusi industri 4.0 memang kerasa banget sekarang mbak, bayar kendaraan umum dan belanja aja sekarang udah jarang pakai uang cash. Semua pakai kartu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, itu dia. Penggunaan e-money juga merupakan bagian dari dampak perkembangan digital di era revolusi industri 4.0

      Delete
  11. Kalo belanja, beberapa masih suka offline. Tapi kalo transaksinya, bayar jarang tunai, jarang nyetok tunai juga. Sekarang makin di permudah sih ya. Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mom. Sama. Saya kalo belanja sayur juga masih di pasar tradisional wkwkwk... Krn gak mungkin sy belanja sayur segar,ikan segar, & daging segar yg akan segera dimasak ini via online

      Delete
  12. Industri 4.0 ini sedang bergelora, dan memang harus mengikuti zaman yah agar tidak tertinggal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, apalagi sebagai bloger. Harus up to date biar bisa terus eksis di era revolusi industri 4.0 ini

      Delete
  13. Bukalapak dari dulu emang udah keren banget ya mbak. Peran bukalapak ini dalam memenuhi kebutuhan sudah nggak diragukan lagi ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, karena keberadaan e-commerce semakin menjamur, BukaLapak juga harus #BukaInspirasi biar gak tertinggal sm yg lain

      Delete
  14. wuahh iya ya mbak.. jaman sekarang udah maju... semoga revolusinya terus berjalan maju dan semakin baik untuk Indonesia kedepan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga Indonesia mampu bersaing di era revolusi industri 4.0 ini, krn kalo gak begitu, Indonesia bakal dimanfaatkan jadi target konsumen bagi negara2 lain. Secara potensi, Indonesia memenuhi kriteria konsumen dlm jumlah besar.

      Delete
  15. Kutertarik dengan buka emas dan buka reksanya. Butuh banget dan alhamdulilah layanannya oke nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk mom, silakan dicoba. Buat investasi emang oke juga BukaLapak ini. Sudah ada layanannya dlm berbagai pilihan

      Delete
  16. Idenya keren juga ya untuk Buka Kadang, mba. Sama skali tak terpikirkan olehku. Padahal memang kan bisa ya untuk semakin inovatif di dunia digital

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa banget Mbak. Bisa jadi simbiosis mutualisme ntar wkwkkw... Peternak terbantu, yg mendanai jg dapat untung. Sama2 dapat untung.

      Delete
  17. Luar biasa ide2nya mbak. Moga bisa diwujudkan.
    Apalagi yang bukakandang dan bukakebun jdnya bisa melestarikan pertanian dan peternakan jg yaaa... naik kelas bisnisnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak, aamiin... Tujuannya supaya para petani & peternak ikut serta didigitalisasi di era kini. Kalo gak gitu bisa kalah saing sm peternakan & pertanian besar2 dr luar negeri.

      Delete
  18. Aku sempat aktif jualan di Bukakapak, semakin inivatif ya sekarang Bukalapak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mom, memang harus terus berinovasi biar mengikuti trsnd terkini. Juga biar bersaing sm e-commerce lain yg ada

      Delete
  19. Bukalapak menjadi e-commerce revolusi 4.0. Semakin gencar online shop nih yg berinovasi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, zaman semakin canggih mom. Harus terus berinovasi biar nggak ketinggalan.

      Delete
  20. Bukalapak emang cincai ya... aku suka sama blog bukalapak, informatif :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ya Mbak, market place yang satu ini emang bisa dipercaya. Jauh dari huru hara wkwkwk...

      Delete
  21. Era industri 4.0 banyak usaha-usaha online ya, mereka harus siap bersaing di era digital sekarang ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betu banget. Kalo gak mau ketinggalan zaman ya harus bikin usaha yang inovatif & dinamis sesuai perkembangan zaman

      Delete
  22. wah mesti siap-siap di era revolusi industri 4.0 nih
    terima kasih informasinya

    ReplyDelete

Terima kasih sudah singgah di blog amiwidya.com.
Saya persilakan menambahkan komentar untuk melengkapi postingan blog di atas.
Semoga bermanfaat & menginspirasi buat semua...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel