Featured Post

#BukaInspirasi di Era Revolusi Industri 4.0

Simbiosis ASUS Vivobook Flip TP410 dengan Narablog di Ekosistem Revolusi Industri 4.0

ASUS Vivobook TP410

Halo pengunjung semuanya...

Di postingan kali ini saya sebagai narablog atau yang lebih umum disebut blogger akan membahas tentang keterhubungan narablog dengan Revolusi Industri 4.0. Karena narablog identik dengan kedekatannya terhadap kemajuan zaman, peka terhadap isu terkini, dan harus cekatan mengerjakan job. Oleh karenanya, pribadi yang kreatif, rajin, tekun, teliti dan memiliki mobilitas tinggi mutlak diperlukan untuk mengiringi pembuatan berbagai konten dalam blog.

Hubungan di era revolusi industri 4.0 yang penuh drama kedigitalan menuntut kita para narablog untuk terus mengupgrade teknologi digital yang kita miliki. Khususnya teknologi digital berupa notebook atau laptop. Nah, laptop terbaru seperti apa yang cocok untuk kita? Simak ulasan saya berikut yuk!

Narablog sebagai Penyelaras Teknologi Pembangun Revolusi Industri 4.0


Memasuki era revolusi industri 4.0, pihak kementerian perindustrian telah merancang road map atau peta jalan. Road map  yang sudah terintegrasi ini digunakan untuk mengimplementasikan sejumlah strategi. Agar sasaran dalam strategi ini bisa tercapai, berbagai langkah kolaboratif mulai ditempuh. Langkah-langkah ini tentu juga melibatkan berbagai pemangku kepentingan, mulai dari institusi pemerintahan, asosiasi dan pelaku industri dan UMKM, hingga unsur akademisi.

Lalu apa hubungannya dengan narablog? Narablog juga akan mendapat percikan kepentingan-kepentingan ini nantinya. Penasaran?! Baiklah, akan saya ulas sedikit mengenai sejarah Revolusi Industri melalui infografis berikut. Agar pemikiran kita semakin terbuka dan siap menghadapi tantangan perkembangan zaman.

tahap revolusi industri

Semuanya bermula dari revolusi industri 1.0 di tahun 1784, dimana pada era ini mulai dikenal teknologi menggunakan mesin tenaga uap. Kalau zaman dulu ada namanya kereta api. Kenapa disebut demikian, karena ada unsur uap dan api untuk pembakarannya supaya kereta bisa jalan.

Lalu berlanjut dengan kemunculan teknologi menggunakan mesin produksi massal berenergi listrik atau menggunakan bahan bakar minyak. Era ini terjadi mulai tahun 1870. Dengan kemunculan revolusi industri 2.0 ini, keberadaan tenaga manusia semakin tergantikan mesin.

Memasuki tahun 1969 terjadi perkembangan lagi dengan adanya revolusi industri 3,0. Pada era ini mulai digunakan mesin otomatis dan teknologi informasi mulai dikenal. Segalanya semakin terasa lebih mudah, pabrik-pabrik pun berkembang pesat.

Berlanjut ke era revolusi industri 4.0 yang dimulai pada tahun 2011. Masih sekitar 7 tahun yang lalu. Namun dampaknya sungguh kian terasa. Penguasaan mesin yang terintegrasi pada jaringan internet semakin berkembang merasuk ke semua lini kehidupan.

Setelah mengetahui sejarah singkatnya, mari kita lanjutkan berkenalan dengan teknologi yang ada di revolusi industri 4.0 ini. Revolusi industri 4.0 yang sangat terpusat pada teknologi informasi dan komunikasi, memiliki lima teknologi utama yang digunakan untuk menopang pembangunan sistem industri. Adapun kelima teknologi tersebut adalah internet of things, artificial intelligence (AI), human machine interface, teknologi robotik, serta teknologi 3D printing.

teknologi utama pembangun revolusi industri 4.0

  • Internet of things atau yang lebih dikenal dengan sebutan IoT yaitu teknologi nirkabel yang dapat mentransfer data tanpa interaksi manusia ke manusia lainnya atau interaksi manusia ke perangkat komputer. IoT berhubungan erat dengan komunikasi machine to machine di berbagai bidang. Contohnya seperti smart kabel, smart meter, dan yang paling dekat dengan kita yaitu smart phone.
  • Artificial intelligence dalam bahasa Indonesia disebut sebagai kecerdasan buatan. Merupakan kecerdasan yang diciptakan untuk dimasukkan ke dalam suatu perangkat mesin agar dapat melakukan pekerjaan seperti manusia. Kecerdasan buatan ini bahkan seringkali lebih cerdas dari manusia. Contohnya dalam hal perhitungan matematika. Banyak yang merasa kesulitan menghitung secara manual dan lebih mudah menghitung menggunakan kalkulator yang ada di perangkat smartphone atau laptop.
  • Human machine interface merupakan sebuah tampilan yang menghubungkan antara manusia dengan mesin. Perangkat ini biasanya digunakan untuk menunjukkan kesalahan mesin, status mesin, memudahkan operator untuk mengoperasikan mesin, dan mengontrol mesin produksi.
  • Teknologi robotik, merupakan satu cabang teknologi yang berhubungan dengan desain, konstruksi, operasi, ide pembuatan struktural, dan aplikasi dari robot. Pengembangan robotik ini sekarang semakin canggih. Bahkan beberapa peralatan rumah tangga seperti fresher dan vacum cleaner juga sudah ada yang menggunakan teknologi robotik yang dipadukan dengan keempat teknologi utama lainnya.
  • Teknologi 3D printing (Additive Layer Manufacturing), adalah printer yang bisa digunakan untuk mencetak atau membuat objek 3 dimensi dari model digital. Prosesnya hampir sama dengan printer biasa, hanya saja hasilnya yang berbeda.

Dari kelima teknologi utama pembangun revolusi industri 4.0, tak terbantahkan lagi kalau semuanya sudah mulai diterapkan dalam berbagai sektor kehidupan. Hingga diprediksikan akan terjadi perubahan tren pekerjaan di tahun 2021-2025. Ada beberapa pekerjaan yang mengalami pertumbuhan dan ada pula yang mengalami penurunan.

Pekerjaan yang mengalami pertumbuhan adalah jenis pekerjaan yang berhubungan erat dengan kelima teknologi utama pembangun revolusi industri 4.0 di atas, atau beberapa di antaranya. Sedangkan pekerjaan yang mengalami penurunan adalah sebaliknya, pekerjaan yang tidak banyak bergesekan langsung dengan kelima teknologi utama tersebut. Atau pekerjaan yang sudah mulai tergantikan perannya oleh teknologi utama tersebut.

Berhubungan erat dengan kedua teknologi utama pembangun revolusi industri 4.0 yaitu internet of things dan artificial intelligence, narablog tentu memegang peranan juga di dalam era digitalisasi ini. Peranan tersebut antara lain sebagai:

  • Pembuat konten yang dimanfaatkan sebagai strategi pemasaran suatu objek
  • Reviewer atau pembuat review untuk membangun kepercayaan konsumen terhadap suatu objek
  • Penjenama atau pencipta brand awareness sehingga objek dapat mencapai harga jual setinggi-tingginya
  • Memperkenalkan objek baru kepada netizen
  • Blog sebagai tempat menaruh backlink untuk website tertentu, sehingga dapat membuat website objek tersebut terletak di page one search engine google

peran blogger di era revolusi industri 4.0


Dalam mengemban peranan yang sudah saya sebutkan di atas, selain memiliki kemampuan secara fisik dan psikis, seorang narablog sudah semestinya memiliki perangkat yang mendukung pekerjaannya. Misalnya memiliki kamera yang bagus hasil jepretannya agar jelas dan indah dilihat saat diposting di blog. Juga memiliki smartphone yang memadai agar komunikasi dengan klien dan komunitas blogger menjadi lancar. Selain itu, narablog professional harus memiliki laptop yang mumpuni dan praktis dibawa bepergian, guna kelancaran dalam pekerjaannya.

Apakah narablog atau blogger ini termasuk jenis pekerjaan yang mengalami pertumbuhan atau penurunan, semua masih dalam status ketaksaan.
Karena bergantung kepada keeksistensian dan keprofesionalan mereka dalam menyajikan hasil karya. Bisa saja suatu saat keberadaan blogger akan mulai tergeser oleh para youtuber atau para instragramer. 

Maka dari itu, di atas sudah saya paparkan, untuk menjaga eksistensi dan profesionalisme ini salah satunya adalah bersahabat dengan peralatan digital yang mumpuni.

ASUS Vivobook Flip TP410, Sahabat Karib Narablog di Era Revolusi Industri 4.0

ASUS vivobook flip TP410

Selanjutnya, saya perkenalkan pendatang baru di habitat yang penuh dengan kedigitalan ini. Dialah ASUS Vivobook Flip TP410, sebuah perangkat pengganti komputer, yang slim dan moveable. Sangat cocok bagi kaum travel blogger yang sering bepergian ke tempat-tempat wisata, food blogger yang sering kuliner mendatangi rumah makan dan restaurant di berbagai daerah, juga influencer dan reviewer yang sering mendatangi berbagai acara pertemuan sebagai bahan untuk diulas di blog masing-masing. Selain itu, laptop ini sangat pas dengan para blogger lain yang memiliki aktivitas harian dengan mobilitas tinggi.

keunggulan ASUS vivobook flip TP410

Beberapa keunggulan yang membuat ASUS Vivobook Flip TP410 sangat pantas bersanding dengan para narablog di antaranya:
  1. Tipis dan ringan, ASUS Vivobook Flip TP410 memiliki berat keseluruhan (dengan baterai) hanya sebesar 1,6 kg, dengan ketebalan 1,92 cm. Membuat laptop ini sangat praktis dibawa bepergian oleh para narablog.
  2. NanoEdge Display, ASUS Vivobook Flip TP410 hadir dengan tampilan yang unik. Membawa fitur “nanoedge ultra narrow”, ASUS Vivobook Flip TP410 dapat memaksimalkan tampilan layarnya (full HD) dan meminimalkan bodynya. Ukuran bodynya hanya sebesar 13 inci. Namun, bentang layar atau displaynya bisa mencapai 14 inci. Fitur ini memudahkan narablog saat butuh mempresentasikan idenya kepada orang lain.
  3. Fingerprint Sensor, ASUS Vivobook Flip TP410 sudah dilengkapi dengan fingerprint sensor. Dengan demikian, laptop ini mendukung fitur Windows Hello yang umumnya hadir di laptop kelas atas. Fitur Windows Hello menjadikan pengguna bisa sign in  ke Windows 10 yang telah preinstal di dalam laptop ini hanya dengan sentuhan jari. Oleh karena itu, dijamin keamanannya pun semakin meningkat. Jadi kita sebagai narablog tidak perlu khawatir dengan keamanan ide-ide kita yang sudah tersimpan di dalam laptop ini.
  4. Sangat fleksibel karena bisa jadi 4 mode, yaitu menjadi mode media stand, powerfull laptop, responsive tablet, dan share viewer. Dengan keempat mode yang bisa disesuaikan dengan keperluan pengguna, dijamin akan semakin memudahkan para narablog untuk bekerja. Contohnya seperti, cukup menggunakannya sebagai tablet saat browsing materi sebagai bahan yang ditulis nantinya.
Selain beberapa keunggulan yang disebutkan di atas, masih ada spesifikasi lain yang bisa menjadi pilihan. Berdasarkan prosesornya ada 2 jenis, yaitu intel® Core™ i5 7200U Processor dan intel® Core™ i3 7100U Processor. Untuk lebih detailnya bisa diamati dari gambar berikut.

spesifikasi ASUS vivobook flip TP410

Dengan harga yang dibanderol di kisaran tujuh sampai sembilan jutaan, ASUS Vivobook Flip TP410 ini tergolong pantas. Karena sudah sesuai dengan spesifikasi dan fitur yang dimilikinya, juga mengingat ketangguhan laptopnya dimana telah melalui uji engsel, kekuatan, dan sebagainya. Hal ini membuat saya sebagai narablog semakin ingin menjadikannya sahabat dikala ngeblog.

ASUS X555B
Laptop ASUS pinjaman
Kebetulan selama kurang lebih 7 bulan ini laptop yang saya miliki dulu sudah laku terjual. Karena saya sudah lelah harus berkali-kali menggantikan komponen di dalamnya. Juga mengantarkannya ke tukang service laptop. Ada saja kendala kerusakan yang membuat saya jengah dan sempat beberapa saat vacum dari dunia perbloggeran. Hingga 1,5 bulan kemudian setelah laptop laku terjual, saya pulang ke rumah orangtua karena akan melahirkan putri kedua.

Sampai di sini, setelah melahirkan baru saya mulai aktif kembali mengulik blog www.amiwidya.com yang sudah lama tak tersentuh. Karena saya tidak lagi memiliki laptop, dan saya tidak bisa mengutak-atik blog hanya melalui smartphone, akhirnya saya meminjam laptop merk ASUS milik ayah.

Walhasil hobi ngeblog saya ini terselamatkan. Perlu diketahui, laptop pinjaman ini bukan laptop yang memiliki spesifikasi tinggi seperti ASUS Vivobook Flip TP410, hanya laptop ASUS biasa tipe X555B series. Seperti ini penampakannya:

ASUS X555B


Karena beragam alasan tersebut dan berbagai keunggulan ASUS Vivobook Flip TP410, saya juga berangan-angan ingin memiliki ASUS Vivobook Flip TP410. Agar ada yang mendampingi saya untuk terus belajar dan terus mengupgrade kemampuan dalam dunia blog di era Revolusi Industri 4.0.

Adakah di antara pengunjung blog ini yang juga seorang narablog? Sharing teknologi yang kalian miliki yuk di kolom komentar! Atau barangkali ingin menambahkan peranan apa yang kalian pegang di era revolusi industri 4.0 ini. Saya persilakan melengkapi di kolom komentar...

ASUS Laptopku Blogging Competition by uniekkaswarganti.com





58 Responses to "Simbiosis ASUS Vivobook Flip TP410 dengan Narablog di Ekosistem Revolusi Industri 4.0"

  1. Asus yang ini lebih praktis,bs dilipat dibanding asus kepunyaan saya. Kayaknya menarik banget untuk mobile, apalagi kalo sering traveling, cocok banget ini... Keren ih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, ASUS flip ini emang cocok banget buat yg sering bepergian. Karena desainnya emang diperuntukkan buat yg punya mobilitas tinggi.

      Delete
  2. Salut dah, kayaknya walaupun harus repot ngurus anak, tapi tetep bisa ngeblog

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangat kalo pas lagi tinggi ya begini, ngeblognya lancar jaya wkwkwk... Coba kalo malesnya lg nongkrong, sibuknya uda antre, ya gak ada karya yg nongol.

      Delete
  3. aduh kok jadi pingin sih dan slim banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mom, laptop ASUS Vivobook flip ini emang sangat ringan & tipis. Cocok buat yg punya mobilitas tinggi.

      Delete
  4. ASUS Vivobook Flip TP410 top abis memang kalo buat ngeblog, udah gitu slim pula..
    mana spek nya juga lumayan gahar, ah jadi pengen kan huhuhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayooo ikutan lombanya, mumpung masih ada waktu 2 hari lagi. Yah siapa tau ntar kebagian laptopnya wkwkwk....

      Delete
  5. Nggak sabar menyambut revolusi industri 4.0 tapi lebih ga sabar nunggu duit ngumpul buat beli laptop baru hehehehe....semangat mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yah sapa tau ntar menang lombanya. Kan bisa dapat laptop gratis. Lumayan...

      Delete
  6. Wah Asusnya keren banget ya bisa di flip...
    Pengen banget nih laptop kayak gini...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yok ikutan blog competitionnya. Hadiahnya dapat laptop model begini loh. Sapa tau lagi rejeki.

      Delete
  7. Laptop impian banget bisa diflip-flip gitu. Apalagi kalau dibawa ke cafe-cafe, berasa freelancer profesional, haha.

    Aku pikir harganya bakal belasan juta, ternyata lumayan terjangkau juga masih di bawah 10 juta.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mom, harganya lumayan terjangkau, di bawah 10 jt. Untuk dapat berbagai keunggulannya, sudah sesuai lah ya

      Delete
  8. Impian banget nih asus vivobook flip ini..
    coba punya , bakal mudah dibawa kerja kemana-mana, maksudnya sambil anter dan nunggu anak, de el es be
    ketjeee !!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener, aku juga m upeng banget dapat laptop yang mobile banget kayak ASUS Vivobook ini mom. Selain keren juga praktis.

      Delete
  9. Betul Mbak. Mungkin saja blogger akan tergeser tapi saya pikir akan tetap ada yang butuh, di antaranya untuk back link itu. Nah makanya kita butuh perangkat yang mumpuni ya. Dan salah satu jawabannya Asus Vivobook ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu dia, biar gak tergeser keberadaannya, bloger juga harus selalu upgrade diri & peralatan tempur buat ngeblog juga lah

      Delete
  10. Berati kita sebagai emak-emak dilarang gaptek ya bun hahaha. Aku penggemar asus juga bun. Ini hp juga pke merek asus soalnya udh trpercya sih kualitasnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, memang merk yang satu ini sudah populer & banyak penggemarnya alias best seller.

      Delete
  11. Cocok banget buat blogger nih Asus. Simple kalau di pake mobile yah. Jadi kya businesman gtu kan hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sip, kelihatan keren kalo kita menenteng laptop model begini. Kayak orang penting wkwkwk...

      Delete
  12. Bagus banget ya mba..
    Emang kita para blogger perlu pny gadget yg menunjang..
    Paling sebal memang kalo lg ide muncul, pengen nyericos lewat tukisan, eh hang laptop nya.. buyaar semua ide 😁.
    Terima kasih sharing nya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih. Kalo gak ada sarana prasarana buat kita para blogger sudah menunjang, pastinya akan muncul konten yg kece pula

      Delete
  13. Narablog, hihi.. lucu mbak sebutannya aku baru denger soalnya haha..
    Aiihh sepertinya aku butuh ini deh, .. eh iya ke lima peran narablog di era revolusi industri 4.0 yg di sebut tadi semua meliput kerjaan ku, .. tkhs ya sharingnya tentang Asus vivobook flip tp410.. jadi berpikir.. pengen punya juga.. aiih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Narablog itu bloger mom wkwkkw...sama aja sih, cm emang jarang dipake. Kita sering2 sebut blogger

      Delete
  14. Narablog pakai asus sangat membantu pekerjaan lebih mudah dan lebih mendatangkan uang yang banyak. Aaminn

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener, laptop ASUS emang terkenal bandel banget ya Mpo. Apalagi masalah ketahanannya. Sudah teruji...

      Delete
  15. Aku nggak ragu lagi dengan merek Asus yang sudah terjamin kualitasnya, apalagi ini Asus Vivo book yang spesifikasinya mumpuni dan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih, Vivobook Flip ini memang handal banget, selain itu harganya juga terjangkau buat kalangan menengah

      Delete
  16. uwaaaa aku jadi pengen beli laptop ini apalagi di rumah laptop lagi menyedihkan banget keadaannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo mom, ikut lomba blognya... Itung2 nyari rejeki, siapa tau dapat laptop ASUS gratis wkwkwk...

      Delete
  17. Ak jg pecinta asus bun. Bagi blogger peran teknologi it emg penting banget ya. Kyk ak jg sbnrnya moody orgnya. Kdg sk nulis di hp, tp kdg sk nulis di laptop jg Hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gimana Bunda pengalamannya pake ASUS? Aku juga pernah pakai ASUS sih, tp ini laptop pinjaman wkwkwk...

      Delete
  18. Thank u reviewnya bisa jadi bahan pertimbangan nih klo mau ganti laptop

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sama2 Mbak, silakan dipilih... Ini rekomendasi dari aku buat yang suka mobile kesana-kemari. Dari segi harga juga terjangkau

      Delete
  19. Keren banget ya ini Asus VIvo Book, apalagi sebagai blogger dan laptop memang penunjang banget untuk kita ngeblog. Dan yang pasti kalau untuk saya bawa laptop setiap hari jangan berat-berat, Asus ini hanya 1,6kg sudah termasuk battery ya. Jadi ingin punya Asus Vivo Book

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mom, 1,6 kg udah termasuk baterai. Ringan kan?! Apalagi buat para bloger macam kita, sudah pasti sangat membantu.

      Delete
  20. Wow leptopnya. Thx reviewnya :D Gud lak ya mbak.
    Emang di zaman skrng tu butuh gadget yang mumpuni ya terutama buat pekerja digital :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak, semoga reviewnya bisa buat bahan pertimbangan bagi pembaca.
      Bener banget, Zaman now apa sih yg gak digital? Semua serba digital.

      Delete
  21. asus flip ini bikin kepengen ya tapi harus nabung dulu nih karena harganya lumayan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yah, harganya sebanding sama keunggulannya Mbak. Ada sih yang harganya lebih mahal lagi wkkk.. Tp ya pasti fitur yang dimiliki lebih unggul lg

      Delete
  22. Mantul ini buat aku. Kepengen cari laptop yang cukup ganas buat blogger. Baru tau soal narablog ini. Super cakep.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmmm... Semoga bisa jadi bahan pertimbangan buat Mbak. Lumayan kan, dari segi harga dan fitur yang dimiliki, sudah sangat mendukung para bloger seperti kita.

      Delete
  23. Wah aku baru tau nih tentang narablog, Asus sendiri merk elektronik yang lumayan terkenal ya mbak. Jadi pengen punya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Narablog itu sama aja dengan bloger mom, sinonimnya wkkwk... Yah, biar gak melulu pakai kata blogger lah.

      Delete
  24. Saya juga pakai Asus mbak, tapi udah lama gak dipakai sejak ada android. Tapi Asus saya model lama. Namun lumayan kalau buat ngetik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, laptop ASUS memang sudah teruji kekuatannya. Lumayan handal. Semoga laptopnya awet ya Mbak...

      Delete
  25. Simbiosis mutualisme ya, wajib ganti laptop dengan laptop ASUS Flip TP410 biar makin produktif.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, simbiosis mutualisme wkwkk... Saling menguntungkan, ASUS jadi laris, kitanya bisa narsis wkwkwk...

      Delete
  26. Aku belum pernah punya produk asus nih, jadi pengen coba deh, bagus ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh mom, silakan dicoba, harganya lumayan terjangkau kan. Terus, fiturnya juga mumpuni, cocok buat kita para bloger.

      Delete
  27. Ini laptop idaman semua kalangan ya bu. Termasuk Emak-Emak Blogger. Ya, kan? Mantap nih laptopnya...

    ReplyDelete
  28. yang paling saya suka dari vivobook ini 4 mode nya, saya suka bagaimana mode ini bisa dimanfaatkan secara maksimal untuk entertainmen atau multimedia.

    ReplyDelete
  29. Terima kasih ya sudah berpartisipasi dalam ASUS Laptopku Blogging Competition. Good luck.

    ReplyDelete
  30. ASUS nih kayanya lagi naik daun ya, banyak banget seri nya udah gitu cepet sold out pula... harganya lumayan terjangkau juga sih.

    ReplyDelete
  31. Asus memang selalu menciptakan produk yang menarik :), dengan membaca review ini saya jadi ingin ganti laptop agar lebih seru ketika mengerjakan website :) Terima kasih atas informasinya :)

    ReplyDelete
  32. saya pakai asus sejak tahun 2014 dan memang menurut saya pribadi barangnya gokil dan is the best lah gak rugi deh beli asus

    ReplyDelete

Terima kasih sudah singgah di blog amiwidya.com.
Saya persilakan menambahkan komentar untuk melengkapi postingan blog di atas.
Semoga bermanfaat & menginspirasi buat semua...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel