Tips Agar Rambut Bebas Ketombe

 

sampo untuk menghilangkan ketombe

Siapa di sini yang lagi jengkel sama rambutnya gara-gara muncul ketombe di kulit kepala? Yuk kumpul dulu! Kali ini aku mau sharing tips bagaimana caranya biar rambut dan kulit kepala bebas ketombe sehingga bisa membuat kalian tampil percaya diri.

Sebelumya, sudah tahu belum apa itu ketombe? Ketombe adalah kondisi kulit kepala yang rusak ditandai dengan munculnya serpihan kulit berwarna putih dan rasanya gatal. Pada kondisi yang parah, saat digaruk maka akan menyebabkan permukaan kulit lecet dan terluka. Kondisi ini akan membuat semakin tidak nyaman. Kemunculan ketombe ini bisa terjadi pada berbagai usia, umumnya mulai dari remaja hingga dewasa.

Ada faktor-faktor tertentu yang dapat membuat kalian lebih rentan berketombe, antara lain:

1. Usia: biasanya terjadi pada orang dewasa muda dan berlanjut hingga usia paruh baya. 

2. Jenis kelamin: lebih sering terjadi pada pria daripada wanita.

3. Penyakit Parkinson dan penyakit lain yang mempengaruhi sistem saraf. Begitu juga dengan HIV atau sistem kekebalan yang melemah.

4. Riwayat penyakit kulit: pernah mengalami eksim, rosacea, psoriasis, atau jerawat dapat memicu atau memperburuk dermatitis seboroik.

5. Kulit berminyak: orang yang memiliki kulit berminyak secara alami, berisiko tinggi terkena dermatitis seboroik.

6. Sering meminyaki kulit kepala dengan minyak tertentu bisa memperburuk respons pengelupasan dan gatal.


Di bawah ini ada beberapa tips untuk menghilangkan ketombe, di antaranya:

1. Menggunakan shampo untuk menghilangkan ketombe

Sebaiknya kalian rutin keramas untuk mengatasi masalah ketombe, terutama bagi kalian yang memiliki kulit berminyak. Dengan cara ini, sel-sel kulit mati dan kotoran pada kulit kepala bisa terangkat. Namun, bukan berarti kalian keramas setiap hari. Keramas terlalu sering justru bisa menghilangkan minyak alami pada rambut dan kulit kepala. Akibatnya, kulit kepala menjadi semakin kering dan masalah ketombe akan semakin parah.  

2. Mengoleskan tea tree oil atau minyak pohon teh. 

Bahan alami ini diklaim bisa mengurangi pertumbuhan jamur penyebab ketombe dan meredakan gatal. Untuk menggunakannya, campurkan beberapa tetes tea tree oil murni dengan sampo yang biasa kalian gunakan. Lalu, keramas seperti biasa. Namun, sebelum rutin menggunakannya, alangkah baiknya jika kalian menguji terlebih dahulu apakah kalian alergi terhadap minyak ini atau tidak. Caranya, oleskan sedikit tea tree oil pada kulit lengan dan tunggu reaksinya dalam 24 jam. Jika terlihat memerah, segera hentikan penggunaannya. 

3. Mengonsumsi makanan sehat dan bernutrisi untuk kesehatan kulit.

Contohnya seperti probiotik. Probiotik ini tak hanya untuk memelihara kesehatan sistem pencernaan saja. Nutrisi di dalamnya juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh, termasuk dalam melawan infeksi jamur penyebab ketombe. Caranya, kalian bisa mengonsumsi yoghurt, tempe, kimchi, dan kombucha.

Selain itu, kalian juga harus makan makanan sehat dan bergizi seimbang yang mengandung zink dan vitamin B, dan asupan omega-3 yang juga penting untuk meningkatkan nutrisi dan mengurangi peradangan kulit kepala pada pengidap ketombe.

4. Menggunakan masker air lemon.

Lemon mengandung vitamin C, asam sitrat, flavonoid, dan zat besi untuk mengatasi ketombe dengan menyeimbangkan pH kulit kepala. Caranya yaitu dengan mengaplikasikan 2 sendok teh air perasan lemon ke kulit kepala. Lalu diamkan 10 sampai 15 menit, dan bilas sampai bersih.

Demikian tips agar rambut bebas ketombe dari saya, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

0 Response to "Tips Agar Rambut Bebas Ketombe"

Post a Comment

Terima kasih sudah singgah di blog amiwidya.com.
Saya persilakan menambahkan komentar untuk melengkapi postingan blog di atas.
Semoga bermanfaat & menginspirasi buat semua...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel