ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402), Penghubung di Segala Area

 ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402), Penghubung di Segala Area


Jam mengajar masih berlangsung, kuintip sekilas WhatsApp grup yang sedari tadi ramai mendiskusikan tugas kuliah. Ahh... iya, deadline tugas sudah melambai-lambai mengajak berkencan. Sedangkan di hadapanku masih ada siswa-siswi yang menjadi tanggung jawabku selama di kelas. Ingin rasanya segera mengakhiri pembelajaran yang tersisa sekitar 1 jam ke depan. Tapi aku tak mau menjadi guru yang korupsi waktu. Kecuali ada hal yang sangat mendesak, baru aku akan mengajukan izin.

Saat itu, aku pun sudah membawa laptop di ransel. Untuk berjaga-jaga, barangkali bisa mencicil mengerjakan tugas kuliah magisterku di sela-sela jam istirahat anak-anak. Tapi di pagi hari telah kulihat baterai smartphone yang hanya tersisa sekitar 31% saja. Gara-garanya lupa mengisi daya sebelum berangkat kerja. Urung sudah niat menyela waktu untuk mengerjakan tugas. Tak mungkin kunyalakan hotspotnya, karena pasti akan menguras daya smartphoneku hingga mati.

Ingin hati menyambungkan laptop dengan WiFi sekolah. Namun apa daya, kelasku berada di pojok sekolah. Kelas dengan titik terjauh dan tak terjangkau sinyal WiFi yang berada di sekitar kantor. Aku tak bisa berbuat apa-apa selain menunggu jam pembelajaran anak-anak usai. Kulanjutkan mengajar hingga bel pulang sekolah berdering.

Aku sempat mengeluh dalam hati, mengapa tak ada laptop yang otomatis bisa terhubung dengan jaringan seluler? Mengapa harus mencari WiFi dulu baru bisa terhubung dengan internet? Padahal kebutuhan laptop yang terhubung dengan jaringan internet itu sudah menjadi kebutuhan pokok bagiku.

Pernah juga suatu ketika, aku melewatkan tawaran content placement and backlink  dari suatu brand yang mengajak bekerjasama melalui blogku. penyebabnya karena aku yang kurang gercep dan disibukkan oleh pekerjaan. Aku selalu menunda-nunda untuk membuka laptop, masalahnya tak lain juga tentang jaringan internet yang tak bisa kudapatkan langsung dari laptop. Duh... Saat itu aku hanya bisa menggerutu dalam hati, karena otomatis kehilangan pemasukan. Padahal jumlahnya lumayan untuk tambahan uang jajan anak-anakku.

Dalam suasana-suasana seperti itu, aku hanya bisa berandai-andai. Kapan ada laptop yang bisa membantuku dalam segala kondisi? Laptop canggih yang tangguh, serta selalu siap sedia terhubung dengan internet tanpa bantuan perangkat tambahan.

Hari gini, kalau mau kerja masih sibuk cari WiFi gratisan dan bingung menghubungkan perangkat tambahan dengan laptop supaya tersambung internet, sepertinya memang sudah bukan zamannya lagi deh. Karena seharusnya, sudah ada laptop canggih yang bisa terkoneksi langsung dengan internet melalui kartu SIM aktif yang terpasang di laptop. 

Yup, tepat pada tanggal 8 Juni 2022 kemarin, ada kabar baik yang membuat bahagia. ASUS baru saja memperkenalkan ExpertBook B3 Flip (B3402). Wah... Apa lagi ya fitur terbaru dari brand laptop terkemuka satu ini? 

ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402)
ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) (sumber: asus.com)


Usut punya usut, ternyata, laptop ini datang dengan sebuah terobosan barunya. Dia sudah dilengkapi fitur konektivitas 4G LTE. Sehingga, laptop ini sangat cocok digunakan untuk pengguna di kalangan dunia pendidikan, seperti pelajar, mahasiswa, guru, sampai dosen. Belajar sekaligus bekerja bisa lebih nyaman di era new normal. 

Yeay.... Kabar gembira kan?! Dijamin deh, laptop istimewa ini akan semakin membuat hari-hari kita bertambah praktis, dan otomatis beban pekerjaan jadi tipis. Cocok banget rasanya buat saya yang menyandang pekerjaan multidimensi. Seorang bloger, guru, sekaligus mahasiswa.


Jimmy Lin sebagai ASUS Regional Director Southeast Asia pun mengatakan bahwa,“Sejak awal ASUS ExpertBook merupakan seri laptop yang dibangun dengan konsep yang mengutamakan produktivitas serta mobilitas.” Dari pernyataan ini, semakin memantabkan kita para pengguna laptop yang memiliki mobilitas tinggi dan keinginan untuk selalu terhubung dengan jaringan seluler dimanapun kapanpun untuk meminang ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) sebagai laptop idaman. 


ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) Pembawa Segudang Manfaat

Kehadiran barang elektronik super dengan fitur unggulan ini sudah pasti membawa banyak manfaat yang dirancang untuk mempermudah kehidupan kita. Apa saja sih? Simak yuk, ulasan berikut ini!

Buat kalian para pelajar dan mahasiswa, apa keuntungan menggunakan ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) ini? Sini aku bisikin, kalian tinggal buka laptop, sudah otomatis terhubung internet. Jadi kalian enggak perlu loncat kesana kemari buat cari WiFi tetangga, atau nongkrong berjam-jam di tempat umum. Bikin capek itu...

Lanjut, laptop unggulan yang satu ini telah diperkuat oleh prosesor Intel® Core™ generasi ke-11 terbaru dan juga Intel® Iris® Xᵉ graphics. Jadi, buat kalian yang punya hobi design grafis, wajib memiliki laptop ini. Simpel banget, karena kalian juga bisa melakukan editing sambil terhubung langsung dengan internet. Gak perlu ribet dengan banyaknya aplikasi yang menguras kapasitas memori di laptop.

Lantas, bagaimana dengan para guru dan dosen?! Mari, para Bapak/Ibu guru dan teman-teman sejawatku, merapat ke sini sebentar! Di era yang serba terhubung dengan Artificial Intelligence ini, para guru dan dosen, terutama dari kalangan anak muda, dituntut agar serba kreatif. Sepengetahuan saya sebagai guru di sekolah dasar, kami sebagai guru dituntut supaya bisa membuat berbagai media pembelajaran yang menarik bagi siswa. 

Nah, salah satu media pembelajaran yang bisa dirancang dengan amat praktis dan menarik adalah menggunakan laptop. Para guru bisa memanfaatkan laptop untuk mengkreasikan media pembelajaran agar mempermudah proses penyampaian materi kepada siswa-siswinya. Untuk mencapai tahap mengkreasi media pembelajaran berbasis elektronik ini, tentu saja dibutuhkan peralatan elektronik yang memadai. Kalau laptop yang digunakan kurang bersahabat, sudah pasti akan menghambat pekerjaan sebagai guru. 

Sekarang juga semakin banyak jalan untuk menimba ilmu bagi para guru. Salah satunya adalah melalui webinar dan diklat yang diselenggarakan secara online. Mengikuti kegiatan seperti ini, sudah dipastikan akan meningkatkan kompetensi guru dari segi pedagogik dan keprofesionalannya. Pada saat mengikuti diklat, terkadang diminta spesifikasi laptop tertentu yang mumpuni untuk diajak bekerja. Seperti pada saat saya mengikuti diklat coding bagi tenaga pendidik SD yang diselenggarakan Kominfo baru-baru ini. Ada batasan spesifikasi perangkat yang diminta penyelenggara.

ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402)
Sumber: asus.com

Saran saya dari permasalahan ini masih sama, yaitu menggunakan ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402). Sebab, segala keunggulan dari laptop ini masih menjadi the best answer untuk menjawab segala tantangan guru di masa kini.

Selanjutnya untuk para Bapak/Ibu dosen. Sebagai dosen yang baik, Anda pasti berkeinginan untuk menjalin hubungan yang lebih intens dengan para mahasiswa. Hubungan yang saya maksud di sini tentu saja hubungan sebagai dosen dan mahasiswa ya...

Sudah zamannya, para mahasiswa mengerjakan tugas dengan sistem monitoring secara berkala. Prosesnya pun dilakukan secara online. Apalagi semenjak masa pandemi, tingkat aktivitas perkuliahan online semakin tinggi. Tugas-tugas yang dulunya dikirim ke dosen dengan berlembar-lembar kertas, atau menggunakan compact disk, sekarang sudah bisa dikirim melalui WhatsApp, google drive, one drive, dan berbagai cara lain yang membutuhkan keterhubungan dengan internet.

Dari sini, bisa disimpulkan bahwa dosen juga membutuhkan seperangkat alat yang harus terhubung dengan internet. Pasalnya, tidak semua dosen bekerja dengan menetap di suatu tempat secara terus-menerus. Ada sebutan "dosen terbang" bagi mereka yang aktivitas luarnya sangat padat. Para dosen ini diharuskan pergi ke berbagai lokasi untuk keperluan pekerjaan mereka. Bisa jadi mereka mengajar di beberapa kampus, atau menghadiri berbagai kegiatan ilmiah di luar kampus.

Sudah jelas, laptop yang digunakan harus terhubung dengan internet. ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) tetap menjadi idola untuk disanding dengan pekerjaan ini.

Sebenarnya, tak hanya kalangan dari dunia pendidikan saja yang bisa memanfaatkan laptop ini. Akan tetapi, orang-orang dari kalangan pebisnis pun dijamin bakal menuai manfaat yang luar biasa dari kehadiran laptop istimewa ini. Bayangkan, misalnya Anda adalah seorang pebisnis muda yang membutuhkan kepraktisan dan keterhubungan dengan internet dari peralatan teknologi yang bernama laptop. Anda memiliki mobilitas sangat tinggi untuk perjalanan bisnis. Berarti, Anda juga harus menghemat baterai smartphone agar terus menyala selama di perjalanan. 

ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402)
Sumber: asus.com

Salah satu cara untuk menghemat baterai adalah dengan mematikan fitur hotspotnya. Jadi, Anda harus menggunakan alternatif lain agar bisa menghubungkan laptop dengan internet. Tak mungkin Anda mengandalkan WiFi gratisan di tempat-tempat umum selama Anda singgah. Anda pasti membutuhkan peralatan yang serba ringkas dan membantu pekerjaan Anda agar lebih cepat selesai. 

Nah, ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) adalah jawaban dari permasalahan ini. Karena ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) telah menjadi laptop bisnis pertama yang didukung oleh konektivitas 4G LTE. Jaringan 4G LTE sendiri sudah ada dimana-mana. Bahkan sudah samapai ke pelosok-pelosok daerah di seluruh Indonesia, maupun mancanegara. Luar biasa kan?!


Lebih Unggul Bersama ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402)

Terkoneksi jaringan 4G LTE dimanapun kapanpun

ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) sangat praktis karena bisa menghubungkan penggunanya ke internet tanpa perangkat perantara. Di dalam laptop ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) telah terdapat modem 4G yang terintegrasi, sehingga dapat langsung terhubung dengan jaringan seluler. Layaknya smartphone yang biasa kita gunakan sehari-hari, kita hanya perlu memasang kartu SIM aktif ke dalam ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402), dan otomatis akan terhubung ke jaringan 4G LTE.

Jaringan seluler melalui teknologi 4G sendiri telah tersebar di banyak lokasi di Indonesia. Maka dari itu, pengguna ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) bisa terkoneksi dengan internet dimanapun kapanpun dia mau.

ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402)


Convertible dan fleksibel untuk berbagai skenario penggunaan

ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) tampil dengan ukuran bodi yang tipis dan ringkas, serta memiliki bobot yang ringan, hanya sekitar 1,6 kg sehingga mempermudah untuk dibawa bepergian. Selain itu, penampilannya tak seperti laptop pada umumnya yang hanya bisa diputar beberapa derajat. Laptop yang fleksibel ini dilengkapi dengan engsel 360° untuk fleksibilitas dan totalitas tampilannya. Fitur ini sangat berguna bagi para guru, dosen, maupun pebisnis yang ingin menjelaskan atau mendemonstrasikan materi kepada siswa, mahasiswa, dan kliennya melalui laptop.

ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402)


Konstruksi body yang sangat tangguh

ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) telah mengantongi sertifikasi lolos uji ketahanan berstandar militer AS (MIL STD-810H). Melalui uji ketahanan ini, jelas bisa diandalkan ketahanannya. Selain itu, ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) juga dibekali dengan fitur khusus untuk meningkatkan durabilitas penggunaannya seperti keyboard yang tahan terhadap tumpahan air, hingga port yang dibekali dengan rangka konstruksi khusus agar tidak mudah rusak.

Selama penggunaannya, laptop bisa bertahan hingga 30.000 siklus buka-tutup. Ditambah lagi kekuatannya yang bisa menahan sampai 25 kg pada tutup dan bawah tanpa kerusakan panel LCD. Hebatnya lagi, laptop tangguh ini sudah diuji coba saat jatuh dari ketinggian 120 cm, dan ketumpahan cairan sampai sebanyak 300 cc. Hasilnya aman-aman saja. Benar-benar spektakuler.

ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402)


Pengisian daya secepat kilat

Produktivitas pengguna ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) dijamin meningkat dengan ditunjang opsi pengisian daya yang fleksibel melalui port Thunderbolt 4 USB Type-C. Pengguna laptop multifungsi ini hanya membutuhkan waktu 15 detik untuk penggunaan selama 45 menit. Singkat banget deh!

Rahasianya, saat pengguna membuat sebuah catatan di laptop, pengguna bisa memanfaatkan stylus yang tersimpan di “tempat khusus” pada bodi laptop. Nah, pada saat disimpan, stylus ini akan melakukan pengisian daya secara otomatis, sehingga selalu siap digunakan setiap waktu. Berkat teknologi khusus, stylus di ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) bisa diisi dengan cepat. 

ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402)


Dibekali dua kamera

Pada umumnya, laptop hanya memiliki satu kamera untuk digunakan saat video conference. Namun pada ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402), ada dua kamera yang bisa digunakan loh! Dimana saja itu? Letak salah satunya berada sejajar dengan layar seperti laptop pada umumnya, dan yang lainnya merupakan  world-facing camera yang sejajar dengan keyboard. Kerennya nih, world-facing camera  ini menggunakan sensor 13MP yang berguna ketika laptop digunakan pada mode tablet atau tent (mode setengah terbuka atau seperti bentuk tenda). Fungsinya sama seperti halnya kamera belakang pada smartphone.

ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402)


Terdapat lapisan anti bakteri

Permukaan laptop merupakan daerah yang rawan dengan adanya bakteri dan virus. Kalian masih takut dengan ancaman virus dan bakteri? Dengan menggunakan ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402), tak perlu takut lagi dengan ancaman virus dan bakteri. Karena laptop akan tetap higienis, demikian juga dengan permukaan keyboard, touchpad, dan palm rest, semuanya dilindungi dengan perawatan antibakteri. 

Hal ini telah diuji secara ilmiah oleh standar ISO 22196 yang diakui secara internasional untuk menghambat pertumbuhan bakteri lebih dari 99% selama periode 24 jam. ASUS Antibacterial Guard juga dirancang untuk tahan terhadap produk pembersih berbasis alkohol dan air asam hipoklorit, yang memungkinkan Anda menjaga permukaan laptop tetap bersih dan sehat, serta membatasi penyebaran bakteri berbahaya.

ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402)


Melindungi kesehatan mata

ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) juga dibekali layar yang bisa melindungi kesehatan mata penggunanya. Layarnya sudah dilengkapi fitur Eye Care yang mengantongi sertifikasi TUV Rheinland. Fitur ini bisa mengurangi pancaran radiasi sinar biru dari layar laptop secara signifikan, sehingga kesehatan mata penggunanya bisa terus terjaga. Makanya, pengguna tak perlu takut sakit mata jika harus berlama-lama berhadapan dengan laptop.

ASUS Rxpertbook B3 Flip (B3402)


Performa gesit, siap multitasking

Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya, bahwa ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) ini dibekali dengan prosesor 11th Gen Intel Core yang juga ditenagai oleh chip grafis terintegrasi Intel Iris Xᵉ Graphics. Ditambah juga dengan memori DDR4 dengan kapasitas sampai 16GB, dan tentu saja masih bisa di-upgrade. Penyimpanannya berupa PCIe SSD 3.0 berkapasitas sampai 1TB. Fitur ini memungkinkan laptop untuk mengolah beragam dokumen, membuka berbagai aplikasi secara bersamaan, sehingga cocok buat pengguna yang multitasking. 

ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402)


Bebas dari kebisingan dan keburaman kamera saat melakukan video conference

Pernahkah kalian mengalami berbagai suara dari luar yang ikut masuk ke dalam video conference saat kuliah? Tiba-tiba terdengar suara penjaja bakso yang lewat, suara hewan peliharaan, atau suara tangisan anak-anak. Dengan ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402), kejadian semacam ini tidak akan muncul. Laptop keren yang satu ini telah memiliki teknologi Two-Way AI Noise-Cancellation. Teknologi yang mampu menghilangkan suara bising dan mengganggu dari pengguna dan lawan bicaranya secara real-time. Teknologi ini memungkinkan penggunanya untuk melakukan video conference di tempat yang ramai.

Selain itu, ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) menghadirkan teknologi khusus yang membuat hasil tangkapan kameranya jauh lebih baik. Dengan menggunakan teknologi 3D Noise-Reduction (3DNR), hasil tangkapan kamera akan lebih jelas dan minim efek noise, bahkan dalam kondisi yang minim cahaya.

ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402)


Privasi Terjamin

ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) memiliki sistem keamanan yang kuat untuk menjaga kerahasiaan dan keamanan informasi pribadi. Fitur keamanan ini terdapat pada sensor sidik jari yang disematkan dan pelindung webcam fisik, serta TPM 2.0, yang memastikan bahwa tak ada pengintip kehidupan pribadi Anda di balik layar. Bahkan ada slot kunci Kensington yang terpasang, membuat laptop semakin aman..

Saat tidak digunakan, webcam di ExpertBook B3 Flip tersembunyi di balik penutup fisik (webcam shield), memastikan privasi yang cepat. Cukup geser untuk membuka panggilan video atau merekam, lalu tutup lagi setelah selesai.

Dengan sensor sidik jari yang disematkan ke tombol daya, ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) memiliki fitur perlindungan biometrik bawaan. Jadi, untuk mengaktifkan laptop dan masuk, cukup tekan tombol, tidak perlu kata sandi atau PIN yang sulit diingat!

Sebuah chip  TPM 2.014  akan melindungi data penting dan transaksi yang telah dilakukan oleh pengguna. Chip ini dapat menyimpan informasi otentikasi yang digunakan oleh perangkat lunak, seperti kata sandi atau kunci enkripsi. Jadi informasi Anda dienkripsi, dan fitur ini dapat menghilangkan bahaya pelanggaran data karena peretasan.

ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402)


Dilengkapi dengan My ASUS dan ASUS Business untuk para Pebisnis

Aplikasi MyASUS adalah cara mudah untuk mengakses aplikasi ASUS untuk membantu Anda memaksimalkan laptop atau PC desktop. Fitur tautan ke MyASUS adalah alat praktis yang merupakan bagian dari aplikasi MyASUS. Fitur ini mengintegrasikan PC ASUS dengan perangkat mobile, sehingga dapat meningkatkan produktivitas pengguna dan memungkinkan pengguna melakukan lebih dari satu pekerjaan dengan lebih mudah. 

Serangkaian fitur memungkinkan Anda mentransfer file atau tautan dengan cepat melalui nirkabel antar perangkat, mengontrol ponsel dari PC, menggunakan perangkat seluler sebagai tampilan sekunder, atau mengakses file PC lokal dari jarak jauh dari ponsel. Tautan ke MyASUS benar-benar dapat menyederhanakan hidup penggunanya.

Sedangkan ASUS Business merupakan program besutan ASUS yang menawarkan perangkat komputasi terbaik dan terintegrasi melalui software khusus berstandar industri. ASUS Business hadir dengan layanan premium dan dirancang khusus untuk membantu para pelaku bisnis dan instansi di Indonesia agar bisa memaksimalkan potensinya

ASUS Business juga memberikan nilai lebih bagi para pelaku bisnis dan instansi. CTO merupakan salah satu fokus di ASUS Business. Untuk itulah ASUS Business menawarkan ragam opsi kustomasi spesifikasi serta hardware pada setiap perangkat sehingga pelaku bisnis dan instansi bisa mengatur biaya yang berlebih.

Di sisi lain, ASUS Business juga menawarkan opsi layanan purna jual. Pelaku bisnis dan instansi bisa memanfaatkan layanan ekstra seperti Warranty Extention sampai 5 tahun, Accidental Damage Protection (ADP) dengan garansi perlindungan sampai 100%, layanan Onsite Service, sampai VIP Support Line yang bisa memberi dukungan teknis khusus.

ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402)

Itulah beberapa keunggulan fitur yang bisa didapatkan oleh pengguna ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402). Siapa yang tertarik untuk berkenalan lebih jauh atau ingin langsung meminang perangkat canggih yang satu ini? Siapkan dana sebesar kurang lebih 17,5 juta untuk mendapatkan ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402).

Aminnatul Widyana Mom of 2 kiddos/ Ahmad Rahman Budiman's wife/ teacher/ blogger

0 Response to "ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402), Penghubung di Segala Area"

Post a Comment

Terima kasih sudah singgah di blog amiwidya.com.
Saya persilakan menambahkan komentar untuk melengkapi postingan blog di atas.
Semoga bermanfaat & menginspirasi buat semua...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel