Inspirasi Menu Simpel di Bulan Ramadhan

 

Tepung supercrispy Kobe


Alhamdulillah... Sudah lebih dari seminggu kita memasuki bulan suci yang penuh rahmat ini. Bulan yang ditunggu-tunggu segenap umat Islam di seantero negeri. Di bulan yang istimewa ini, umat Islam wajib menunaikan yang namanya ibadah puasa. Nah, selama ibadah puasa, biasanya para Mommy sibuk untuk menyiapkan segala hidangan di dapur. Akan tetapi, bagiku yang seorang ibu rumah tangga sekaligus ibu bekerja, seringkali menemui kendala untuk membuat hidangan saat berbuka puasa maupun saat sahur.

Kalau terpaksa, biasanya aku membeli masakan yang sudah matang dan siap saji di warung terdekat. Karena kebetulan tempat tinggalku berada di dekat pasar Kota Gresik. Sehingga, aku tak pernah menemui kesulitan untuk menemukan penjual makanan apapun. Baik itu bahan mentah, buah-buahan, jajanan, maupun lauk pauk yang sudah matang. Tapi kalau dihitung-hitung, tentu saja pengeluaran untuk membeli makanan yang sudah matang dengan pengeluaran untuk memasak sendiri di rumah, itu menghabiskan dana yang jauh lebih besar.

Apalagi kalau sudah memasuki waktu berbuka puasa, segala jenis makanan dan minuman semakin merajalela di sekitar tempat tinggalku ini. Jika tak pandai mengatur pengeluaran, bisa jadi akan besar pasak daripada tiang. Belum lagi kebutuhan baju baru buat keluarga, persiapan uang saku untuk mudik, dana sosial yang semakin banyak, dan beragam kebutuhan dadakan lainnya.

Nah, salah satu cara untuk menghemat pengeluaran rumah tangga yaitu dengan membuat masakan yang simpel. Mengingat harga BBM, minyak goreng, gula, daging, dan beragam kebutuhan yang semakin meningkat, maka tips ini betul-betul berguna. Aku bisa menghemat waktu, uang, dan tenaga sekaligus.

Menu-menu yang simpel ini aku dapatkan dari Inspirasi Menu 30 Hari Bulan Ramadhan di link: bit.ly/30harimenuramadhan. Di sini sudah lengkap banget menurutku. Apalagi ditambah bumbu jadi dari Kobe yang rasanya lezat. Aku tak perlu lagi repot-repot menyiapkan bumbu untuk masakanku. Tinggal beli Kobe di toko-toko sayur ketika berbelanja bahan makanan, terus dipakai buat masak deh.

Oh iya, sedikit mengulas tentag Kobe nih. Sebenarnya Kobe memulai perjalanannya tahun 1979 sebagai industri rumahan di Semarang. Produk pertama Kobe adalah Tepung Bumbu yang kemudian menjadi tepung bumbu pertama di Indonesia.

Banyak yang mengira Kobe adalah perusahaan asal Jepang karena dilihat dari namanya. Kobe sendiri merupakan singkatan dari Kata Orang Banyak Enak dan memiliki tagline Kobe Ahlinya Tepung Bumbu! Jadi, Kobe ini asli produk Indonesia ya...

Selanjutnya, di sini aku ingin memperlihatkan hasil recook masakanku untuk sahur yang aku liat di Inspirasi Menu 30 Hari Bulan Ramadhan. Sengaja aku cari yang benar-benar simpel dan bahannya mudah didapat. Aku membuat jamur crispy kesukaan suamiku. Gampang banget cara masaknya. 

Tepung supercrispy kobe
Persiapan buat masak kala sahur

Pertama-tama, siapkan dulu bahan-bahan yang diperlukan, yaitu:

  • 1 bks Kobe Tepung Kentucky SuperCrispy (210 gr)
  • 1/4 kg jamur tiram
  • minyak goreng secukupnya
  • Kalau suka pedas bisa ditambahkan 1 bks BonCabe Level 15 (7gr) (bahan terakhir ini bisa ditambahkan sesuai selera). Tapi karena ada anak-anak di rumah, maka aku tidak menggunakan bahan yang terakhir ini.

Kemudian, cara membuatnya yaitu:

  1. Cuci jamur hingga bersih lalu peras hingga keluar airnya
  2. Suwir-suwir jamur lalu sisihkan
  3. Siapkan wadah. Tuang Kobe Tepung Kentucky Super Crispy lalu masukkan jamur sambil diremas ringan
  4. Goreng jamur dengan api sedang hingga matang dan berwarna kecoklatan. Tiriskan.
  5. Sajikan dengan taburan BonCabe Level 15 (opsional)

Jeng jeng.... Jadi deh. Ini dia hasilnya:

Jamur crispy Kobe


Gampang banget, simpel, cepat, dan enak hasilnya. Rasa asinnya pas, gurih, dan renyah. Tak perlu memasak yang ribet-ribet. Begini saja sudah nikmat rasanya. 

Gimana? Mau coba juga? Intip deh inspirasi menu Ramadan kalian di resepnya Kobe....




Aminnatul Widyana Mom of 2 kiddos/ Ahmad Rahman Budiman's wife/ teacher/ blogger

0 Response to "Inspirasi Menu Simpel di Bulan Ramadhan"

Post a Comment

Terima kasih sudah singgah di blog amiwidya.com.
Saya persilakan menambahkan komentar untuk melengkapi postingan blog di atas.
Semoga bermanfaat & menginspirasi buat semua...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel