Pentingnya Menambah Masa Otot bagi Lansia

 

susu penambah massa otot

Semakin bertambah usia, maka kondisi fisik akan semakin melemah. Fisik akan merasakan keberatan saat mengangkat benda-benda yang lumayan berat. Fisik juga akan mudah lelah ketika melakukan pekerjaan yang menguras tenaga dalam waktu lama.

Berdasarkan Harvard Health Publishing, setelah usia 30 tahun akan ada 3% sampai 5% massa otot yang mulai berkurang per dekade. Sedangkan kebanyakan kaum pria akan kehilangan sekitar 30% dari massa otot mereka selama hidupnya. Kondisi berkurangnya massa otot ini merupakan salah satu tanda dari adanya penuaan. Meskipun demikian, ada cara-cara untuk mengendalikan agar massa otot terjaga.

Sebenarnya apa itu massa otot? Massa otot ini berhubungan dengan otot rangka. Otot ini menggambarkan kemampuan fisik seseorang. Massa otot juga berpengaruh terhadap kesehatan, khususnya dalam respons terhadap stres, cedera, dan penyakit. Sehingga keadaan mengenai baik buruknya massa otot ini dianggap penting bagi manusia.

Mengapa perlu menjaga agar massa otot tetap terjaga? Tentu saja supaya kondisi fisik tetap sehat dan bugar meskipun usia bertambah. Selain itu, dengan menjaga massa otot maka manusia memiliki lebih banyak energi dan otot-otot yang lebih kuat untuk beraktivitas. Dengan demikian, usia harapan hidup akan semakin bertambah sehingga bisa menikmati hari tua tanpa sakit-sakitan.

Lantas bagaimana cara untuk menjaga massa otot? Bisa disimak melalui beberapa cara berikut.

1. Berolahraga secara teratur

PRT atau progressive resistance training merupakan kegiatan olahraga yang perlu dilakukan untuk mempertahankan massa otot. Kegiatan ini meliputi intensitas dan beban yang naik secara berkala seiring bertambahnya kekuatan (strength) dan ketahanan (endurance) seseorang. Kegiatan PRT dijadwalkan secara terstruktur. PRT bisa melatih tubuh dan menantangnya, tapi tidak membuat kewalahan. Jadi, jadwal yang dibuat pasti berbeda tiap orang. Contoh kegiatan yang bisa dilakukan yaitu, push up, toe taps, dan angkat beban.

2. Menjaga pola makan

Mengonsumsi makanan dan minuman sehat yang kaya akan protein tanpa lemak adalah andalan bagi atlet yang ingin mendapatkan performa terbaik saat bertanding. Hasil penelitian pun menunjukkan bahwa hal ini sama pentingnya untuk orang dewasa yang menua. Protein terdiri dari asam amino yang digunakan tubuh untuk tumbuh dan memperbaiki jaringan otot. Sumber protein terbaik terdapat pada daging tanpa lemak, unggas, ikan, telur, produk susu rendah lemak, serta kacang-kacangan dan polong-polongan.

3. Mengonsumsi susu penambah massa otot

Poin ketiga yang paling mudah dilakukan, yaitu mengonsumsi susu penambah massa otot. Asupan nutrisi tambahan yang diperoleh dari susu jenis ini, sangat berguna bagi orang dewasa untuk menambah massa ototnya. Kandungan Triple Protein (whey, casein, dan soya) serta berbagai macam nutrisi untuk membantu kesehatan, daya tahan tubuh, dan juga massa otot bisa membantu untuk menjaga kekuatan agar tetap aktif dalam kegiatan sehari-hari.

4. Menjaga keseimbangan hormon

Selain tiga cara di atas, masih ada satu cara lainnya. Massa otot dan massa tulang sangat diatur oleh kadar hormon. Hormon yang mempengaruhi di antaranya ada estrogen, testosteron, dan tiroid. Maka dari itu, sangat penting untuk menjaga keseimbangan hormon ini seiring bertambahnya usia. Untuk menjaga keseimbangan hormon, disarankan berkonsultasi dengan dokter ahli agar bisa menentukan kebutuhan hormonal dengan lebih spesifik.

Itulah beberapa cara untuk menambah massa otot. Karena menjaga massa otot juga merupakan salah satu hal penting yang harus dilakukan manusia demi kesehatan dan kebahagiaan di masa tua.

Aminnatul Widyana Mom of 2 kiddos/ Ahmad Rahman Budiman's wife/ teacher/ blogger

0 Response to "Pentingnya Menambah Masa Otot bagi Lansia"

Post a Comment

Terima kasih sudah singgah di blog amiwidya.com.
Saya persilakan menambahkan komentar untuk melengkapi postingan blog di atas.
Semoga bermanfaat & menginspirasi buat semua...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel