Boleh Konsumsi Obat dengan Susu, Asalkan ....

 

minum obat dengan susu


Pada dasarnya, mengonsumsi obat tidak boleh dibarengi dengan minum susu. Ada alasan tertentu yang menjadikan konsumsi obat bareng susu itu berbahaya. Di antaranya karena adanya senyawa yang mengganggu penyerapan dari obat yang dikonsumsi.

Alasan lain tidak bolehnya mengonsumsi obat bareng dengan susu adalah karena interaksi antara susu dan obat yang dapat menyebabkan efek samping pada obat menjadi lebih parah atau memicu timbulnya efek samping baru yang belum diketahui. Selain itu, produk susu beserta turunannya menyebabkan ketidakefektifan kinerja suplemen.

Bagi para moms yang memiliki bayi, tentu saja jadi agak susah ketika mengobati anak. Karena bayi tak bisa lepas dari konsumsi susu. Sebenarnya ada beberapa jenis obat yang tidak boleh diberikan berbarengan dengan susu formula kepada bayi, yaitu obat yang mengandung tetrasiklin, ciprofloxacin, obat penambah darah, dan obat mag. Alasannya adalah kandungan kalsium pada susu formula bisa mengikat molekul dalam obat. Akibatnya, molekul obat akan menggumpal dan tidak seluruhnya diserap optimal oleh tubuh bayi. Jadi, memberikan obat akan sia-sia dan kondisi kesehatan bayi tidak membaik. 

Moms baru bisa memberikan susu kepada bayi selang satu atau dua jam setelah bayi minum obat. Atau sebelum minum obat minum susu dulu supaya bayi tidak rewel. Hal ini untuk berjaga-jaga supaya obat bisa terserap dengan baik oleh tubuh.

Ada jenis suplemen yang bisa dicampurkan dengan pemberian susu formula, yaitu vitamin A, D, E, K, dan lactobacillus. Vitamin adalah kandungan yang mudah larut dalam lemak sehingga boleh diberikan berbarengan dengan susu formula. Sedangkan beberapa obat yang dianjurkan untuk diminum dengan susu, yaitu ibuprofen, aspirin, dan steroids. 

Minum susu dengan jenis obat-obatan di atas disarankan karena dapat mengurangi efek samping dari obat-obatan tersebut. Selain itu, prednisone juga menjadi obat yang disarankan untuk diminum bersama dengan susu, karena susu yang diminum akan menggantikan kalium dan kalsium yang terbuang dari penggunaan obat tersebut.

Itulah sekilas tentang mengonsumsi obat dengan susu yang sering terjadi pada bayi. Moms bisa mengatasi permasalahan ini dengan cara yang sudah saya sebutkan di atas. Tetapi sebelumnya, Moms perlu mengidentifikasi apakah obat yang akan diberikan itu diperbolehkan untuk dibarengi konsumsi susu atau tidak.




Aminnatul Widyana Mom of 2 kiddos/ Ahmad Rahman Budiman's wife/ teacher/ blogger

0 Response to "Boleh Konsumsi Obat dengan Susu, Asalkan ...."

Post a Comment

Terima kasih sudah singgah di blog amiwidya.com.
Saya persilakan menambahkan komentar untuk melengkapi postingan blog di atas.
Semoga bermanfaat & menginspirasi buat semua...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel