Cara Efektif Mengatasi Sakit Pinggang

 

sakit pinggang


Sakit pinggang tentu bisa dialami oleh siapa saja. Berbagai sensasi nyeri sering dirasakan oleh penderita sakit pinggang. Meski bukan tergolong suatu penyakit, sakit pinggang bisa diidentikkan dengan reaksi dari bagian tubuh yang sedang sakit.  Nyeri pada sakit pinggang tentu bisa ditimbulkan oleh berbagai factor. Dalam melihat suatu kondisi, tentu perlu diperhatikan secara seksama. Perlu adanya pengamatan lebih tentang factor penyebab sakit pinggang bisa terjadi. Berikut cara mengatasi sakit pinggang yang efektif antara lain :

1. Aktifitas fisik

Melakukan aktifitas fisik bisa mengatasi sakit pinggang. Olahraga yang baik adalah berjalan secara estafet yang tidak terlalu memaksakan pinggang. Melakukan kegiatan fisik ini tentu dapat membantu proses penyembuhan. Sakit pinggang menjadi dapat segera diatasi serta tubuh menjadi lebih hangat dan badan menjadi lebih sehat. Apabila hal ini bisa dilakukan secara rutin, maka semua akan menjadi mungkin untuk menyembuhkan sakit pinggang. Konsultasikan kegiatan olahraga yang tepat kepada dokter. Dengan berkonsultasi ini, maka dokter akan mengetahui dan memberi saran yang tepat tentang program olahraga yang cocok untuk penderita sakit pinggang.

2. Mencapai berat badan yang ideal

Lebih dari 30 persen penduduk dunia mengalami kelebihan berat badan dan hampir 20 persen dianggap obesitas. Membawa beban ekstra secara signifikan dapat membuat otot pinggang dan tulang belakang Anda tegang. Menurunkan berat badan bisa jadi sulit. Namun hal itu dapat membantu mengendalikan nyeri pinggang, mencegah kondisi menjadi lebih buruk dan bahkan berpotensi menghilangkan kebutuhan akan obat pereda nyeri atau pembedahan. Jika Anda membutuhkan bantuan untuk menurunkan berat badan maka berkonsultasi ke doker adalah cara langkah tepat.

3. Dengan melakukan akupuntur

Akupunktur adalah teknik di mana jarum kecil dimasukkan ke dalam tubuh untuk merangsang titik tertentu. Saluran energy akan terhubung dan dianggap oleh beberapa pasien dan dokter untuk meredakan sakit pinggang. Meskipun belum ada informasi yang cukup untuk merekomendasikan pedoman praktik klinis, akupunktur patut dicoba. Beberapa penelitian seperti meta analisis 2013 dalam jurnal Spine menunjukkan bahwa akupunktur mungkin merupakan terapi yang efektif untuk jenis nyeri pinggang tertentu.

4. Melakukan biofeedback

Dalam beberapa tahun terakhir biofeedback cukup terkenal. Biofeedback adalah sejenis teknik pikiran tubuh yang menggunakan sensor listrik untuk membantu Anda membuat perubahan halus di tubuh. Sebagai cara yang efektif untuk mengatasi sakit pinggang. Meta analisis Februari 2017 menunjukkan bahwa biofeedback dapat mengurangi intensitas nyeri pinggang dan ketegangan otot. Biofeedback baik digunakan sebagai pengobatan mandiri dan akan efektif bila dikombinasikan dengan perawatan lain.

5. Hindari penggunaan stiletto

Sandal, sepatu hak tinggi dan stiletto mungkin modis. Namun hal ini dapat mendorong pinggang bagian bawah, tulang belakang, dan pinggul tidak sejajar yang menyebabkan penggunaan otot yang berlebihan yang menyebabkan nyeri pinggang. Bahkan sepatu dengan hak platform atau blok bisa berdampak buruk bagi pinggang dari waktu ke waktu.

6. Berlatih yoga

Terlepas dari jenis dan tingkat keparahan nyeri pinggang yang dialami. Yoga dapat secara signifikan mengurangi gejala sakit pinggang. Beberapa pasien dapat menghindari pengobatan nyeri dan operasi sama sekali. Menurut penelitian Juli 2017 di jurnal Annals of Internal Medicine, pasien dengan nyeri pinggang kronis lebih kecil kemungkinannya untuk minum obat pereda nyeri setelah mengikuti latihan yoga selama 12 minggu. Dampaknya cukup positif serta penelitian ini sebanding dengan hasil pasien yang mengikuti latihan yoga. 

7. Berhenti merokok

Merokok menghambat aliran darah dan mencegah jaringan di seluruh tubuh. mendapatkan oksigen dan nutrisi yang dapat menyebabkan otot tulang belakang dan punggung melemah. Hasil dari merokok dapat menyebabkan sakit pinggang kronis. Ketika Anda siap untuk berhenti merokok, bicarakan dengan dokter tentang alat untuk berhenti. Anda bisa meminta resep pada dokter yang efektif untuk penghentian rokok. Juga pertimbangkan program penghentian nikotin yang dalam kombinasi pengobatan terbukti membantu pasien berhenti merokok untuk selamanya. Ketika datang untuk mengobati sakit pinggang, operasi bisa dilakukan hanya untuk pasien dengan kondisi parah atau ketika perawatan yang lebih alami tidak berhasil. Bagi sebagian besar pasien, perubahan gaya hidup dan terapi alternatif dapat membantu mencegah nyeri pinggang dalam jangka panjang.

8. Melakukan tindakan operasi

Karena sebagian besar pasien sembuh dari nyeri pinggang bawah dengan sedikit bantuan dari dokter. Alasan di balik pemilihan operasi ini setidaknya harus meyakinkan. Delapan puluh persen pasien dengan linu panggul akhirnya sembuh tanpa operasi. Masalah saraf progresif yang parah, disfungsi usus atau kandung kemih dan sindrom cauda equina merupakan indikasi yang paling jelas untuk operasi pinggang. Operasi pinggang juga akan dipertimbangkan jika tanda dan gejala pasien berkorelasi baik dengan penelitian seperti MRI atau elektromiogram.

9. Jangan terlalu lama berbaring

Terlalu lama berbaring justru dapat membuat pinggang menjadi tertekan. Dokter memberikan rekomendasi untuk bergerak secara rutin agar pinggang menjadi kendor dan otot tidak menjadi kaku. Apabila nyeri yang dialami cukup menyakitkan, maka istirahat menjadi bagian yang diprioritaskan. Istirahatlah secukupnya dan lakukan pergerakan seperti jalan ditempat untuk melatih otot stabil dan tidak kaku.

10. Melakukan meditasi

Sakit pinggung tentu dapat menyebabkan rasa emosi. Agar bisa mengatasi rasa frustasi yang berlebih, Anda bisa melakukannya dengan cara meditasi. Pada dasarnya meditasi adalah tindakan menenangkan diri dan firikan. Hal ini mampu meredakan stress dan bisa menenangkan diri.

Sakit pinggang memang tidaklah menyenangkan. Sakit pinggang tentu dapat diatasi dengan berbagai cara. Konsultasikan dengan tenaga medis secara tepat secara online dengan download di sini untuk mendapatkan informasi akurat.


Aminnatul Widyana Mom of 2 kiddos/ Ahmad Rahman Budiman's wife/ teacher/ blogger

0 Response to "Cara Efektif Mengatasi Sakit Pinggang"

Post a Comment

Terima kasih sudah singgah di blog amiwidya.com.
Saya persilakan menambahkan komentar untuk melengkapi postingan blog di atas.
Semoga bermanfaat & menginspirasi buat semua...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel