Cara Tidur Nyenyak dan Mengatasi Insomnia

 

minyak kutus kutus
gambar oleh pixabay


Sebagian dari Anda pasti pernah mengalami gangguan tidur berupa insomnia atau kesulitan tidur nyenyak. Ada berbagai penyebab yang menjadikan Anda mengalami insomnia. Masalah insomnia bisa saja mengganggu rutinitas Anda sehari-hari karena tubuh menjadi mudah capai dan waktu tidur menjadi berantakan. Hal ini bisa berakibat buruk kepada pekerjaan dan aktivitas harian yang harus Anda lakukan.

Lantas, bagaimana cara mengatasi insomnia? Berikut ada beberapa tips yang bisa Anda coba untuk mengatasi insomnia.

1. Berolahraga

Berolahraga rutin minimal 30 menit setiap hari akan membantu menjaga kesehatan Anda, memperlancar peredaran darah, dan membuat tidur Anda lebih nyenyak di malam hari. Anda bisa melakukan olahraga ringan secara teratur, seperti berenang atau berjalan. Dengan berolahraga, diharapkan dapat membantu meredakan beberapa ketegangan yang menumpuk.

2. Berjemur

Bagi penderita insomnia, paparan cahaya terang di siang hari dapat meningkatkan kualitas dan durasi tidur serta mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk tertidur hingga 83%. Anda bisa melakukannya di antar pukul 8 sampai 10 pagi. Cahaya matahari juga dipercaya sebagai sumber vitamin D yang sangat berguna untuk kesehatan tulang.

3. Memasang lampu kamar yang redup

Cahaya lampu yang redup bisa membantu mata untuk beristirahat setelah seharian bekerja. Cahaya yang redup juga bisa menciptakan kesan yang rileks. Sehingga bisa membantu penderita insomnia agar cepat tertidur nyenyak.

4. Mengurangi kafein

Zat kafein bisa dijumpai pada minuman kopi, teh, dan minuman berenergi. Mengonsumsi kafein ini dipercaya dapat memberikan banyak manfaat, seperti meningkatkan fokus, energi, dan kinerja olahraga. Namun, jika dikonsumsi pada siang hari, zat kafein dapat merangsang syaraf dan menghentikan tubuh dari relaksasi alami di malam hari. Ada pula penelitian yang menunjukkan bahwa mengkonsumsi kafein 6 jam sebelum tidur akan memperburuk kualitas tidur secara signifikan. Jadi, kalau Anda ingin minum kopi di sore hari, pilih saja kopi tanpa kafein.

5. Menghindari minuman beralkohol

Percaya atau tidak, terlalu banyak makanan atau minum alkohol, terutama saat larut malam, dapat mengganggu pola tidur Anda. Alkohol sendiri dapat membantu Anda untuk tertidur pada awalnya, tetapi akan mengganggu tidur Anda di kemudian hari. Hal ini disebabkan karena minuman ini mengurangi produksi melatonin di malam hari sehingga bisa mengganggu pola tidur Anda.

6. Menciptakan tempat tidur yang nyaman

Tempat tidur yang nyaman bisa berbeda-beda kondisinya pada tiap orang. Ada yang suka dengan alas tidur yang empuk, ada pula yang menyukai alas tidur tidak terlalu empuk. Semua bisa disesuaikan dengan keinginan masing-masing. Sehingga dirasa pas dan bisa membuat tidur menjadi lebih nyenyak.

7. Menghindari rokok

Kebiasaan merokok bisa berpengaruh buruk terhadap kesehatan. Demikian pula terhadap kualitas tidur seseorang. Orang yang merokok cenderung membutuhkan waktu lebih lama untuk tertidur, lebih sering bangun, dan sering kali tidurnya terganggu. Maka, menghindari rokok bisa menjadi alternatif untuk membuat kualitas tidur lebih baik lagi.

8. Mandi air hangat sebelum tidur

Mandi air hangat dapat memperlancar peredaran darah, membuat tubuh menjadi rileks, sehingga akan terasa nyaman. Mandi air hangat sebelum tidur sangat disarankan bagi penderita insomnia untuk mengatasi masalah tidurnya.

9. Konsultasi ke para ahli

Mengatasi masalah insomnia juga bisa dilakukan dengan terapi kognitif. Terapi ini dapat membantu orang insomnia untuk mengidentifikasi dan memperbaiki pikiran dan keyakinan yang tidak tepat. Selain itu, terapi kognitif dapat memberi Anda informasi yang tepat tentang norma tidur, perubahan tidur terkait usia, dan membantu menetapkan tujuan tidur yang wajar. Jadi, segeralah membuat janji bertemu dengan dokter jika kurang tidur terus berlanjut dan mulai memengaruhi kehidupan sehari-hari Anda.

10. Relaksasi sebelum tidur

Tips terakhir adalah dengan relaksasi sebelum tidur, Relaksasi bisa dilakukan dengan cara peregangan ringan supaya otot tidak tegang. Nah, Anda bisa melakukannya dengan bantuan minyak kutus kutus. Minyak kutus kutus ini memiliki beragam manfaat untuk kesehatan. Diantaranya dapat meningkatkan dan memperbaiki sistem metabolisme tubuh, memperlancar sirkulasi darah, enzim dan hormon, meningkatkan sistem imunitas/daya tahan tubuh, menghangatkan dan atau mengatur panas badan, mengembalikan kesimbangan/kesehatan tubuh secara prima, mencegah atau membantu menyembuhkan berbagai jenis penyakit, dan membuat tidur menjadi nyenyak sehingga bangun pagi badan terasa segar.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda coba untuk mengatasi insomnia. Anda bisa mencoba salah satunya atau mencoba beberapa poin sekaligus untuk mendapatkan tidur yang nyenyak dan berkualitas. Selamat mencoba....

Aminnatul Widyana Mom of 2 kiddos/ Ahmad Rahman Budiman's wife/ teacher/ blogger

0 Response to "Cara Tidur Nyenyak dan Mengatasi Insomnia"

Post a Comment

Terima kasih sudah singgah di blog amiwidya.com.
Saya persilakan menambahkan komentar untuk melengkapi postingan blog di atas.
Semoga bermanfaat & menginspirasi buat semua...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel