Macam Vaksin untuk Bayi

imunisasi bayi
Gambar oleh pixabay

 

Melakukan imunisasi Bayi merupakan hal yang penting dilakukan. Imunisasi pada bayi sendiri memiliki banyak jenis dan kegunaannya masing-masing. Di Indonesia, ada beberapa vaksin yang wajib diberikan pada bayi, yaitu vaksin hepatitis B, BCG, polio, DTP, dan campak. Nah, manfaat vaksin ini tentunya terkait dengan macam vaksin yang diberikan.

1. Vaksin Polio

Vaksin polio oral (OPV-0) biasanya diberikan saat bayi baru lahir dan saat bayi berusia dua, empat, serta enam bulan dan bisa diberikan lagi saat anak berusia satu setengah tahun dan terakhir di usia lima  tahun. Vaksin polio bisa diberikan dalam bentuk OPV melalui mulut atau IPV yang diberikan dengan cara disuntikkan dalam otot. Efek samping dari vaksin ini yang biasanya terjadi adalah demam dan kehilangan nafsu makan.

2. Vaksin Campak

Biasanya vaksin campak diberikan sebanyak tiga kali, yaitu usia sembilan bulan, dua tahun, dan enam tahun.

3. Vaksin DTP

Vaksin DTP adalah jenis vaksin gabungan dengan kegunaan untuk mencegah penyakit difteri, tetanus, dan pertusis atau batuk rejan. Vaksin DTP diberikan dengan ketentuan sebanyak lima kali, yaitu pada usia dua bulan, empat bulan, enam bulan, satu setengah tahun, dan lima tahun. Efek samping yang sering muncul adalah demam, rasa nyeri, dan mual. 

4. Vaksin Hepatitis B

Waktu yang paling baik untuk memberikan vaksin ini, yaitu setelah bayi lahir dengan terlebih dahulu memberi vitamin K, gunanya untuk mencegah terjadinya pendarahan akibat defisiensi vitamin K. Pemberian vaksin hepatitis B bisa kembali dilakukan saat si bayi berusia satu bulan dan dikisaran usia 3–6 bulan. Biasanya efek samping yang akan dirasakan oleh bayi adalah demam dan rasa lelah.

5. Vaksin BCG

Gunanya vaksin BCG untuk bayi adalah mencegah terserang penyakit tuberkulosis atau yang dikenal dengan nama TBC. Pemberian vaksin BCG hanya satu kali, ketika anak baru dilahirkan sampai ia berusia dua bulan. Efek samping yang dapat ditimbulkan dari vaksin ini adalah timbulnya benjolan bekas suntik di kulit.

Informasi cara mendapatkan vaksin lainnya bisa dilihat dari tautan https://merries.co.id/community-parenting/kesehatan/pentingnya-imunisasi-untuk-melihat-tumbuh-kembang-si-kecil

Banyak sekali bukan manfaat yang akan didapatkan jika melakukan imunisasi sejak bayi. Jadi, vaksinasi juga perlu diperhatikan betul oleh orang tua. Tidak hanya memperhatikan makanan, pakaian, dan popok saja. Vaksinasi pun perlu diperhatikan demi masa depan dan pertumbuhan anak.


Aminnatul Widyana Mom of 2 kiddos/ Ahmad Rahman Budiman's wife/ teacher/ blogger

0 Response to "Macam Vaksin untuk Bayi"

Post a Comment

Terima kasih sudah singgah di blog amiwidya.com.
Saya persilakan menambahkan komentar untuk melengkapi postingan blog di atas.
Semoga bermanfaat & menginspirasi buat semua...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel