Cara Menjaga Daya Tahan Tubuh Selama di Rumah

Caviplex Cdez
Gambar oleh freepik

Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat sudah digencarkan selama seminggu terakhir di berbagai daerah. Dampaknya, para pekerja banyak yang diwajibkan bekerja dari rumah. Bagi sebagian orang, bekerja dari rumah bisa membawa tekanan tersendiri. Bahkan bisa membuat stress bagi wanita karir yang membawa pulang pekerjaannya. Karena di rumah, terkadang juga tak bisa maksimal bekerja. Ada keluarga yang harus dilayani, ada anak-anak yang harus sekolah daring, ada pekerjaan rumah tangga yang mesti diselesaikan.

Padahal, untuk terhindar dari serangan virus covid-19, tubuh harus dalam keadaan prima. Daya tahan tubuh haruslah kuat. Kalau terlalu lelah, bisa jadi mengakibatkan kondisi tubuh lemah. Sehingga virus dengan mudah menyerang tubuh.

Lantas, bagaimana cara menjaga daya tahan tubuh selama di rumah? 

1. Mengonsumsi makanan dan minuman sehat yang bernutrisi seimbang

Mengonsumsi makanan dan minuman sehat yang bernutrisi seimbang bukan berarti tak boleh mengonsumsi fast food, junk food, serta minuman kemasan. Semuanya itu boleh-boleh saja asalkan tak dikonsumsi setiap hari dan dalam batas wajar sesuai takaran yang dianjurkan. Akan tetapi, akan lebih baik lagi kalau mengonsumsi makanan olahan rumahan yang sudah jelas proses pembuatannya, serta bisa disesuaikan dengan menu yang sehat.

2. Mengonsumsi vitamin yang dibutuhkan tubuh

Vitamin jelas dibutuhkan oleh tubuh. Biasanya banyak terdapat pada buah-buahan. Namun bagi yang tidak sempat menyiapkan buah-buahan, bisa mengonsumsi suplemen atau viatmin tambahan seperti Caviplex Cdez

Caviplex Cdez merupakan suplemen untuk membantu pertumbuhan tulang, menambah nafsu makan, menguatkan daya pikir, serta memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral dalam tubuh. Kandungan di dalam Caviplex Cdez meliputi Vitamin C, Vitamin D3, Vitamin E, dan Zinc.

3. Beristirahat 

Selain kedua hal di atas, istirahat yang cukup juga diperlukan oleh tubuh. Tidur minimal 7 jam setiap malam diperlukan tubuh untuk merangsang sistem kekebalan tubuh. Dengan istirahat cukup, maka tubuh bisa bangun kembali dalam kondisi prima. Sehingga siap melawan patogen penyebab penyakit yang masuk ke dalam tubuh.

4. Berolahraga

Berolahraga tak harus dilakukan di luar ruangan. Di dalam rumah pun juga bisa berolahraga. Contohnya seperti senam dan work out. Selain bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh, berolahraga juga bermanfaat untuk menjaga berat badan agar tetap ideal dan menjaga kekuatan tulang.

Berolah raga sekitar 30 menit setiap hari juga berdampak positif bagi kesehatan mental. Karena olahraga dapat meringankan stres, memperbaiki suasana hati, serta meningkatkan rasa percaya diri. Sehingga, imunitas tubuh akan terbentuk dengan sendirinya.

5. Berpikiran positif

Pikiran negatif dapat menurunkan daya tahan tubuh. Oleh karenanya, pikiran harus bahagia agar terhindar dari penyakit. Caranya, tentu bisa dilakukan dengan melakukan hobi, berolahraga ringan, mengobrol dengan kawan dekat, me time, serta berdoa.

6. Menjalani gaya hidup sehat

Gaya hidup sehat bisa membuat angka harapan hidup bertahan lebih lama karena terhindar dari berbagai penyakit. Misalnya dengan menghindari rokok, minuman beralkohol, narkoba, dan makanan instan.

7. Menjaga kebersihan

Menjaga kebersihan tentu saja tak hanya dilakukan di lingkungan rumah, tetapi juga dilakukan dengan diri sendiri. Apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini. Hal yang paling sering untuk dilaksanakan adalah mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir. 

8. Berjemur di bawah panas matahari pagi

Berjemur di pekarangan rumah selama 10 sampai 15 menit di pagi hari sekitar pukul 8 bisa meningkatkan vitamin D dalam tubuh. Kegiatan ini bisa dilakukan setiap 2 sampai 3 kali per minggu. Mungkin bisa juga dikombinasikan dengan berolahraga pagi.

Demikianlah beberapa cara yang bisa saya bagikan untuk menjaga agar daya tahan tubuh terjaga. Semoga bermanfaat dan semoga cara-cara di atas bisa menjaga kita agar terhindar dari sakit yang tak diinginkan.




Aminnatul Widyana Mom of 2 kiddos/ Ahmad Rahman Budiman's wife/ teacher/ blogger

0 Response to "Cara Menjaga Daya Tahan Tubuh Selama di Rumah"

Post a Comment

Terima kasih sudah singgah di blog amiwidya.com.
Saya persilakan menambahkan komentar untuk melengkapi postingan blog di atas.
Semoga bermanfaat & menginspirasi buat semua...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel