Rencana Bisnis Dirintis Bersama ExpertCenter D500SA

EkspertCenter D500SA


Sudah satu tahun lebih pandemi COVID-19 menyerang dunia. Vaksin pun sudah mulai diberikan kepada masyarakat. Namun nyatanya, pandemi belum juga sirna. Wabah yang sempat membuat berbagai bisnis gulung tikar ini, juga sempat mengikis bisnis kami. Tepatnya di bulan awal masa pandemi. 

Bisnis songkok yang dijalankan suamiku sempat mengalami sepi orderan. Pernah juga terhambat dalam pengiriman karena kendala beberapa wilayah yang menerapkan lockdown. Sampai-sampai sedih dan khawatir rasanya waktu itu, melihat stok yang masih menumpuk menunggu calon pembeli.


stok songkok menumpuk
Stok songkok menumpuk di gudang

Perut tetap harus terisi, dapur harus tetap mengepul, anak-anak juga harus tetap bersekolah, kehidupan segenap tim Songkok Lukis Nusantara harus berjalan sebagaimana mestinya. Kesedihan dan kekhawatiran yang berlarut-larut bukanlah jalan keluar dari masalah. Tim kami harus bisa bertahan di tengah terpaan wabah yang sedang melanda.

Tiga bulan berlalu. Kami bersuka cita menyambut era yang dielu-elukan menjadi new normal. Puji syukur kami haturkan ke hadirat Tuhan karena bisnis kami, Songkok Lukis Nusantara, masih bisa bertahan. Di tengah kekhawatiran akan keberlangsungan usaha, kami tetap berusaha mencoba berbagai cara. Ya, tim kami benar-benar tumbuh semakin solid. Pantang menyerah supaya tak bubrah.


Berusaha Membangun Benteng Usaha

Di saat pengusaha dengan sistem konvensional memiliki gunungan stok di gudang, bahkan ada yg sampai merumahkan karyawan dan menutup gerai, kami berusaha sekuat tenaga agar tetap eksis. Jalan satu-satunya yang bisa dilakukan saat pendemi, jelas melalui akses digital. Beberapa usaha yg tim kami lakukan untuk bangkit dari keterpurukan, akan kurangkum dalam beberapa poin berikut ini.


Mencatat Sirkulasi Keuangan

Pemasukan dan pengeluaran keuangan usaha hendaknya dicatat secara terperinci menggunakan aplikasi di laptop. Tujuannya supaya diketahui berapa besarnya biaya operasional di masing-masing pos untuk usaha, sehingga bisa memperoleh data kemajuan bisnis atau usaha yang dijalankan. 


Mencatat sirkulasi keuangan usaha
Mencatat sirkulasi keuangan usaha


Biaya operasional tersebut misalnya: pengeluaran untuk biaya produksi, gaji karyawan, serta penambahan sarana prasarana. Sedangkan untuk pemasukan, bisa dihitung dari hasil penjualan maupun piutang yang sedang berjalan.


Membuat Konten Promosi Persuasif

Menyebarkan iklan melalui media sosial seperti Instagram dan Facebook bisa dilakukan untuk mendongkrak penjualan. Media sosial memang sangat efektif digunakan untuk beriklan, karena media sosial berperan sebagai ujung tombak digital marketing. Selain itu, kita juga bisa memilih target orang-orang yang bisa melihat iklan. Pilihan target yang tersedia ada jenis kelamin, wilayah, usia, hingga kesukaan.


instagram songkok lukis nusantara
Instagram Songkok Lukis Nusantara

Semakin sering beriklan, maka semakin dikenal pula produk kita. Mungkin memang mereka tidak membeli produk sekarang juga. Namun siapa tahu, suatu saat mereka membutuhkan produk kita. Atau orang-orang kenalan dari target ada yang mencari produk kita. Dari sini diharapkan, target akan mencari dan membeli produk kita tadi.


Ikut Kegiatan Social Marketing

Trik social marketing di beberapa event donasi sudah sering dilakukan para pengusaha. Kegiatan ini sebenarnya tidak berorientasi pada keuntungan, namun lebih kepada aktivitas sosial. Akan tetapi, dari kegiatan ini, pastinya produk kita akan memiliki "nama baik" di mata masyarakat. Dengan demikian, produk akan semakin dikenal oleh mereka. Itulah tujuan pemasaran dengan trik social marketing.


Doa bersama agar pandemi segera berakhir
Doa bersama agar pandemi segera berakhir

Contoh yang sering dijumpai dari social marketing yaitu, bantuan yang disalurkan dari para pengusaha untuk para korban bencana alam, santunan anak yatim, doa bersama, dan sumbangan untuk event sosial lainnya. Demikian pula yang dilakukan oleh tim Songkok Lukis Nusantara. Di masa pandemi, tentu saja kami juga sering berdonasi melalui kegiatan sosial. Harapan kami, dengan membatu orang lain yang kesusahan, semoga Tuhan akan membantu mengembangkan bisnis kami ke depannya.


Mengoptimalkan Media Sosial

Keberadaan media sosial diperlukan untuk memajang produk secara virtual dan menambah kepercayaan pelanggan. Jadi sebelum membeli produk, pelanggan bisa berselancar melalui dunia maya untuk mendapatkan berbagai gambaran produk dan informasi yang diinginkan. Pelanggan juga bisa melihat testimonial dari pembeli sebelumnya di media sosial.


Menggunakan Perangkat Digital

Penggunaan PC dekstop, laptop, dan smartphone bisa dioptimalkan untuk menunjang kebutuhan digital demi menjaring orderan sebanyak-banyaknya. Saat merekap orderan, menghitung biaya operasional, membuat konten promosi digital, sudah pasti memerlukan perangkat tersebut. Maka dari itu, sudah seharusnya setiap usaha yang menginginkan adanya kemajuan untuk masa depan harus memiliki perangkat khusus. Dimana perangkat ini hanya digunakan khusus untuk keperluan bisnis, bukan tercampur dengan pekerjaan maupun kepentingan lainnya.

Namun, untuk poin terakhir ini, sepertinya belum bisa kami sediakan. Jadi selama ini, kami masih menggunakan perangkat digital yang menyatu dengan kepentingan lain. Yup, kami belum menggunakan perangkat khusus untuk bisnis seperti yang seharusnya dilakukan oleh para pebisnis.


Merintis Rencana Bisnis Agar Makin Klimis

Setelah berusaha bertahan, tentu saja langkah selanjutnya adalah mengembangkan bisnis. Agar semakin mantab menjalankan misi, pastinya ada rencana yang harus disusun. Hal pertama yang baru saja kami lakukan, dimulai dari merenovasi mbesali atau gudang songkok sekaligus tempat produksi Songkok Lukis Nusantara.

Mengapa demikian? Karena tempat penyimpanan yang kami pakai sering kebanjiran dan kebocoran di kala hujan. Yah, mungkin karena ketinggian lantai dasar bangunannya sejajar dengan jalan raya dan ada beberapa lubang di atapnya.


mbesali songkok lukis nusantara sebelum renovasi
Mbesali Songkok Lukis Nusantara Tahun 2019 sebelum renovasi

Rencana pertama ini telah terlaksana dengan mulus. Sekarang menuju rencana kedua. Setelah perbaikan mbesali, pastinya kami merencanakan untuk menata interior ruang supaya nyaman digunakan bekerja. Dari desain rak yang menyesuaikan luas ruangan, hingga tempat untuk melukis songkok sudah kami tata. Tinggal satu yang belum tersedia hingga kini. 


mbesali Songkok Lukis Nusantara setelah direnovasi
Mbesali Songkok Lukis Nusantara tahun 2021 setelah direnovasi

Seperti yang sudah kuuraikan pada paragraf sebelumnya, satu poin yang belum terpenuhi yaitu penyediaan perangkat digital berupa dekstop atau laptop khusus untuk usaha kami. Nah, khusus untuk keperluan yang satu ini, kami sangat selektif memilih perangkat. Dari beragam produk yang tersedia di pasaran, pilihan kami jatuh kepada salah satu produk ASUS. Dialah PC Dekstop ExpertCenter D500SA.

Mengapa kami memilih PC dekstop? Karena kami membutuhkan perangkat khusus bisnis yang bersifat stasioner dan ringkas, sehingga bisa diletakkan di ruang mbesali yang terbatas. Selain itu, kami juga membutuhkan PC dekstop yang berperforma tinggi serta mudah dalam pengelolaannya. Supaya tim kami pun bisa mengoperasikan sewaktu-waktu saat dibutuhkan.


ruang mbesali cukup terbatas
Ruang kerja yang terbatas dan tidak luas


Menyiapkan ExpertCenter D500SA 

untuk Memfokuskan Usaha

Sesuai jargon ASUS ExpertCenter – ExpertBook Built for Business, perangkat ini sangat cocok dugunakan untuk menjalankan usaha. Ada keunggulan-keunggulan yang bisa dipertimbangkan untuk meminangnya menjadi pendamping usaha, di antaranya ada dalam beberapa paragraf berikut.


PC Dekstop Ringkas untuk Melejitkan Usaha dengan Patas

PC desktop ExpertCenter D500SA sangat ringkas dan memiliki performa tinggi. Bentuk kerangka luarnya kecil dan sangat ringkas, fleksibel, bergaya, serta ramping. Sehingga memungkinkan penggunanya bisa mengatur ruang kerja menjadi lebih fleksibel dan rapi. 

PC dekstop istimewa ini memang dirancang agar sesuai dengan ruang kerja model apapun. ExpertCenter D500SA dapat diletakkan dengan cara berdiri secara vertikal maupun horizontal. Jadi, kita dapat menempatkan monitor di samping atau di atasnya PC dekstop.

Kalaupun ingin menghemat tempat, membuat ruang kerja tempak lebih rapi, ingin memasukkan lebih banyak komputer ke dalam kantor, atau menghubungkan lebih banyak periferal bisnis, itu sangat memungkinkan jika menggunakan ExpertCenter D500SA. Bahkan keberadaan PC dekstop luar biasa ini akan memastikan kinerja yang konsisten dengan tingkat kebisingan yang minimum.


EkspertCenter D500SA

Desainnya dibuat khusus agar mengoptimalkan desain termal. Yaitu dengan membuat ruang udara terisolasi khusus untuk generator panas utama PC. Gunanya untuk mencegah penggabungan panas di dalam, dan memastikan pengoperasian yang senyap, bahkan selama dipakai untuk aktivitas yang padat.

PC dekstop berperforma tinggi ini didukung oleh cutting-edge-10 Gen Intel ® Inti ™ prosesor dengan DDR4 RAM terbaru. NVIDIA ® discrete GPUnya bisa dimanfaatkan bagi mereka yang membutuhkan kinerja grafis tingkat lanjut. Seperti mendesain konten promosi digital untuk usaha, mendesain gambar produk, dan sebagainya.


Mudah Digunakan, Sehingga Usaha Makin Terdepan

Selain spesifikasi yang mumpuni, perangkat digital yang digunakan untuk bisnis seharusnya mudah dalam penggunaannya. Demikian pula dengan pengelolaan perangkatnya. Jangan sampai karena sulitnya penggunaan dan pengelolaan, kelak akan menghambat jalannya bisnis. 

Kemudahan tersebut dapat dijumpai pada rangkaian lengkap port I / O yang siap untuk disambungkan ke berbagai periferal bisnis. Port serial dan paralel yang fleksibel pada sasis membuat lebih banyak slot PCI tersedia. Smart-card reader dan SD card reader  juga terdapat dalam perangkat ExpertCenter D500SA yang ditujukan untuk kemudahan transaksi, transfer data, atau tugas terkait bisnis lainnya.


Konektivitas PC Dekstop EkspertCenter D500SA
Konektivitas PC Dekstop EkspertCenter D500SA

Selain kedua hal di atas, perangkat tersebut seharusnya mudah diupgrade. Karena sektor bisnis membutuhkan perangkat yang mendukung untuk diajak bekerja secara tepat dan cepat. Nah, dengan menggunakan ExpertCenter D500SA, dijamin tak akan ada kerumitan dalam pemeliharaannya. Kok bisa? Iya, alasannya ada di sini:

ExpertCenter D500SA memiliki desain sasis tanpa alat sehingga dapat dibuka tanpa memerlukan alat. HDD dan ODD juga mudah ditarik, hanya dengan jari pun sudah bisa. Desain seperti ini menghemat waktu dan tenaga. Karena secara otomatis akan membuat peningkatan komponen dan servis rutin menjadi lebih mudah.

Selain itu, agar bisa meminimalkan Total Cost of Ownership (TCO) atau Total Biaya Kepemilikan untuk bisnis, ExpertCenter D500SA dirancang dengan fasilitas jaminan 100% kepada pengguna. Untuk mencapai tujuan ini, tentunya produsen sudah memilih komponen terbaik di dunia, serta memberikan kualitas yang dapat diandalkan, juga disertai daya tahan perangkat yang luar biasa. Hal tersebut dibuktikan dengan pengujian sesuai standar militer AS MIL-STD-810G dan pengujian internal ASUS yang telah dilakukan secara ketat pada perangkat ini. 


EkspertCenter D500SA
Gambar oleh Asus

Selain itu, PC dekstop ExpertCenter D500SA merupakan perangkat hemat energi listrik. PC dekstop ini menggunakan power supply yang sudah tersertifikasi 80 PLUS® Platinum. sehingga dapat menurunkan biaya pengoperasian usaha dalam jangka panjang.


Usaha Kian Banter Dibantu ASUS Control Center

Menyederhanakan proses bisnis dapat dilakukan jika menggunakan ExpertCenter D500SA. Hal ini dapat dilakukan dengan cara memaksimalkan penggunaan fitur ASUS Control Center dan ASUS Business Manager.

ASUS Control Center adalah rangkaian manajemen TI yang terpusat dan mampu melakukan manajemen jarak jauh, pemantauan hardware dan software, serta penjadwalan tugas melalui web-based interface yang ramah pengguna. Kemudahan ini memungkinkan administrator sistem untuk mengelola aset usaha dengan mudah melalui satu portal.

Asus control center


Sedangkan ASUS Business Manager adalah platform berbasis PC yang memfasilitasi pengelolaan PC individu. Fitur ini bisa digunakan untuk mengontrol USB blocker, system back track untuk memulihkan sistem ke status optimal, dan partisi virtual terenkripsi untuk menyimpan data penting. Sehingga dapat membantu merampingkan tugas rutin, memungkinkan staf TI untuk mengontrol dan mengelola aset perusahaan dari jarak jauh. Jadi bisa menghemat waktu dan pengeluaran untuk usaha.

Itulah sekilas cerita dan rencana selanjutnya dari perjalanan bisnis kami di Songkok Lukis Nusantara. Besar harapan kami, agar bisnis ini semakin berkembang. Demi meraih manfaat sebesar-besarnya, sebagai penyediaan lapangan kerja bagi masyarakat sekitar. Bersama PC dekstop ExpertCenter D500SA, semoga kelak bisnis ini bisa semakin berkembang, tertata, dan terukur.

Aminnatul Widyana Mom of 2 kiddos/ Ahmad Rahman Budiman's wife/ teacher/ blogger

0 Response to "Rencana Bisnis Dirintis Bersama ExpertCenter D500SA"

Post a Comment

Terima kasih sudah singgah di blog amiwidya.com.
Saya persilakan menambahkan komentar untuk melengkapi postingan blog di atas.
Semoga bermanfaat & menginspirasi buat semua...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel