ASUS VivoBook 14 A416 Menjadikan PJJ Makin Kece

Hampir setahun berlalu, namun pandemi tak kunjung berlalu. 

Lini masa dibanjiri kabar, covid-19 menjalar, telah menular. 

Makin lama bertambah jumlahnya, antre menanti datang vaksinnya. 

Segala sektor terdampak pandemi, membuat teknologi kian digemari. 


ASUS VivoBook 14 A416 Menjadikan PJJ Makin Kece


Sampai saat ini, ada yang tetap bekerja seperti biasa di luar rumah. Ada yang masih bekerja dari rumah. Ada pula yang terkena pemutusan hubungan kerja kemudian banting setir beralih ke pekerjaan lain. Semua pekerja, baik yang dilakukan di luar rumah, di rumah, maupun yang sedang mencoba bidang pekerjaan baru, diharapkan bisa memaksimalkan penerapan protokol kesehatan. Jika bisa, semestinya dilakukan menggunakan bantuan teknologi digital untuk mempersempit kemungkinan kontak fisik dengan orang lain.

Pada masa pandemi seperti sekarang ini, kehadiran teknologi digital dirasa mampu menjadi pilar utama di semua jenis pekerjaan maupun aktivitas sehari-hari. Teknologi digital yang dulunya hanya berperan untuk membantu mempermudah pekerjaan manusia, kini beralih menjadi asisten utama dalam bekerja. Terutama bagi orang-orang yang bekerja dari rumah atau work from home (WFH), salah satunya yaitu kalangan guru dan dosen.

Selama ini, saya telah menyandang profesi sebagai ibu rumah tangga ketika bersama keluarga, menjadi guru saat di sekolah, sekaligus sebagai narablog di waktu senggang. Sehingga benar-benar bisa merasakan bahwa perlengkapan teknologi digital sangat dibutuhkan, terutama untuk melaksanakan kerja dari rumah yang berupa pembelajaran jarak jauh (PJJ). Di antaranya ada smartphone dan laptop yang harus selalu terhubung demi kelancaran tugas yang saya emban. 


merangkap profesi

Nah, pada postingan ini, saya ingin merekomendasikan produk laptop dari  perusahaan multinasional sekaligus produsen motherboard, PC, monitor, kartu grafis, dan router terbaik di dunia. Perusahaan dengan visi sebagai perusahaan teknologi terdepan dan paling inovatif di dunia, dialah ASUS. 

Perusahaan ASUS terbukti mampu memimpin industri teknologi melalui desain serta inovasi canggih untuk menghasilkan perangkat cerdas terbaik yang dapat dinikmati oleh semua penggunanya. Sehingga, cocok digunakan untuk melaksanakan pembelajaran jarak jauh.


ASUS VivoBook 14 A416, 

Laptop Andalan untuk Semua Kalangan

"Sebagai produsen laptop terdepan di Indonesia, ASUS berkomitmen selalu menghadirkan perangkat dengan kualitas tinggi, sehingga pengguna bisa mendapatkan pengalaman penggunaan terbaik. VivoBook 14 A416 merupakan salah satu bentuk komitmen kami dalam menghadirkan laptop berkualitas tinggi untuk semua kalangan. Didukung oleh berbagai teknologi serta fitur terkini, VivoBook 14 A416 merupakan laptop yang selalu dapat diandalkan oleh siapapun, kapanpun dan di manapun." 
Demikian sambutan Jimmy Lin, ASUS Regional Director Southeast Asia pasa saat press release produk ASUS VivoBook 14 A416.

Dari sekian banyak produk ASUS, ada produk terbaru yang diluncurkan pada akhir tahun 2020. Tentunya produk ini sudah disesuaikan sedemikian rupa dengan kebutuhan mayoritas calon penggunanya. Karena sedang dalam masa pandemi, dan banyak orang yang membutuhkan perangkat untuk bekerja dari rumah, maka ASUS pun menghadirkan ASUS VivoBook 14 A416 yang dilengkapi beragam fitur modern untuk semua kalangan.


ASUS VivoBook 14 A416 ini merupakan laptop mainstream yang menggunakan prosesor Intel Core generasi ke-10, dengan dukungan GPU NVIDIA GeForce, serta hadir dengan Office Pre-Installed. Penggunaannya sangat sesuai untuk produktivitas sehari-hari ketika bekerja dari rumah.

Menurut saya, laptop kece yang baru saja diproduksi ini akan sangat membantu pekerjaan kita, terutama guru dan dosen saat melakukan pembelajaran daring. Bagaimana tidak?! Dengan harga terjangkau di kisaran 4 jutaan sudah bisa membawa pulang laptop ASUS VivoBook 14 A416 yang siap membantu mempermudah pekerjaan kita. Harga paling tinggi berada di angka 10 jutaan, dengan versi yang lebih cepat.

Sebagai bukti bahwa ASUS VivoBook 14 A416 bisa digunakan oleh semua kalangan, bisa diamati dari fitur yang tersedia beserta kegunaannya. Selain untuk menjalankan program microsoft office, laptop canggih yang satu ini juga bisa dipakai untuk mendesain gambar, membuat video pembelajaran daring. berselancar di dunia maya, bertatap muka melalui video conference, menonton film dengan memanfaatkan layarnya yang luas, memainkan game untuk memecah kebosanan, dan berbagai kebutuhan pekerjaan lainnya. 

Lantas, mengapa laptop ringkas yang satu ini bisa diandalkan untuk semua kalangan? Karena fitur pendukung ASUS VivoBook 14 A416 bisa menjalankan beragam aplikasi untuk menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan tersebut. Bahkan ASUS VivoBook 14 A416 sangat aman dipakai ketika bekerja, juga untuk menyimpan data-data penting. Kok bisa?! Mari simak penjelasan dalam beberapa alinea berikut agar lebih mengenal beragam fitur yang dimiliki ASUS VivoBook 14 A416.

ASUS VivoBook 14 A416 laptop andalan

ASUS VivoBook 14 A416

Easy Portability, Effortless Productivity


Tag line tersebut bukan sembarang tag line. Ada berbagai keunggulan fitur yang menjadikan produk ASUS VivoBook 14 A416 berslogan "Easy Portability, Effortless Productivity". Di antaranya yaitu:


Cepat, Ringkas, dan Portabel

ASUS VivoBook 14 A416 hadir dengan pilihan kecepatan standar hingga maksimal. Kecepatan standar diusung oleh versi Intel® Core ™ i3-1005G1 dan dilengkapi RAM 4 GB. Sedangkan kecepatan tertinggi dimiliki oleh versi Intel® Core ™ i5-1035G1, dilengkapi RAM 8 GB, yang memiliki konfigurasi 4 core dan 8 thread, serta boost clock hingga 3,6 GHz. 



ASUS vivobook 14 A416 cepat, ringkas, portabel

Laptop yang dapat berpikir cepat ini juga mengusung konsep mobilitas tinggi. Itulah sebabnya, laptop ini hadir dengan bodi yang ringkas dan ringan. Beratnya hanya 1,6 kilogram dengan ketebalan hanya 19,9 mm. Desain bodi seperti ini membuatnya mudah untuk dibawa bepergian kemana saja. Bahkan charger yang dimilikinya juga didesain sangat ringkas serta mudah untuk dimasukkan ke berbagai kompartemen di dalam tas.

Yah, memang sudah trendnya sekarang memakai laptop yang ringkas dan portabel, sehingga mudah untuk dibawa kemana saja dan kapan saja. Laptop yang besar dan berat, dirasa tidak lagi sesuai dengan keadaan. Karena laptop yang ringkas dan portabel ini, akan mempermudah penggunanya untuk bepergian ke lain tempat. Terutama bagi yang bekerja di kantor dan di rumah sekaligus.


Penyimpanan Ganda Membantu Penyimpanan dengan Maksimal

Agar dapat memenuhi kebutuhan semua kalangan penggunanya, VivoBook 14 A416 hadir dengan konfigurasi hardware yang beragam, termasuk pada jenis media penyimpanan data serta memori. ASUS VivoBook 14 A416 telah menggunakan memori DDR4 yang merupakan standar laptop modern dengan kapasitas yang dapat diupgrade hingga 12 GB. 

Asus vivobook 14 A416 penyimpanan ganda

Sedangkan untuk penyimpanannya, laptop ini mengandalkan dua jenis penyimpanan yaitu 2.5” SATA dan M.2 PCIe. Pengguna dapat menyematkan SSD dan HDD ke dalam laptop ini. Semuanya bergantung pada kebutuhan masing-masing. Lebih jelasnya, dengan kapasitas penyimpanan memori yang besar, pengguna bisa memanfaatkan untuk menyimpan berbagai dokumen penting tanpa takut kehabisan space.


Memandang sampai Puas Via Layar Luas

Mempunyai kegemaran nonton drakor seperti saya? Nah, sudah semestinya membutuhkan laptop dengan tampilan layar yang maksimal donk! Memangnya ada?

Ada! ASUS VivoBook 14 A416 jawabannya. Berkat teknologi NanoEdge display, tampilan produk ASUS yang satu ini benar-benar eksklusif. Dengan bezel layar pada ASUS VivoBook 14 A416 yang tampil sangat tipis, menjadikan laptop memiliki rasio screen to body hingga 82%. Penggunanya dijamin puas menikmati tampilan layar yang luas.

asus vivobook 14 a416 layar luas

ASUS VivoBook 14 A416 yang memiliki layar berukuran 14 inci dengan resolusi hingga Full HD ini bahkan sudah dibekali dengan lapisan anti silau (anti glare). Jadi, pengguna tidak perlu khawatir mata menjadi perih dan kepala pusing karena menatap layar laptop selama berjam-jam lamanya. Selain itu, layarnya memiliki sudut pandang hingga 178 derajat, sehingga bisa disesuaikan dengan posisi duduk dan posisi meja kerja.

Pengguna yang suntuk karena beban kerja terlalu tinggi, dan sedang ingin merefresh otak dengan menonton film, bisa memanfaatkan fitur ini dengan maksimal. Bahkan bagi penggmar drakor, dipastikan gak akan lelah jika menonton semalaman menggunakan media laptop yang memiliki pilihan warna lapisan transparent silver dan slate grey ini. Yup, lelahnya enggakngantuk di pagi hari yang iya.

pilihan warna ASUS VivoBook 14 A416

Keamanan Terjamin, Membuat Semakin Yakin

Tak perlu takut data-data dicuri oleh orang lain, karena beberapa varian ASUS VivoBook 14 A416 telah dilengkapi dengan keamanan biometrik melalui fingerprint sensor. Fitur fingerprint sensor biasanya hanya terdapat di laptop kelas premium loh. Namun, di ASUS VivoBook 14 A416 pun, kini telah memilikinya. Hebat kan?! Fitur ini memungkinkan pengguna dapat masuk ke dalam sistem Windows 10 Home melalui Windows Hello, sehingga tidak perlu lagi mengetikkan password. Cukup dengan satu sentuhan jari di touchpad sensor hingga sidik jari terbaca, maka secara otomatis laptop akan menyala. 

ASUS VivoBook 14 A416 juga memiliki konstruksi yang tangguh. Beberapa bagian pada laptop ini, seperti pada kerangka utama dan kerangka layar, terbuat dari bahan logam yang mampu memperkuat keseluruhan konstruksi bodinya. Selain itu, laptop yang kece ini juga menghadirkan perlindungan ekstra untuk HDD bernama E-A-R HDD Protection. Perlindungan tersebut dapat meredam getaran dan benturan saat perangkat terguncang demi menyelamatkan HDD yang ada di dalamnya. 

Sasis atau kerangka internal ASUS VivoBook 14 A416 juga telah diperkuat. Gunanya untuk memberikan pengamanan ketika sedang mengetik. Siapa tahu, pengguna memiliki tenaga ekstra ketika mengetik di keyboard laptop, sehingga dapat menyebabkan getaran yang kuat pada laptop. Selain fungsi tersebut, kegunaannya juga untuk mengatur cover laptop agar dapat dibuka dan ditutup dengan satu gerakan yang mulus. Luar biasa ya...

asus vivobook 14 A416 keamanan terjamin
Gambar asus.com

Pernah menjumpai laptop tanpa Operating System bawaan? Atau bahkan pernah membelinya? Saya sih pernah. Ribet, butuh bantuan orang lain lagi untuk menginstal OS nya. Belum lagi kalau ternyata yang diinstal itu OS bajakan karena memang tak mampu membeli versi aslinya. Duh, tambah susah lagi nanti ke depannya.

Berbeda jauh dengan laptop yang telah terinstall Microsoft Office Home & Student 2019, sebab dapat terus diperbarui fiturnya. Sehingga, penggunanya dapat terbebas dari berbagai ancaman celah keamanan dan malware. Microsoft Office Home & Student 2019 ini nyata sudah tersedia gratis di ASUS VivoBook 14 A416 tuh. Bagaimana? Menarik bukan?! Penggunanya tidak perlu lagi menginstall software bajakan yang ilegal. Selain itu, keamanannya juga sudah terjamin.


Mengetik dengan Cantik

Dilengkapi numberpad untuk mengetik angka secara cepat, menjadi keunggulan tersendiri bagi laptop dengan harga di bawah 10 jutaan. Tak perlu repot mencari angka-angka pada keyboard bagian atas saat membutuhkan pengetikan angka. Sebab, ASUS VivoBook 14 A416 sudah memiliki numberpad yang bisa digunakan untuk mengetik angka dengan efektif dan efisien.

Sedang mati listrik, kondisi gelap, pekerjaan belum beres? Tak jadi soal... Kan ada ASUS VivoBook 14 A416.

Yes, keunggulan lainnya bagi ASUS VivoBook 14 A416 adalah, tetap bisa digunakan meskipun dalam keadaan gelap. Karena laptop canggih ini sudah dilengkapi dengan backlit sebanyak 3 level pada keyboard dengan desain key travel sejauh 1,4 mm. Sehingga, tingkat kecerahan cahayanya bisa disesuaikan, serta menjadikan jari-jemari penggunanya bisa mengetik dengan leluasa. 

backlit dan numberpad

Maka dari itu, pengguna tetap bisa merasakan kenyamanan mengetik ketika berada di dalam ruangan yang kondisi cahayanya sangat redup. Bahkan saat listrik mati di malam hari, pengguna masih bisa tenang. Ada ASUS VivoBook 14 A416 yang akan menemani bekerja dengan maksimal dalam kondisi gelap.


Siap Sedia Kapan Saja

Sebagai laptop modern, ASUS VivoBook 14 A416 dibekali dengan serangkaian fitur konektivitas yang lengkap. Selain port USB Type-C dan USB Type-A, laptop ini juga dilengkapi dengan HDMI, serta combo audio jack untuk memenuhi kebutuhan konektivitas sehari-hari dengan berbagai perangkat modern. 

Kemudian untuk konektivitas nirkabel, ASUS VivoBook 14 A416 telah dilengkapi dengan modul WiFi 5 (802.11ac) agar bisa terhubung dengan jaringan internet. Sementara, keberadaan Bluetooth 4.1 juga memungkinkan penggunanya dapat menghubungkan berbagai aksesori nirkabel seperti mouse dan headphone untuk dihubungkan ke laptop.

konektivitas ASUS Vivobook 14 A416

Beberapa varian ASUS VivoBook 14 A416 juga ditenagai oleh chip grafis NVIDIA GeForce MX330. Fitur ini dapat dimanfaatkan untuk pengguna yang membutuhkan performa grafis ekstra. Kehadiran NVIDIA GeForce MX330 memungkinkan laptop istimewa ini dapat menjalankan berbagai aplikasi yang membutuhkan performa grafis ekstra seperti aplikasi untuk menyunting foto dan video, hingga memainkan game di laptop.

Setelah mengetahui beragam fiturnya, biasanya akan muncul pertanyaan berupa ketahanan baterai. Jangan khawatir! Laptop handal yang satu ini, bisa bertahan selama kurang lebih 6 jam waktu penggunaan. Sudah cukup lama menurut saya, jika penggunanya bekerja dari rumah. 

Masih ingin tahu lebih banyak tentang laptop ASUS VivoBook 14 A416? Di bawah ini ada tabel informasi ringkasan spesifikasinya. Silakan dicek ya...


My ASUS Mempermudah Pekerjaan

Selain fitur-fitur yang telah saya sebutkan di atas, ASUS VivoBook 14 A416 ini sudah dilengkapi dengan aplikasi MyASUS. Banyak sekali manfaat dari aplikasi ini. Melalui MyASUS, pengguna VivoBook 14 A416 dapat memantau status laptopnya sekaligus melakukan penyelesaian masalah. Pengguna dapat memindai sistem laptop, menemukan masalah, dan memperbaikinya secara otomatis. Tidak hanya itu, MyASUS juga dapat memperlihatkan status garansi perangkat serta fasilitas untuk menghubungi layanan konsumen ASUS.

Satu lagi yang menarik, Aplikasi MyASUS juga bisa digunakan untuk menghubungkan laptop dengan smartphone. Misalnya untuk keperluan transfer file dan URL, menerima pemberitahuan pop-up, membaca dan mengirim pesan, mengakses file jarak jauh, mentransfer File Kode QR, menerima atau melakukan panggilan telpon, dan layar cermin, semua sudah aktif pada ASUS VivoBook 14 A416 tanpa harus menggunakan kabel data. Jadi, penggunanya dapat bekerja dengan lebih produktif.

myASUS
Gambar asus.com

Oh iya, perlu diketahui bahwa aplikasi MyASUS ini dapat berfungsi pada sistem seluler iOS dan Android. Namun, MyASUS yang bekerja di iOS hanya mendukung fitur transfer file. 

Laptop dengan harga selangit memang jempolan, namun kita juga harus pandai-pandai menyesuaikan dengan tingkat keuangan dan kebutuhan. Kalau memang ada laptop dengan harga terjangkau yang spesifikasinya mumpuni, kenapa enggak?

Contohnya seperti ASUS VivoBook 14 A416 yang dapat menjadikan kerja dari rumah semakin lancar. Laptop dengan performa cepat, ringkas, portabel, dan modern ini dijamin bisa diandalkan untuk menyelenggarakan pembelajaran jarak jauh agar semakin mudah. Jadi, untuk kalangan guru dan dosen, sangat direkomendasikan. Karena fiturnya sudah cukup mendukung, dan harganya juga ramah di kantong.


Aminnatul Widyana Mom of 2 kiddos/ Ahmad Rahman Budiman's wife/ teacher/ blogger

0 Response to "ASUS VivoBook 14 A416 Menjadikan PJJ Makin Kece"

Post a Comment

Terima kasih sudah singgah di blog amiwidya.com.
Saya persilakan menambahkan komentar untuk melengkapi postingan blog di atas.
Semoga bermanfaat & menginspirasi buat semua...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel