10 Aktivitas Me Time Pilihan para Mama

Setelah lelah dengan kegiatan selama seharian di rumah, di tempat kerja, ataupun kegiatan lain, para mama pasti membutuhkan waktu tersendiri untuk melepas penat atau yang sering disebut dengan me time. Terutama bagi para ibu yang memiliki balita lebih dari satu di rumah. Banyak sekali kegiatan me time yang bisa jadi pilihan. Semuanya disesuaikan dengan hobi dan dan kebiasaan masing-masing orang.

me time
Gambar oleh Pixabay

Karena kegiatan me time ini menurut saya memang sangat penting untuk menjaga kewarasan para mama. Seorang mama yang bahagia tentu bisa mendidik anak-anaknya dengan bahagia juga. Mama perlu menurunkan kadar kesempurnaan segala kegiatan. Turunkan goals kebersihan rumah, cucian, setrikaan baju, cucian piring, dan sebagainya. Biarkan saja pekerjaan tertunda, asalkan pikiran bisa relaks, dan nggak gampang marah-marah sama anak.

Ada beberapa pilihan aktivitas yang bisa dilakukan dari rumah untuk merefresh pikiran dan mengembalikan tenaga. Di antaranya adalah:

1. Tidur berkualitas

Intirahat yang cukup, sangat penting untuk menjaga kesehatan fisik dan mental seseorang. Istirahat yang cukup juga berpengaruh terhadap kenaikan dan penurunan berat badan. Makanya, istirahat penting dilakukan para mama. Istirahat yang dimaksud di sini adalah tidur. Usahakan tidur siang bersama anak, walaupun cuma 15 menit. Sekadar untuk merelaksasikan otak agar tidak stress.

2. Nonton 

Menonton film, sinetron, atau drama Korea kesayangan, bisa jadi pilihan. Berikan waktu pada diri sendiri untuk melakukan aktivitas yang menyenangkan semacam ini. 

3. Berolahraga

Kegiatan olahraga seperti senam, aerobik, yoga, workout di rumah, bisa dilakukan sendirian ketika anak sedang aktif bermain maupun ketika malam hari akan tidur. Saya pun demikian, biasanya mengajak anak-anak untuk workout bersama-sama saat malam hari menjelang tidur. Bisa juga dengan jogging di pagi hari atau di akhir pekan bersama keluarga. Anak-anak pasti suka kegiatan seperti ini. Jadi, selain bermanfaat bagi kesehatan tubuh, berolahraga juga menyegarkan pikiran.

4. Pacaran bersama suami

Berduaan bersama suami, bisa meningkatkan hormon oksitosin atau hormon cinta. Hal ini juga bisa meningkatkan chemistri dan kemesraan bersama suami. Sempatkan  untuk menghabiskan momen berkualitas berdua walaupun cuma sebentar. Kalau ada orang lain yang bisa dimintai tolong untuk menjaga anak-anak sebentar, juga bisa dilakukan. Enjoy saja... yang penting mama harus bahagia.

5. Menulis

Bagi sebagian orang, kegiatan menulis bisa menjadi obat dan terapi penyembuhan dari stress. Menulis bisa jadi pengganti kebutuhan wanita untuk mencurahkan isi hatinya. Mungkin saja tidak ada orang yang bisa dicurhati, tapi mama bisa menulis sebagai pengganti curhat ke orang lain. Siapa tahu juga, curhatan ini bisa berubah menjadi pundi-pundi rupiah. Misalnya dengan menulis di blog pribadi atau menerbitkan buku.

6. Membaca



Kegiatan selanjutnya yang bisa dijadiukan me time adalah membaca. Anda bisa membaca apapun asalkan bacaan tersebut bisa membuat pikiran Anda berubah menjadi positif. Berarti Anda harus membuka buku bacaan yang memotivasi. Bukan membaca status orang lain di media sosial, yang bisa membuat pikiran dan mood Anda semakin buruk. Sebisa mungkin, hindari membaca hal-hal yang menyakiti hati mama.

7. Berkebun

Akhir-akhir ini, berkebun menjadi salah satu hobi yang hits. Banyak para mama yang menggandrungi kegiatan menanam berbagai tanaman hias. Bahkan sampai viral di media sosial karena harganya melangit. Jika ada pekarangan yang masih gersang, mama bisa memulai kegiatan menanam bunga. Melihat tanaman tumbuh dan berbunga, bisa menggembirakan hati dan menyedapkan mata memandang. Tapi, kalau anak cenderung aktif, sebaiknya hobi ini ditunda dulu. Karena takutnya, akan membuat bertambah stress akibat tanaman dipetik sama anak-anak.

8. Stalking social media

Manfaatkan sosial media untuk hal-hal yang positif. Mama bisa berburu giveaway atau kuis yang diselenggarakan akun-akun tertentu yang sedang mengadakan promosi. Siapa tahu, ada rezeki nyangkut dan mama mendapatkan hadiahnya. Lumayan kan... Apalagi kalau hadiahnya berupa sesuatu yang bermanfaat seperti barang impian atau uang. Pasti menyenangkan bukan?!

9. Pergi ke salon kecantikan

Karena kegiatan yang satu ini membutuhkan budget yang lumayan tinggi, maka tidak ada salahnya mama menabung selama beberapa bulan untuk digunakan memanjakan diri di salon kecantikan impian. Mempercantik diri dengan cara ini, juga bisa menghangatkan hubungan rumah tangga mama loh.

10. Berendam air hangat

Mandi berendam air hangat sebelum tidur, bisa melemaskan otot-otot yang kaku dan merelaksasikan otak. Mama bisa melakukannya setidaknya seminggu sekali, agar badan terasa segar, dan pikiran pun tenang.

Dari serangkaian kegiatan di atas, bisa jadi kegiatan yang satu tidak disukai oleh sebagian mama yang lain, namun tetap bisa merelaksasikan pikiran untuk mama yang lain lagi. Semua kembali lagi kepada selera masing-masing untuk menjalani aktivitas melepas penat ini. Demikian artikel dari saya, semoga bermanfaat bagi mama sekalian....

Aminnatul Widyana Mom of 2 kiddos/ Ahmad Rahman Budiman's wife/ teacher/ blogger

0 Response to "10 Aktivitas Me Time Pilihan para Mama"

Post a Comment

Terima kasih sudah singgah di blog amiwidya.com.
Saya persilakan menambahkan komentar untuk melengkapi postingan blog di atas.
Semoga bermanfaat & menginspirasi buat semua...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel