LOMBA BLOG GURUINOVATIF.ID

LOMBA BLOG GURUINOVATIF.ID
LOMBA BLOG GURUINOVATIF.ID

Jaga Kesehatan dengan Puasa Sunnah

Bagi umat Islam, puasa tidak hanya dilakukan pada saat bulan suci Ramadhan. Namun ada saat-saat tertentu yang dianjurkan untuk berpuasa sunnah. Di antaranya yang paling banyak diamalkan adalah puasa sunnah pada hari Senin dan Kamis. Mengapa demikian? Karena pada waktu Rasulullah SAW ditanya tentang anjuran berpuasa di hari Senin, beliau menjawab, "Itu adalah hari di mana aku dilahirkan, hari di mana aku diutus atau diturunkannya wahyu kepadaku." (HR. Muslim). Bagi para sahabat sekalian, yang rutin menjalani amalan ini, jangan lupa untuk mengonsumsi buah saat puasa agar stamina tetap terjaga.

buah saat puasa


Apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini. Selain menjaga kebersihan dengan rajin mencuci tangan dan memakai masker pada saat bepergian, ada baiknya kita juga harus menjaga kesehatan dengan memperbanyak beribadah sebagai bentuk ikhtiar kita. Salah satunya ya dengan berpuasa tadi. Karena dengan puasa, juga dipercaya dapat menjaga kesehatan fisik serta mental kita.

Selain itu, dari segi kerohanian maupun fisik, banyak sekali manfaat yang bisa diperoleh dari puasa sunnah. Apalagi jika kita rutin melaksanakannya. Manfaat yang bisa diperoleh dan biasanya sangat menarik bagi kaum wanita yaitu membantu menjaga keseimbangan berat badan. Caranya bagaimana?

Selain dengan berolahraga teratur, berpuasa sunnah Senin Kamis secara teratur juga bisa membantu menyeimbangkan berat badan agar tidak membengkak. Tentunya harus tetap sesuai dengan anjuran. Juga harus tetap mengonsumsi makanan dan minuman secara teratur. Karena kalau asal-asalana, tetap bisa membahayakan tubuh. Dampaknya bisa menimbulkan terjangkitnya penyakit lain seperti penyakit yang menyerang lambung akibat makan yang tidak teratur.

Menjaga pola makan saat sahur dan berbuka sangat penting. Misalnya dengan mengonsumsi buah-buahan pada saat berbuka, mencampurnya dalam bentuk jus juga sangat dianjurkan. Akan tetapi, tetap harus menyeimbangkan porsi makanan lain. Karena kadang, bagi orang Indonesia kalau belum makan nasi, dianggap belum makan sama sekali.

Padahal, zat-zat yang terdapat dalam buah tertentu, sudah bisa menggantikan porsi satu piring nasi. Contoh nih, memakan salad buah 1 mangkuk. Akan sama kenyangnya dengan makan 1 piring nasi. Kalau nutrisinya, jelas lebih beragam salad buah daripada nasi saja. Nasi hanya mengandung karbohidrat. Sedangkan di dalam salad buah, mengandung banyak sekali nutrisi yang tercampur.

Apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini. Kita sangat membutuhkan kesehatan fisik dan mental yang seimbang. Fisik harus terjaga agar imunitas tubuh kuat melawan serangan virus. Sedangkan mental juga harus tetap terjaga demi kewarasan akan segala permasalahan yang ditimbulkan akibat covid-19. Karena nyatanya pandemi ini sudah memporak-porandakan perekonomian dan keharmonisan sebagian besar umat manusia.

Mereka para pekerja yang tidak bisa lagi keluar mencari nafkah karena pandemi, atau yang kena PHK karena pandemi, dan yang terhalangi serta kesulitan meneruskan pekerjaannya karena pandemi, dirasa memerlukan suntikan daya tahan mentalnya. Jangan sampai mereka stress, depresi, hingga terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Seperti melakukan tidak kejahatan pencurian, penipuan, pemerasan, dan sebagainya. Ada baiknya, menggalakkan tirakat berpuasa sunnah Senin Kamis agar jiwa-jiwa ini memiliki keimanan yang meningkat akan datangnya rezeki yang sudah diatur oleh Tuhan Penguasa Semesta Alam.

Itulah sedikit ulasan tentang menjaga kesehatan dengan puasa sunnah dari saya. Jadi yang ingin saya tekankan di sini, puasa sunnah bisa membantu menjaga kesehatan fisik dan mental kita. Akhir kata, bagi para sahabat yang ingin mencari tambahan vitamin, obat-obatan, dokter, hingga rumah sakit dengan cepat dan mudah, tinggal buka aplikasi Halodoc dari smartphone. Mencari segala kebutuhan kesehatan menjadi sangat mudah dengan adanya aplikasi ini, karena bisa dilakukan secara online.

Aminnatul Widyana Mom of 2 kiddos/ Ahmad Rahman Budiman's wife/ teacher/ blogger

1 Response to "Jaga Kesehatan dengan Puasa Sunnah"

  1. Masya Allah, luar biasa manfaat puasa sunnah ya mbak. Insya Allah, kita selalu diberi sehat, dan bisa selalu berpuasa sunnah :)

    Salam kenal mbak Ami :D

    ReplyDelete
Terima kasih sudah singgah di blog amiwidya.com.
Saya persilakan menambahkan komentar untuk melengkapi postingan blog di atas.
Semoga bermanfaat & menginspirasi buat semua...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel