Cara Daftar dan Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Melalui Aplikasi BPJSTKU

Cek saldo BPJS ketenagakerjaan


BPJS Ketenagakerjaan merupakan sebuah program yang dibuat oleh pemerintah untuk para pekerja, terutama jika terjadi permasalahan kesehatan kepada seorang pekerja. Sekarang ini, sangat mudah ketika kalian ingin cek saldo BPJS Ketenagakerjaan karena bisa kalian lakukan secara online. Yaitu melalui laman resmi mereka ataupun dengan cara mengecekanya melalui sebuah aplikasi yang bernama BPJSTKU. Aplikasi ini adalah aplikasi resmi dari BPJS ketenagakerjaan yang mulai dikenal luas pada tahun 2018. Aplikasi ini dirilis oleh BPJS Ketenagakerjaan untuk memperbanyak peserta, serta untuk mempermudah mereka yang menggunakan jasa ini.

Syarat untuk menggunakan aplikasi BPJSTKU sangatlah mudah, kalian hanya perlu mempunyai sebuah android atau ios. Kemudian unduh aplikasi ini di ponsel kalian, baik lewat playstore atau apple store. Aplikasi ini tidak hanya digunakan untuk pengecekan saldo saja, kalian juga bisa melakukan beberapa fitur dari aplikasi BPJSTKU ini, seperti perhitungan jaminan hari tua atau JHT, informasi kantor cabang, sebagai layanan pelapor dan pengaduan, pelaporan kecelakaan kerja secara real time dan kartu yang digital. Dan dari aplikasi ini kalian bisa mendaftar keanggotaan BPJS Ketenagakerjaan atau peserta baru untuk penerima upah, bukan penerima upah, dan pekerja migran.

Setiap pendaftaran dibedakan menjadi beberapa seperti registrasi peserta baru BPJS Ketenagakerjaan, yang mana kalian hanya perlu registrasi jika kalian menggunakan aplikasi ini. Jika kalian belum terdaftar tapi sudah memiliki kartu bpjs ketenagakerjaan kalian hanya perlu registasi ulang saja di aplikasi tersebut lalu memasukan nomer peserta di kartu tersebut. Ada beberapa keanggotaan yang bisa kalian pilih seperti (PU) penerima Upah, (BPU) Bukan penerima Upah, (PMI) Pekerja Migran Indonesia. 


Pendaftaraan Via Aplikasi BPJSTKU

1. Download aplikasi BPJSTKU dan install di ponsel android atau ios. Untuk android kalian bisa download di Playstore, sedangkan untuk ios bisa didownload di Apple store.

2. Kemudian buka aplikasinya dan pilih pendaftaran pengguna BPJSTKU.

3. Masukan alamat email aktif kalian

4. Setelah itu kalian akan menerima nomor pin aktivasi yang dikirm lewat email. Kemudian kalian bisa masukan nomor tadi di kolom yang sudah tersedia kemudian klik verfikasi.

5. Selanjutnya kalian bisa pilih jenis kepesertaan yang kalian inginkan seperti penerima upah atau PU.

6. Setelah itu kalian akan disuruh memasukan data yang diminta seperti nama lengkap, nomor KTP dan syarat lainnya.

7. Kalian bisa memasukan nomor KJP kalian atau nomor kepesertaan yang tertera di kartu bpjs ketenagakerjaan kalian miliki.

8. Kemudian kalian akan memasuka nomer ponsel yang masih aktif yang bertujuan untuk keperluan akifasi melalui ponsel kalian.

9. Yang terkhir, kalian bisa memasukan sebuah kode verfikasi yang telah dikirm melalui sms.


Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan via Aplikasi BPJSTKU

1. Pertama, kalian bisa buka aplikasi BPJSTKU kemudian Login.

2. Kemudian kalian masukan alamat email dan kata sandi yang sudah kalian buat pada proses sebelumnya.

3. Jika login kalian berhasil, pada laman awal di aplikasi BPJSTKU terdapat beberapa pilihan dan kalian bisa pilih menu lihat saldo.

4. Setelah kalian pilih, kemudian akan muncul jumlah saldo yang kalian miliki di BPJS Ketenagakerjaan.

5. Terakhir, kalian bisa klik jumlah saldo tersebut, yang mana nanti kalian bisa melihat rinciannya.

Demikian informasi yang bisa saya bagikan untuk kalian... Semoga bermanfaat...

Aminnatul Widyana Mom of 2 kiddos/ Ahmad Rahman Budiman's wife/ teacher/ blogger

0 Response to "Cara Daftar dan Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Melalui Aplikasi BPJSTKU"

Post a Comment

Terima kasih sudah singgah di blog amiwidya.com.
Saya persilakan menambahkan komentar untuk melengkapi postingan blog di atas.
Semoga bermanfaat & menginspirasi buat semua...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel