LOMBA BLOG GURUINOVATIF.ID

LOMBA BLOG GURUINOVATIF.ID
LOMBA BLOG GURUINOVATIF.ID

Bermitra Accurate Digital Partner, Pembukuan UMKM Semakin Better

Pembukuan UMKM dengan accurate

Perkembangan UMKM di Era Revolusi Industri 4.0 diprediksi semakin meningkat. Karena di era ini, masyarakat dituntut untuk dapat menciptakan lapangan pekerjaan sekreatif mungkin. Penyebabnya antara lain karena perubahan kebutuhan dari tenaga manusia yang kemudian digantikan oleh mesin berteknologi artificial intellegence atau yang lebih sering disebut kecerdasan buatan. Perubahan trend inilah yang mengakibatkan penyempitan lapangan kerja dan dikeluhkan oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Sehingga muncullah ide-ide kreatif yang dituangkan dalam munculnya berjuta UMKM di sekitar kita.

Namun sayangnya, UMKM bisa saja tergilas oleh kemajuan zaman kalau tidak bisa memanage keuangan sebaik mungkin. Apalagi yang menggunakan modal dari pinjaman. Tentunya harus bisa mengatur manajemen usahanya agar usahanya bisa tetap berjalan.

Sudah banyak UMKM yang gulung tikar akibat merugi. Akar masalahnya berasal dari kurang rapinya pembukuan dalam usaha tersebut. Sehingga membuat pengusaha tidak bisa mengetahui berapa rupiah uang yang sudah berputar dalam roda perekonomian usahanya. Dia tidak tahu berapa laba bersih yang sudah diperolehnya dari modal. Dia juga tidak bisa menghitung berapa besar uang yang bisa diambil untuk kepentingan pribadi, menggaji karyawan, memperbaiki sarana prasarana, untuk mengembangkan usahanya, dan untuk modal selanjutnya.

Solusi dari permasalahan ini tidak lain adalah merapikan pembukuan usaha. Pembukuan memang terlihat sepele dan ribet. Tetapi jika tidak dilaksanakan, akibatnya sangat fatal. Usaha bisa saja rugi, bahkan bangkrut akibat keuangan yang tidak tertata dengan baik.

Pembukuan sederhana bisa dilakukan dengan menggunakan buku kas sederhana yang diperoleh dari toko-toko buku. Pengisiannya juga bisa dilakukan secara manual oleh pengelola. Tidak dibutuhkan peralatan khusus untuk melakukannya.

Tapi kini, seiring perkembangan dunia digital yang semakin canggih, pembukuan sudah bisa dilakukan secara digital pula. Yaitu melalui pembukuan secara online dengan menggunakan software khusus yang dirancang untuk memudahkan pencatatan transaksi hingga menghasilkan laporan keuangan dalam waktu singkat.

Memperbaiki Pembukuan UMKM dengan Accurate

1. Accurate Online

Perkenalkan ACCURATE, software akuntansi cloud yang memberikan solusi bagi UMKM dan perusahaan di Indonesia. Accurate online bisa membantu usaha agar menjadi lebih efisien, apapun bentuk bisnisnya. Mulai dari membuat penawaran penjualan, pengiriman pesanan, faktur penjualan, hingga penerimaan pembayaran. Semuanya bisa dilakukan dengan lebih cepat dan mudah.

accurate online

Dengan software ini pengusaha bisa melihat berbagai jenis laporan secara instan. Lebih dari 200 laporan keuangan dan operasional dapat dilihat secara instan kapanpun dibutuhkan tanpa perlu menunggu karyawan menyiapkan laporan. Dari Accurate, bisa diketahui laba atau rugi dan neraca perdagangan hasil penjualan. Selain itu juga bisa diketahui arus kas dan buku besarnya. History bank dan penjualan pun dapat terpantau dengan baik dan jelas. History pembelian pun bisa terlacak dengan sempurna melalui Accurate. Sehingga bisa dipastikan pekerjaan akan selesai lebih cepat dan tepat.

Melalui Accurate, pengusaha juga bisa mendapatkan smartlink dengan internet banking masing-masing. maka dari itu bisa dilakukan tarik data rekening koran dari internet banking dan melakukan rekonsiliasi bank secara mudah dan cepat. Yang bisa digunakan adalah Bank DBS, Bank Mandiri, Bank BCA, dan Bank BRI.

Keuntungan lainnya dengan menggunakan software Accurate adalah bisa melakukan perhitungan pajak secara otomatis untuk PPN, PPh 23, PPh 4 ayat 2, PPh 15, PPh 21, dan PPh 22. Caranya adalah dengan menggunakan dukungan e-faktur, serta pengiriman email e faktur massal ke pelanggan. Hal ini akan semakin mempermudah dan mempercepat pekerjaan yang berkaitan dengan perpajakan para pengusaha.

2. Accurate Lite

accurate lite

Pengusaha juga tidak perlu khawatir karena tidak memiliki laptop atau komputer, karena tersedia Accurate online versi lite untuk UMKM. Dengan menggunakan software versi lite ini, pengusaha tetap bisa mencatat penjualan dan pembelian, memantau stok barang, serta mengelola catatan keuangan di manapun berada. Jelasnya, Accurate bisa memudahkan kegiatan operasional usaha.

Sudah lebih dari 80.000 UMKM hingga perusahaan besar yang telah menggunakan Accurate online di seluruh Indonesia. mereka mempercayakan kepada akhirat online karena memang merasa sangat terbantu dalam hal memanage keuangan usahanya dan mempercepat segala proses usahanya.

Nah, dalam pendistribusian softwarenya, Accurate bermitra dengan para Accurate Digital Partner atau yang lebih dikenal dengan sebutan ADP. Para ADP inilah yang nantinya akan menjadi ujung tombak pemasaran software Accurate.

Di mana Mendapatkan Produk Accurate?

Para pelaku UMKM yang ingin merapikan pembukuan usahanya, bisa membeli software Accurate melalui ADP. Nantinya, pengusaha akan mendapatkan produk dan dibimbing untuk menggunakannya. Atau bisa mencoba gratis terlebih dahulu selama 30 hari.

Bagi Anda yang menginginkan untuk bergabung bersama para ADP, bisa klik di sini. Menjadi ADP tentunya juga memiliki keuntungan tersendiri. Anda bisa mendapatkan penghasilan dari bergabung menjadi ADP. Ada trik-trik tersendiri juga yang bisa membuat pundi-pundi rupiah Anda semakin mengembang. Karena pada kenyataannya semua membutuhkan usaha agar bisa berhasil dan sukses.


Trik Sukses Menjadi Accurate Digital Partner

Setelah melakukan riset dari dunia maya, ditemukan beberapa hal yang bisa Anda coba agar berhasil menjadi seorang ADP, berikut di antaranya:

trik sukses jadi adp

1. Membangun website untuk mempromosikan produk Accurate
Saya mengamati beberapa website yang mempromosikan produk Accurate nangkring di mesin telusur halaman pertama. Rupanya, mereka para ADP yang sudah membuat website sebagai media promosi produk Accurate. Bahkan beberapa di antaranya juga melayani konsultasi untuk penggunaan produknya. Cara ini bisa ditiru para bloger yang jago SEO untuk menambah pemasukan melalui ADP.

2. Memanfaatkan media sosial untuk membranding produk Accurate
Tidak dipungkiri, media sosial merupakan magnet terbesar untuk mencari konsumen. Produk apapun yang dipasarkan, bisa dengan tepat sasaran menuju konsumen yang dimaksud dengan memanfaatkan promosi di media sosial. Dengan kata lain, membangun website dan mempromosikannya melalui media sosial, bisa menjadi pasangan yang klop untuk dimanfaatkan mencari calon pembeli produk.

3. Membangun relasi dengan calon pembeli
Selain melalui media digital, Anda bisa mendapatkan konsumen melalui cara membangun relasi. Relasi yang banyak dan relevan bisa memperkuat jaringan bisnis yang sedang dibangun para ADP. Anda bisa membangun relasi dengan para pengusaha, pekerja bagian administrasi perusahaan, pelaku UMKM, dan semua orang yang sekiranya membutuhkan produk Accurate untuk mempermudah pekerjaan mereka. Dari sini nanti, Anda bisa memasarkan produk dan mendapatkan pembeli produk Accurate.

4. Menyeleksi calon pembeli agar tepat sasaran
Seleksi dulu calon pembeli yang menurut Anda potensial sebelum Anda mempromosikan lebih lanjut. Karena tidak semua calon pembeli akan bersedia untuk membeli produk yang Anda tawarkan. Jadi, sebaiknya disaring terlebih dahulu agar apa yang Anda kerjakan tidak sia-sia.

Demikian sekilas informasi dari saya mengenai produk Accurate dan Accurate Digital Partner. Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih lanjut tentang ADP, bisa mengikuti tautan berikut https://accurate.partners/news/R2W6KKX2Semoga ulasan ini bisa membawa manfaat bagi semua yang membutuhkan.
Aminnatul Widyana Mom of 2 kiddos/ Ahmad Rahman Budiman's wife/ teacher/ blogger

14 Responses to "Bermitra Accurate Digital Partner, Pembukuan UMKM Semakin Better"

  1. Aplikasi atau sistem pembukuan akan sangat membantu mengelola aset usaha kita dan tentunya mudah menghitung laba atau sebaliknya meminimalisir kerugian karena semua tercatat dengan baik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget, software semacam ini sangat dibutuhkan perusahaan & UMKM buat mengelola sistem keuangan. Biar gampang tau laba rugi nya.

      Delete
  2. Nah, ini juga yang beberapa kali aku temui. Mereka tidak melakukan pembukuan keuangannya dengan baik, katanya kan usahanya masih kecil juga. Giliran ditanya omzetnya mencapai berapa jadi bingung mereka jawabnya. Ditanya keuntungannya berapa, eh juga bingung menjawabnya. Aplikasi ini penting untuk disebarluaskan agar para pelaku usaha meskipun usahanya masih kecil memiliki catatan keuangan yang baik

    ReplyDelete
  3. UMKM ataupun usaha apapun memerlukan pembukuan ya Mba agar bisa berkembang. Bohong kalo ada usaha yang maju tapi tidak memperhatikan cash flow antara pengeluaran dan pemasukan. Makanya dibutuhkan sekali aplikasi seperti accurate ini .

    ReplyDelete
  4. Pembukuan dalam suatu usaha sangatlah penting, karena ujung tombak dari segala Umkm. Jadi bisa dicoba nih dengan menggunakan aplikasi accurate

    ReplyDelete
  5. Ini pastinya sangat membantu pelaku UMKM ya, karena pembukuan itu walaupun penting tapi masih banyak yang belum memahami dan mendalami

    ReplyDelete
  6. Meksi cuma bisnis UKM tapi kalau pembukuan nya profesional insyaallah hasilnya akan maksimal ya. Jaman sekarang memang sudah serba digital. Kita harus bisa mengimbanginya, atau akan tertinggal.

    ReplyDelete
  7. Membangun relasi dengan calon pembeli ini yang masih jarang disadari oleh pebisnis, terutama dengan pebisnis online, bahkan kadang calon pembeli diajak berantem hahahaha

    ReplyDelete
  8. Wah, aku baru tahu dengan Accurate ini. Keren ya, pembukuan bisnis bisa jadi lebih ringkes dan praktis dengan aplikasi seperti ini.

    ReplyDelete
  9. Media sosial ini emang penting banget ya utnuk promosi. Mungkin karna banyak yang juga familiar ya mba sehingga ini menjadi salah satu kunci sukses :)

    ReplyDelete
  10. Memudahkan ya buat UMKM Accurate ini. Transaksi berjalan dengan lancar.

    ReplyDelete
  11. Semakin lama, semakin memudahkan ya berbisnis ya mba. Baiklah kayaknya aku harus banyak cari info soal accurate ini :)

    ReplyDelete
  12. Dalam bisnis, pembukuan dan catatan keuangan memang penting. Kalau terbantu kaya gini kan jadi enak yaa hehehe

    ReplyDelete
  13. mestinya aplikasi ini jadi mempermudah penggunanya, semoga sukses dan pengguna aplikasi ini pun menjadi bertambah, sehingga dunia bisnis semakin berkembang

    ReplyDelete
Terima kasih sudah singgah di blog amiwidya.com.
Saya persilakan menambahkan komentar untuk melengkapi postingan blog di atas.
Semoga bermanfaat & menginspirasi buat semua...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel