Featured Post

Cara Cermat Mengelola Keuangan Rumah Tangga

Tujuan, Manfaat, dan Contoh Sistem Akuntansi

jurusan akuntansi
Sumber gambar: pixabay

Sistem akuntansi wajib dipahami oleh mahasiswa jurusan akuntansi, merupakan daftar kronologis pemegang buku untuk debit yang terkait serta kredit dari sebuah bisnis yang merupakan bagian dari buku rekening. Jika dilihat dari pengertiannya, sistem akuntansi sendiri terdiri dari catatan manual atau catatan digital (dalam bentuk komputerisasi) berupa transaksi keuangan.

Sistem akuntansi ini memiliki fungsi utamanya untuk mendorong seoptimal mungkin akan berbagai informasi akuntansi yang tepat waktu, relevan, serta dapat dipercaya. Selain itu sistem akuntansi sendiri memiliki unsur yang berkaitan satu dengan lainnya, sehingga bisa dilakukan pengolahan data dari awal sampai pada pelaporan akhir.

Tujuan utama dari sistem ini ini adalah untuk rekaman, pengkategorian, analisis, serta melaporkan informasi manajemen keuangan dengan tepat waktu. Mahasiswa yang mengikuti kuliah blended learning tentu paham betul mengenai tujuan dari sistem akuntansi ini, detailnya yakni:

  1. Sebagai penyedia informasi untuk bahan pengelolaan kegiatan jenis usaha baru.
  2. Sebagai alat untuk memperbaiki informasi yang dihasilkan oleh sistem yang telah ada, baik dalam hal mutu, ketepatan penyajian, maupun struktur informasi.
  3. Untuk memperbaiki pengendalian akuntansi serta pengecekan intern akuntansi di sebuah perusahaan. Yakni dengan memperbaiki tingkat keandalan informasi yang dihasilkan, termasuk dalam menyediakan catatan perihal pertanggungjawaban serta perlindungan kekayaan sebuah perusahaan.
  4. Untuk mengurangi biaya klerikal dalam penyelenggaraan catatan akuntansi perusahaan.


Untuk yang mengikuti kuliah online akuntansi tentu sudah tidak asing lagi dengan berbagai tujuan sistem informasi di atas. Adapun untuk jenis atau contoh soal akuntansi yang banyak digunakan di perusahaan, setidaknya ada empat sistem akuntansi di antaranya:

1. Sistem Akuntansi Manajemen

Akuntansi manajemen memiliki tujuan untuk memberikan manajer sebuah informasi, yang nantinya informasi tersebut bisa digunakan untuk merencanakan, mengendalikan, serta mengelola operasi bisnis.

Sistem akuntansi satu ini menyediakan pihak manajemen dengan berbagai informasi yang dibutuhkan, informasi tersebut nantinya akan digunakan untuk membuat keputusan penting tentang sebuah bisnis. Akuntansi biaya merupakan salah satu dari jenis sistem akuntansi manajerial.

2. Sistem Akuntansi Persediaan (Inventory Accounting)

Jenis akuntansi yang satu ini memiliki tujuan untuk melacak tingginya persediaan, melakukan kegiatan perencanaan, serta kegiatan inventaris. Kode bar pelacakan merupakan salah satu contoh dari sistem persediaan umum, RFID merupakan contoh dari jenis lain sistem persediaan yang biasanya digunakan dalam teknologi baru. Dari sistem yang satu ini, pengusaha bisa melacak persediaan serta mendeteksi berbagai sinyal.

3. Sistem akuntansi  Industri - Spesifik

Anak jurusan akuntansi tentu paham betul mengenai sistem akuntansi industri-spesifik sebuah sistem akuntansi yang bisa mencakup berbagai aplikasi industri spesifik. Adapun contoh dari sistem akuntansi industri-spesifik adalah sistem akuntansi ritel, sistem ini memiliki kebutuhan yang berbeda dibandingkan dengan industri lainnya.

Penjualan ditangkap pada titik penjualan dengan menggunakan point-of-sale cash register yang sudah terkomputerisasi. Ketika sebuah item dijual, maka sistem akuntansi real steel harus melakukan pelacakan dan benar-benar melaporkan markdown barang dagangan tersebut.

Contoh lain untuk sistem akuntansi jenis ini adalah software akuntansi hukum, ia memiliki persyaratan khusus lainnya termasuk di dalamnya pelacakan waktu yang dihabiskan oleh pengacara, jumlah tagihan biaya berdasarkan tarif per jamnya, serta tingkat pemanfaatan dari masing-masing pengacara tersebut.

4. Sistem Akuntansi Non-Profit

Akuntansi non profit merupakan sistem akuntansi yang memiliki sendiri yang spesifik dari persyaratan pelaporan, semisal dana yang harus dibaca peruntukannya sehingga menghasilkan data yang benar.

Selain dari fungsi, tujuan, serta contoh sistem akuntansi, bagi yang mengikuti kuliah blended learning jurusan akuntansi untuk mengetahui mengenai berbagai manfaat sistem akuntansi yang diterapkan pada sebuah perusahaan diantaranya:

  1. Sebagai penyaji informasi yang akurat dan tepat, sehingga bisa digunakan perusahaan untuk melakukan berbagai aktivitas utama pada kucing secara efektif dan efisien.
  2. Sebagai alat untuk meningkatkan kualitas serta mengurangi biaya produksi untuk produk yang dihasilkan.
  3. Sebagai alat untuk meningkatkan efisiensi dari kinerja bisnis, baik pada bagian keuangan ataupun bagian lainnya di sebuah perusahaan.
  4. Sebagai alat untuk meningkatkan kemampuan dalam pengambilan keputusan.
  5. Dapat meningkatkan peranan untuk berbagi pengetahuan (sharing knowledge)


Itulah sedikit penjelasan mengenai contoh sistem akuntansi yang digunakan pada kegiatan akuntansi, sebuah metode dan prosedur untuk mencatat serta melaporkan informasi keuangan untuk sebuah perusahaan. Mahasiswa jurusan akuntansi pasti tahu bahwa sistem akuntansi biasanya diterapkan pada perusahaan besar yang sangat kompleks, hal ini akibat dari perbedaan kebutuhan informasi oleh manajer, bentuk, dan jalan transaksi untuk laporan keuangan.

Melanjutkan kuliah magister akuntansi, di Indonesia sendiri saat ini sudah banyak universitas yang menyediakan gelar strata 2 untuk jurusan satu ini (baik untuk kampus Negeri maupun swasta).

0 Response to "Tujuan, Manfaat, dan Contoh Sistem Akuntansi"

Post a Comment

Terima kasih sudah singgah di blog amiwidya.com.
Saya persilakan menambahkan komentar untuk melengkapi postingan blog di atas.
Semoga bermanfaat & menginspirasi buat semua...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel