Featured Post

Grafen Edge Finger, Alat Terbaik untuk Keramas

Cara Alami Mengatasi Jerawat dan Bekasnya

cara mengatasi jerawat
Pict by Freepik

Jerawat merupakan sebuah kondisi kulit yang terjadi karena tersumbatnya folikel rambut oleh minyak dan juga sel kulit mati. Para remaja dan orang dewasa paling sering mengalami jerawat. Gejala timbulnya jerawat seperti adanya komedo yang tidak  berinflamasi, penuh nanah, juga adanya benjolan besar berwarna merah atau benjolan yang lunak. Akan lebih menyebalkannya lagi jika masalah jerawat ini meninggalkan bekas di wajah.

Ada beberaba cara alami yang bisa dicoba untuk menghilangkan jerawat membandel. Berikut cara mudah mengatasi jerawat dan bekasnya, yaitu:

1. Kombinasi kunyit, jeruk nipis, dan madu

Cara mengatasi jerawat yang pertama adalah dengan menggunakan kombinasi kunyit, jeruk nipis, dan madu.Pertama tama kunyit dihaluskan lalu jeruk nipis ditambahkan dan madu sebanyak 2 sdm. Ketiga bahan tersebut dicampurkan  secara merata hingga berbentuk pasta. Kemudian pasta digunakan sebagai masker wajah dan diamkan selama 10 menit. Lalu wajah dibersihkan dengan menggunakan air hingga bersih.

2. Menggunakan Putih Telur 

Caranya adalah siapkan telur kemudian pisahkan kuningnya dan diambil yang bagian putihnya saja. Kemudian putih telur dikocok hingga mengembang, lalu dioleskan pada area kulit yang berjerawat batu. Biarkan selama 10 menit atau lebih hingga mengering, lalu bilas wajah menggunakan air hangat hingga bersih.

3. Menggunakan Kentang 

Caranya adalah pertama tama 1 buah kentang dikupas lalu dipotong tipis tipis. Potongan kentang tipis tadi ditempelkan pada area kulit wajah yang berjerawat batu. Kemudian diamkan selama 10 menit lali bilas wajah  menggunakan air dingin hingga bersih.

4. Scrub Tomat Dan Kopi

Cara yang pertama untuk mengatasi bekas jerawat adalah dengan menggunakan scrub tomat dan kopi. Caranya adalah dengan menumbuk tomat hingga halus dan menjadi bubur, lalu tambahkan 2 sendok makan bubuk kopi kemudian diaduk hingga menjadi pasta. lalu scrub digosokkan pada area wajah secara merata dan lakukan gerakan menggosok ini selama 1 menit, dengan demikian akan terangkat dengan sempurnanya sel kulit mati.

5. Masker Tepung Beras 

Cara berikutnya adalah dengan menggunakan masker tepung beras. Caranya adalah dengan melarutkan tepung beras di dalam air hingga menjadi pasta. Lalu pasta dioleskan secara merata ke area kulit wajah dan diamkan selama 3 menit atau mengering.. Lalu bilas wajah menggunakan air hangat.

Ada juga yang menggunakan masker beras yang dicampur dengan rempah-rempah. Ada ramuan khusus yang bisa dicampurkan sebagai masker beras ini. Sehingga hasilnya juga akan membuat wajah lebih cerah dan terasa halus.

6. Scrub Kopi Dan Gula 

Cara yang terakhir adalah dengan menggunakan scrub kopi dan gula. Cara ini belum pernah saya coba, namun kabarnya cukup ampuh mengatasi masalah jerawat di wajah. Sampai-sampai ada masker kopi yang instan dan siap pakai. Memang terlihat seperti akan membuat minuman kopi, namun kali ini bukan untuk diminum.

Caranya pun cukup mudah, dengan melarutkan 2 sendok makan bubuk kopi didalam air lalu diaduk hingga menjadi pasta. Lalu tambahkan gula pasir sebanyak 1 sendok makan. Sebelum mengaplikasikan pasta pastikan wajah dibersihkan terlebih dahulu. Scrub digosokkan pada area wajah secara merata, lakukan gerakan menggosok diwajah selama 1 menit sehingga akan terangkat dengan sempurnanya sel kulit mati.

7. Masker bengkoang dan menyak cendana

Cara yang terakhir ini juga cukup ampuh untuk menghilangkan jerawat, mengencangkan kulit wajah, mencerahkan kulit wajah, dan menghaluskannya. Asalkan rutin setiap malam sebelum tidur dilakukan, hasilnya juga pasti memuaskan.

Cara membuatnya juga sangat mudah. Anda hanya perlu menyiapkan 1-2 sendok air sari buah bengkoang dari hasil parutan bengkoang yang diperas. Lalu campurkan dengan 1-2 tetes minyak cendana yang asli. Jangan terlalu banyak minyak cendana, karena efeknya panas di wajah.

Setelah merawat wajah menggunakan cara-cara di atas, ada baiknya Anda juga menghindari beberapa makanan yang bisa menyebabkan munculnya jerawat. Agar perawatan wajah yang sudah Anda lakukan tidak sia-sia. Makanan yang bisa menimbulkan jerawat di antaranya:

1. Kacang Tanah

Salah satu jenis makanan yang bisa menyebabkan timbulnya jerawat adalah kacang tanah. Karena kacang tanah ini merupakan jenis kacang yang paling umum ditemukan dalam makanan. Walaupun demikian, banyak juga orang yang sensitif terhadap kacang tanah ini salah satunya adalah timbulnya jerawat.

2. Pasta

Makanan berikutnya yang bisa menyebabkan timbulnya jerawat adalah pasta. Makanan khas Itali ini memiliki banyak jenis dan bisa diolah menjadi menu makanan yang beragam. Pasta ini memiliki kandungan gluten yang sangat tinggi yang bisa menjadi pemicu timbulnya jerawat.

Itulah cara-cara yang bisa saya bagikan untuk mengurangi atau menghilangkan jerawat di wajah. Anda bisa mencoba salah satunya yang menurut Anda mudah untuk dibuat, serta mudah untuk mendapatkan bahan-bahannya. Selamat mencoba....

0 Response to "Cara Alami Mengatasi Jerawat dan Bekasnya "

Post a Comment

Terima kasih sudah singgah di blog amiwidya.com.
Saya persilakan menambahkan komentar untuk melengkapi postingan blog di atas.
Semoga bermanfaat & menginspirasi buat semua...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel