Featured Post

Cara Cermat Mengelola Keuangan Rumah Tangga

Cara Membuat Martabak Telur

cara membuat martabak telur
pict by wiratech

Telur menjadi salah satu bahan makanan yang seringkali digunakan. Ada banyak sekali hidangan kuliner yang bisa dibuat dengan menggunakan telur. Baik itu telur ayam ataupun telur bebek. Salah satu hidangan yang populer serta lezat dengan bahan telur ayam atau telur bebek yaitu martabak telur. Sebenarnya cara membuat martabak telur ini cukup mudah. Makanya banyak kita jumpai penjual martabak telur di pinggir-pinggir jalan. Iya kan?! Bahkan banyak pula yang sudah menjadi langganan setiap harinya.

Sesekali, Anda tidak selalu harus membeli martabak telur di luar. Kadang kala, pasti Anda juga ingin membuat martabak telur sendiri di rumah. Terutama bagi Anda yang tidak suka jajan makanan di luar rumah. Untuk Anda yang ingin tahu lebih mendalam mengenai resep hidangan martabak telur spesial yang lezat, Anda bisa langsung simak ulasan di bawah ini.

Hal pertama yang wajib Anda lakukan adalah menyediakan alat dan bahan untuk membuat martabak telur. Telur jenis apa yang Anda inginkan? Telur ayam atau telur bebek? Bedanya, kalau menggunakan telur bebek, martabaknya akan terasa lebih gurih dan lebih mengembang dibandingkan jika Anda memasaknya menggunakan telur ayam.

Jika sudah ditentukan, segera beli bahan-bahan yang diperlukan di toko terdekat. Bahan yang perlu Anda siapkan untuk membuat kulit martabak adalah:

  • bahan kulit yaitu kulit lumpia kurang lebih 15 lembar
  • putih telur 1 buah untuk perekat (bisa telur ayam atau telur bebek)
  • minyak 500 ml untuk menggoreng

Selain bahan kulit, persiapkan juga bahan tumisan untuk isi martabak, di antaranya:

  • bawang putih 3 siung, dihaluskan
  • cabai merah keriting 2 buah dicincang kasar (bisa ditambah atau dikurangi, tergantung selera)
  • 2 sdt ebi sangrai yang dihaluskan (bubuk udang kering)
  • ayam giling 200 gram
  • wortel 1 buah, diiris halus
  • 3/4 sdt garam
  • taoge 100 gram,
  • 1/2 sdt gula pasir
  • 1/4 sdt merica bubuk
  • 1 sdm minyak yang digunakan untuk menumis
  • bahan tambahan berupa telur 3 butir, bawang bombay 1/2 buah yang dicincang halus, 50 gr daun bawang yang diiris halus, 1/4 sdt merica bubuk dan 1/4 sdt garam.


Untuk membuat hidangan kuliner martabak spesial asin telur kali ini membutuhkan waktu sekitar 45 menit. Takaran yang sudah saya tuliskan di atas akan menjadi sajian kira-kira sebanyak 15 buah martabak mini. Cukup untuk disantap bersama sekeluarga.

Sedangkan cara untuk membuatnya yaitu sebagai berikut. Tumislah bawang putih serta cabai merah hingga harum. Lalu masukkan daging ayam giling dan aduk hingga berubah warna. Selanjutnya tambahkan ebi, taoge, wortel, garam, dan juga merica. Aduklah sampai matang dan disisihkan.

Untuk bahan tambahan, kocoklah rata telur, bawang bombay, daun bawang, garam, dan juga merica bubuk. Tambahkanlah tumisan yang sudah dibuat sebelumnya dan aduk hingga rata serta sisihkan. Ambillah kulit lumpia selembar lalu diisi dengan memakai adonan telur. Lipatlah menjadi bentuk kotak dan rekatkan memakai putih telur.

Tahap terakhir yaitu gorenglah dalam minyak yang telah dipanaskan dengan memakai api sedang hingga matang. Selain dari yang di atas, masih ada beberapa tips lain mengenai resep hidangan martabak telur spesial yang lezat dan bisa Anda praktikkan. Misalnya dengan mengganti isi martabaknya dengan usus ayam pedas, tahu yang dihaluskan, atau dengan bihun putih yang diiris pendek-pendek.

Selain itu, Anda juga bisa menvariasikan isian martabak telur dengan menambahkan daging ikan, jamur, dan varian isian lainnya sesuai dengan selera Anda. Demikian bahasan tentang tips resep hidangan martabak telur spesial yang lezat. Bagi Anda yang ingin menyajikan martabak telur dengan hasil terbaik, maka segera praktikkan resep di atas. Semoga Anda bisa lebih terbantu dengan info cara tepat membuat martabak asin enak dengan mudah kali ini.

0 Response to "Cara Membuat Martabak Telur"

Post a Comment

Terima kasih sudah singgah di blog amiwidya.com.
Saya persilakan menambahkan komentar untuk melengkapi postingan blog di atas.
Semoga bermanfaat & menginspirasi buat semua...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel