Featured Post

Cara Cermat Mengelola Keuangan Rumah Tangga

Obat untuk Atasi Radang Tenggorokan pada Anak

Obat untuk Atasi Radang Tenggorokan pada Anak
Pict by shutterstock

Anak Anda mengalami radang tenggorokan? Jangan langsung panik, segera berikan obat ini untuk mengatasi penyakitnya!

Radang tenggorokan merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus. Bagi orang dewasa, penyakit ini mungkin terasa ringan karena gejalanya bukan termasuk pada penyakit yang parah.  Namun, lain halnya jika radang tenggorokan terjadi pada anak. Penyakit ini bisa membuat anak lesu dan lemas, tidak aktif bermain, serta tidak punya keinginan untuk makan. Bahkan, anak yang terserang sakit radang tenggorokan, bisa saja rewel karena tidak sanggup menahan rasa sakitnya.

Bagi orang tua, keluhan yang dialami anak akibat radang tenggorokan bisa menjadikan mereka mengkhawatirkan keadaan anaknya. Oleh karenanya, orang tua biasanya sesegera miungkin akan memberikan obat supaya kondisi anak segera membaik. Namun, tahukah Anda obat apa saja yang tepat untuk radang tenggorokan anak? Jangan sampai karena ingin anak segera sembuh, lalu Anda memberikan diagnosa sembarangan kemudian memberikan obat-obatan yang salah kepada anak.

Menurut dr. Atika dari KlikDokter, obat yang digunakan untuk mengatasi radang tenggorokan pada anak adalah yang bersifat suportif alias mendukung daya tahan tubuh agar kembali optimal. Beberapa obat yang sesuai, di antaranya:

1. Obat anti demam
Anak yang terkena radang tenggorokan umumnya juga mengeluhkan gejala demam. Sebagai upaya untuk mengatasinya, obat-obatan anti demam seperti parasetamol dan ibuprofen dapat dikonsumsi sesuai anjuran yang tertera di label kemasan. Selain itu, kompres hangat pada lipatan tubuh seperti leher dan ketiak juga dapat diberikan untuk meringankan gejala.

2. Obat anti nyeri
Radang tenggorokan bisa menyebabkan keluhan nyeri saat menelan. Hal ini bisa membuat anak kesulitan makan. Untuk menghindari keadaan tersebut, konsumsi obat demam yang sekaligus dapat berfungsi sebagai anti nyeri. Pastikan obat tersebut sesuai untuk anak-anak, dan dikonsumsi sesuai anjuran yang tertera di label kemasan.

3. Obat antibiotik
Pada kasus radang tenggorokan yang disebabkan oleh infeksi bakteri, anak mungkin perlu mengonsumsi obat antibiotik supaya kondisi bisa membaik. Obat antibiotik hanya bisa didapatkan di dokter, dan wajib dikonsumsi sesuai dosis dan anjuran yang diberikan oleh dokter.

Supaya obat-obatan tersebut efektif mengatasi radang tenggorokan, pastikan bahwa anak Anda minum cairan sebanyak 2 liter per hari. Jika Anda ingin tahu obat radang tenggorokan untuk anak secara spesifik, jangan sungkan berkonsultasi lebih lanjut pada dokter.

0 Response to "Obat untuk Atasi Radang Tenggorokan pada Anak"

Post a Comment

Terima kasih sudah singgah di blog amiwidya.com.
Saya persilakan menambahkan komentar untuk melengkapi postingan blog di atas.
Semoga bermanfaat & menginspirasi buat semua...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel