Featured Post

Kerja Beres Berkat Insto Dry Eyes

Cara Membasmi Tikus di Rumah

cara membasmi tikus
Image by shutterstock

Tikus merupakan binatang yang sering kita jumpai di sekitar kita. Hewan yang tergolong kotor ini sangat berbahaya, karena bisa menyebabkan sakit pada manusia. Selain itu, tikus juga merupakan salah satu sumber penyakit. Tikus ini biasanya hidup di lingkungan yang banyak air dan banyak makanan. Tidak heran jika tikus sering dijumpai di got, loteng, basement, pipa, lemari dapur, dekat pohon, semak, gudang, karung, dan tempat lainnya. Perkara mengusir tikus bukan masalah yang mudah. Namun ada beberapa cara untuk mengusir tikus tanpa racun, di antaranya menggunakan:

1. Kamper

Siapa yang tidak tahu tentang kamper? Kamper atau kapur barus merupakan salah satu alternatif cara membasmi tikus. Kamper mudah ditemukan. Di manapun Anda berada, masih bisa membelinya di warung atau supermarket. Nah untuk mengusir tikus, cukup menyebar kamper di tempat-tempat tikus itu sering datang. Baunya yang menyengat membuat tikus tidak menyukainya. Sehingga dia menghindari tempat tersebut. Kalau memakai cara ini tidak berhasil, masih ada cara lainnya, yaitu:

2. Amonia

Amonia juga salah satu cara membasmi tikus. Caranya dengan mencampur dua sendok deterjen, ditambah seperempat gelas air serta dua cangkir amonia. Usahakan tempatkan cairan ini dimana tikus sering singgah. Karena bau dari amonia ini sangat menyengat dan biasanya tikus tidak tahan. Jadi cara menggunakan amonia ini juga perlu dicoba.

3. Minyak Peppermint

Cara membasmi tikus yang selanjutnya dengan memakai minyak peppermint. Karena minyak ini baunya juga menyengat dan tikus tidak menyukai baunya. Caranya dengan mencelupkan beberapa bola kapas ke dalam minyak peppermint serta menempatkan mereka di daerah rawan tikus. Selain itu juga bisa memakai serai atau minyak jarak untuk mengusir tikus.

4. Ular Plastik atau Bulu Burung Hantu

Meskipun saya sendiri belum pernah mencoba, tetapi katanya, menggunakan ular plastik dan bulu burung hantu juga salah satu cara membasmi tikus. Taruh bulu burung hantu atau ulat plastiknya di dalam lubang tikus. Jika tidak menemukan taruh di kebun atau tempat dimana tikus itu sering menampakkan diri. Ular plastik juga bisa menyingkirkan tikus dari halaman. Mungkin karena tikus mengira ada predatornya sehingga dia tidak berani mendekat.

5. Lada

Lada ini adalah bagian bumbu dapur yang biasa untuk membumbui macam-macam masakan. Bau lada bisa membuat hidung manusia gatal dan bersin-bersin. Ternyata faktanya juga bisa menjadi cara membasmi tikus. Caranya cukup taburkan sedikit pada.di sekitar sudut ruang serta lubang dimana tikus itu berkeliaran. Dengan demikian, tikus tidak berani mendekat karena mencium bau lada di sekitar tempat itu.

6. Bawang

Bumbu dapur yang satu ini ternyata juga bisa mengusir tikus. Banyak yang mengatakan bahwa bawang juga ampuh dalam cara membasmi tikus secara alami. Tikus menganggap bahwa bau bawang yang menyengat adalah bau yang menjijikkan. Caranya cukup dengan mengiris bawang agar aromanya keluar lalu menyimpan di dalam lubang atau tempat tikus itu berada. Cukup simple bukan?!

7. Daun Salam

Tikus adalah hewan pemakan apapun termasuk suka memakan daun salam. Namun jika tikus itu memakan daun salam, katanya bisa mengusir tikus tersebut. Cara membasmi tikus dengan daun salam yaitu taruh beberapa daun salam di daerah tikus. Lalu ulangi proses sampai semua tikus pergi.

8. Membuat Perangkap Sendiri

Cara membasmi tikus selanjutnya yaitu membuat perangkap sediri. Hal ini juga termasuk cara cepat dan ampuh dalam membasmi tikus. Umpannya bisa menggunakan sisa makanan yang ada di rumah. Karena tikus termasuk hewan pemakan segalanya. Anda bisa menaruh perangkap tikus di tempat yang biasa dilalui tikus.

9. Kotoran Kucing atau Ular Kering

Mungkin ini sedikit nyleneh namun cara ini cukup ampuh dalam cara membasmi tikus. Anda bisa menggunakan sampah ular kering di toko hewan peliharaan atau kebun binatang. Dijamin tikus tidak akan datang lagi ke tempat Anda. Bisa juga menggunakan kotoran kucing untuk mengusir tikus. Namun ini sangat menjijikan dan berbahaya karena ada toksonya. Bahkan baunya juga tidak enak. Mungkin dengan Anda memeliharan kucing sendiri di dalam rumah, bisa menjadi salah satu alternatif yang bisa dicoba.

Itulah beberapa cara membasmi tikus dari berbagai sumber yang saya dapatkan. Anda bisa mencobanya agar berhasil dalam mengusir tikus yang berkeliaran dan bisa jadi semakin hari semakin banyak. Karena mereka juga beranak pinak. Bukankah kalau dibiarkan saja bisa sangat mengganggu aktivitas Anda? Akhir kata saya ucapkan selamat mencoba.

0 Response to "Cara Membasmi Tikus di Rumah"

Post a Comment

Terima kasih sudah singgah di blog amiwidya.com.
Saya persilakan menambahkan komentar untuk melengkapi postingan blog di atas.
Semoga bermanfaat & menginspirasi buat semua...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel