Featured Post

Katalog Warna untuk Menentukan Cat Rumah

Cara Menghilangkan Mual Saat Hamil

cara menghilangkan mual saat hamil

Ibu hamil memang kerap kali merasakan rasa mual setiap harinya. Hal ini wajar, terutama saat masa trimester pertama. Mual yang berlebihan biasanya terasa mengganggu, dan perlu untuk di hilangkan. Cara menghilangkan mual saat hamil ternyata tidaklah sulit. Bahkan, Anda bisa melakukannya sendiri dirumah. Saya sendiri sudah pernah merasakan mual pada trimester pertama pada waktu hamil kedua anak saya. Bagaimana cara saya mengatasinya? Ketahui cara menghilangkan mual saat hamil pada artikel ini yuk.

Sebenarnya banyak sekali penyebab dari munculnya rasa mual pada saat hamil. Terutama, karena adanya peningkatan hormon estrogen pada tubuh. Ada kalanya para ibu hamil justru membiarkan rasa mual tersebut berlarut-larut. Memang, mual pada ibu hamil wajar namun jika berlebihan tentu tidak baik. Jangan khawatir, Anda masih bisa menghilangkan rasa mual tersebut dengan beberapa cara. Simak cara menghilangkan mual saat hamil dengan mudah.

Bangun Lebih Pagi

Akan sangat baik bagi para ibu hamil untuk dapat bangun di pagi hari. Memulai aktivitas bangun di pagi hari ini baik untuk kesehatan tubuh. Terutama, karena udara yang masih bersih dan sangat segar. Hal ini membantu pikiran menjadi lebih fresh. Karena itu, ibu hamil perlu bangun pagi hari di waktu subuh untuk mendapatkan udara yang masih bersih.

Nah, pada waktu bangun pagi ini biasanya rasa mual akan mencapai puncaknya. Bahkan saya dulu sampai muntah-muntah sampai berasa pahit di lidah. Bagaimana cara mengatasinya? Ada di tips berikutnya

Minum air putih


Setelah bangun pagi hari, sesegera mungkin minumlah air putih semampu perut menampung. Kurang lebih satu gelas besar, habiskan! Minum air putih setelah bangun tidur terbukti bisa mengurangi rasa mualnya, bahkan menghilangkannya untuk sementara waktu. Seandainya pun Anda muntah, tidak akan terasa pahit muntahannya.

Perbanyak Istirahat

Ibu hamil memang membutuhkan energi yang banyak. Karena itu, setelah bangun di pagi hari dan menikmati pagi hari, Anda perlu istirahat. Istirahat bisa dilakukan kapanpun jika dirasa membutuhkan. Terutama, untuk menghilangkan rasa mual yang ada pada tubuh. Karena ada juga tipe ibu hamil yang terus mengantuk dan ingin tidur.

Selain itu, kurangi aktivitas yang melelahkan karena hanya akan menghilangkan energi. Sebaiknya, istirahat dengan cukup pada siang hari dan malam hari untuk mengurangi rasa mual pada tubuh. Dengan begitu, maka tubuh menjadi lebih normal.

Gunakan Jahe Hangat

Jahe memang dikenal memiliki banyak manfaatnya bagi tubuh. Termasuk dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan rasa mual saat sedang hamil. Air rebusan jahe memiliki rasa hangat untuk membantu tubuh menjadi lebih rileks.

Hal ini ternyata juga membantu menghilangkan rasa mual yang terdapat di tubuh. Jadi, mulai sekarang Anda harus mempersiapkan jahe di rumah masing-masing. Disarankan untuk menggunakan jahe alami. Karena, aroma dan rasa yang dihasilkan jelas sangat nikmat. Dengan catatan, jangan terlalu banyak jahenya. Cukup gunakan sedikit sebagai wewangian saja. Karena kalau terlalu banyak, akan panas rasanya bagi perut Anda.

Hirup Aroma Wewangian

Asalkan Anda tidak bertambah mual pada waktu menghirup aroma parfum ataupun wewangian lainnya, Anda bisa menggunakan tips ini. Karena saya dulu pada waktu hamil anak pertama sempat mual-mual kalau menghirup aroma pengharum ruangan. Jadi saya tidak bisa menerapkan tips yang satu ini.

Aroma wangi memang sangat membuat tubuh menjadi lebih nyaman. Wewangian juga dapat membantu untuk menghilangkan rasa mual saat hamil. Karena, dengan aroma wewangian memberikan efek meredakan dan menjadikan pikiran menjadi lebih fresh lagi. Mengatasi mual dan pusing saat hamil menggunakan wewangian sangat direkomendasikan.

Banyak sekali aroma wewangian yang bisa Anda simpan di rumah. Seperti aroma lemon, lavender maupun rosemary. Aroma tersebut membantu untuk memberikan rasa nyaman yang baik pada tubuh. Terlebih, untuk menghilangkan rasa mual juga sangatlah ampuh. Namun, perlu diperhatikan bahwa penggunaanya hanya saat merasakan mual saja.

Kalau cara-cara di atas tidak bisa mengurangi rasa mual Anda, sebaiknya langsung berkonsultasi dengan dokter kandungan atau bidan yang merawat Anda. Biasanya akan diberikan resep obat untuk membantu Anda mengurangi rasa mual pada saat hamil.

Itulah beberapa cara menghilangkan mual saat hamil yang bisa dilakukan. Sangat mudah bukan? Dengan menggunakan beberapa cara diatas, saya harap bisa membantu Anda mengatasi rasa mual saat hamil. Selanjutnya, aktivitas anda akan jauh lebih aman. Selamat mencoba!

0 Response to "Cara Menghilangkan Mual Saat Hamil"

Post a Comment

Terima kasih sudah singgah di blog amiwidya.com.
Saya persilakan menambahkan komentar untuk melengkapi postingan blog di atas.
Semoga bermanfaat & menginspirasi buat semua...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel