Featured Post

Katalog Warna untuk Menentukan Cat Rumah

Ragam Perlengkapan Bayi Baru Lahir

perlengkapan bayi baru lahir

Bagi para calon ibu atau yang mungkin sudah berstatus sebagai ibu muda, mengenal berbagai macam perlengkapan bayi baru lahir sangat penting untuk diketahui. Sambutan kepada si kecil, dengan cara menyiapkan perlengkapan untuknya pastinya cukup mengasyikkan. Apalagi jika Anda menyiapkan untuk menyambut bayi yang pertama kalinya. Di sini perlu pemilihan yang tepat, dan tentunya para ibu tidak boleh sembarang memilih peralatan bayi untuk anak pertamanya. Sebab keadaan bayi masih sangat lemah dan sensitif terhadap kondisi di luar mereka.

Memilih perlengkapan bayi terkadang juga membingungkan para ibu. Untuk itu, membuat daftar perlengkapan bayi perlu dilakukan jauh-jauh hari sebelum hari persalinan. Dengan membuat list tersebut, nantinya bisa memudahkan ibu dalam memilih perlengkapan bayi. Berikut adalah 7 perlengkapan yang biasa digunakan untuk bayi yang baru lahir.

  1. Kain bedong

Kain bedong termasuk salah satu perlengkapan dasar yang wajib disediakan para ibu untuk bayi yang baru lahir. Fungsi utama kain bedong ini adalah untuk membungkus sang bayi agar tetap hangat dan nyaman. Perlu diketahui, memilih kain bedong juga tidak boleh sembarangan. Pilihlah kain dengan bahan yang lembut dan nyaman untuk si bayi.

Cara pemakaiannya juga penting untuk diketahui. Karena saya sendiri pernah menyaksikan bayi yang dibedong terlalu rapat sampai ditali di bagian kakinya. Kasihan bayinya, kesulitan untuk bergerak. Bahkan yang lebih fatal, kejadian seperti ini bisa menyebabkan sesak nafas. Selain itu, terlalu kencang dalam menggunakan bedong, dikhawatirkan akan mengganggu pembentukan struktur tulang dan dapat merusak tulang rawan si bayi. Memakaikan kain bedong sebaiknya juga tidak dipakaikan ke bayi ketika cuaca sedang panas-panasnya.

perlengkapan bayi baru lahir

  1. Pakaian dan aksesori bayi

Perlengkapan bayi baru lahir yang satu ini masih tergolong ke dalam perlengkapan dasar bayi. Pilihlah baju dan celana bayi dengan bahan yang nyaman dan lembut. Aksesori lainnya seperti sarung tangan dan kaos kaki bayi juga wajib tersedia. Penambahan sarung tangan dan kaus kaki untuk bayi sangat diperlukan karena bayi yang baru lahir masih sensitif terhadap suhu di lingkungan sekitar. Sebaiknya para ibu menyediakan pakaian dan aksesoris bayi ini dalam jumlah yang banyak, paling sedikit 6 pasang. Mengingat dalam sehari pakaian maupun aksesoris ini bisa ganti berulang-ulang baik itu karena ompol si bayi maupun juga kotoran kotoran lainnya.

  1. Popok bayi

Perlengkapan bayi baru lahir yang satu ini hukumnya sangat wajib untuk disediakan oleh sang ibu. Mengingat bayi bisa mengeluarkan urine maupun feses secara berkali-kali per harinya, sampai 5-6 kali per hari. Kebersihan juga perlu dijaga karena bayi sangat rentan terhadap penyakit. Mengganti popok secara rutin dan berkala juga penting untuk dilakukan demi menjaga kebersihan dan kesehatan si bayi.

  1. Perlengkapan mandi

Untuk peralatan mandi, perlengkapan bayi baru lahir yang dibutuhkan adalah bak mandi kecil untuk bayi, shampoo dan sabun bayi. Pilihlah shampoo dan sabun bayi yang terbuat dari bahan alami dan bau yang tidak terlalu menyengat untuk bayi. Memilih perlengkapan mandi bayi tidak boleh asal-asalan. Pilih juga shampoo dan sabun bayi yang mengandung nutrisi dan vitamin untuk rambut dan kulit.

Bedak bayi juga termasuk ke dalam perlengkapan mandi bayi. Karena setelah mandi bayi perlu untuk dibedaki agar tetap bersih dan wangi. Namun jangan terlalu tebal sewaktu membedaki bayi, cukup oleskan tipis-tipis saja. Karena dikhawatirkan bubuk bedak bisa terhirup bayi dan masuk ke dalam tubuh. Handuk juga diperlukan untuk mengeringkan bayi setelah mandi. Pilihlah handuk bayi yang lembut supaya kulit bayi tidak lecet saat handuk di gosokkan ke tubuhnya. Minyak telon juga dibutuhkan untuk menjaga kulit bayi tetap lembut dan hangat. Minyak telon juga bisa digunakan sebagai penolak nyamuk agar bayi terhindar dari gigitan nyamuk.

  1. Perlengkapan ruangan

Perlengkapan bayi baru lahir yang terakhir adalah perlengkapan ruang. Ranjang tidur bayi yang nyaman dan kelambu diperlukan untuk bayi. Ranjang tidur dengan pelindung di kedua sisi sangat dianjurkan demi keamanan sang bayi. Kelambu juga perlu dipasang di sekitar ranjang, kelambu berfungsi untuk melindungi bayi dari gigitan nyamuk.

0 Response to "Ragam Perlengkapan Bayi Baru Lahir"

Post a Comment

Terima kasih sudah singgah di blog amiwidya.com.
Saya persilakan menambahkan komentar untuk melengkapi postingan blog di atas.
Semoga bermanfaat & menginspirasi buat semua...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel