Featured Post

Katalog Warna untuk Menentukan Cat Rumah

Ragam Olahan Ikan Bandeng Khas Gresik

Sudah sekitar lima tahun terakhir saya bedomisili di Kota Gresik. Selain dikenal dengan sebutan bumi para wali, kota santri, dan kota pudak, Gresik juga dikenal sebagai kota penghasil ikan bandeng. Karena warga Gresik banyak yang memiliki tambak ikan bandeng. Bahkan ada kontes khusus bagi petani tambak ikan bandeng untuk memamerkan ikan bandeng dari tambaknya di acara tahunan pasar bandeng. Tepatnya digelar sebentar lagi, menjelang Hari Raya Idul Fitri. Atau sekitar hari ke-26 sampai ke-28 Ramadan.

Pict by disparbud.gresikkab.go.id

Di event tahunan ini, pemilik ikan bandeng harus berkompetisi untuk menunjukkan ikan bandeng terbesar dari hasil tambaknya. Ikan bandeng yang paling besar, akan dinobatkan sebagai pemenang dan mendapatkan sejumlah hadiah dari pemerintah daerah. Ini adalah salah satu bentuk apresiasi pemerintah daerah kepada warganya. Pemilik ikan bandeng yang paling besar, sudah pasti merawat ikannya dengan susah payah. Untuk itulah, sudah sepatutnya dia memperoleh penghargaan.

Pict by disparbud.gresikkab.go.id

Begitu pasar ikan bandeng dibuka, banyak pedagang yang turut serta meramaikan. Bahkan tak hanya berjualan ikan bandeng, tapi juga berjualan segala macam pakaian, mainan, jajanan, dan sebagainya. Meskipun demikian, fokus utamanya tetap pada ikan bandeng.

Adanya acara ini menjadikan ikan bandeng bagaikan sajian wajib di saat lebaran. Hampir setiap keluarga pasti membuat olahan ikan bandeng sebagai lauk pauk di rumah. Dari olahan secara sederhana, sampai paling rumit pun biasanya disajikan oleh mereka.


Di Gresik, ada beragam makanan khas Gresik yang terbuat dari ikan bandeng, yaitu otak-otak bandeng khas Gresik. Cara pengolahannya pun tergolong sangat rumit. Bahkan berbeda dari otak-otak bandeng dari daerah lain. Otak-otak bandeng dari Gresik, bentuknya masih utuh berupa ikan bandeng lengkap dengan kepala, ekor, sirip, dan kulitmya. Hanya saja tulangnya sudah dibersihkan dari dagingnya. Lalu dagingnya juga sudah dicampur dengan bumbu otak-otak. Berbeda dengan otak-otak dari daerah lain yang sudah menyatu dan dibungkus dengan daun pisang.
Bandeng Kropok pict by kulinergresik.id

Selain otak-otak, ada juga bandeng kropok. Bandeng kropok ini juga bandeng utuh, tetapi tidak seperti otak-otak yang dagingnya sudah tercampur bumbu, dan durinya sudah dihilangkan. Olahan bandeng kropok ini hanya bandeng biasa yang digoreng kemudian dilumuri saus dari petis berwarna hitam pekat. Cita rasa bumbunya ada di dalam saus petis hitam ini, bukan pada daging ikan bandengnya. Menyantap bandeng kropok harus sangat berhati-hati kalau tidak ingin terkena tulang ikan bandeng.

Ada lagi yang lebih mudah cara pengolahannya, yaitu bandeng kuah kuning asam pedas. Dari namanya saja sudah kelihatan bagaimana masakan ini dibuat. Ya, setelah dicuci bersih, ikan bandeng langsung direbus dengan dicampur bumbu kunyit, ditambah pelengkap blimbing wuluh, tomat, dan asam untuk memberikan rasa asam pada kuahnya. Kalau masalah pedas, tergantung selera masing-masing. Bisa dengan langsung menaburkan cabai di kuahnya. Atau dengan mengiris cabainya supaya rasa pedasnya lebih merasuk di kuah.

Kalau menurut saya, ikan bandeng yang paling mudah diolah dan paling mudah disantap yaitu dengan cara dipresto, menggunakan presto oxone misalnya. Karena ikan bandeng memiliki banyak tulang kecil di tubuhnya. Sehingga bisa menyulitkan kita yang mengonsumsinya. Lain halnya apabila ikan bandeng dipresto terlebih dahulu sebelum diolah. Proses pemrestoan ini bisa melunakkan tulang ikannya. Dengan demikian, ikan bandeng terasa lebih nikmat dan mudah untuk dimakan konsumen.

Bagaimana dengan Anda? Olahan ikan bandeng seperti apa yang Anda sukai? Apapun olahan ikan bandeng kesukaan Anda, saya harap, Anda juga mampu untuk menjaga kesehatan agar tidak kelebihan kolesterol hanya karena terlalu banyak mengonsumsi ikan bandeng.


0 Response to "Ragam Olahan Ikan Bandeng Khas Gresik"

Post a Comment

Terima kasih sudah singgah di blog amiwidya.com.
Saya persilakan menambahkan komentar untuk melengkapi postingan blog di atas.
Semoga bermanfaat & menginspirasi buat semua...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel