Featured Post

Pakai Veet, dan Nikmati #BeAConfidentYou

Persiapan yang Perlu Dilakukan Saat Merencanakan Liburan Keluarga


Menjelang Hari Raya Idul Fitri, barangkali ada di antara Anda yang sudah mulai merencanakan beberapa hal untuk dilakukan bersama keluarga, selain mudik dan mengunjungi kerabat. Seperti mengajak anak-anak liburan ke suatu tempat yang menjadi tujuan favorit Anda di masa kecil misalnya. Nah, sebelum menjalankan rencana ini, sudah tentu ada beberapa persiapan yang perlu dilakukan. Mengapa perlu persiapan? Karena liburan bersama-sama keluarga, apalagi membawa anak-anak itu tidak seperti saat kita solo travelling. Dimana bisa berangkat dan pulang sesuka hati.

Liburan bersama keluarga dan anak-anak membutuhkan lebih banyak persiapan, supaya perjalanan Anda jadi mengesankan dan penuh dengan cerita bahagia seperti yang sudah Anda harapkan. Seperti apa persiapan yang perlu dilakukan untuk merencanakan liburan bersama keluarga? Mari simak tulisan saya berikut ini.

1. Tentukan lokasi tujuan
Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menentukan lokasi tujuan liburan Anda. Apabila Anda membawa anak-anak balita, sudah seharusnya Anda juga memikirkan keselamatan mereka selama perjalanan dan selama berada di lokasi liburan yang ingin Anda tuju.

Pernah suatu ketika, saat anak sulung saya masih berusia 2 tahun, saya dan suami pergi berlibur ke suatu tempat wisata alam. Tempatnya sangat instagramable, sejuk, dan tarif masuknya sangat terjangkau. Akan tetapi, nuansa di tempat ini ternyata membuat anak saya menangis tiada henti selama perjalanan pulang. Beruntung ada ibu-ibu di warung tempat peristirahatan yang menolong anak saya. Katanya sih diganggu sama penunggu di tempat itu. Horor kan...

Jadi sebelum Anda merencanakan untuk mengunjungi suatu tempat, sebaiknya Anda mencari informasi lebih dahulu. Apakah tempat tersebut aman untuk dikunjungi oleh semua anggota keluarga? Apakah lokasinya juga terjangkau? Apakah medannya tidak berbahaya?

Persiapan yang Perlu Dilakukan Saat Merencanakan Liburan Keluarga2. Hitung anggaran yang diperlukan
Memperkirakan besarnya biaya yang diperlukan untuk liburan adalah suatu hal pokok yang berhubungan erat dengan kesehatan perekonomian keluarga Anda. Akan sangat bagus bila Anda memilih lokasi sesuai dengan budgeting tahunan Anda untuk liburan. Boleh saja kalau kurang dari anggaran, namun jangan sampai melebihi anggaran yang Anda miliki.

Hitung dahulu perkiraan biaya untuk transportasi, tiket masuk tempat wisata, uang makan, uang jajan, pembelian oleh-oleh, juga dana darurat. Jangan lupa cari informasi untuk berjaga-jaga barangkali ada perubahan biaya. Misalnya seperti harga tiket pesawat yang berubah-ubah. Akan lebih bagus lagi kalau Anda mencari informasi promo tiket pesawat terlebih dahulu guna meminimalisir anggaran yang diperlukan. Siapa tahu juga Anda bisa mendapatkan tiket pesawat murah dari adanya promo tersebut.

Saya menemukan di pegipegi.com, ada promo kejar diskon tiket pesawat dan hotel sampai dengan total 144%. Kejar diskon best prize ini berlangsung mulai dari tanggal 13 Mei sampai dengan 2 Juni 2019, pas pasa waktu Ramadan dan liburan menjelang hari raya. Ada macam-macam pilihannya.

Nah, saya juga sedang mencari-cari tiket pesawat rute domestik. Di pegi-pegi ternyata ada promo diskon tiket pesawat sampai dengan 1 juta yang berlaku mulai tanggal 22 Mei sampai dengan 26 Mei. Periode keberangkatannya bisa kapan saja. Jadi bisa dimanfaatkan selama hari raya dan liburan akhir semester nih.

4. Pikirkan kebutuhan anak-anak dahulu selama di perjalanan
Sudah menjadi kewajiban bagi orangtua untuk memikirkan apa yang menjadi kebutuhan anak-anaknya selama liburan nanti. Karena penting bagi anak agar segala kebutuhannya bisa terpenuhi, guna menghindari tantrum di tempat wisata juga. Anda tidak ingin liburan Anda berubah dari moment yang diimpikan menjadi moment mimpi buruk gara-gara anak Anda tantrum kan?

Sebisa mungkin, kurangi saja barang bawaan untuk Anda. Utamakan kebutuhan anak dulu untuk dibawa selama perjalanan. Meskipun mungkin akan memakan banyak tempat di bagasi atau koper Anda. Tapi itu tidak masalah selama bisa menjadikan liburan Anda menjadi liburan yang membahagiakan dan berkesan.

3. Pilihlah sarana transportasi yang tepat
Perlu menentukan moda transportasi yang akan digunakan nanti saat liburan keluarga. Hitung dulu berapa anggota keluarga yang ikut, dan apakah ada anak-anak Anda atau balita yang ikut. Karena ini juga akan memengaruhi moda transportasi yang akan digunakan. Sarana transportasi ini ditentukan setelah menentukan tujuan dan anggaran liburannya. Apakah Anda akan menggunakan sarana transportasi darat, laut atau udara.

Persiapan yang Perlu Dilakukan Saat Merencanakan Liburan Keluarga
Pesan tiket pesawat online

Misalnya kalau Anda akan berlibur ke luar kota, luar pulau, atau luar negeri menggunakan pesawat. Anda perlu cari tiket pesawat dulu sebelumnya. Akan lebih praktis apabila Anda mencari tiket pesawat dan pesan tiket pesawat online. Cara ini akan memudahkan Anda untuk membandingkan harga tiket pesawat yang murah. Apalagi di tengah kondisi saat ini dimana tiket pesawat melambung tinggi seperti pesawatnya itu sendiri.

Selain keempat hal di atas, ada satu hal lagi yang paling penting. Yaitu menjaga kesehatan sebelum berangkat liburan. Karena kalau Anda atau anggota keluarga Anda mendadak sakit, sudah pasti rencana liburan tidak akan bisa berjalan dengan lancar sesuai dengan rencana. Maka dari itu, penting untuk menjaga kesehatan sekeluarga sebelum Anda berangkat liburan. Akhir kata, saya ucapkan selamat menikmati liburan bersama keluarga tercinta...

0 Response to "Persiapan yang Perlu Dilakukan Saat Merencanakan Liburan Keluarga"

Post a Comment

Terima kasih sudah singgah di blog amiwidya.com.
Saya persilakan menambahkan komentar untuk melengkapi postingan blog di atas.
Semoga bermanfaat & menginspirasi buat semua...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel