Featured Post

Kerja Beres Berkat Insto Dry Eyes

Tips Memberi Nama untuk Buah Hati

Tips memberi nama bayi

Kehadiran sosok buah hati pastinya menjadi keinginan semua orang tua. Sebagai bentuk persiapan untuk menyambut kedatangan buah hati, orangtua perlu mempersiapkan berbagai macam hal. Salah satunya yaitu mencari nama bayi yang paling tepat untuk calon bayi mereka. Karena nama bisa diibaratkan suatu do’a, maka memberi nama kepada bayi tidak bisa sembarangan. Jangan sampai arti nama bayi tersebut baik di suatu daerah, namun berarti buruk atau kurang sopan di daerah lainnya. Kejadian seperti ini bisa berakibat fatal dan bisa saja mempermalukan bayi itu sendiri kelak apabila dia telah dewasa.

Lalu bagaimana tips untuk memberi nama bayi agar orangtua tidak salah pilih nama? Orang tua perlu memprtimbangkan hal-hal berikut sebelum memberikan nama untuk bayi mereka.

Tentukan nama untuk masing-masing calon bayi

Meskipun peralatan medis sudah sangat canggih dengan kehadiran USG pada masa kehamilan, namun tetap saja rencana Tuhan tidak bisa ditebak. Terkadang ada yang diprediksikan akan melahirkan bayi perempuan, namun ternyata yang lahir adalah bayi laki-laki. Demikian juga sebaliknya. Belajar dari kejadian ini, orangtua perlu mempersiapkan kedua nama untuk jenis kelamin calon bayi laki-laki maupun perempuan. Hal ini dilakukan sebagai wujud persiapan saja agar pada saat bayi sudah lahir, orangtua tidak perlu sibuk mencari-cari nama bayi yang sesuai dengan jenis kelamin bayi.

Pilih kata yang mudah dieja
Pemilihan kata dan rangkaian huruf pada nama calon bayi menjadi faktor yang penting pula. Sebab, pemilihan kata dan rangkaian huruf yang sulit akan menyulitkan anak itu sendiri saat mengucapkan namanya. Selain itu, juga akan menyulitkan orang lain yang menuliskan nama anak tersebut. Misalnya pada saat dibutuhkan untuk pendataan tertentu. Bisa saja orang lain yang menuliskan namanya salah tulis. Sehingga prosesnya menjadi lebih lama dari yang seharusnya.

Bisa dibilang, nama dengan pilihan kata yang mudah dieja akan memudahkan kepengurusan berbagai macam dokumen. Hal yang seperti ini juga bisa membuat Anda lebih mudah lagi saat mengurus berbagai macam surat-surat atau pada saat penulisan nama untuk keperluan lainnya. Dengan begitu, maka tak akan terjadi terlalu banyak kesalahan saat menulis ataupun pada saat mendiktekan nama tersebut.

Berikan nama yang bermakna baik
Seperti yang sudah saya katakan di awal tulisan, bahwa nama bisa menjadi sebuah doa. Maka perlu nama yang baik sebagai bentuk do’a dalam mendukung perkembangannya. Anda harus pastikan kalau nama dari bayi laki-laki ataupun nama anak bayi perempuan yang Anda miliki benar-benar memiliki arti yang baik magi mereka. Cek pula arti nama tersebut di daerah lain, apakah artinya juga baik, atau sebaliknya.

Satu hal lagi, sebaiknya jangan memilih nama yang tergolong berisiko. Nama seharusnya menjadi suatu kemudahan untuk orang lain dalam mengetahui identitas. Tentunya terdapat beberapa nama yang bisa saja menimbulkan resiko atau bisa menjadi salah arti. Seringkali kita jumpai nama yang bisa diplesetkan sehingga bisa mengubah arti dan juga makna yang tadinya baik malah menjadi buruk.

Sematkan nama orangtua
Menyematkan nama orangtua atau inisialnya, bisa memudahkan penelusuran riwayat keturunan pada anak. Nama yang sering disematkan biasanya adalah nama ayah. Tapi bisa juga nama kedua orangtua. Tergantung dari kesepakatan kedua orangtua saja. Bahkan ada pulan suatu daerah yang menggunakan nama marganya untuk disematkan pada keturunan mereka.

Pilih nama sesuai zamannya
Anda perlu juga memperhatikan nama yang paling tepat untuk anak bayi Anda sesuai dengan zaman atau tidak. Pilih juga nama yang paling umum di tengah masyarakat. Jangan sampai orangtua memberi nama pada anak sesuai dengan nama-nama yang populer pada zaman orangtuanya. Karena bisa saja membuat anak merasa kurang percaya diri dengan nama pemberian orangtua mereka kelak.

Hal yang harus Anda ingat pada saat memberi nama yang paling tepat untuk anak bayi Anda yaitu, tekanan dari lingkungan bisa saja didapat anak Anda jika Anda salah memilih. Atau namanya mudah diplesetkan, serta dekat dengan hal yang jelek. Maka dari itu, perlu kehati-hatian dalam memilih nama untuk anak-anak.

Akhir kata, apakah Anda menginginkan inspirasi untuk calon bayi? Anda bisa langsung mengunjungi link berikut. Semoga menginspirasi....

tips memberi nama bayi

4 Responses to "Tips Memberi Nama untuk Buah Hati"

  1. Setuju, memilih nama sesuai Zaman hehe namun tetap memberikan nama yang baik yah.

    ReplyDelete
  2. Lucu banget ada aplikasi baby nama finder gtu :D
    Aku dulu juga saat milih nama mikir panjang apalagi nama anak pertama ya excited pas mau punya anak hehe :D
    TFS infonya

    ReplyDelete
  3. aku kasih nama yang simple tapi maknanya dalam ehhehee, dan huruf awalnya harus H jadi kayak aku wkwk

    ReplyDelete
  4. Nah ini, aku sering banget nih dimintain tolong buat kasih nama anak-anak ponakan, hehehe. Ada 2 nama anak adikku juga yang aku namain. Kadang sih memang sukanya cari nama yang unik enggak pasaran tapi tetap bagus dan bermakna baik. Ini kadang yang agak susah cari.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah singgah di blog amiwidya.com.
Saya persilakan menambahkan komentar untuk melengkapi postingan blog di atas.
Semoga bermanfaat & menginspirasi buat semua...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel