Featured Post

Magic Peach Cream yang Bikin Baper

Tips Bijak Menggunakan Kartu Kredit



Kartu kredit bukan benda asing bagi sebagian kalangan yang sering membutuhkan dana cepat di saat tak terduga. Keberadaan kartu kredit bisa menyelesaikan masalah finansial dengan cara yang simpel. Tidak perlu lagi bingung mencari pinjaman dana. Cara Pengajuan Kartu Kredit sekarang ini juga semakin mudah, karena bisa dilakukan secara online.

Beragam manfaat kartu kredit bisa dimanfaatkan untuk mempermudah penggunanya dalam pengaturan finansial. Bahkan kartu kredit juga bisa dimanfaatkan dalam berbagai transaksi online dari seluruh penjuru dunia. Membuat penggunanya semakin terbantu dalam era digital ini. Apalagi bagi mereka yang sering bepergian ke luar negeri. Tentu saja cara pengajuan kartu kredit secara online juga bisa mempermudah penggunanya di era digital.

Keberadaan kartu kredit yang memudahkan untuk mendapat sokongan dana secara instan, kadang juga berimbas kepada perubahan gaya hidup. Tak jarang menjadikan si empunya kartu kredit menjadi lupa daratan alias tidak bisa mengendalikan pengeluaran bulanannya. Sehingga tagihan kartu kredit membengkak jauh melampaui penghasilan per bulan.

Agar terhindar dari hal semacam itu. Ada beberapa tips yang bisa dilakukan, supaya lebih bijak menggunakan kartu kredit, antara lain:

1. Buat kartu kredit sesuai kebutuhan
Sebenarnya ada banyak jenis kartu kredit yang diterbitkan oleh bank. Seperti kartu kredit standar dengan bunga yang rendah dan untuk transfer balance, kartu kredit yang penuh dengan tawaran reward berupa cashback atau penambahan poin, kartu kredir untuk penerbangan, dan kartu kredit yang dibuat khusus untuk pelajar, mahasiswa, atau pebisnis. Namun Anda tidak mesti membutuhkan semua jenis kartu tersebut. Buatlah satu atau dua buah kartu kredit saja untuk menghindari pengeluaran yang tidak perlu.

Sebelum membuat kartu kredit, pastikan dulu kegunaan masing-masing kartu agar Anda juga tidak salah pilih nantinya. Jenis kartu kredit mana yang paling Anda butuhkan untuk sekarang atau ke depannya nanti. Itulah jenis yang bisa Anda pilih.

cara pengajuan kartu kredit

2. Sebisa mungkin jangan tarik tunai dari mesin ATM
Mengapa Anda harus menghindari penarikan tunai di mesin ATM dari kartu kredit? Karena kartu kredit berbeda dengan kartu ATM biasa. Pasti ada biaya tambahan yang dibebankan kepada penggunanya apabila terjadi penarikan tunai dari mesin ATM. Biayanya setidaknya mencapai 50 ribu rupiah untuk setiap penarikan.

Selain biaya Tarik tunai, masih ada biaya untuk bunga dari jumlah yang Anda Tarik dari mesin ATM tersebut. Besarnya bunga sekitar 3,5% sampai 4% dari total uang yang ditarik tunai. Cukup banyak bukan, biaya yang harus dikeluarkan saat tagihan kartu kredit tiba nanti?

3. Buatlah daftar belanja
Hal ini penting terutama bagi kaum wanita yang sering kalap saat berbelanja. Serta untuk menghindari barang belanjaan yang tidak sesuai dengan apa yang seharusnya dibeli. Dengan melihat daftar belanja, bisa membantu pikiran agar fokus pada barang yang penting saja. Bukan melirik barang lain yang tidak ada di dalam daftar belanja. Makanya, membuat daftar belanja sangat disarankan. Mengingat penggunaan kartu kredit yang menggoda dan kadang bisa membuat terlena sehingga tahu-tahu tagihan akhir akan membengkak.

4. Berburu penawaran promo dan diskon
Manfaatkan berbagai penawaran dan diskon yang ada untuk kartu kredit Anda. Kesempatan ini bisa membantu menghemat pengeluaran dari yang seharusnya. Terkadang, penawaran semacam ini juga dipublikasikan di email atau media sosial. Jadi jangan lupa untuk rajin memantau email dan media sosial. Agar tidak ketinggalan informasi dan promo menarik untuk kartu kredit Anda.

Tapi ingat, tetap melihat daftar belanja atau keperluan saat Anda memanfaatkan penawaran ini. Jangan membeli hal-hal yang tidak perlu dan tidak ada di dalam daftar keperluan Anda. Karena akan membuat pengeluaran biaya tagihan ke hal-hal yang tidak perlu.

5. Manfaatkan poin dan reward yang disediakan Bank
Untuk meningkatkan jumlah transaksi di dalam penggunaan kartu kredit, biasanya pihak bank akan menawarkan reward berupa penambahan poin atau cashback. Misalnya saat berbelanja di merchant tertentu akan diberikan cashback sebesar 20% dari total belanja. Nah, dari informasi ini bisa digunakan untuk menghemat biaya tagihan Anda nantinya.

6. Upayakan menghindari berbagai biaya yang disebabkan pemakaian kartu kredit
Penting untuk mempelajari besarnya biaya dan bunga dari setiap transaksi yang dilakukan menggunakan kartu kredit. Jangan sampai Anda tidak tahu-menahu soal besarnya biaya ini. Sehingga membuat Anda kesal di akhir bulan karena biaya tagihan yang besar dan di luar ekspektasi.

Sebisa mungkin, hindari penggunaan kartu kredit untuk hal-hal yang memakan biaya cukup tinggi. Selagi hal tersebut masih bisa dilakukan dengan cara lain, lakukanlah dengan cara lain yang sekiranya tidak memerlukan biaya sebesar yang dibebankan atas pemakaian kartu kredit.

7. Disiplin membayar tagihan
Bayarlah tagihan kartu kredit Anda tepat waktu untuk menghindari tagiah lain yang tidak perlu. Juga supaya Anda terhindar dari masalah lain yang diakibatkan oleh keterlambatan pembayaran tagihan kartu kredit. Dengan mebayar secara tepat waktu, Anda juga terhindar dari pemikiran akan besarnya utang yang Anda tanggung akibat pemakaian kartu kredit.

Setelah membaca ulasan di atas, bagi Anda yang berniat untuk membuat kartu kredit, kini bisa dilakukan hanya dengan online dari genggaman Anda. Cara pengajuan kartu kredit secara online bisa dipelajari lebih lanjut di sini: https://www.cekaja.com/kartu-kredit. Baiklah, sampai di sini dulu ulasan saya, semoga bermanfaat bagi Anda.




3 Responses to "Tips Bijak Menggunakan Kartu Kredit"

  1. Apalah saya, kartu BPJS aja ga pernah digunakan apalagi kartu kredit :(

    ReplyDelete
  2. CC ini emang berguna banget klo pas lagi kepepet, blm gajian tp kebutuhan pokok udah habis. Duuhh, jadi penyelamat banget deh. Saya jg biasanya pakai CC utk manfaatin promo dan paling hindari emang tarik tunai, hihihih.
    Tapi udh hampir 2thn ni tanpa CC, kemarin sempat apply tp blm ada kabar, jd kuulang apply aja lagi, semoga sih bisa gol 😁

    ReplyDelete

Terima kasih sudah singgah di blog amiwidya.com.
Saya persilakan menambahkan komentar untuk melengkapi postingan blog di atas.
Semoga bermanfaat & menginspirasi buat semua...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel