Featured Post

Pakai Veet, dan Nikmati #BeAConfidentYou

Modal Rakyat Memberi Solusi bagi Investor dan UMKM

Modal Rakyat Memberi Solusi bagi Investor dan UMKM

Dunia digital semakin lama semakin berkembang pesat. Demikian pula dengan layanan keuangan yang tersedia. Kian hari juga kian berkembang jenisnya. Saat ini, model layanan peer to peer lending (P2P lending) sedang marak di kalangan para investor dan pebisnis. Terutama bagi para milenial yang sudah melek dunia digital. Model layanan seperti apakah itu? Yaitu layanan dari marketplace yang menjadi wadah sebagai tempat pertemuan bagi pendana dengan peminjam uang. Dalam hal ini, yang berperan sebagai peminjam adalah UMKM. Alternatif kerja sama yang ditawarkan oleh layanan P2P lending ini tentu saja dalam bentuk pendanaan secara online.

Layanan P2P lending yang baru-baru ini muncul, sepertinya mendapat sambutan hangat dari masyarakat. Karena layanan p2p lending memang dirasa saling menguntungkan kedua belah pihak. Baik itu dari pihak pendana maupun pihak peminjam. Apa saja yang menjadi keuntungan dari keduanya?

1. Praktis, proses cepat, dan mudah.

Karena prosesnya online, maka segalanya jadi terasa lebih mudah hanya dari genggaman. Berbeda kalau Anda mendanai atau meminjam dana dari bank. Anda harus datang ke bank secara langsung untuk memberikan dana yang Anda miliki. Demikian pula proses pengajuan pinjamannya, tidak bisa dilakukan sendiri dari genggaman. Anda tetap harus datang ke bank yang bersangkutan. Jadi prosesnya akan lebih rumit dan lama jika dibandingkan dengan proses di marketplace P2P lending.

Kalau untuk peminjam, bisa saja pinjaman Anda diperoleh dalam waktu yang singkat. Asalkan cukup banyak pelaku bisnis atau investor yang berminat mendanai UMKM Anda di marketplace tersebut.

2. Jumlah pendanaan minimal sedangkan jumlah peminjaman bisa maksimal.

Jangan khawatir bergabung dengan P2P lending, karena perputaran dana di dalamnya masih bisa dijangkau sebagian besar masyarakat Indonesia. Percaya apa tidak, kalau Anda bisa membantu mendanai UMKM mulai dari nominal Rp 25.000,00 saja?! Sangat terjangkau bukan? Lalu bagi pemilik UMKM, biasanya bisa mendapatkan bantuan dana pada kisaran mulai dari 50 juta hingga 2 milyar.

3. Diversifikasi investasi.

Artinya, tingkat pengembalian (keuntungan) yang diperoleh pendana lumayan tinggi dalam periode waktu tertentu. Dengan syarat, pendana atau investor memilih UMKM yang berkualitas bagus pula. Karena di marketplace P2P lending, pendana bisa bebas memilih bisnis mana yang akan dibantu pendanaannya.

Hal ini bisa dimanfaatkan pula untuk memperluas portofolio investasinya. Dengan cara menyebar dana dan mendistribusikan ke berbagai UMKM peminjam yang tersedia. Tentu saja hal ini dilakukan dengan tujuan untuk mengurangi risiko gagal bayar pada peminjam tersebut. Dampaknya bagi peminjam, mereka pasti akan berlomba-lomba untuk memperjelas portofolio dan kinerja mereka.

4. Membantu pertumbuhan UMKM.

Sebagai pendana atau investor, Anda sudah pasti turut membantu pertumbuhan UMKM di Indonesia dengan dana yang telah Anda pnjamkan kepada mereka melalui marketplace P2P lending. Lalu di akhir tenor, Anda akan mendapatkan imbal balik yang sepadan dari pendanaan tersebut. Sebaliknya, peminjam juga akan merasa sangat terbantu karena sudah mendapatkan dana pinjaman secara mudah dari marketplace P2P lending ini. Jadi keberadaannya benar-benar akan saling menguntungkan dan membantu kedua belah pihak.

Fakta yang Terjadi dalam P2P Lending


Nah, sebelum melanjutkan pembahasan, perlu Anda ketahui bahwa ada beberapa fakta berupa masalah yang umum terjadi dalam P2P lending. Seperti yang akhir-akhir ini marak dibicarakan, yaitu mengenai prosedur penagihan nasabah yang gagal bayar atau terlambat. Sehingga ada yang harus benar-benar diperhatikan sebelum Anda bergabung dengan marketplace P2P lending. Hal apa yang perlu diperhatikan saat memilih marketplace P2P lending?

Pertama, pastikan sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Hal ini menjadi syarat mutlak sebelum mulai melangkah lebih jauh. Karena kenyataannya masih banyak P2P lending yang belum terdaftar di OJK dan buntutnya membawa masalah bagi masyarakat yang mendanai maupun yang meminjam dana.

Kedua, sebagai calon investor, pilihlah UMKM yang benar-benar jelas dan diprediksikan berkualitas baik. Sedangkan untuk calon peminjam, manfaatkan sebaik-baiknya dana yang akan Anda pinjam untuk keperluan bisnis. Bukan hanya untuk kepentingan pribadi atau pola hidup konsumtif.

Modal Rakyat Memberi Solusi bagi Investor dan UMKM


Di antara banyaknya marketplace P2P lending, ada Modal Rakyat yang bisa Anda pertimbangkan sebagai tempat untuk mendanai dan investasi, atau bisa juga mendapatkan pinjaman secara online bagi UMKM yang Anda miliki. Mengapa bergabung dengan Modal Rakyat? Ada beberapa alasan utama yang bisa dijadikan bahan pertimbangan. Yaitu:

solusi investor dan umkm

Aman dan Legal
Modal Rakyat diamankan dengan digital sertifikasi SSL 256 bit dan password. Semua informasi pribadi dijamin kerahasiaannya dan tidak dapat diakses oleh orang luar atau pihak ketiga manapun. Semua informasi yang dikirimkan antara Anda dan Modal Rakyat dilakukan melalui SSL, protokol keamanan khusus.

Kegiatan usaha yang dilakukan oleh Modal Rakyat juga terdaftar resmi dan diatur oleh OJK (S-386/NB.213/2018) dan Kominfo. Jadi dipastikan Modal Rakyat patuh terhadap peraturan dari OJK. Yaitu Peraturan Nomor 77/POJK tentang layanan pinjam meminjam uang berbasis teknologi informasi.

Keuntungan bisa mencapai 18% per tahun sedangkan bunganya kompetitif bagi peminjam
Untuk para investor, platform Modal Rakyat menawarkan imbal hasil return yang menarik, hingga 18% per tahun. Sedangkan bunga pinjaman disesuaikan dengan tingkat risiko usaha Anda dan relatif lebih kompetitif dibandingkan dengan pinjaman lain.

Minimal pendanaan rendah dan persetujuan pinjaman cepat
Cukup dengan Rp 100.000,00, Anda sudah bisa memberikan pendanaan kepada UMKM yang sudah diseleksi secara ketat oleh Tim Modal Rakyat. Lalu untuk peminjam, proses survey, analisis, dan penentuan tingkat risiko/suku bunga cepat dan efisien, maksimal dalam 5 hari kerja.

Tenor beragam, dan pengajuan pinjaman sangat mudah
Modal Rakyat memberikan pilihan pendanaan dengan tenor beragam, mulai dari 1 bulan. Sehingga memudahkan Anda untuk mengelola pendanaan. Sedangkan proses pengajuan pinjaman di Modal Rakyat juga sangat mudah karena dilakukan 100% online dan dapat diselesaikan dalam waktu 15 menit.

Dampak sosial
Dengan membantu mendanai di Modal Rakyat, beraeti Anda juga ikut membantu mengembangkan dan memajukan UMKM di Indonesia. Sehingga diharapkan bisa tercapai perputaran roda perekonomian menuju ke arah yang lebih baik.

Pengalaman Investasi di Modal Rakyat


Pada dasarnya, mendanai UMKM di Modal Rakyat bisa dijadikan investasi karena bisa memberikan keuntungan bagi pendana. Jadi tidak ada salahnya kalau mendanai di Modal Rakyat ditujukan secara khusus untuk berinvestasi.

Karena saya sangat menyukai berinvestasi dan biasanya mencoba di sana sini, rasanya kurang lengkap kalau saya belum mencoba berinvestasi di platform Modal Rakyat. Oleh karenanya, saya pun mencoba #2019GantiNasib dengan berinvestasi di Modal Rakyat dan membagikan ulasannya di postingan blog ini.

Berinvestasi di Modal Rakyat menurut saya sangat aman karena sudah diawasi oleh OJK. Namun untuk menghindari risiko tertentu, sebaiknya Anda baca terlebih dahulu profil dan lembar fakta (factsheet) yang ada di setiap profil peminjam. Jika ada permasalahan terkait peminjam, biasanya memang dibatalkan oleh pihak Modal Rakyat pada proses seleksinya. Kemudian, pendanaan akan dihentikan oleh Modal Rakyat.

peluang pendanaan modal rakyat

Pendanaan awal pun sangat terjangkau, karena dengan kode voucher senilai Rp 25.000,00 saya sudah bisa mulai berinvestasi. Tidak hanya itu, pilihan peluang pendanaannya sangat beragam, dengan tenor yang beragam pula. Nilai pinjaman mereka juga sangat besar. Rata-rata di kisaran angka puluhan hingga ratusan juta. Bahkan ada yang mencapai 1 milyar lebih. Karena memang di Modal Rakyat bisa melakukan pinjaman hingga 2 Milyar. Jadi bisa membuka peluang sebesar-besarnya bagi investor bermodal kecil maupun besar.

Pendanaan yang tersedia mulai Rp 25.000,00

Bicara soal return, bunga yang didapatkan bisa mencapai 15% dari mosal awal. Tergantung dari UMKM yang didanai juga. Untuk pengembalian modalnya, ada yang di akhir tenor, ada juga yang diangsur secara bulanan. Anda bisa mempelajari ini di peluang pendanaan yang tersedia.

Sebagai penutup, saya tambahkan. Biasanya ada satu hal lagi yang umum ditanyakan oleh calon investor, yaitu tentang keuangan syariah. Saya katakan, di Modal Rakyat ini belum tersedia layanan syariahnya. Mungkin seiring perkembangannya, nanti bisa saja akan ada layanan khusus syariah bagi Anda yang berkenan.

Bagi Anda yang sudah mulai penasaran dengan Modal Rakyat dan ingin segera mencoba untuk investasi di sini, bisa menggunakan kode refferal saya: AMIN6480 Atau bisa langsung menuju link berikut: https://p2p.modalrakyat.id/invite/AMIN6480


Baiklah, sekian dulu ulasan saya tentang dunia investasi. Jangan pernah bosan membaca artikel tentang investasi dari saya ya… Harapan saya, di lain kesempatan saya bisa menyajikan lagi ulasan yang lebih menarik mengenai topik investasi ini. Semoga bermanfaat dan menginspirasi semuanya…



22 Responses to "Modal Rakyat Memberi Solusi bagi Investor dan UMKM"

  1. Waah jadi hanya dengan seratus ribu aja udah bisa membantu pendanaan UMKM ya? Boleh nihh

    ReplyDelete
  2. Saya terus terang msh agak gmn gtu dengan lending2 yg skrng marak. Kalau gak salah pernah denger dari bapak2 OJK kalau dulu lending2 ini ya utk memudahkan pebisnis kecil, UKM utk punya modal, eh dalam perjalanannya malah ada yg meminjam utk kebutuhan pribadi. Tapi kalau P2P ini emang bener2 utk usaha ya mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo di Modal Rakyat ini gak bisa Mb, karena harus ada profil UKM peminjam yg jelas. Kalo kurang berkasnya, jelas ditolak.

      Delete
  3. Yang pasti sih sudah harus terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) ya mom, penting nih agar kita aman dari halhal yang tidak kita inginkan.
    P2P Lending saat ini makin mudah, praktis dan prosesnya cepat.

    ReplyDelete
  4. Nah iya nyambung ma April sekarang ini marak disalah gunakan mba untunya ya Modal Rakyat selektif sampe berkas2nya harus ada mantab pisan dan peminjamannya bisa sampe 2 milyar y mba gede banget ini

    ReplyDelete
  5. Terima kasih mba ilmunya, jadi semakin tau jenis-jenis investasi termasuk ini. Kepoin ah webnya juga bir lebih kenal.

    ReplyDelete
  6. P2PL ini kayak semacam aplikasi ntuk pinjam meminajm gitu ya mbak?

    ReplyDelete
  7. Waah namanua aja Modal Rakyat, pastinya pro rakyat yah 😁 yg terpenting dkm memilih saran investasi dan peminjaman modal harus yg sdh terverifikasi, IMO.

    ReplyDelete
  8. P2P Landing ini sangat membantu sekali utk para pengusaha UKM di masyarakat ya. Apalagi proses nya bisa dibilang ketat dalam hal dokumen dll nya, sehingga tidak disalah gunakan di kemudian hari.

    ReplyDelete
  9. Wahhh ak mau ikutan juga tapi DA ku masih kecil :(

    ReplyDelete
  10. P2P Lending sudah makin terkenal saja oleh masyarakat, yang penting tetep pastikan yah cek OJK fintech favorit anda

    ReplyDelete
  11. Jd kita bisa jadi investor di P2P ini ya mbak? Utk bisnisnya jd kita bisa milih utk inves ke siapa gtu ya? Soalnya menghindari kasi dana ke bisnis yg mungkin sekiranya agak kurang cocok dengan prinsip kita hehe

    ReplyDelete
  12. Wahh, P2P Lending solusi alternatif ya mom untuk menggerakkan sektor UMKM biar lebih maju dan berdaya. Kalau fokusnya seperti ini, insya Allah para pegiat UMKM kedepannya bakal siap bersaing dan lebih berdaya nih, kece

    ReplyDelete
  13. Ooh sekarang ada juga markwtplace untuk permodalan usaha ya. Kayaknya harus kupelajari lebih lanjut nih siapa tau nanti diperlukan untuk bisnis clothing line ku. Makasi infonya mba

    ReplyDelete
  14. Berani untuk terjun ke dunia usaha memang bagus, klo aku mikir2 lagi.
    tapi setelah baca artikel ini kayaknya ada sedikit pencerahan hehehe

    ReplyDelete
  15. Modal Rakyat ini bisa menjawab kegundahan orang-orang yang ingin membuka usaha kecil namun tak punya modal ya mbak.

    ReplyDelete
  16. P2P lending ini berguna banget ya untuk penggiat UMKM, bisa dapat bantuan modal dengan mudah. Bikin usaha lancar dan gak pusing lagi mikirin modal.

    ReplyDelete
  17. iya mbak ya kudu belajar yang bener tentang keuangan.. jaman sekarang banyak investasi bodong juga apa ya

    ReplyDelete
  18. Wah bagus juga nih bisa membantu UMKM. Tentunya kita juga diuntungkan karena ga sembarang UMKM yang terdaftar, harus jelas

    ReplyDelete
  19. Sangat menguntungkan investor dan membantu UMKM ya.. Keren lah Modal Rakyat. Apalagi sudah terdaftar di OJK, jadi gak perlu khawatir.. karena akhir-akhir ini banyak penyedia pinjaman inline yang ilegal..

    ReplyDelete
  20. Baru tahu tentang konsep Modal Rakyat ini yang pasti akan membantu sekali para pelaku usaha yang memerlukan modal juga investor yang ingin menanamkan investasi dengan pilihan jumlah dana dan tenor yang diinginkan.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah singgah di blog amiwidya.com.
Saya persilakan menambahkan komentar untuk melengkapi postingan blog di atas.
Semoga bermanfaat & menginspirasi buat semua...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel