Featured Post

Grafen Edge Finger, Alat Terbaik untuk Keramas

Khasiat Daun Seledri

Pada dasarnya, setiap tumbuhan memiliki aroma yang berbeda. Terutama pada bagian daunnya. Salah satu jenis daun yang memiliki aroma tajam dan khas, yakni daun seledri. Ya, tak sulit bagi kita untuk menjumpai keberadaan daun yang satu ini di pasaran. Biasanya, daun seledri ini kerap dijadikan bahan pelengkap pada berbagai jenis makanan seperti bakso, bakwan, mie ayam, soto, risoles, dan sebagainya. Daun seledri sendiri dapat menguatkan aroma dan cita rasa pada sebuah makanan. Namun dibalik semua itu, ternyata daun seledri mempunyai sejuta manfaat untuk kesehatan tubuh. Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi mengenai manfaat daun seledri bagi kesehatan tubuh, mari sama-sama kita simak langsung ulasannya di bawah ini:
Pict by jogja.tribunnews

1. Mampu Menurunkan tekanan Darah tinggi
Khasiat luar biasa pertama dari daun seledri untuk kesehatan tubuh. Seperti halnya buah semangka, melon, dan mentimun, yakni dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Ya, hal itu juga dibenarkan oleh para peneliti, yang menyatakan bahwa mengonsumsi daun seledri sangat membantu menurunkan tekanan darah tinggi agar menjadi stabil. Pasalnya, daun seledri itu sendiri memiliki kandungan senyawa fitokimia yang bertugas untuk memperbaiki kinerja dinding arteri, sehingga dapat mengendalikan tekanan darah menjadi lebih terkontrol.

2. Melawan Peradangan Dalam Tubuh
Selain dapat menurunkan tekanan darah tinggi, daun seledri juga sangat efektif untuk melawan peradangan dalam tubuh lho. Hal itu tidak terlepas dari zat flavonoid pada daun seledri, yang dapat membantu sistem imun tubuh untuk melawan peradangan akibat adanya radikal bebas. Apabila radikal bebas tersebut dibiarkan, maka akan memicu kerusakan pada DNA serta sel-sel yang sehat, sehingga dapat menyebabkan gangguan kesehatan dalam tubuh.

Tak hanya itu saja, zat flavonoid ini juga sangat membantu tubuh lebih baik lagi dalam menyerap vitamin C sehingga sistem kekebalan tubuh kita akan meningkat. Dan yang lebih hebatnya lagi, zat flavonoid ini dapat mengobati alergi, infeksi virus, arthritis, dan peradangan tertentu.

3. Mencegah Penyakit Kronis
Seperti yang sudah disebutkan pada ulasan diatas tadi, bahwa daun seledri kaya akan kandungan flavonoid. Nah, zat flavonoid inlilah yang menjadi aktor utama dalam mencegah penyakit kronis. Adapun mengenai berbagai jenis penyakit kronis yang dapat dicegah dengan mengonsumsi daun seledri seperti penyakit jantung, penyakit hati, hingga penyakit ginjal. Akan tetapi, masih ada beberapa peneliti yang meragukan khasiat tersebut. Benar atau tidaknya manfaat tersebut, tidak ada salahnya juga jika kita mengonsumsi daun seledri secara rutin dan teratur.

4. Dapat Memelihara Kesehatan Rambut dan Kulit Kepala
Kehebatan berikutnya dari daun seledri yang harus diketahui, yakni dapat memelihara kesehatan rambut dan kulit kepala. Mengenai caranya, siapkan 1 ikat daun seledri, air secukupnya, kemudian blender kedua bahan tersebut sampai halus. Aplikasikan pada kulit kepala secara merata sambil dipijat-pijat, lalu tutup kepala Anda dengan cup shower, dan diamkan selama 30 menit. Jika sudah, silakan bilas kembali dengan air dan shampoo sampai bersih. Cara tersebut bermanfaat untuk mengatasi ketombe, melembapkan rambut, hingga mencegah kerontokkan. 

Itulah beberapa khasiat yang luar biasa dari daun seledri untuk kesehatan tubuh yang jarang orang tahu. Jadi, tidak ada salahnya kita rajin mengonsumsi daun seledri dalam makanan sehari-hari kita demi merasakan manfaat dari daun seledri. Nah, bagi kalian yang ingin tahu tentang kelengkapan manfaat daun seledri, silahkan kunjungi situs berikut https://www.popmama.com/kid/1-3-years-old/bella-lesmana/manfaat-daun-seledri-untuk-anak/



9 Responses to "Khasiat Daun Seledri"

  1. Saya suka daun seledri. Segar. Apalagi seledri besar .Batangnya suka disayurvm atau ditumis . Enak lho...

    ReplyDelete
  2. Saya suka banget deh ama aroma daun seledri, apalagi manfaatnya segudang ya buat kesehatan juga.

    Dulu saya gunakan buat masak mie instan rebus.
    selalu pakai daun seledri biar aromanya makin sedap.

    ReplyDelete
  3. aku sudah membuktikan khasiatnya mom apalagi seledri impor. di jus minum setiappagi danampuh membersihkan muka danbadan loh mom. jerawat langsung bless hilang.

    ReplyDelete
  4. Katanya buat detox mantul ini mba.. Tapi jangan yg lokal, kudu import. Hehe

    ReplyDelete
  5. Jaman masih single dulu saya pake shampoo yang berbahan dasar daun seledri. Ahhh.. sudah lupa deh apa merknya.

    ReplyDelete
  6. Saya sering nyemil seledri mentah mbak. Biasanya beli di Abang tukang sayur 3 ribu rupiah dan dicemil dengan sambal. Hehehe

    ReplyDelete
  7. waktu masih kecil, almarhum bapak yang rutin banget minum air godokan seledri, tapi aku belum pernah coba. banyak juga khasiatnya ya mba.

    ReplyDelete
  8. Aku dulu suka pake seledri buat rambut. Lumayan sih ngaruh. Hehe. Ternyata selain buat rambut manfaatnya banyak ya.

    ReplyDelete
  9. Seledri yang besar itu batangnya mbak biasanya belinya gak ada dipasar tapi dispm bisa banget dijus

    ReplyDelete

Terima kasih sudah singgah di blog amiwidya.com.
Saya persilakan menambahkan komentar untuk melengkapi postingan blog di atas.
Semoga bermanfaat & menginspirasi buat semua...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel