Featured Post

Kasih Ibu Sepanjang Masa, Kasih Ayah Bagai Romansa

Kreasi Es Buah Sehat

Buah-buahan merupakan salah satu bahan pangan yang wajib kita konsumsi. Banyaknya vitamin dan kandungan nutrisi dalam buah-buahan bisa membuat tubuh menjadi lebih sehat. Selain itu, buah-buahan tertentu juga bisa mencegah kita dari berbagai penyakit dan dampak lain terhadap tubuh akibat pola makan seperti sembelit dan obesitas. Namun mengonsumsi buah-buahan secara langsung dimakan bisa saja membuat kita bosan. Nah, untuk menyiasatinya, Anda bisa membuatnya menjadi minuman. Salah satunya dengan mengolah menjadi es buah yang menyehatkan. Jika biasanya es buah dibuat menggunakan gula dan sirup, sehingga membuat kadar gula menjadi berlebih. Maka es buah sehat bisa dibuat dari bahan yang lebih ramah terhadap kadar gula ini. Berikut kreasi es buah sehat yang bisa anda buat di rumah.

1. Es Buah Kurma
Kreasi Es Buah Sehat
Picture by sahabatnestle.co.id

Mencampur kiurma ke dalam es buah bisa menjadi salah satu pilihan agar kita tidak bosan dengan memakan kurma secara langsung. Jangan dulu dibayangkan dengan es buah kurma yang sangat manis karena tambahan gula dan pemanis lainnya. Namun di sini kita akan membuat kurma menjadi kuahnya es buah. Bahan-bahan tambahan lain yang bisa disiapkan adalah beberapa butir kurma, buah strawberry, melon, dan jeruk. Bisa juga ditambah dengan menyiapkan susu murni segar.

Sebelum kita membuat es buah kurma, ada baiknya jika kurma dipisahkan terlebih dahulu dari bijinya, kemudian kurma dibekukan di dalam kulkas. Setelah kurma beku, maka kurma diblender dan dicampur dengan susu murni segar. Setelah menjadi halus, tuangkan ke dalam mangkuk. Selanjutnya, kita potong buah strawberry, melon, dan jeruk secukupnya. Kita bisa memotongnya menjadi beberapa bagian, tetapi jangan terlalu kecil ya. Setelah itu masukkan ke dalam kurma dan susu yang telah diblender tadi. Es buah kurma pun siap untuk dihidangkan.

2. Es Buah Pisang
Kreasi Es Buah Sehat
Picture by hallosehat

Selain kurma, pisang juga sangat bermanfaat untuk tubuh. Pisang mengandung vitamin yang bisa membuat tubuh jadi lebih berenergi. Selain pisang, kita juga bisa menyiapkan bahan tambahan seperti buah mangga, strawberry, dan alpukat. Kemudian siapkan pula susu sapi murni segar.

Cara membuatnya hampir sama dengan kurma. Tapi kita tak perlu membekukan pisang. Cukup kita bersihkan pisang dari kulitnya kemudian diblender, campurkan dengan es batu, dan susu segar. Setelah semua diblender menjadi minuman pisang susu, potong-potong dadu buah alpukat, mangga dan strawberry. Setelah itu masukkan pada kuah pisang susu tersebut. Es buah pisang pun siap untuk dihidangkan.

3. Es Buah Madu
Kreasi Es Buah Sehat
Picture by hallosehat

Untuk membuat es buah yang menyehatkan, kita bisa mengganti gula dengan madu. Madu dipercaya dapat memulihkan energi setelah beraktivitas seharian. Caranya membuatnya cukup mudah kok. Pertama siapkan dulu bahan-bahan seperti buah semangka, melon, anggur, dan buah naga. Bisa juga menggunakan buah markisa sebagai tambahan. Bersihkan buah-buahan tersebut dari kulitnya.

Lalu tuangkan madu secukupnya sekitar 1 sendok atau 1 setengah sendok teh. Tergantung kita suka manis atau tidak. Setelah itu beri air mineral secukupnya. Kemudian aduk hingga madu tercampur dengan air. Setelah itu, potong-potong dadu buah melon, strawberry, anggur, dan mangga. Jika sudah dipotong, masukkan ke dalam larutan madu tadi. Sebagai penambah rasa, bisa masukkan markisa ke dalamnya. Es buah madu pun siap untuk dihidangkan.

4. Es Buah Kacang Almond
Kreasi Es Buah Sehat
Picture by hallosehat

Tidak hanya dipakai untuk toppingn berbagai jenis kue, ternyata kacang almond bisa juga disajikan sebagai topping yang lezat di atas es buah. Kacang almond mengandung lemak tak jenuh yang akan membantu diet tubuh sehingga diharapkan bentuk tubuh menjadi langsing. Bahan-bahan lain yang harus disiapkan adalah buah nangka, apel, alpukat, dan leci. Bisa juga dengan menyiapkan kacang almond yang sudah matang. Selain itu, siapkan pula gula jagung dan susu sapi murni segar.

Cara membuatnya es buah kacang almond ini juga mudah sekali, Pertama kita bersihkan buah yang sudah kita siapkan. Kupas kulitnya, lalu potong-potong dadu semua buah. Setelah itu, buatlah larutan gula jagung dengan air panas, bukan mendidih ya. Aduk hingga larut, lalu masukkan susu segar ke dalamnya. Aduk lagi hingga tercampur. Jika sudah, masukkan semua buah yang sudah dipotong. Kemudian serut es batu atau bisa juga diblender halus. Letakkan es batu diatasnya. Langkah terakhir, taburi kacang almond. Es buah kacang almons pun siap untuk disajikan.

Bagaimana, cukup menggiurkan kan resepnya? Boleh langsung dicoba ya... Apalagi kalau pas cuaca sedang panas-panasnya dan keluarga sedang berkumpul di rumah. Cara membuatnya juga cukup mudah kok. Terakhir saya ucapkan, selamat mencoba resepnya, dan selamat menikmati...

2 Responses to "Kreasi Es Buah Sehat"

  1. wah kayaknya seger nih kak, bisa nih dicoba hehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh boleh. Emang seger banget bikin es kalo cuaca lg terik2nya.

      Delete

Terima kasih sudah singgah di blog amiwidya.com.
Saya persilakan menambahkan komentar untuk melengkapi postingan blog di atas.
Semoga bermanfaat & menginspirasi buat semua...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel