Featured Post

#BukaInspirasi di Era Revolusi Industri 4.0

Cara Menghemat Baterai Smartphone


Cara Menghemat Baterai Smartphone
Picture by Pixabay

Handphone hampir menjadi salah satu kebutuhan pokok bagi semua kalangan. Benda digital yang satu ini, kini bukan lagi sekedar berfungsi sebagai alat untuk telepon dan SMS. Mengikuti kebutuhan penggunanya, dan beradaptasi terhadap perkembangan teknologi, handphone berkembang menjadi sebuah alat bernama smartphone atau ponsel pintar.

Ponsel pintar yang mengusung artificial intelligence, membuatnya semakin hari semakin lengket di tangan para penggunanya. Karena semakin banyak pula kegunaan yang bisa diperoleh dari smartphone ini. Apalagi untuk para pekerja yang pekerjaan utamanya bersinggungan langsung dengan teknologi informasi dan komunikasi, bisa dipastikan interaksinya semakin meningkat. Bahkan ke toilet pun bisa jadi akan membawa smartphone.

Selain untuk memenuhi kebutuhan utama dalam bekerja dan berkomunikasi, smartphone juga digunakan untuk media hiburan dan mengusir kejenuhan. Seperti bermain game, stalking di sosial media, streaming youtube, blogging dan lain-lain. Secara otomatis, smartphone yang digunakan untuk hal-hal semacam itu bisa membuat daya baterai cepat habis alias boros.

Saya sendiri pernah memiliki smartphone yang daya baterainya cepat habis. Sampai-sampai ada yang membuat meme tipe smartphone saya ini bisa untuk pengganti setrika. Karena panas juga kalau dipakai daring lama-lama.

Sebenarnya, apa sih penyebab daya baterai smartphone ini boros? Lalu bagaimana cara mengatasinnya? Simak ulasan dari saya yuk…

Penyebab Daya Baterai Smartphone Cepat Habis

Dilansir dari situs carapedi.id, ada beberapa penyebab daya baterai smartphone boros:

  1. Banyaknya penggunaan aplikasi di smartphone. Ternyata banyak aplikasi yang kita pasang di smartphone bisa berdampak kurang bagus loh terhadap kesehatan baterai. Hal ini juga menjadi penyebab daya baterai cepet habis. Seperti penggunaan beragam aplikasi chatting secara bersamaan, padahal fungsinya sama saja. Saya sendiri juga demikian, sering menggunakan aplikasi messenger, whatsapp, line, secara bersama-sama.
     
  2. Memasang banyak widget. Widget yang sering kita pasang di homescreen ternyata juga bisa jadi penyebab borosnya daya baterai. Maunya sih agar kita cepat membuka aplikasi yang kita inginkan, tapi ternyata banyaknya widget ini bisa memakan banyak daya baterai loh. Ini termasuk penggunaan widget animasi di layar ya.
  3. Brightness layar yang tinggi. Semakin tinggi kecerahan layar, semakin tinggi pula tingkat konsumsi daya baterai smartphonenya. Apalagi kalau kita sering menggunakan smartphone di luar ruangan, otomatis kecerahan yang dibutuhkan layar juga tinggi. Hal ini akan menjadi penyebab cepat habisnya daya baterai.
  4. Menggunakan charger KW. Nah loh ternyata charger KW bisa jadi penyebab dayabaterai cepat habis. Hayo disini siapa nih yang pake charger KW? Pakai yang original ya, jangan yang bajakan. Wkwkwk… Yah, hitung-hitung kita belajar menghargai karya orang lain yang menciptakan karya aslinya.

Cara Mengatasi Pemborosan Daya Baterai Smartphone

Ada beberapa cara mengatasi baterai smartphone agar tidak boros. Beberapa diantaranya adalah:
    cara menghemat baterai smartphone
  1. Menghapus widget yang tidak penting. Pasang widget secukupnya saja, yang sekiranya sering dibuka. Buat aplikasi yang jarang digunakan, lebih baik jangan dipasang widget di layar utama.
  2. Menggunakan kecerahan layar yang rendah. Trik ini bisa dipakai kalua sedang berada di dalam ruangan. Kurangi tingkat kecerahan layer jika memungkinkan. Gunakan kecerahan layar yang tinggi saat berada di luar ruangan saja. 
  3. Mematikan mode getar. Kalau sudah mengaktifkan mode dering sebaiknya matikan mode getar. Jangan diaktifkan keduanya secara bersamaan. Daya baterai bisa cepat habis kalau begini caranya. 
  4. Mematikan auto update di google playstore. Auto update ini bisa dicari di menu setting atau setelan google playstore masing-masing. Bisa juga disetting update hanya pada saat tersambung dengan Wi-Fi, atau tidak sama sekali. 
    cara menghemat baterai smartphone
  5. Mempercepat waktu sleep. Semakin cepat layar mati, semakin hemat pula daya baterai smartphone kita. Tak dipungkiri, kadang selesai menggunakan smartphone, kita lalai begitu saja meletakkan smartphone tanpa mematikan layarnya terlebih dahulu. Secara tidak sadar, hal ini bisa menguras daya baterai smartphone loh. 
  6. Tidak menggunakan smartphone di area bersuhu tinggi. Intinya jangan didekatkan dengan api, setrika, pemanas ruangan, dan benda-benda bersuhu tinggi lainnya. Karena selain menjadi penyebab daya baterai jadi boros, smartphone kita bisa juga meledak. Udah gitu aja… 
  7. Hindari penggunaan wallpaper animasi. Tahu kan, wallpaper yang bisa bergerak-gerak sendiri di layar smartphone itu loh. Macam ular yang meliuk-liuk, kucing yang wira-wiri berjalan di layar, kupu-kupu terbang, percikan air, dan sejenisnya. 
  8. Mengaktifkan mode power saving. Ini cara yang paling mudah, otomatis daya baterai akan dihemat kalau kita menggunakan mode power saving.

Itulah beberapa tips yang bisa digunakan untuk menghemat daya baterai smartphone. Masih ada lagi cara lain yang bisa ditambahkan? Tuliskan di kolom komentar ya… Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

2 Responses to "Cara Menghemat Baterai Smartphone"

  1. Saya pakai redmi 4x. Setelah ganti rom ke pixel experience saya merasa baterainya semakin irit. Jadi ada faktor dari rom atau operation sistemnya juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah jadi begitu ya... Makasih masukannya, bisa buat referensi yang lagi blog walking ke sini ntar.

      Delete

Terima kasih sudah singgah di blog amiwidya.com.
Saya persilakan menambahkan komentar untuk melengkapi postingan blog di atas.
Semoga bermanfaat & menginspirasi buat semua...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel