Featured Post

Tempat Investasi Paling Tepat Bagi Pemula

Serba Instan dan Aman dengan Cek KLIK

aplikasi cek klik bpom


Halo pengunjung blog amiwidya.com...
Cerita tentang pengalaman mudik saya kemarin masih berlanjut nih. Kali ini ada satu lagi yang ingin saya utarakan. Yaitu mengenai #panganamanmudik dengan menggunakan #cekklikbpom.

Lebaran dan mudik itu nggak bisa lepas dari yang namanya makanan. Mulai makanan oleh-oleh, bekal, sampai camilan selama perjalanan. Sebagian orang lebih memilih olahan makanan buatan sendiri untuk dibawa mudik. Alasannya selain ingin menjaga kualitas rasa dan menghemat biaya konsumsi, tentu juga karena makanan olahan sendiri lebih terjamin asal usul komposisinya. Ada juga yang alasannya karena ingin memberikan buah karya tangannya sendiri kepada keluarga tercinta di rumah.

Lepas dari semua alasan tersebut, saya memilih alternatif lain untuk makanan oleh-oleh. Saya juga membeli makan di kota tujuan sebagai pengganti bekal. Sedangkan untuk camilan, saya memilih yang serba instan saja berupa makanan ringan.

Bukan tanpa sebab dan alasan yang jelas saya melakukan hal itu. Lalu mengapa saya melakukannya?
  • Pertama karena saya bukan tipe orang yang suka ribet dan repot mengurusi takaran gizi, menimbang kalori, juga berjibaku dengan kompor di dapur seharian.
  • Kedua, karena level kemampuan memasak saya hanya sekelas plankton. Bukan level spongebob yang mampu membuat krabby pattie dengan suguhan rasa menggiurkan. Hanya kalau sedang “ingin” dan ada waktu saja saya sempatkan memasak.
  • Ketiga, karena saya tidak ingin bertambah bingung membagi waktu antara menyiapkan makanan dengan mengasuh duo krucil.
  • Keempat, kami (saya dan suami) mudik dari Gresik ke Malang menggunakan sarana transportasi umum. Sehingga cukup merepotkan apabila kami harus menenteng tas, menggendong bayi, berdesakan dengan penumpang lain, ditambah menopang rantang piknik dan tupperware di kepala masing-masing. It’s so bad.
Naik bus dari Gresik ke Malang
Dengan keadaan yang saya tuliskan di atas, makanya saya memilih membeli makan sesampainya di kota tujuan dan membawa camilan makanan ringan. Mungkin beberapa orang yang pro makanan rumahan akan menyatakan,
”Duh, makanan instan pabrikan itu kan makanan nggak sehat dan bikin sakit. Lebih baik makanan olahan sendiri, lebih terjamin asal usulnya.”
Oke deh...
Pendapat semacam itu nggak sepenuhnya salah sih. Tapi, alasan yang begitu sebaiknya jangan diutarakan. Mengapa? Sebab yang namanya makanan tidak sehat itu bukan berdasarkan olahan pabrikan atau rumahan.
Walaupun makanan sehat olahan rumah, kalau takaran yang masuk di perut berlebihan, otomatis bisa menyebabkan sakit juga kan?
Contoh nih: es jeruk nipis buatan sendiri dengan gula tebu asli dikonsumsi sebanyak lebih dari 500 mg sehari. Ditambah makan nasi lalapan tahu tempe dibumbui sambal colek hasil ngulek sendiri. Sambalnya ini gak tanggung-tanggung, pakai cabe rawit 25 biji sekali makan. Nikmat ya... iya, tapi sehat? Jelas tidak. Terlalu banyak vitamin C yang dikonsumsi bisa menyebabkan perut menari mulas-mulas keesokan harinya.

MSG micin vetsinLain halnya dengan bahan tambahan pangan yang selama ini dikambinghitamkan saat ada orang yang melakukan kesalahan. Itu tuh, yang katanya “kebanyakan makan micin”. Nah, sari tetes tebu atau monosodium glutamat (MSG) dengan nama populer micin ini nggak akan beracun kalau ditambahkan ke dalam masakan sesuai dengan takaran.
Kemenkes RI merekomendasikan batas aman konsumsi micin adalah 5 gr per hari. Jadi, kita nggak perlu takut menambahkan bahan tambahan pangan ke dalam masakan asalkan sesuai dengan takarannya.
Demikian pula dengan mengonsumsi snack atau makanan ringan yang dijual bebas di pasar. Makanan ini jelas bukan jenis makanan beracun. Jadi sah-sah saja dibawa buat camilan selama mudik. Lagi pula, yang paling utama bagi saya soal memilih makanan itu adalah halal dan tidak beracun.

Lanjut...
Mudik dan berlebaran, berkunjung ke sana kemari jumpa dengan keluarga, pasti membuat kita para wanita ingin melakukan perawatan ekstra dari biasanya. Lihat saja antrian di salon kecantikan menjelang hari raya, pasti membludak bak antrian sembako murah. Buat para emak rempong macam saya, yang mungkin belum sempat mempercantik diri di salon kecantikan, santai saja. Kita masih bisa kok melakukan perawatan dan bermakeup sendiri di rumah.

Jangan lupa sebelum menggunakan paket produk perawatan wajah, tubuh, dan produk kosmetik, teliti dulu produknya. Hindari salah pilih produk berbahaya untuk diri kita. Bisa-bisa lebaran dan mudik nggak jadi cantik, tetapi jadi mudik ke rumah sakit.

Terus, bagaimana cara mengetahui #panganamanmudik dan #kosmetikamanmudik yang ada di pasar? Sedangkan selama ini kita mendengar berita, bahwa telah beberapa kali ditemukan makanan berbahaya beredar di pasar. Demikian pula dengan kosmetik yang mengandung bahan kimia berbahaya.

Setelah diteliti, ternyata keduanya merupakan produk:
  1. Berkemasan rusak
  2. Tanpa label kemasan
  3. Tidak memiliki izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia
  4. Produk Kedaluwarsa
Sekarang, kita nggak perlu takut lagi mengonsumsi makanan pabrikan dan menggunakan kosmetik. Sebab sudah ada Cek KLIK BPOM. Yaitu sebuah aplikasi dari BPOM untuk melihat data produk obat dan makanan (Kemasan, Label, Izin edar, dan Kedaluwarsa) yang sudah teregistrasi. Aplikasi ini bisa didapat melalui playstore lalu diinstal di smartphone. Tampilannya seperti ini:
tampilan aplikasi cek klik bpom

Jadi kalau membeli makanan, kosmetik, obat, atau jamu, cek dulu Kemasan, Label, Izin edar, dan tanggal Kedaluwarsanya.
Jangan asal comot di rak, sesudah makan berak-berak.
cek klik bpom

Selain itu, kita harus benar-benar teliti dengan perusahaan pembuat produk. Karena zaman now, kosmetik ilegal dari luar negeri sudah beredar luas di Indonesia. Biasanya sih merupakan produk pemutih kulit secara instan. Penjualannya banyak yang via online. Tapi ada juga loh kosmetik berbahaya racikan lokal yang dijual offline. Jadi kita tetap harus berhati-hati.
Jangan sampai deh kita yang ingin kulit tampak bercahaya ala-ala artis Korea, lalu memakai produk kosmetik berbahaya. Hasilnya bukan tampak bercahaya, tapi tampak seperti teraniaya. Merah-merah begitu kulit wajahnya...
Nah, untuk produk-produk impor, bisa dicek keberadaan importirnya di KLIK BPOM atau website resmi www.pom.go.id. Dengan begitu kita bisa tenang karena menggunakan #kosmetikamanmudik.
website bpom

Kecanggihan dunia digital dan teknologi turut menyumbang banyaknya kewaspadaan terhadap apa yang kita konsumsi dan kita gunakan. Kemajuan di bidang ini dimanfaatkan untuk bisnis kosmetik berbasis Multi Level Marketing. Kadang ada yang produknya nggak jelas, yang ditonjolkan adalah dapat duitnya. Penjualannya juga via daring, bukan konvensional. Target bisnis model begini adalah ibu-ibu rumah tangga yang tidak bekerja di luar rumah.
aplikasi cek klik bpom
Okelah, bisa dimaklumi. Namanya juga orang usaha cari uang. Tapi kita sebagai Warga Negara Indonesia yang sudah teredukasi, harus semakin cerdas memilih dan memilah.
Mana sih produk yang aman dan mana yang abal-abal. Jangan sampai uang hilang, lebaran pun batal.
Eits, tapi bukan berarti semua produk MLM itu berbahaya ya... Ada banyak kok produk yang aman dan sudah terdaftar di BPOM.

Selanjutnya, kewaspadaan konsumen dengan apa yang dikonsumsi, seharusnya membuat para pelaku usaha lebih berhati-hati juga. Sudah semestinya bagi mereka yang belum mendaftarkan produk ke lembaga BPOM, sesegera mungkin mendaftarkannya. Hal ini dilakukan untuk kepentingan dan kenyamanan bersama. Selain membuat masyarakat semakin percaya dengan tingkat keamanan produk, mendaftarkan produk ke BPOM juga akan meningkatkan nilai jual dari produk itu sendiri.

Selain cek KLIK BPOM dan website resmi www.pom.go.id, BPOM juga lebih intens menjalin hubungan dengan konsumen loh. Terbukti sekarang sudah ada layanan untuk keluhan atau pertanyaan mengenai registrasi obat dan makanan. Kita bisa menghubungi contact center BPOM di:

halobpom 1500533

sosial media BPOM: IG @bpom_ri 

twitter @bpom_ri fanpage FB @bpom.official


Yuk, segera cek produk makanan yang biasa kalian konsumsi, juga produk kosmetik yang kalian gunakan di cek KLIK BPOM.
Agar perut jadi kenyang, penampilan makin gemilang, mudik jadi aman, lebaran nyaman, pikiran pun tenang.

42 Responses to "Serba Instan dan Aman dengan Cek KLIK"

  1. Wah keren nih BPOM sudah ada aplikasinya. Memang sebagai konsumen kita harus teliti ya sebelum membeli produk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, kita harus jd konsumen cerdas. Teliti sebelum membeli produk biar gak merasa tertipu.

      Delete
  2. wahhh keren nih, maunya banyak kementerian dan lembaga pemerintah yang mulai membuat produk-produk digital seperti ini. Masyarakat sekarang yang ga jauh-jauh dari gadget akan semakin dimudahkan dengan informasi yang dapat diakses kapan saja. Tinggal sosialisasinya saja yang diluaskan,

    saya aja baru tahu klik, jadi beli produk biasanya yang ada di iklan televisi kalau ga ada iklannya ragu-ragu, kini pastinya dapat di cek melalui klik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul... Kita juga harus jadi konsumen cerdas dengan cek KLIK dulu sebelum membeli barang.

      Delete
  3. Mpo juga pernah telp halo bpom. Aman dan jelas menuntaskan permasalahan kita. Maklumin mpo agak bawel

    ReplyDelete
    Replies
    1. Telpon complain pasti ini ya wkwkwk... Gak apa sih kalo bawel buat kebaikan bersama, namanya CS harus sabar menghadapi kebawelan customernya.

      Delete
  4. Saya memang suka masak, tapi gak juga anti sama makanan instan. Termasuk MSG pun hayo aja lah dikonsumsi hehehehe. Pokoknya kalau memang BPOM menyatakan aman, saya gak khawatir. Tinggal bagaimana kitanya aja bijak mengkonsumsinya. Seneng juga kalau ada aplikasinya. Jadi semakin mudah untuk cek :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kudu bijak mengonsumsi. Apapun itu kalu berlebihan juga gak akan baik meskipun dibilangnya makanan menyehatkan.

      Delete
  5. waiyaaa betul.. kadang selama ini fokus makan makanan rumah padahal belum tentu juga ya yang masak itu pro makanan sehat ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makanan rumahan kalo benar2 dijaga porsi gizinya pasti juga bakal josss hasilnya mom, lebih endess di lidah. Iya kan?!

      Delete
  6. Senang banget ada aplikasi semacam ini memudahkan kita untuk mencek produk seperti makanan, obat juga kosmetik dsbnya cukup dengan "KLIK" 😊😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, besutan baru nih dari BPOM. Sekarang lembaga pemerintahan uda makin modern aja, jangan sampai ketinggalan lah ya...

      Delete
  7. Sejak menikah dan memiliki keluarga kecil. Saya juga jadi memperhatikan ink juga bun Berkemasan rusak
    Tanpa label kemasan
    Tidak memiliki izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia
    Produk Kedaluwarsa
    Demi memberikan yang terbaik untuk keluarga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, kadang kesehatan semua anggota keluarga bisa dari makanan apa yang bunda sajikan ya... Kalo makan di luar belum tentu juga terjamin. Kadang anak2 asal comot aja tuh.

      Delete
  8. Sebagai seorang ibu yg menjadi tombak penyedia menu makanan di rumah ya memang harus cek cek klik ya mbak. Jgn sampai kita dan keluarga kita konsumsi makanan yang tidak sehat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih, peran penting kita sebagai ibu kan ya ini salah satunya. Sampai ada yang bilang emak2 dilarang sakit wkwkwk...

      Delete
  9. Kadang suka bingung sm produk2 baru yg ad dipasaran. Ini udh ad izin BPOM blm ya? Eh tyt ad cek klik ini lumayan memudahkan jg ya.. Jd ga worried lg. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mom, dengan adanya aplikasi Cek BPOM, kita semakin dimudahkan buat ngecek produk2 yang sudah beredar di pasaran.

      Delete
  10. Wah makasi infonya mba. Aku sering banget mau ngecek BPOM bingung mau kemana, ujung2nya googling manual aja. Membantu banget kalo ada Cek Klik ini. Terutama pas ots di tempat perbelanjaan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buruan instal mom... Biar semakin gampangin kita kalo lagi belanja dan kita gak perlu khawatir lagi sama produk yang kita beli.

      Delete
  11. Dulu aku jg termasuk yg gak mau ribet di dapur, tapi semenjak ada anak semua berubah hehe.
    Wah aplikasinya bagus ya, jdnya kalau beli produk makanan atau minuman bahkan kosmetika kita cek dulu biar tahu itu aman atau gak TFS

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangat mom, apapun kesukaan kita, mau bikin sendiri di dapur atau makan tinggal beli di warung, semua baik asalkan terjamin kebersihannya.

      Delete
  12. BPOM semakin keren sekarang ya, jadi konsumen tidak perlu khawatir lagi. Beli apa-apa bisa langsung cek klik aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sip dah... Emang harus mengikuti perkembangan zaman mom biar gak ketinggalan. Apalagi sekarang semua serba bikin aplikasi di smartphone, otomatis BPOM juga harus mengikuti trend ini ya...

      Delete
  13. Oww ternyata KLIK itu akronim yaa. Iya nih harus rajin KLIK tiap makanan kemasan yang dibeli. Kadang aku sembrono, main masuk-masukin aja ke keranjang belanjaan ga dilihat2 dulu. Thanks infonya Mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betulll... KLIK itu Kemasan, Label, Izin edar, & Kadaluwarsa. Biar ingat kitanya kalo pas lagi belanja, makanya disingkat jd KLIK

      Delete
  14. wah iya, enak ini ya kalau kita bisa check langsung ke bpomnya.. kadang suka bingung kalau beli produk baru, ini beneran gak kode bpomnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, aplikasinya benar2 memudahkan para mama yg lagi belanja. Kalo ragu2 sm suatu produk bisa langsung cek di aplikasi Cek BPOM.

      Delete
  15. enak nih jadi bisa ngecek sendiri apakah produk yg dibeli sudah aman sesuai bpom atau belum. thanks mbak sharing dan tutorialnya.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sama2... Semoga bermanfaat. Jangan lupa selalu cek KLIK Kemasan, Label, Izin edar, & Kadaluwarsa kalo mau beli produk2 baru di pasaran.

      Delete
  16. Jaman sekarang memang serem beli makanan kemasan dan kosmetik, saya selalu mencari yang sudah ada tulisan bpom :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama... Jangan sampai kita pakai produk abal2 ya mom. Ngeri dampaknya ke kesehatan kita ntar.

      Delete
  17. Menggunakan Cek KLIK memang memudahkan konsumen saat beli produk di pasaran. Jadi nggak terkecoh dengan jajanan yang ditawarkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus serba hati2 ya mom, zaman sekaran emang banyak produk palsu dan berbahaya bagi kesehatan. Kita sebagai konsumen harus cerdas dan tanggap menyikapinya.

      Delete
  18. Aku udah download aplikasinya beberapa waktu yang lalu, gara-gara pengen cek cream yang aku gunain udah memiliki izin BPOM atau enggak. Makasig sharingnya mbak. Aplikasinya emang bermanfaay banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sama2 mom. Semoga bermanfaat... Kita emang harus waspada sama produk yang kita gunakan. Makanya cek dulu ya sebelum beli ini itu.

      Delete
  19. harus berhati hati banget ya mba, udah ada izin nya belum ya semua yang aku gunakan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cek dulu mom di aplikasinya Cek BPOM. Supaya kita juga tenang dan nyaman memakai produknya. Kita harus jadi konsumen yang cerdas.

      Delete
  20. Semakin mudah nih ngecek produk di pasaran , karna skrng udah ada aplikasi CEk dari BPOM.

    Keren sekali.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, kita harus jadi konsumen yg cerdas dg cek Kemasan, Label, Izin edar & Kedaluwarsa produk. Biar aman saat pemakaian .

      Delete
  21. enak deh ya ngecek bpom ga pusing lagi dan was-was bisa pake aplikasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, zaman now apa aja bisa via smartphone. Termasuk cek keamanan produk makanan, minuman, jamu, kosmetik, & obat2 yg kita gunakan.

      Delete

Terima kasih sudah singgah di blog amiwidya.com.
Saya persilakan menambahkan komentar untuk melengkapi postingan blog di atas.
Semoga bermanfaat & menginspirasi buat semua...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel