Featured Post

#BukaInspirasi di Era Revolusi Industri 4.0

Pengalaman #PakeTCASH, Mudik #JadiBaik dan Asyik

pengalaman pakai TCASH

Bulan Ramadan merupakan bulan suci bagi umat Islam di seantero jagad. Saat bagi umat berlatih dan berlomba-lomba untuk #JadiBaik di bulan baik. Setelahnya, disambut dengan bulan Syawal. Di awal bulan ini umat Islam merayakan Hari Raya Idul Fitri. Bulan baik yang penuh kemenangan ini, oleh warga Indonesia disandingkan dengan tradisi baik yang kesannya nusantara sekali. Yaitu tradisi mudik untuk bersilaturrahim kepada keluarga di daerah asal.

Mulih sedhiluk (bahasa Jawa), atau pulang sebentar (bahasa Indonesia), dikenal dengan istilah "mudik". Merupakan moment yang paling ditunggu-tunggu perantau di setiap tahun. Bagaimana tidak, mudik berjumpa kedua orangtua (jika masih ada), sanak famili, juga para sahabat di daerah asal para perantau. Detik yang cukup emosional, serta menggetarkan perasaan. Bisa dibayangkan, setelah berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun tak jumpa, dengan moment mudik ini bisa berkumpul lagi dengan mereka yang telah lama dirindukan. 

Saya sendiri sudah bertahun-tahun merasakan jadi perantau. Sejak tahun 2012, waktu saya tinggal di Manggarai, NTT, hingga setelah saya menikah dan ikut suami di Gresik. Saya sudah menikmati pahit manis asam asin rasanya jadi orang perantauan.
Sewaktu saya di Manggarai, Provinsi NTT 
Di antara banyak rasa yang saya rasakan, 
ada satu asisten digital yang tak pernah lepas dari genggaman saya
dan selalu setia menemani setiap perantauan. 
Mulai dari tinggal di daerah terdepan, terluar, tertinggal, 
sampai tinggal di daerah industri. 
Dari berusia ABG labil, sampai punya duo krucil. 
Dari zaman HP mirip batako, sampai zaman smartphone canggih. 
Dia masih setia, 
menggandeng tangan, 
menggenggam jemari, 
serta bergamit manja di saku dan tas saya. 
Dialah Telkomsel beserta layanannya 
yang kian hari kian berkembang 
mengikuti perkembangan teknologi 
serta kebutuhan para penggunanya. 

Ada satu layanan Telkomsel yang akan saya ulas kembali di postingan blog kali ini. Sebuah gebrakan Telkomsel untuk mendukung smart money wave (Gerakan Nasional Non Tunai) berupa peluncuran aplikasi e-money: TCASH.
stiker NFC TCASH
stiker NFC TCASH

Sebenarnya ini bukan aplikasi baru bagi saya, karena saya sudah menggunakannya sekitar 1,5 tahun yang lalu. Cerita awalnya bisa disimak kembali di postingan yang berjudul:
Cara Upgrade Kartu 4G Telkomsel dan Daftar Full Member TCASH
Sekarang saatnya saya menceritakan pengalaman dan keuntungan #pakeTCASH yang membuat saya #JadiBaik di bulan baik. Langsung deh, simak tulisan saya ya...

Mudik di bulan baik, cenderung membuat kebanyakan orang berasumsi:
"Perjalanan mudik itu ribet, bawa barang seabrek, biangnya macet, bikin mata sepet, pikiran jadi eneg, belum lagi kalo mabuk atau muneg-muneg (mual). Bisa tumplek bleg semua uneg-uneg."
Lain lagi ceritanya kalo kita #PakeTCASH. Dijamin mudik #JadiBaik karena bikin praktis. Lho, kok bisa? Bisa donk... Baca aja lanjutan cerita saya.

Selain untaian doa terindah setelah sujud, kita juga biasa membawakan hadiah lebaran buat orang di rumah kan? Kurangi deh hadiah berbentuk barang yang bisa memberatkan koper kalian saat mudik. Mudik zaman now, bisa pakai jasa pengiriman barang. Tapi lebih praktisnya, kasih mentahnya aja kirim uang #PakeTCASH biar kelihatan lebih milenial gitu. Heheee...
Kalau saya biasanya lebih memilih beli pulsa dan paket data lalu mengirimkan untuk mereka. Cara beli pulsa di TCASH untuk nomor lain bisa diamati dari gambar di bawah ini.

cara beli pulsa untuk nomor lain tcash

Eits, saya tidak bermaksud pamer amalan ya. Ini saya tuliskan sekedar untuk membangun inspirasi di ujung cerita nanti. 

Next... 

Ruang tunggu terminal Purabaya
Ruang tunggu terminal Purabaya
Mudik naik transportasi umum, membawa satu bayi dan satu balita tetap #JadiBaik. Karena kami (saya dan suami) memilih mengurangi makanan bekal, buah tangan, dan pakaian. Sekiranya keempat tangan dan pundak tidak bisa membawa, tidak perlu dibawa.


Membeli di merchant TCASH terdekat dengan kota tujuan seperti KFC atau McD #PakeTCASH menjadi pilihan terbaik. Kemarin saya juga dapat cashback Rp 10.000,00 setelah belanja di KFC sarinah Malang.  Lumayan kan?

Cara bayar pakai TCASH pun mudah, cukup tempelkan stiker NFC TCASH dan masukkan PINnya di mesin yang disediakan di kasir.
cara pakai stiker NFC TCASH di mesin kasir
Mudik menggunakan transportasi umum, rawan tindak kejahatan. Tapi kalau #PakeTCASH, setidaknya bisa meminimalisir. Sebab kita tidak perlu membawa banyak uang cash. Bawa secukupnya dan isi saldo (top up) TCASH sebelum berangkat. Gimana caranya? Pilih dari dua opsi yang sering saya gunakan ini.

Cara isi saldo TCASH via Alfamart
cara isi saldo TCASH di Alfamart

Saya hanya punya rekening BRI, jadi yang saya share cara isi saldo TCASH via ATM BRI. Ke depannya top up saldo TCASH juga bisa melalui iBanking loh. Kita tunggu saja opsi yang satu ini, karena pasti akan lebih mempermudah kita top up saldo TCASH. Oh iya, kita top up saldo di ATM BRI ada biaya administrasinya sebesar Rp 6.500,00.  
cara isi saldo TCASH di ATM BRI

Masih ada lagi yang saya suka #PakeTCASH. Karena ada saldo bonus untuk membeli paket data tambahan, saya jadi lebih intens berkomunikasi dengan keluarga lain yang tinggal berjauhan dan belum bisa bersua. Komunikasi #JadiBaik, mudik pun tetap asyik. Betul nggak?

Selain itu, dengan paket data tambahan ini saya juga #JadiBaik dan tambah greget bantuin usaha suami ngurus blog Songkok Lukis Nusantara. Meskipun belum sepenuhnya jadi, dan dibangun secara perlahan, tapi saya optimis kelak bisa menguatkan branding daringnya. 

Mudik #JadiBaik, usaha pun tetap #JadiBaik.
Cuma itu saja tawaran dari TCASH yang bisa membuat kita #JadiBaik di bulan baik? No, masih banyak lagi pilihan yang bisa kalian ambil, silakan dipilih sesuka dan sesuai keinginan kalian. Ada tawaran untuk bayar kartuHALO, listrik, games, tagihan TV, indihome/speedy, telepon rumah, PDAM, BPJS kesehatan, multi finance, zakat, infaq, juga sedekah.

Semua itu bisa dibayar #PakeTCASH. Tertarik #PakeTCASH #JadiBaik? Langsung datang ke GraPARI terdekat atau tekan *800*88*6-digit-PIN# dari smartphone kalian. Atau kalian punya tips sendiri untuk #JadiBaik #PakeTCASH? Share di kolom komentar ya... 
welcome Malang

43 Responses to "Pengalaman #PakeTCASH, Mudik #JadiBaik dan Asyik"

  1. Keren ya aplikasi TCASH ini. Nggak repot lagi kalau mau belanja dan banyak promo juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, nggak ribet. Tinggal nempelin sticker aja. Promonya jg banyak, sering dapat diskon & cashback juga. Sangat menguntungkan...

      Delete
  2. Wah, terimakasih tulisannya bermanfaat sekali. Ternyata untuk top up saldo t cash sangat mudah dan bisa di top up melalui atm. Pakai t cash jga lebih mudah sehingga tidak ribet untuk mengisi pulsa baik nomor sendiri atau orang lain.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sip dah... Buruan daftar TCASH juga biar aq mudah kalo kirim2 uang wkwkkw... Gak perlu buka rekening, tinggal isi di alfamart atau ATM uda beres.

      Delete
  3. Menggunakan tcash memang banyak sekali keuntungannya, saya terhitung masih baru menggunakan tcash tapi saya sudah merasakan banyak sekali manfaatnya salah satunya yaitu isi pulsa dan token listrik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget bang. Pake TCASH emang praktis. Isi ulang jg mudah, bayar2 juga tinggal pencet2 hp. Gak perlu keluar jauh2 uda beres. Intinya, semakin memudahkan kita lah ya. .

      Delete
  4. Wah baru tahu kemudahan dari tcash...jadi gak perlu ribet lagi deh sekarang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, pake TCASH bikin praktis. Gak perlu ribet bawa banyak uang cash ataupun kartu kalo bepergian.

      Delete
  5. Wah mudah sekali ya tcash ini...jadi gak perlu ribet lagi 😊

    ReplyDelete
  6. Bermanfaat sekali mbak infonya. Saya udah lama tau ada TCash. Tapi Lom bikin karena masih banyak bingungnya. Ini baru bikin akun setelah baca tulisannya mbak ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sip dah, semoga makin bermanfaat deh. Pantau terus sosmednya TCASH barangkali ada promo di merchant kan lumayan menghemat nih.

      Delete
  7. Saya pribadi tidak menggunakan telkomsel Mba. Tetapi saya tahu telkomsel itu berkualitas dan baru tahu juga tentang T-Cash ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yah, pilih operator seluler yg sekiranya bisa memberikan banyak keuntungan buat Mbaknya aja. Sekarang emang banyak pilihannya, tinggal layanan yg ada disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya aja.

      Delete
  8. Tcash membuat hidup jadi lebih praktis nih, hemat waktu dan tenaga keren ya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sip dah, emang #PakeTCASH bikin praktis hidup kita apalagi di jaman yg serba cepat begini.

      Delete
  9. Asik sekali dapat cashback saat makan ke KFC . Cash back ini jika di kumpulkan bisa buat beli KFC selanjutnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih, dulu waktu awal2 bayar pake TCASH juga dapat cashback 20rb. Banyak promo diakon di merchant jg..

      Delete
  10. Stiker TCash saya ada di hp yang lama, tapi kayanya tetap bisa dipakai asalkan ingat nomer pinnya. Iya gak sih mba? Atau harus terpasang Tcashnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih bisa dipakai Mbak, tinggal download lagi aplikasi TCASH walletnya di smartphone & diambil aja stikernya. Taruh di hp yg baru

      Delete
  11. Sekarang kan klo pergi yang lebih sering diinget adalah bawa ponsel. Nah dengan pakai tcash sekarang enak banget ya karena selama saldo cukup bisa belanja apa saja di merchant tertentu tanpa ribet bawa-bawa dompet.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mom, gak perlu ribet bawa dompet isi duit banyak. Bisa dibantu sm keberadaan smartphone qt

      Delete
  12. Banyak promo dan cashbacknya ya mba, ini yg penting hihi.apalagi merchant yg bekerjasama juga udah oke2 punya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih, merchant yg ada sudah familiar banget apalagi buat mommy yg punya anak2 pasti tau lah ya

      Delete
  13. Cashless biar makin kekinian ya mbak...apalagi kalau mudik, bawa uang cash banyak2 malah ngeri dicopet. Mau ke atm sering2 juga ngeri. Cashless kaya gini malah aman

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget, zaman now gak perlu ribet. Ambil praktisnya aja. Pake TCASH bs membantu mengurangi tingkat keribetan kita hehhee...

      Delete
  14. Saya.. saya.. saya.. *tunjuk tangan. Saya merasakan sekali banyak manfaat yg saya dapat dari tcash. Malah kadang bisa buat main games sama si Abang.

    Btw, cerita kita sama yaa ada nama Manggarai. Bedanya saya di stasiun Manggarai, Mba di Manggarai NTT.. xixixi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih, kalo aq sih gak pernah ngegames. Jadi TCASH nya dipake beli2 di merchant, isiin paket data, atau pulsa orang2 gitu aja.

      Delete
  15. Waw ga sangka begitu banyak kemudahan yang diberikan t-cash. Andai saja provider aku pun memberi kemudahan seperti itu. Jadi aman ya Bun, ga perlu bawa-bawa uang banyak, T-cash jadi solusi transaksi di berbagai merchant

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih, apapun providernya, yang penting pake yg menurut bunda lebih menguntungkan aja. Bagus lagi kalo mau nyoba juga pake Telkomsel wkwkwk...

      Delete
  16. Aku juga suka sama promo2 tcash Mba, semakin hemat kalo jajan di mall..hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget, sama kalo gitu wkwkwk... Gak khawatir lagi kalo mau beli2 makanan di luar ya Mbak

      Delete
  17. Aku punya T-Cash dari dua tahun lalu tapi sampai sekarang belum sempat dipake juga haha. Thanks infonya yaa Mba, jadi pengen cepet-cepet isi T-Cash dan merasakan manfaatnya juga :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk Mbak isi saldo TCASH nya, makin mudah sekarang ngisinya. Bisa di Alfamart atau Indomaret terdekat. Tapi kalo aq sih lebih sering ke Alfamartnya.

      Delete
  18. Manggarai, duh kapan ya bisa ke sana lagi.Keinget dulu provider yg bisa dipakai cuma telkomsel haha. Tcash ini mudah ya cara isi maupun cara pakainya, bener2 memudahkan dalam bertransaksi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hooh, ke Manggarai acara apa mom? Travelling ke pulau Komodo kah? Wkwkwk... Aduhai viewnya di sana.

      Delete
  19. Asik ya, Mbak kalau paka TCash. Jadi pengen mengaktifkan juga :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo ayo... Aktifin juga Mbak, dijamin bikin kita makin simple kalo kemana2. Kan banyak merchant juga tuh

      Delete
  20. wah.. Alhamdulillah.. mudik jadi praktis dan asyik dengan adanya t-Cash, solusi traksaksi yg menawarkan kemudahan dan banyak keuntungan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, keberadaan TCASH membantu banget di event mudik aq tahun ini. Sebelumnya juga uda sering dapat rejeki dr TCASH.

      Delete
  21. Ini bener banget kak. Aku pengguna tcash dan dapat banyak banget diskon dan cashback. Seneng selalu kaloke merchant offline.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama deh, bikin makin semangat pake TCASH ya Mbak. Apalagi kalo pas hari2 spesial, pasti makin banyak promo di merchant nya

      Delete
  22. TCASH emang juara banget ya mbak, aku sendiri sebagai pengguna TCASH merasakan kemudahannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yip, sama Mbak... Mudah pemakaiannya, banyak promo merchant juga. Sangat menguntungkan penggunanya.

      Delete

Terima kasih sudah singgah di blog amiwidya.com.
Saya persilakan menambahkan komentar untuk melengkapi postingan blog di atas.
Semoga bermanfaat & menginspirasi buat semua...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel