Featured Post

Tempat Investasi Paling Tepat Bagi Pemula

Pedasnya Nasi Gulung Menjamur Disiram Sup Buah Skippy®


nasi gulung menjamur skippy sup buah skippy


Halo pengunjung blog sekalian, kali ini ada lagi nih menu buatan saya dengan tema yang sama seperti sebelumnya, berjudul:

Menu Camilan Skippy®: Bolu Karakter Skippy® dan Jus Tape Skippy®

Di menu ini masih menggunakan bahan unggulan seperti Menu Camilan yang sudah saya posting di minggu lalu, yaitu selai kacang Skippy® alias Skippy® Peanut Butter. Tapi yang saya posting kali ini bukan menu camilan lagi, lebih cocok bila disantap untuk menu makan siang. By the way, mengapa sih selalu memakai Skippy® Peanut Butter? Yah, karena memang rasanya itu benar-benar maknyus di lidah dan selai kacangnya sangat berasa. Jadi selain mendapatkan hasil masakan yang istimewa, kita juga bisa menghemat pengeluaran. Sebab menggunakan Skippy® Peanut Butter sendiri sudah menghemat bahan baku. Ambil Skippy® Peanut Butter sedulit, rasanya sudah melangit (yang begini ini kesukaannya emak-emak nih biasanya). Cobain sendiri deh nanti, pasti bikin ketagihan, ingin nambah makan lagi dan lagi. Di sini saya tidak menyarankan makanan untuk para pembaca yang sedang diet ketat ya. Karena dijamin bisa memporakporandakan aturan dietnya. Jadi bagi pengunjung yang sedang diet, sebaiknya stop membaca sampai di sini daripada semakin tergiur untuk mencoba makan. Heheee...

Pasti sudah semakin penasaran ya, apa sih nasi gulung menjamur itu? Kenapa harus disiram sup buah Skippy® juga? Sabar, sebentar lagi akan saya bahas di artikel ini. Sebelumnya, saya ingin menanyakan apakah di antara para pengunjung ada yang pernah mendengar istilah “nasi gegok”, makanan khas dari Trenggalek? Nah, barangkali ada yang sudah tahu, atau setidaknya pernah mencicipi langsung rasanya, nasi gulung menjamur ini mirip-mirip seperti itu lah. Hanya saja bahan filled nya tidak menggunakan ikan teri. Namun menggunakan jamur tiram. Kalau tentang pedasnya, saya rasa itu sesuai selera masing-masing. Ada yang suka pedas, ada yang suka sedang, ada yang tidak suka pedas. Ini nanti akan berpengaruh pada penambahan cabainya. Terserah yang masak ingin menambahkan cabai sebanyak apa nantinya.

Saya mencoba berinovasi dari nasi gegok, karena sebagian orang ada yang alergi jika makan makanan yang mengandung protein tinggi seperti ikan atau telur. Jadi di sini saya memilih menggunakan filled jamur tiram supaya rasanya lebih segar dan tidak menimbulkan reaksi alergi pada semua orang. Baiklah, langsung saja saya tuliskan bahan-bahan yang diperlukan beserta cara untuk membuat nasi gulung menjamur di sini. Nanti kira-kira akan jadi sebanyak 5 gulungan berukuran sedang. Porsi sajian menyesuaikan, kira-kira untuk 3 sampai 5 orang.

Bahan pembuatan nasi gulung menjamur:
  • 200 gr jamur tiram
  • Satu piring nasi putih (sudah masak)
  • Daun pisang secukupnya untuk pembungkus nasi, bersihkan


bahan nasi gulung menjamur skippy

Bahan bumbu oles untuk memanggang jamur:
  • 2 siung bawang merah
  • 1 siung bawang putih
  • 3 buah cabai rawit
  • 1 sdm kecap manis
  •  ½ sdt garam


Bahan bumbu utama nasi gulung menjamur:
  • 2 sdm Skippy®Peanut Butter
  • 2 sdm minyak goreng
  • 3 siung bawang merah
  • 2 siung bawamg putih
  • 2 buah cabai merah besar
  • 3 buah cabai rawit
  • 40 gr gula merah disisir
  •  ½ sdt garam
  • 200 ml air
  • Kecap manis secukupnya


cara membuat nasi menjamur skippy

Cara membuat nasi gulung menjamur:
  1. Siapkan alat dan bahan untuk membuat nasi gulung menjamur
  2. Cuci bersih jamur tiram, lalu diperas, dan tiriskan dahulu
  3. Tumbuk sampai halus bahan bumbu oles yang telah disiapkan
  4. Ambil jamur tiram yang sudah dicuci bersih, aduk rata dalam bumbu oles yang sudah dihaluskan
  5. Lalu rendam jamur tiram dalam bumbu oles selama kurang lebih 5 menit supaya bumbu oles merasuk
  6. Ambil alat pemanggang, lalu panggang jamur tiram yang sudah direndam dalam bumbu oles tadi sampai terlihat kecoklatan
  7. Iris jamur tiram sesuai selera (bisa juga disuwir-suwir menggunakan tangan), kemudian sisihkan
  8. Tumbuk sampai halus bumbu utama untuk membuat nasi gulung menjamur (bawang merah, bawang putih, cabai merah, dan cabai rawit)
  9. Siapkan wajan, lalu panaskan minyak goreng
  10. Masukkan bumbu utama yang sudah dihaluskan tadi
  11. Saat sudah tercium bau harum bumbunya, masukkan Skippy®Peanut Butter sambil diaduk sampai rata
  12. Masukkan air, lalu aduk lagi sampai rata
  13. Ketika air sudah mendidih, masukkan gula merah dan garam, aduk terus sampai rata
  14. Tuangkan kecap manis secukupnya, aduk sampai rata
  15. Angkat bumbu utama, tuangkan pada jamur tiram yang sudah dipanggang tadi
  16. Siapkan nasi, letakkan di atas daun pisang yang sudah dibersihkan
  17. Ambil jamur tiram yang sudah dibumbui tadi, letakkan di tengah nasi secukupnya saja
  18. Bungkus nasi dan jamur tiram dengan cara digulung daun pisang
  19. Lakukan lagi sampai nasi dan jamur tiram yang tersedia habis dibungkus daun pisang
  20. Siapkan kukusan, lalu tuangkan air secukupnya untuk mengukus nasi gulung menjamur
  21. Tunggu sampai air mendidih, jika sudah, masukkan nasi gulungnya satu persatu sambil ditata agar tempatnya muat
  22. Kalau sudah dimasukkan semua, tutup kukusan dan tunggu sampai kurang lebih 30 menit
  23. Angkat nasi gulung menjamur, dan siap untuk disajikan selagi masih hangat
Membuat nasi gulung menjamurnya sudah, sekarang kita lanjut dengan membuat sup buah Skippy®. Menikmati makanan yang pedas-pedas kurang mantap kalau belum ada pengurai panasnya kepedasan. Makanya nanti dilanjut siram dengan manisnya sup buah Skippy® seusai makan nasi gulung menjamur.

Bahan untuk membuat sup buah ini nanti bisa disesuaikan dengan ketersediaan bahan dan selera masing-masing ya. Kalau saya memakai bahan-bahan seperti di bawah, sebenarnya bisa diambahkan bahan lain atau digantikan. Misalnya ditambah agar-agar, puding, telasih (biji kemangi), atau alpukat. Yup, mari kita mulai membahas pembuatan sup buah Skippy® supaya tidak semakin haus dan kepedasan.

bahan membuat sup buah skippy

Bahan pembuatan sup buah Skippy®:
  • Buah nanas secukupnya, kupas, lalu potong dadu
  • Buah naga secukupnya, kupas, lalu potong dadu
  • Buah melon secukupnya, kupas, lalu potong dadu
  • 250 ml air putih
  • 60 ml susu kental manis
  • ½ sdm Skippy® Peanut Butter
  • Es batu secukupnya


Cara membuat sup buah Skippy®:
  1. Siapkan alat dan bahan untuk membuat sup buah Skippy®, cuci bersih semuanya
  2. Ambil gelas besar, lalu masukkan es batu ke dalamnya
  3. Masukkan pula semua buah yang sudah dikupas dan dipotong dadu
  4. Siapkan blender, lalu masukkan air, susu kental manis, dan Skippy® Peanut Butter, kemudian nyalakan blender sampai semua bahan tercampur rata
  5. Matikan blender, kemudian tuangkan isinya ke dalam gelas berisi buah dan es batu tadi
  6. Sup buah Skippy® siap untuk dihidangkan


cara membuat sup buah skippy

Terakhir, sajian nasi gulung menjamur dan sup buah Skippy®nya siap untuk disantap. Semoga resep dari saya kali ini bisa menginspirasi para mommy, chef, adik-adik yang dari tata boga, juga semua kalangan yang ingin belajar masak-memasak. Barangkali ada kekurangan dari rasa ataupun tampilan makanannya, saya mohon maaf sebesar-besarnya karena postingan ini hanya contoh. Sedangkan selera lidah masing-masing orang sudah pasti banyak memiliki perbedaan. Rasa enak atau tidaknya dari makanan itu sendiri hanya masalah selera. Ok, tetap semangat belajar memasak, juga selamat praktik memasak nasi gulung menjamur dan sup buah Skippy®.
nasi gulung menjamur sup buah skippy
Disclaimer:
Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan dan Praxis sebagai perwakilan SKIPPY® Peanut Butter Indonesia

6 Responses to "Pedasnya Nasi Gulung Menjamur Disiram Sup Buah Skippy®"

  1. wah yummynya, kalau aku sih maunya tinggal maem sih

    ReplyDelete
  2. Sepertinya mantap tuh sup buah dicampur skippy. Skippy mah emang enak banget, kalo saya langsung ta olesi ke roti gandum plus mentega elle, rasanya luar biasa mantap. Good luck buat lombanya...

    ReplyDelete
  3. Waaah boleh juga resepnya, sepertinya enakkk.. Terima kasih sudah sharing :)

    ReplyDelete

Terima kasih sudah singgah di blog amiwidya.com.
Saya persilakan menambahkan komentar untuk melengkapi postingan blog di atas.
Semoga bermanfaat & menginspirasi buat semua...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel