Featured Post

#BukaInspirasi di Era Revolusi Industri 4.0

Kartini Zaman Kiwari Berkesempatan Merancang Energi Masa Depan Dalam Kompetisi Shell Eco-marathon

Kartini-shell-eco-marathon

Sekarang masih dalam bulan April, bulan yang identik dengan peringatan Hari Kartini bagi Rakyat Indonesia, tepatnya pada tanggal 21 April kemarin. Sudah lewat beberapa hari, namun masih di bulan yang sama. Jadi belum terlalu terlambat kan, kalau saya membahas sesuatu yang berhubungan dengan Hari Kartini di blog ini? Hari Kartini sendiri merupakan salah satu hari yang teramat istimewa bagi kaum Hawa. Karena Hari Kartini identik dengan yang namanya emansipasi wanita. Emansipasi wanita merupakan suatu gebrakan baru di mana para wanita Indonesia masa kini sudah mulai bisa merasakan kesetaraan gender dengan laki-laki.

Para wanita Indonesia sekarang sudah bisa menduduki profesi-profesi tertentu yang dulunya hanya bisa dikerjakan oleh laki-laki. Asalkan wanita itu mau dan mampu serta menguasai keilmuan di bidang tersebut, tidak menutup kemungkinan dia bisa menjadi lebih senior daripada laki-laki yang sama-sama berprofesi di satu bidang.

Kontribusi Wanita dalam Bidang Teknik dan Teknologi

Saat ini, hampir seluruh bidang keilmuan dan profesi telah dirambah kaum wanita. Bahkan beberapa di antaranya, kini lebih diminati oleh kaum wanita daripada laki-laki. Seperti di bidang pendidikan, kebanyakan guru sekarang berasal dari kaum wanita. Padahal dulunya sebelum masa Kartini berkecimpung di dalam dunia pendidikan di Indonesia, kaum wanita ini hanya memainkan peran sebagai “kanca wingking” (bahasa Jawa). Atau bisa disebut sebagai “teman belakang”, yang artinya wanita hanya berperan di rumah tanpa boleh menunjukkan kiprahnya di dunia luar.

persentase wanita di teknikBermula dari bidang pendidikan, semakin lama para wanita juga merambah bidang keilmuan dan profesi lainnya. Di bidang teknik dan teknologi misalnya, meskipun belum banyak para wanita yang berperan aktif di dalamnya tetapi sudah ada persentase wanita yang menjajaki bidang tersebut. Hingga saat ini, dari 20% wanita lulusan teknik, sekitar 11% bekerja sebagai insinyur.

Adalah perusahaan energi terkemuka di dunia, Shell namanya. Shell sudah mempekerjakan sekitar 93.000 karyawan dan beroperasi di lebih dari 70 negara. Kantor pusatnya ada di Den Haag, Belanda. Perusahaan ini juga telah berkomitmen untuk membantu wanita mencapai peran senior di bidang teknik dan teknologi. Tujuannya untuk #makethefuture dengan mengatasi kesenjangan gender yang terjadi antara laki-laki dan wanita di profesi bidang teknik dan teknologi. Sebab selama ini, bidang teknik dan teknologi identik dengan pekerjaan kaum laki-laki saja.

kontribusi wanita di shell


Dalam lima tahun terakhir ini, Shell telah meningkatkan persentase perwakilan wanita di Dewan Direksi dari 8% menjadi 33%. Shell juga menghitung persentase wanita dalam posisi kepemimpinan senior. Keberadaanya mengalami peningkatan dari 16% pada tahun 2012 menjadi 22% pada tahun 2017. Lebih dari 40% karyawan perusahaan Shell yang berkontribusi ke dalam bidang Sains, Teknologi, Teknik, dan Matematika (STEM) sekarang adalah wanita. Dengan adanya dukungan Shell untuk STEM, akan membuat Shell terus bergairah dalam memberdayakan dan melengkapi generasi masa depan dengan keterampilan yang akan membantu mereka sukses di dunia yang terus mengalami perubahan.

Selain menawarkan secara terbuka ketenagakerjaan bagi kandidat wanita, Shell juga berusaha secara aktif mendorong mereka untuk meningkatkan keahlian dan kreativitasnya. Cukup banyak bukan kontribusi Shell untuk para wanita? Jadi jangan lagi dipikir bahwa dunia teknik dan teknologi itu hanya tersedia bagi kaum Adam.

Peran Serta Wanita Zaman Kiwari dalam Shell Eco-marathon

Saya yakin, sebagian besar para wanita pasti asing dengan kata “Shell Eco-marathon”, termasuk saya pribadi pada awalnya. Namun setelah saya membaca berbagai berita yang diterbitkan di berbagai situs berita daring, juga berkunjung ke situs website Shell sendiri, akhirnya saya mengerti apa yang dimaksud dengan “Shell Eco-marathon”. Yaitu sebuah kompetisi tahunan untuk merancang kendaraan yang sangat efisien bahan bakarnya namun tetap dapat melaju kencang. Kompetisi yang diikuti oleh berbagai tim dari seluruh penjuru dunia ini diselenggarakan oleh perusahaan Shell, makanya diberi nama “Shell Eco-marathon”.

Apa tujuan diadakannya kompetisi ini? Tentu demi #makethefuture, menciptakan masa depan penggunaan energi yang lebih baik dengan merancang kendaraan seperti yang telah disyaratkan oleh Shell. Kendaraan rancangan para tim ini memang belum diperjualbelikan dan dipasarkan di dunia. Namun diharapkan ke depannya bisa menjadi inovasi dan membuka inspirasi para perancang kendaraan bermotor agar bisa menciptakan kendaraan yang hemat energi, ramah lingkungan, tapi tetap handal dalam kecepatannya.
Acara Shell Eco-marathon pada tahun 2018 ini telah diselenggarakan di berbagai negara, di antaranya:
  1. Benua Asia pada tanggal 8-11 Maret di Singapura
  2. Benua Amerika pada tanggal 19-22 April di Sonoma, California
  3. Benua Eropa pada tanggal 5-8 Juli di London, Inggris.
Hasilnya? Bagaimana dengan Indonesia tercinta? 

Kita patut bangga dengan Tim dari Indonesia, karena mereka mampu menyabet lima kejuaraan Driver's World Championship Regional Asia dalam acara Shell Eco-marathon secara berturut-turut di Singapura kemarin. Sungguh keren dan luar biasa bukan?! Driver's World Championship ini merupakan bagian dari #makethefuture Shell Eco-marathon yang memilih pengemudi terhandal dan dapat mengemudikan kendaraan dengan cepat namun masih tetap hemat energi.

Mereka yang berprestasi di juara 1 itu adalah Tim Semar Urban UGM (Universitas Gadjah Mada), kedua diduduki oleh ITS Team 2 (Institut Teknologi Sepuluh Nopember), ketiga diraih Garuda UNY ECO TEAM (Universitas Negeri Yogyakarta), keempat oleh Nogogeni ITS Tim 1 (Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya), dan kelima diraih oleh Tim Bumi Siliwangi dari  UPI (Universitas Pendidikan Indonesia). Sekarang mereka sedang bersiap-siap untuk bersaing dalam babak final di event adu cepat Shell Eco-marathon bulan Juli mendatang yang akan diselenggarakan di Negara Inggris. 
Mohon dukungan dan doa dari seluruh Warga Negara Indonesia agar mereka juga bisa lolos dalam babak final ini nantinya. Aamiin...
Sumber: shell.co.id
Lalu apa hubungannya dengan para wanita? Yup, karena wanita yang menggeluti bidang teknik dan teknologi masih sangat sedikit, walhasil yang berkecimpung dalam Shell Eco-marathon juga terbatas. Tapi jangan salah, para wanita yang sedikit jumlahnya ini menurut saya sudah sangat mewakili Kartini zaman kiwari, Kartini Masa Kini yang “kekinian” dalam istilah familiarnya.

Coba deh, amati berbagai hasil jepretan berikut, terlihat nyata bagaimana kontribusi para wanita dalam bidang teknik dan teknologi untuk mengembangkan keilmuan tentang efisiensi pemanfaatan energi di masa depan. Jangan berpikir bahwa mereka hanya dari negara-negara luar, wanita dari tim Indonesia juga ada loh. Bahkan ada beberapa di antara para wanita yang berperan sebagai driver kendaraan dalam kompetisi yang bergengsi ini. Meskipun di antara mereka belum bisa memenangi ajang kompetisi, namun kiprahnya sudah sangat luar biasa.

peran wanita di shell eco marathon
Sumber:  www.flickr.com/photos/shell_eco-marathon

Bagaimana? Sangat membanggakan bukan?! Pastinya, mereka telah mengasah bakat dan keilmuannya selama bertahun-tahun di bidang tersebut, sehingga mampu ikut serta dalam kompetisi dunia semacam Shell Eco-marathon ini. Sungguh hal ini merupakan suatu hal yang patut dicontoh oleh para remaja wanita generasi penerus bangsa. 

Bagaimana dengan kita? Saya yakin, masih banyak di antara Anda para wanita masa kini yang berjuang di bidang keahlian masing-masing. Masih banyak pula para wanita di luar sana yang bisa menginspirasi banyak pihak dengan keanggunannya yang tetap melekat. Sedangkan saya, masih di sini berteman dengan gawai dan laptop untuk mengotak-atik blog yang masih sangat sederhana dan acak-acakan ini. Akhir kata saya ucapkan,

”Selamat Hari Kartini untuk seluruh wanita Indonesia.”

Semoga kita bisa tetap berkarya semaksimal mungkin di manapun kita berada, kapanpun waktunya, dan di bidang apapun sesuai dengan passion kita masing-masing.

kata mutiara kartini

36 Responses to "Kartini Zaman Kiwari Berkesempatan Merancang Energi Masa Depan Dalam Kompetisi Shell Eco-marathon"

  1. Engineer wanita sekarang makin banyak jumlahnya. Kesempatan yang makin terbuka seharusnya bikin kita semakin berani unjuk kemampuan dan pengetahuan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget... Bangga sama mereka. Suka lihat wanita bisa ikut kompetisi macam ini. Padahal dulu cm ada laki yg ikutan

      Delete
  2. ya semakin banyak pula yang berminat di bidang ini ya, walau tak seberapa tapi bisa mensejajarkan diri dg pria

    ReplyDelete
  3. Kalau desain mobil menyerah buat ikutan. Harapan mobil masa depan bisa terbang dan hemat energi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. 😅 bisa terbang biar gak macet ya? Gak laku dunk pesawat terbangnya kalo mobil pun bisa terbang. Berasa punya pesawat terbang pribadi semua jadinya.

      Delete
  4. Membanggakan sekali ya mbak pastinya, wanita Indonesia makin berjaya dengan kemampuannya. moga makin banyak yg ikut jejak sukses mereka. Kartini jaman now, emang keren2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sip... Wanita pun bisa menggeluti bidang enginer yg sedari dulu cuma jadi kerjaan para pria. Semoga ke depannya para wanita juga semakin berprestasi di bidang ini.

      Delete
  5. Hai mbak Aminnatul..jujur saya juga tadinya ga tau lho Shell Eco marathon itu apa, kirain seperti lomba maraton olahraga. Setelah baca artikel mbak jadi tau deh..Salut ya ternayata banyak juga pesertanya yang perempuan. Apalagi Shell juga mendukung keterlibatan perempuan di perusahaannya. Salut, nice article mbak..Makasih ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, gak perlu minder lagi jadi wanita. Sekarang semakin banyak perusahaan yang menghargai kemampuan wanita di berbagai bidang, juga mempekerjakan para wanita & memberikan hak yg sepadan dg kerjaannya.

      Delete
  6. Inovasi dari shell terus berkembang. Dengan begitu bakal eksis lama. Sukses buat shell yang semakin ramah di masyarakat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, semoga makin berjaya ke depannya. Tentunya dg menghadirkan berbagai terobosan baru di bidangnya ya. .

      Delete
  7. Saatnya wanita berkiprah ya mba. Jadi ingat waktu mahasiswa ikut konferensi energi Pertamina, saat itu dirutnya bahkan seorg wanita. Masya Allah~ smeoga wanita Indonesia makin sukses di dalam dan di luar ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, gak perlu berkecil hati lagi. Sekarang banyak kok wanita yg menunjukkan kemampuan di bidang ini. Bahkan bs jadi pimpinannya ya... Salut deh

      Delete
  8. turut bangga melihat kiprah wanita di bidang yang dianggap hanya untuk kaum pria
    hal ini menunjukan wanita juga mampu dan punya potensi yang luar biasa
    semoga mereka makin berkiprah
    semoga makin banyak yang punya prestasi khususnya di shell eco marathon

    ReplyDelete
    Replies
    1. Like this. Semangat buat para wanita semuanya termasuk kita2 yg berkutat di dunia kepenulisan.

      Delete
  9. Wah keren itu 5 besar juara dari tim univ ternama kita. Hebat euy bisa lolos hingga ke Inggris. Duh didoain semoga menang disana. Bangga deh. Semangaaat!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin... Semiga prestasi itu bisa melekat di salah satu tim dari indonesia. Atau semuanya juga boleh. Bakal semakin membanggakan deh nantinya.

      Delete
  10. Benerrrrr bangettttt Mba sekarang banyak perempuan yang berpendidikan tinggi lebih banyak berkarier di luar bahkan bidangnya laki-laki pun bisa mereka rambah. Bener2 keren ya perempuan itu. Walau begitu, semoga tidak melupakan kodrat kita sebagai pendidik dan madrasah pertama kita di rumah. Aaaminnn

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, setinggi-tingginya prestasi para wanita di kiprahnya pada dunia luar rumah tangga, tetap prestasi yg terbaik adalah mendidik buah hati masing2.

      Delete
  11. Peran wanita sudah begit besarnya ya kak dan bisa dikatakan hak hak wanita zaman sekarang sudah lebih memadai. Wanita pun tak kalah untuk bidang bidang tertentu.

    ReplyDelete
  12. Iya, kini semakin banyak wanita yang mulai menunjukkan kiprahnya di berbagai bidang yg dulu cuma digeluti para lelaki. Semangat! Kita bisa!

    ReplyDelete
  13. Selamat Hari Kartini! Sekarang sudah banyak perempuan yang minat di bidang STEM, dan sekarang jurusan teknik juga sudah ada para wanita perkasa didalamnya. Ga kalah kok sama para lelaki hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget... Semangat buat para enginer wanita. Semoga ke depannya para wanita ini bisa semakin berkiprah di bidang teknik ini ya.

      Delete
  14. Semakin meluas talenta seorang wanita. Apapun bisa dikerjakan. Aku selalu mendukung wanita menjadi seorang engineering karena bisa menangani masalah besar dan bertanggung jawab penuh pada pekrjaan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, bener banget. Karena para wanita uda terbiasa kerja banyak hal dalam satu waktu di pekerjaan rumahnya. Jadi tak hanya sbg ibu rumah, wanita kini jg bs unjuk gigi di bidang pekerjaan luar rumahnya.

      Delete
  15. Selamat untuk Indonesia yang menyabet 5 juara di Shell Eco Marathon ajang kompetisi bergengsi yang digelar oleh Shell. Semangat buat Kartini Kiwari semoga terus menginspirasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Right! Semoga ntar juga bisa menyabet juara di kompetisi selanjutnya ya. Biar makin bergengsi di mata dunia.

      Delete
  16. Gimana pun aku bersyukur karena terlahir di Indonesia dan menjadi generasi penerus Kartini, apalagi saat ini sudah banyak perempuan Indonesia yang berjaya di segala bidang kehidupan, bahkan dalam pekerjaan yang dulunya hanya dipercayakan pada para lelaki. Dan semoga Kartini Kiwari terus menginspirasi perempuan Indonesia meraih lebih banyak prestasi ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin... Semangat memajukan kehidupan bangsa, terus berkarya & menginspirasi lewat segala bidang yang kita geluti.

      Delete
  17. Aamiin... semoga lolos hingga babak final nanti.. ikut bangga aku juga dengernya.. hebat-hebat karya Kartini Kiwari ❤️

    ReplyDelete
    Replies
    1. Doakan terus, biar tim dari Indonesia semakin melangit prestasinya

      Delete
  18. Meskipun udah lewat, tapi semangat hari kartini harus terus menyala ya Mba. Anyway, suami saya adalah salah satu pelanggan setia shell karena after servicenya yang oke. Kendaraan dilapin dulu, petugasnya pun sopan. Sukses terus ya Shell

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, harga memang sesuai sama kualitas ya Mbak. Shell emang ok!

      Delete
  19. Hihiii.. aku jadi mengharu biru setelah baca ini.. jadi ingat jaman saat2 megang obeng, solder, ngitungin arus, dll.. Semuanya wanita juga bisa.. walau harus kembali ke kodratnya saat melahirkan baby.. Wanita itu luarrr biasaaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, mbaknya dr jurusan teknik juga ya? Salut deh... Pasti banyak teman prianya waktu kuliah di teknik ya Mbak? 😅

      Delete

Terima kasih sudah singgah di blog amiwidya.com.
Saya persilakan menambahkan komentar untuk melengkapi postingan blog di atas.
Semoga bermanfaat & menginspirasi buat semua...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel