Tuesday, February 14, 2017

Cara Upgrade Kartu 4G Telkomsel dan Daftar Full Member T-Cash


Terima Kasih Telkom Indonesia

Terima kasih Telkom Indonesia
Sebelum ke inti cerita, terlebih dahulu melalui tulisan ini saya ingin mengucapkan syukur ke hadirat Tuhan serta terima kasih sedalam-dalamnya kepada pihak Telkom Indonesia dan Telkomsel. Karena dengan dikirimnya hadiah sebagai juara ke-2 berupa uang tunai hasil event lomba blog #IndonesiaMakinDIgital dari Telkom Indonesia, akhirnya saya mampu membeli smartphone baru yang lebih baik spesifikasinya daripada yang lama. Meskipun bukan tergolong smartphone kelas atas, namun ini saya rasa sudah cukup membantu keperluan saya sehari-hari.
Hadirnya smartphone baru, mengharuskan saya untuk segera menukarkan SIM card ke Grapari Telkomsel. Karena selama ini SIM card saya masih berupa micro SIM dan belum menggunakan layanan internet di jaringan 4G. Sedangkan smartphone yang baru, sudah disediakan tempat untuk nano SIM serta memungkinkan pengguna untuk mengakses internet melalui jaringan 4G. Intinya, lebih canggih daripada yang sebelumnya saya punya.
 
Grapari Telkomsel Gresik

Begitu smartphone sudah ada di genggaman, langsung deh keesokan harinya sekitar pukul 09.00 WIB saya berangkat ke Grapari Telkomsel Gresik bersama sang buah hati yang masih berusia 20 bulan. Seperti biasa, karena jarak yang ditempuh tidak terlalu jauh yaitu hanya sekitar 2 Km, maka saya pergi ke sana dengan mengayuh sepeda kesayangan milik suami. Hitung-hitung sebagai olah raga dan menghemat uang transportasi. Lagi pula tidak ada sepeda motor lain di rumah selain satu-satunya yang dipakai pergi pulang bekerja oleh suami saya. Tidak apalah jalanan berangkat ke Grapari Telkomsel sedikit menanjak, karena berarti pulangnya akan melewati turunan. Sesampainya di tempat tujuan, satpam mempersilakan saya untuk memarkir di kawasan parkir sepeda motor saja. Saya lihat ke sekeliling, ternyata hanya sepeda kayuh saya yang terpampang di sana. Yah, itu berarti yang lainnya datang ke Grapari Telkomsel dengan berkendara kendaraan roda empat dan sepeda motor. Atau mungkin... berjalan kaki?!

Persiapkan KTP untuk Upgrade Kartu 4G
Percaya diri sajalah saya masuk menggendong batita, begitu pintu dibukakan oleh petugas, saya langsung ditanya tentang keperluan datang. Saya jawab ingin upgrade kartu 4G, dan beliaunya pun langsung mempersilakan saya menuju sebuah mesin untuk melakukan upgrade secara mandiri. Sambil menunggu antrean satu orang, lagi-lagi saya merasa ada sesuatu yang sepertinya kurang pas. Saya berpikir sejenak... Yap, ternyata saya berangkat dari rumah mengenakan sandal japit, baju sedikit basah karena keringat seusai mengayuh sepeda, dan tampang lusuh khas emak-emak rempong. Saya melihat pengunjung yang lain, semua berpakaian rapi, bersih, dan wangi. Para wanita juga berdandan cantik apalagi petugas-petugasnya. Berasa ingin menertawakan penampilan sendiri kalau sudah begini. Tapi gak masalah ya, yang penting anak gak rewel itu sudah sangat membantu. Biarlah dia berlari-lari berteriak kian kemari asalkan tidak mengganggu orang lain.
Petunjuk Upgrade Kartu 4G

Begitu giliran tiba, saya langsung menuju mesin upgrade kartu. Tidak perlu dipandu petugas, karena di sana sudah terpampang cara menggunakan mesin untuk upgrade kartu 4G. Sebelumnya, perlu disiapkan KTP dan smartphone berisi nomor Telkomsel yang akan diupgrade. Karena ada kode verifikasi yang akan dikirim melalui SMS ke nomor tersebut. Jangan lupa juga pastikan terlebih dahulu ukuran kartu SIM di smartphone karena nanti akan muncul pilihan ukuran mikro SIM ataukah nano SIM.

Mesin untuk Upgrade Kartu 4G
Ketika proses selesai, kartu 4G pun langsung keluar dan siap untuk digunakan. Tidak lupa saya mampir ke stand penjualan pulsa untuk mengisi pulsa. Ketika urusan selesai, saya buru-buru pulang dan sesegera mungkin menggendong si kecil agar tidak berlama-lama berlarian di dalam kantor. Sesampainya di rumah, saya tunggu-tunggu pulsa belum juga masuk. Bahkan sampai pukul 13.00 WIB tidak ada tanda-tanda pulsa bertambah.


Akhirnya, nekat saya balik lagi ke Grapari Telkomsel untuk menanyakan perihal pengisian pulsa, barangkali salah nomor dan sekalian saya ingin mendaftar full member T-Cash di sana. Kebetulan rekening bank saya hanya terdaftar SMS Banking dan belum memiliki fitur e-banking jadi tidak bisa transaksi lebih dari satu juta melalui smartphone. Sedangkan full member T-Cash mendukung layanan transaksi lebih dari satu juta. Ini sudah cukup sesuai dengan yang saya butuhkan. Lalu, apa Anda bisa menebak yang terjadi? Ternyata sedang ada gangguan server, jadi mendaftar T-Cash pun hanya bisa sebagai basic member. Oleh petugas, saya dipersilakan datang lagi keesokan harinya. Hmmm... peluh di siang bolong sudah mengucur, ternyata keinginan terhalang gangguan server.
Kartu 4G Telkomsel


Jadi deh untuk ketiga kalinya saya balik ke Grapari Telkomsel Gresik. Tentu saya datang dengan harapan bisa terselesaikan keperluan saya hari itu juga. Tetapi... server berkata lain, dia sedang mogok alias rusak. Hal ini mengakibatkan semua aktivitas Grapari Telkomsel dihentikan untuk sementara sambil menunggu layanan perbaikan dari Jakarta. Tidak diketahui kapan bisa beroperasi kembali dengan normal. Begitu informasi yang saya peroleh dari satpam. Saya hanya bisa menagih pulsa yang belum masuk dari kemarin. Untung urusan yang satu ini bisa beres. Sehingga saya pulang tidak pulang kosong atau dikatatan masih membawa hasil.

Ternyata ada juga pengalaman lain pulsa tidak terkirim dengan nominal sama seperti yang saya beli
Kali keempat saya datang ke Grapari Telkomsel di minggu berikutnya. Kedatangan saya ini membuahkan hasil sesuai dengan yang saya inginkan. Yup, cukup menunjukkan KTP dan nomor telkomsel yang dipakai, saya pun berhasil mendaftarkan nomor Telkomsel saya menjadi full member. Selain itu, stiker T-Cash juga berhasil saya dapatkan setelah isi saldo T-Cash untuk pertama kalinya di Grapari Telkomsel. Setelah stiker T-Cash di tangan, langsung deh tempelkan di smartphone. Rekomendasinya sih di pojok belakang kanan atas, tapi ditempelkan di tempat lain yang tidak mengganggu juga boleh kok. Stiker ini berguna saat kita berbelanja di merchant T-Cash, asal ada saldo yang mencukupi ya tinggal scan stikernya di sana, gak perlu lagi bawa uang banyak-banyak. Praktis bukan?!