MELANGITKAN IMAJINASI ANAK BERSAMA LANGIT MUSIK


Musiknya hidup kamu
Musiknya kehidupan di sekitarmu
Musikkan kehidupanmu
Musikkan kehidupan keluargamu
Bersama Langit Musik


Musik mempunyai nilai seni tersendiri bagi para penggemar dan penikmatnya. Hampir setiap orang yang menyukai musik tentu memiliki cara-cara tersendiri untuk menikmatinya. Para penggemar musik bisa dipastikan sudah menjadikan musik sebagai teman sehari-hari yang sangat akrab di telinga mereka. Tidak hanya digemari dan dinikmati, namun musik juga bisa membangkitkan seseorang akan suatu kenangan ketika mendengar musik tertentu. Karena musik tersebut sudah menjadi bagian yang mengisi memori di hidupnya.


Tidak hanya orang dewasa, anak-anak, bahkan janin dalam kandungan pun juga bisa menikmati alunan suara merdu yang didengarnya. Ibu yang pernah mengandung pasti bisa merasakan sang janin yang bergerak di dalam perut ketika diperdengarkan suara-suara dari luar. Terbukti berbagai manfaat bisa dirasakan tiap insan saat bercengkrama bersama musik. Itulah alasan yang menjadikan musik sangat berarti bagi kehidupan.

Begitu pentingnya peranan musik dalam menemani hari-hari setiap orang, membuat mereka yang ingin memperoleh musik secara gratis kian merajalela. Dampaknya kini bertebaran musik-musik yang diperoleh secara ilegal. Diketahui atau tidak, ini jelas tidak etis dan sangat tidak menghargai karya orang lain. Menulis begini, penulis ini juga belum tentu lepas dari mendapatkan musik secara ilegal ya... Tapi, saya sekarang mulai mencari cara lain mendapatkan musik secara legal agar saya tidak lagi dicap sebagai orang yang tidak bisa menghargai karya orang lain. Nah, dari sini saya akan menceritakan sedikit, bagaimana awal mulanya tertarik menggunakan salah satu aplikasi berisi musik-musik yang sudah legal persembahan dari Telkomsel, yaitu aplikasi Langit Musik.


Penggunaan Musik sebagai Media Belajar Anak

Mempunyai smartphone dilengkapi jaringan 4G, otomatis harus dimanfaatkan sebaik-baiknya. Salah satu pemanfaatannya adalah dengan menginstall aplikasi-aplikasi seabrek yang selalu menemani hari-hari saya. Mulai dari aplikasi sosial media, chatting, belanja online, hiburan, dan sebagainya. Tidak ketinggalan, Langit Musik menjadi salah satu aplikasi pilihan yang mengisi smartphone saya. Karena aplikasi yang satu ini saya rasa cukup membantu kegiatan sehari-hari terutama dalam hal menjalankan kewajiban mendidik anak.

Mendidik anak memang bukan hal yang mudah, seringkali menjadikan emosi naik turun. Namun saya berusaha belajar dan terus belajar mengelola emosi. Karena si kecil pun nyatanya juga seorang manusia yang memiliki emosi dan keinginan tersendiri. Sama saja dengan manusia dewasa seperti kita. Berbagai luapan emosi menakjubkan itu bisa kita barengi dengan berbagai sarana, musik menjadi salah satunya.
 
Berperan sebagai pendidik anak yang paling utama, menjadi orangtua juga harus pandai memanfaatkan apa yang ada di lingkungan sekitar untuk media pembelajaran bagi sang buah hati. Apalagi untuk anak usia dini yang pasti sangat menyukai kegiatan bermain. Kita selalu menyaksikan di sekolah-sekolah untuk anak usia dini, mereka diajak belajar sambil bermain dan bernyanyi. Bahkan sering juga diadakan kegiatan jalan-jalan di luar sekolah. 
Bermain sambil belajar memelihara binatang

Nah, yang akan saya tekankan di sini adalah penggunaan musik sebagai media belajar anak. Tentu saja saya menggunakan aplikasi Langit Musik untuk mencari lagu-lagu yang sesuai dengan anak saya. Selain itu, saya tidak bisa lagi menggunakan smartpone hanya untuk kesenangan dan keperluan pribadi. Sebisa mungkin saya selalu mengambil hal-hal positif di sekitar yang bisa dimanfaatkan untuk proses tumbuh kembang buah hati. Juga sesering mungkin melibatkan dia dalam setiap kegiatan sehari-hari agar terbentuk suatu kebiasaan baik sehingga terciptalah kedisiplinannya kelak. 
 

Lagu pilihan yang cocok untuk belajar anak

Memang berdasarkan berbagai penelitian, anak-anak usia dini tidak diperkenankan menggunakan smartphone terlalu lama karena dikhawatirkan berdampak buruk pada kesehatan fisik dan psikisnya. Oleh sebab itu, kita sebagai orangtua harus belajar mengarahkan mereka, mengajari bagaimana memanfaatkan smartphone dengan bijak, mengajari bagaimana memanajemen waktu agar tidak terus-menerus menatap layarnya. Jangan lupa untuk mengawasi mereka saat berinteraksi dengan benda digital yang satu ini. Tahan dulu keinginan untuk membelikan mereka smartphone pribadi sebelum mereka memasuki usia yang dirasa cukup bisa mengendalikan keinginan berinteraksi dengan benda digital agar tidak berlebihan. Karena jika semakin dilarang, maka rasa keingintahuan anak akan tumbuh semakin besar.


Bersama langit musik, kita bisa memanfaatkan sebagai media belajarnya. Di dalamnya terdapat berbagai musik yang bisa digunakan mengajari anak untuk mengenal ragamnya dunia. Karena ada beraneka lagu yang cocok untuk anak-anak dan semua bisa kita peroleh di aplikasi ini. Mulai dari lagu anak nusantara, lagu-lagu daerah, lagu religi, lagu wajib, dan sebagainya. Saya rasa ini sangat pas digunakan untuk media belajar bersama si kecil. Mengapa saya gunakan musik sebagai salah satu media belajar? Karena dengan musik, saya rasa belajar akan lebih bermakna dan menyenangkan bagi anak-anak. Perlu diingat bahwa musik tidak hanya berfungsi sebagai alat penghibur, namun juga bisa digunakan untuk alat menumbuhkan rasa cinta tanah air, belajar tata krama, dan memperdalam keagaamaan. Sehingga diharapkan kelak akan tumbuhlah generasi penerus bangsa yang lebih nasionalis, religius, cinta budaya Indonesia, cerdas, juga mempunyai adat ketimuran atau sopan santun.


Di sisi lain, mereka juga bisa belajar berbagai bahasa asing melalui musik. Bukankah lebih mudah menghafalkan lirik lagu daripada menghafal teks yang panjang? Dengan adanya musik-musik mancanegara yang ada di aplikasi Langit Musik, saya juga berharap kelak bisa membantu memperlancar pengucapan berbahasa asing dan memperkaya kosa kata mereka. Sangat bermanfaat bukan?


Tidak hanya sebagai soundtrack kehidupan Anda secara pribadi, di dalam kegiatan sehari-hari pun Anda juga bisa memanfaatkan musik sebagai soundtrack kehidupan si kecil. Misalnya saat bangun pagi, musik bisa digunakan sebagai alat untuk membujuk dia agar mau beranjak dari tempat tidur dan mandi pagi. Pada waktu bermain sendirian, juga bisa diselingi musik sebagai media belajar untuk menambah kosa katanya. Pun demikian untuk mengajari dia berbagai hal termasuk dalam bidang keagamaan. Karena anak saya sangat suka bermain alat musik pukul, saya memanfaatkan lagu-lagu hadrah dan qasidah anak-anak sebagai pengiringnya. Lihatlah betapa lucu dan menggemaskan tingkahnya ketika mendengar berbagai jenis musik. Anda bisa menyaksikan video amatir singkat yang memaparkan bagaimana memanfaatkan aplikasi Langit Musik untuk media belajar anak saya. Di video ini ada suara musik dari Langit Musik di smartphone, barangkali kurang terdengar, Anda bisa menambah volumenya. (Maklum, video amatir heheeee)


Apa saja keunggulan fitur Langit Musik?

Setiap pilihan pasti memiliki alasan, simak penjelasan saya tentang fitur-fitur yang bisa menjadikan Langit Musik sebagai aplikasi referensi pilihan Anda untuk sang buah hati.
  1. Langit Musik merupakan layanan musik legal persembahan dari Telkomsel yang bekerjasama dengan PT MelOn Indonesia. Di dalamnya tersedia 6 juta lebih pilihan koleksi lagu lokal dan internasional yang bisa Anda nikmati secara streaming ataupun offline. Karena legal, Anda tentu dilarang menggunakan Langit Musik untuk mendownload, mengcopy dan menyimpannya (misalnya di SD Card smartphone), memperbanyak, mengedit, maupun untuk tujuan komersil. Pada intinya, kita belajar mendidik generasi penerus agar menghargai karya orang lain dengan menggunakan produk yang sudah legal seperti Langit Musik.

    Kebijakan Privasi, Syarat & Ketentuan Penggunaan
  2. Langit Musik memungkinkan Anda membuat playlist (daftar putar) favorit dan membagikannya ke teman-teman pengguna aplikasi yang sama. Anda bisa memanfaatkan fitur ini untuk mendaftar lagu-lagu sesuai kesukaan Anda dan kebutuhan belajar si kecil. Bahkan Anda bisa membagikan lagu melalui media sosial Facebook dan Twitter. Karena aplikasi ini sudah terhubung dengan keduanya.
    Daftar putar buatan saya
  3. Anda bisa memilih menjadi member freemium (gratis) ataupun premium (berbayar 6 ribu untuk mingguan dan 22 ribu untuk bulanan). Hal yang menjadi pembeda terletak pada tarif, offline play, pemutaran lagu, dan iklan di dalam aplikasi. Perhatikan tabel berikut agar lebih jelas.
    Tabel Perbandingan Feature Langit Musik Freemium dan Premium
  4. Begitu membuka aplikasi, Anda bisa langsung menjelajah lagu rekomendasi dari Langit Musik berdasarkan lagu yang pernah Anda putar. Selain itu, Anda juga bisa mencari berdasarkan lagu terbaru, lagu yang sedang top, dan artis yang sedang top. Jika Anda sedang memiliki suasana hati tertentu, Anda juga bisa mencari musik yang sesuai dengan mood Anda waktu itu. Atau, Anda suka terhadap suatu aliran musik? Di sini juga tersedia pencarian lagu berdasarkan aliran musiknya. Jelasnya, aplikasi ini sangat cocok untuk memenuhi kebutuhan musik di segala perasaan, waktu, juga usia.
    Tampilan awal Aplikasi Langit Musik
  5. Jika belum menemukan lagu yang Anda maksud, Anda bisa mencarinya dengan menggunakan kata kunci tertentu misalnya judul lagunya di kolom menu "cari". Mulai dari lagu daerah, lagu anak-anak, lagu religi, lagu dewasa, lagu berbahasa Indonesia, berbahasa Inggris, bahkan soundtrack film dan drama Korea kegemaran para wanita pun juga ada (asalkan sudah ada lisensinya ya).
    Cari lagu di kolom "cari"
  6. Membuka menu #Tagstation, Anda akan disuguhi playlist pilihan terbaik dari Langit Musik. Belum puas hanya dengan playlist pilihan terbaik? Tenang, di sini bahkan Anda juga bisa melihat daftar lagu yang sedang top di seluruh wilayah provinsi di Indonesia. Dari mana lagu yang sedang top ini berasal? Jawabannya dari pemetaan berdasarkan streaming terbanyak di setiap daerah.
  7. Salah satu menu yang paling sering saya kunjungi adalah menu "LaguKu". Karena di sini terdapat daftar lagu yang pernah saya mainkan, lagu yang tersimpan untuk offline play, juga daftar putar "Media Belajar" Anak yang saya buatkan khusus untuk anak saya. Ada lagi submenu following yang berisi daftar putar yang telah saya ikuti. Jadi menu ini sangat memudahkan saya untuk mencari lagu-lagu kesayangan.
    Submenu Laguku
  8. Anda tidak perlu khawatir tidak bisa bernyanyi atau mengajari bernyanyi si kecil dengan alasan tidak hafal lirik. Karena tersedia lirik di aplikasi ini ketika Anda memutar lagu. Fitur ini sangat membantu kita yang ingin bernyanyi meskipun tidak hafal lirik lagunya. Dimana letak lirik lagunya dan bagaimana cara memunculkannya? Cukup ikuti petunjuk di bawah ini.
    Cara memunculkan lirik lagu
  9. Bebas kuota dan bisa streaming walaupun pulsa Anda nol rupiah. Namun jika Anda memiliki kuota internet reguler juga pulsa, lalu tidak ingin kuota dan pulsa terpotong, ada syarat dan ketentuan yang berlaku. Apa saja syarat dan ketentuannya?

    Syarat dan ketentuan freekuota streaming Langit Musik sepuasnya

  10. Berada di jaringan internet terluas dan terpercaya yang bisa menjangkau seluruh pelosok wilayah Indonesia, Telkomsel. Jadi Anda tak perlu khawatir tidak bisa streaming meskipun berada di wilayah pedesaan terpencil. Sangat saya rekomendasikan untuk Anda yang bekerja dan ditugaskan di daerah 3T (terdepan, terluar, tertinggal). Simak juga cerita saya tentang hebatnya jaringan Telkomsel di sini.

Kritik dan Saran yang Saya Berikan untuk Aplikasi Langit Musik

Ibarat tak ada gading yang tak retak. Sesempurna-sempurnanya buatan manusia pastilah ada kelemahannya. Demikian pula dengan aplikasi Langit Musik ini. Namun bukan berarti kekurangan tersebut menjadi nilai minus, tetapi lebih kepada pemanfaatannya sebagai masukan agar ditingkatkan lagi menjadi lebih mantab.
Pertama, tidak adanya pilihan tema dan penggantian latar belakang layar yang bisa diterapkan di aplikasi. Jadi aplikasi ini terkesan kurang ada seni desainnya dan terlalu monoton dengan warna itu-itu saja. Coba ada pilihan penggantian warna berupa tema pasti akan tampak lebih hidup dan sedap dipandang mata. Senang bukan, apabila latar belakang bisa diganti sesuai warna selera kita? Lebih bagus lagi seandainya bisa diselipkan latar belakang berupa foto dari album pribadi kita. Ini akan membantu menunjukkan identitas kepemilikan.

Kedua, hilangnya musik yang telah disimpan untuk didengarkan secara offline apabila kita keluar dari aplikasi atau melakukan install ulang. Bagi saya ini cukup membuat repot karena harus mengulang lagi mencari lagu-lagu yang saya sukai dan biasa saya gunakan. Harapan saya ke depannya, supaya ada fitur penyimpanan (back up) yang lebih sempurna pada aplikasi terutama untuk musik yang sudah disimpan secara offline. Agar pengguna aplikasi tidak bekerja dua kali misalnya ada kejadian harus menginstall ulang aplikasi Langit Musik.

Ketiga, kurang jelasnya informasi di website Langit Musik menjadikan ada pembaca (termasuk saya) mengira bahwa "streaming freekuota" yang dimaksud adalah menggunakan kuota internet reguler, padahal tidak demikian. Setelah saya lakukan uji coba streaming menggunakan kuota internet reguler, kuota tetap berkurang meskipun tidak ada penggunaan aplikasi lainnya. Namun ketika saya membeli paket kuota musikmax 20 ribu rupiah melalui *363#, kuota jadi tetap (freekuota) saat saya streaming. Itu pun saya harus menginstall ulang aplikasi dan login kembali setelah kuota musikmax masuk. Sebab jika dilanjutkan streaming sebelum diinstal ulang maka aplikasi tidak akan bisa tersambung ke server. Selain itu, streaming freekuota juga baru benar-benar dapat dinikmati ketika pulsa Anda berada di angka nol rupiah alias tidak ada pulsa sama sekali. Nah, yang satu ini sangat menguntungkan bagi Anda yang jarang mengisi pulsa namun tetap ingin menikmati musik sepuasnya di smartphone. Semoga penjelasan ini dijadikan koreksi lebih lanjut untuk memperjelas dan melengkapi informasi di website Langit Musik. lebih top lagi apabila ada bentuk tanya jawab sebagai tambahan informasinya di website nanti.
Kuota internet reguler berkurang 10 Mb dalam waktu 2 menit pemakaian aplikasi Langit Musik
Kuota internet reguler dan musikmax tidak berkurang selama pemakaian setelah saya membeli paket kuota musikmax

Akhirnya pembaca sekalian, sampai di sini dahulu review tentang aplikasi Langit Musik dari saya. Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca tulisan ini. Semoga ke depannya, Langit Musik bisa bermetamorfosis menjadi aplikasi musik pilihan yang semakin sempurna dan semakin melangit sehingga banyak pengguna yang dibuat terbang bersamanya.
http://www.langitmusik.co.id/promo_detail/314



”Postingan blog ini diikutsertakan dalam Lomba Blog Review Aplikasi Langit Musik kerjasama Langit Musik dan Warung Blogger”
Aminnatul Widyana Mom of 2 kiddos/ Ahmad Rahman Budiman's wife/ teacher/ blogger

0 Response to "MELANGITKAN IMAJINASI ANAK BERSAMA LANGIT MUSIK"

Post a Comment

Terima kasih sudah singgah di blog amiwidya.com.
Saya persilakan menambahkan komentar untuk melengkapi postingan blog di atas.
Semoga bermanfaat & menginspirasi buat semua...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel