Manfaat Meditasi untuk Kaum Wanita

 

manfaat meditasi
Gambar oleh pixabay


Wanita dikenal sebagai makhluk yang cenderung melibatkan emosi dalam mengatasi segala hal. Sehingga menjadikan wanita memiliki kestabilan emosi lebih rendah dibandingkan laki-laki. Apalagi jika terjadi perubahan hormon di setiap bulan, atau sedang dalam kondisi hamil. Wanita akan cenderung lebih mengedepankan emosinya daripada akalnya.

Oleh karenanya, wanita sangat rentan terkena stress. Kondisi tersebut disebabkan karena dia merasa cemas dan overthinking, sampai-sampai menjadikannya susah tidur baik tidur siang maupun malam hari.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi permasalahan akibat emosi ini. Salah satunya adalah dengan melakukan meditasi. Meditasi adalah salah satu bentuk teknik relaksasi yang dilakukan dengan cara melatih konsentrasi dan fokus pikiran untuk mendapatkan perasaan tenang dan damai. Aktivitas ini dapat dilakukan dengan cara yang mudah dan dalam waktu yang relatif singkat. Sehingga tidak akan mengganggu rutinitas sehari-hari.

Manfaat meditasi bisa disimak dalam beberapa uraian berikut ini.

1. Meredakan stress, gangguan kecemasan, dan depresi

Hormon endorfin yang berperan penting dalam mengelola stress bisa dihasilkan saat melakukan meditasi. Selain itu, meditasi juga dipercaya dapat menurunkan kadar hormon kortisol yang tinggi saat sedang merasa tertekan dan stres. Rutin melakukan meditasi dipercaya dapat mengatasi masalah pada kesehatan mental. Selain itu, meditasi bisa mengurangi rasa cemas dan gelisah yang berlebihan, sehingga dapat mengurangi risiko terjadinya depresi.

2. Mengendalikan emosi

Melakukan meditasi secara rutin juga dapat membuat Anda merasa lebih tenang, bahagia, dan berpikir positif. Anda juga bisa melakukan meditasi untuk melepas penat dan jenuh selepas bekerja. Dengan demikian, emosi dalam diri Anda akan lebih terkendali dan tidak mudah meledak.

3. Menjaga tekanan darah agar tetap stabil

Stres berlebihan bisa menyebabkan tekanan darah meningkat, sehingga menyebabkan jantung bekerja lebih keras. Kondisi ini bisa menyebabkan terjadinya berbagai masalah pada jantung dan pembuluh darah, seperti serangan jantung dan stroke. Meditasi dapat membuat Anda lebih tenang, sehingga tekanan darah pun akan menjadi lebih stabil.

4. Mengatasi insomnia atau susah tidur

Hormon endorfin yang dihasilkan setelah meditasi juga dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak. Hasilnya, insomnia bisa teratasi.

5. Membuat otot lebih rileks

Karena perasaan lebih tenang dan bahagia, maka otot tubuh juga akan lebih rileks. Dengan demikian, rasa nyeri dan capai tubuh akan berkurang.

6. Menjaga kesehatan tubuh

Kondisi yang bahagia, dipercaya bisa meningkatkan imunitas atau daya tahan tubuh seseorang. Sebaliknya, kondisi stress, cemas, depresi, dan susah tidur, dapat membuat sakit tubuh. Maka dari itu, meditasi dipercaya bisa menjaga kesehatan tubuh seseorang. Karena tekanan darah dan jantung yang stabil, serta ketenangan pikiran yang diperoleh setelah meditasi.

7. Meningkatkan konsentrasi

Selain beberapa manfaat yang telah dibahas di atas, masih ada manfaat lainnya dari melakukan meditasi, yaitu untuk meningkatkan konsentrasi. Setelah ketenangan, kebahagiaan, dan rasa rileks didapatkan, Anda pasti akan lebih mudah untuk berkonsentrasi dalam segala hal.

Nah, setelah membaca beberapa paragraf di atas, apakah Anda berminat untuk melakukan meditasi? Atau membutuhkan bantuan psikolog? Tak perlu khawatir, karena di zaman sekarang, segalanya terasa lebih mudah. Karena kita bisa melakukan berbagai hal dari rumah, termasuk meditasi. Dengan bantuan aplikasi Riliv di https://riliv.co/, Anda bisa berkonsultasi dengan psikolog ahli secara online. Anda juga bisa menikmati meditasi dari rumah, ditemani suara hujan, cerita tidur, dan musik pengantar tidur.



Aminnatul Widyana Mom of 2 kiddos/ Ahmad Rahman Budiman's wife/ teacher/ blogger

0 Response to "Manfaat Meditasi untuk Kaum Wanita"

Post a Comment

Terima kasih sudah singgah di blog amiwidya.com.
Saya persilakan menambahkan komentar untuk melengkapi postingan blog di atas.
Semoga bermanfaat & menginspirasi buat semua...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel