Cara Aman Mendapatkan Kredit Online

 

kredit online
Gambar oleh pixabay

Seiring perkembangan zaman, mengajukan kredit tak cuma bisa dilakukan secara offline. Akan tetapi, kini kita juga bisa mengajukan kredit secara online. Bahkan, pengajuan kredit online dirasa lebih mudah daripada pengajuan kredit offline. Alasannya, karena kredit online tak memerlukan persyaratan yang terlalu banyak seperti proses pengajuan kredit secara offline di bank.

Kredit online kian digandrungi masyarakat, karena prosesnya pun lumayan cepat. Hanya dalam hitungan kurang dari seminggu biasanya sudah cair dananya. Bahkan bisa dilakukan hanya dari genggaman tangan. Tak perlu kemana-mana, uang sudah bisa didapatkan.

Meskipun semudah itu mendapatkan uang dari proses kredit online, kita tetap harus waspada. Karena banyak penyedia jasa kredit online yang abal-abal dan belum terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan atau OJK. Penyedia jasa kredit online semacam ini yang sering meresahkan masyarakat. Karena tagihan bunga yang sangat tinggi, dan cara penagihannya cenderung meneror konsumen.


Cara Aman Mendapatkan Kredit Online

Ada beberapa cara yang bisa ditempuh agar mendapatkan kredit online yang aman, di antaranya:

1. Meminjam pada penyedia jasa kredit online yang sudah resmi terdaftar di OJK

Dengan cara ini, konsumen bisa terlindungi dari efek negatif pinjaman ilegal. Pinjaman resmi yang terdaftar OJK sudah pasti mengikuti peraturan yang bertujuan melindungi konsumen. 

2. Tersedia customer service yang mudah dihubungi

Penyedia jasa kredit online ilegal biasanya tidak memiliki layanan konsumen yang jelas. Karena keberadaan mereka ilegal, jadi identitasnya cenderung ditutup-tutupi. Informasi yang disebarkan kepada konsumen pun kurang terbuka.

3. Pahami betul syarat dan ketentuan perjanjian kredit online sebelum kita setujui

Surat perjanjian ini bisa bervariasi, mulai dari yang simpel, dengan jangka waktu pendek, sampai yang cukup rumit dengan jangka waktu lebih panjang. Isi perjanjiannya pasti berbeda. Ada baiknya dipelajari dahulu sebelum disetujui.

4. Mengajukan kredit sesuai dengan kemampuan

Sebelum mengajukan permintaan kredit online, sebaiknya ditimbang-timbang dahulu sampai sejauh mana kemampuan kita dalam membayar cicilannya kelak. Jangan sampai pengajuan kredit online yang dimaksudkan untuk membantu keuangan, tetapi karena kesalahan kita dalam menakar kemampuan, malah menjadikan kondisi keuangan semakin memburuk.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan kredit online secara aman.


Tunaiku Aman untuk Pengajuan Kredit Online

Sampai di sini ada satu aplikasi kredit online yang bisa saya rekomendasikan, yaitu Tunaiku. Apa itu Tunaiku? Tunaiku merupakan salah satu situs pinjaman online pertama di Indonesia dan sudah berdiri sejak tahun 2014. Tunaiku sendiri adalah salah satu produk dari Amar Bank, salah satu institusi finansial berbentuk bank resmi di Indonesia yang sudah beroperasi pada tahun 1991. Tunaiku juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. 

Persyaratan untuk mengajukan kredit online di Tunaiku sangatlah mudah. Apa saja? Bisa dipelajari dari poin-poin berikut ini:

  • Calon nasabah diharapkan merupakan Warga Negara Indonesia atau (WNI) yang berdomisili atau tinggal di wilayah layanan Tunaiku yaitu: Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Gresik, Sidoarjo, Surabaya, Medan, Palembang, Pekanbaru, Makassar dan Denpasar
  • Umur calon nasabah 21 – 55 tahun pada saat pengajuan kredit online.
  • Calon nasabah online Tunaiku diharapkan minimal mempunyai penghasilan tetap per bulan atau bisa dibilang pekerja tetap.
  • Nasabah Tunaiku diwajibkan mempunyai rekening bank Indonesia yang aktif pada saat pengajuan kredit tanpa tanpa agunan online di Tunaiku
Oh iya, suku bunga di Tunaiku cukup bersaing, yaitu antara 2% - 5% per bulan. Sehingga menghasilkan cicilan ringan yang sesuai dengan kemampuan serta tidak memberatkan nasabah. Cicilannya mulai dari 2 juta hingga 20 juta dan tenornya lumayan panjang, mulai 6 – 20 bulan

Itulah beberapa persyaratan dan kemudahan yang bisa digunakan untuk mengajukan kredit online di Tunaiku. Demikian artikel singkat dari saya, semoga bermanfaat...

Aminnatul Widyana Mom of 2 kiddos/ Ahmad Rahman Budiman's wife/ teacher/ blogger

11 Responses to "Cara Aman Mendapatkan Kredit Online"

  1. Di masa pandemi ini, tentu banyak yg butuh support produk2 keuangan.
    Memang harus bijak untuk memanfaatkan produk FinTech ini ya Mbaaa

    ReplyDelete
  2. Tunaiku sangat membantu asalkan peminjam punya kalkulasi bagaimana cara mencicilnya
    dibanding via bank yang njlimet , lama dan belum tentu diacc

    ReplyDelete
  3. Paham betul syaratnya ini nih yang menurutku paling penting. Jangan sampai kita nggak teliti sebelum mengajukan kredit online, eh, pas di belakang hari ada apa-apa jadi merasa menyesal sendiri.

    ReplyDelete
  4. Iya betul sekali, pasti ketika ingin mengakses aplikasi berbasis kekuangan selalu melihat, apakah telah dilindungi OJK atau blm, makasih mbak atas rekomendasi kreditnya

    ReplyDelete
  5. Sekarang makin banyak dan makin mudah ya untuk pengajuan kredit secara online, kuncinya ada pada diri kita harus bijak dalam menggunakan. Jangan sampai nanti saat waktunya mengangsur nggak ada duit.

    ReplyDelete
  6. Harus bijak banget sebelum pakai produknya, ya. Pastikan memang kebutuhannya sangat urgent, tempat minjemnya aman, dan kita udah baca semua syarat dan ketentuan sebelum pinjamannya diproses.

    ReplyDelete
  7. Jadi begini ya mengenali kredit online yang sesuai OJK. Biar aman dan nggak tertipu lintah darat online.

    ReplyDelete
  8. Kredit online ini memang semakin mudah untuk digunakan ya. Tapi harus tetap bijak juga menggunakan dan memperhatikan persyaratannya biar tidak terjebak dengan utangnya. Tunaiku ini sepertinya cukup aman karena berada di bawah pengawasan OJK

    ReplyDelete
  9. Mencari yang aman itu menyenangkan dan bikin hati tenang.
    Walau yang namanya kredit, semoga dengan perhitungan yang benar, semua masalah keuangan bisa teratasi dengan baik.

    ReplyDelete
  10. Saya agak takut namanya kredit. Apalagi di masa Pendemi ini. Banyak kemudahan pinjaman atau kredit. Kudu ekstra perhatian syarat2nya. Di samping itu kita harus tahu apakah terdaftar di OJK atau tidak. Bijak sebelum ambil keputusan.

    ReplyDelete
  11. Serem juga ya kalau kena pinjol. Seperti yang pernah viral di Twitter waktu itu. Tetangga, saudara sampai teman-teman ikutan kena tagihan debt colector. Penting banget milih penyedia pinjaman yang udah dapet sertifikasi OJK ya mba

    ReplyDelete
Terima kasih sudah singgah di blog amiwidya.com.
Saya persilakan menambahkan komentar untuk melengkapi postingan blog di atas.
Semoga bermanfaat & menginspirasi buat semua...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel