Tips Memilih Softlens

Softlens atau yang biasa disebut dengan lensa kontak, merupakan bagian dari aksesori penunjang penampilan sekaligus benda penolong bagi yang memiliki cacat mata seperti mata minus. Karena memakai softlens, bisa mengubah warna bola mata agar sesuai dengan fashion yang sedang dikenakan saat itu. Memakai softlens juga membuat pemakainya terbebas dari kacamata. Sehingga tak perlu risau dengan kondisi kacamata yang kadang berembun. Pengguna pun bisa lebih bebas beraktivitas ketika menggunakan softlens.

Apalagi di musim pandemi sekarang ini, sebagai penyandang mata minus, aku benar-benar merasakan ribetnya memakai kacamata. Maunya memakai lensa kontak saja, supaya tak lagi bingung dengan pandangan yang kabur. Disaat kacamata mulai berembun terkena uap napas yang terhembus melalui sela-sela masker. Di situ aku benar-benar membutuhkan softlens.

tips memilih softlens
Gambar oleh Pixabay


Perhatikan Hal Berikut Sebelum Membeli Softlens

Banyak sekali merk softlens yang beredar di pasaran. Tapi bagi pemakai sofltens, tak bisa asal-asalan membeli merk softlens. Ada beberapa kriteria yang harus diperhatikan. Karena pemakaian softlens yang tidak cocok di mata, akan menyebabkan iritasi kemerahan pada mata penggunanya. Apa saja hal yang perlu diperhatikan?

1. Bahan dasar

Ada beragam bahan dasar yang dapat digunakan untuk membuat softlens. Pertama ada RGP atau Rigid Gas Permeable, atau yang biasa disebut dengan semi-hardlens. Softlens yang terbuat dari RGP ini bentuk fisiknya keras dan kaku, sehingga tingkat kenyamanannya pun rendah. 

Kedua ada lensa kontak berbahan HEMA (Hydroxyethylmethacrylate), merupakan jenis yang paling banyak digunakan saat ini. Tampilan fisiknya lembut dan lentur sehingga lensa kontak ini cukup nyaman digunakan. Ketiga ada lensa kontak Silicone Hydrogel. Lensa kontak SiHy bisa dibilang seperti perpaduan dari keunggulan RGP dengan kelebihan pada HEMA. 

2. Kadar air

Selain bahan dasarnya, kadar air yang terkandung dalam lensa kontak juga harus diperhatikan. Kadar air yang rendah cenderung membuat mata terasa kering. Apalagi kalau dipakai dalam waktu yang lama oleh mata sensitif. Diperlukan lensa kontak dengan kadar air yng cukup tinggi agar mata tetap terasa lembab.

3. Desain

Desain tak kalah penting untuk dipertimbangkan sebelum memutuskan membeli softlens. Pemilihan desain bisa disesuaikan dengan warna kulit, warna baju, atau acara yang akan dihadiri. Bahkan corak warnanya pun bisa dipilih sesuai dengan kepentingan penggunanya.

4. Perlindungan dari sinar matahari/UV Blocking

Lensa kontak yang mampu melindungi mata dari sinar matahari, akan membuat mata tetap terasa dingin dan segar. Meskipun penggunanya beraktivitas di luar ruangan seharian, mata akan tetap terasa nyaman. 

5. Masa pakai 

Sebelum memakai softlens, perlu diteliti masa pakainya. Karena masa pakai softlens itu berbeda-beda. Ada yang hanya berlaku satu hari, dua minggu, satu bulan, tiga bulan, enam bulan, bahkan satu tahun. Maka dari itu, sesuaikan dengan tingkat kebutuhan sebelum membelinya. Kira-kira akan dipakai berapa lama lensa kontaknya? Oh iya, setiap masa pakai lensa kontak pasti ada kelebihan dan kekurangannya. Itu juga perlu dipertimbangkan sebelum membelinya.

6. Kemampuan menyerap oksigen (Dk/t)

Satu hal yang terakhir dan perlu diperhatikan sebelum membeli lensa kontak yaitu kemampuannya dalam hal menyerap oksigen. Ada produk yang mampu menyerap oksigen dalam jumlah besar, ada pula yang tidak. Kemampuan lensa kontak untuk menyerap oksigen ini juga bisa mempengaruhi kesehatan mata loh. Makanya, perlu diperiksa terlebih dahulu sebelum membeli lensa kontak.


Miacare CONFiDENCE, No. 1 Healthy and Charming Softlens in the world

Tak diragukan lagi, Miacare merupakan ahlinya Silicone Hydrogel (SiHy) Softlens. Karena kemampuan sirkulasi/penyerapan Oksigennya yang sangat baik. Oxygen Transmissibilty: DK/t 193 menjadi tertinggi di DUNIA, untuk CONFiDENCE Monthly (Flash). Sedangkan untuk CONFiDENCE Daily (Shimmer) mencapai DK/t 151, dan menjadi tertinggi pada kelasnya. Kemampuan ini membuatnya nyaman dipakai lebih dari 8 jam

Softlens tersehat dan alami ini, memberi jaminan dalam pemakaian lebih aman serta Ultra-Comfortable terutama jika akan dipakai dalam waktu yang lama. Tidak perlu khawatir akan mata kering, karena softlens ini memastikan agar sirkulasi udara untuk mata tetap ada dan menjaga pandangan tetap bersih dan jernih.

Miacare CONFiDENCE Shimmer (daily) tersedia 3 pilihan warna, Ocean Blue, Pearl Grey, Hazel Nude. Pemberian warna bukan dengan cat, melainkan dotting, atau titik-titik halus dan diposisikan pada lapisan tengah (3 layer) sehingga aman untuk mata. Sehingga menjadikannya sebagai softlens paling sehat dan meningkatkan pesona melalui pandangan mata setiap orang yang memakainya. Miacare CONFiDENCE juga merupakan satu-satunya softlens berwarna Silicone Hydrogel.

Softlens warna SiHy ini  memiliki nilai tambahan, dari Teknologi baru, Eautrasil™ Techonolgy. Teknologi EautraSil merupakan formula yang dapat melindungi dari sinar UV. Pemberian warna juga dengan teknologi titik halus, sehingga warna lebih natural dan kualitas pandangan tetap jernih. Selain itu, teknologi ini juga dapat meminimalisir masalah alergi atau iritasi pada mata.

Untuk deskripsi lensa kontak Miacare CONFiDENCE, bisa diamati dari poin-poin di bawah ini.

miacare
miacare

Itulah tips yang bisa kuberikan dan rekomendasi yang bisa dipilih untuk membeli softlens paling sehat dan cantik alami. Semoga bermanfaat....


 





Aminnatul Widyana Mom of 2 kiddos/ Ahmad Rahman Budiman's wife/ teacher/ blogger

31 Responses to "Tips Memilih Softlens"

  1. Mba sebagai orang yang belum pernah pakai softlens ini bisa berapa kali pakai ya untuk satu buah nya?

    ReplyDelete
  2. Kadar air harus diperhatikan dalam memilih soft lens dan ada juga pengetahuan lain. Saya lihat di salon2 kecil ada yang menawarkan soft lens untuk kecantikan, semoga memperhatikan hal ini.

    ReplyDelete
  3. Jujur ya aku tuh belum pernah pakai softlens, takut aja gitu. Soalnya pernah ada berita seorang wanita matanya lengket karena memakai softlens saat tidur. Ngeri kan. Tapi kalau tahu tipsnya begini, jadi mengurangi ketakutan pakai softlens.

    ReplyDelete
  4. Sebenernya aku termasuk orang yg parno pakai softlens karena takut iritasi, tapi sekarang malah penasaran pengen coba SiHy dari Miacare kayanya nyaman ya dipakai seharian

    ReplyDelete
  5. mbak ini bisa buat mata minus sampai brp minusnya ya? aq da lama g pake soflens, karena minusku terlalu tinggi

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa sampai minus belasan mbak.

      Kerabat saya ada yang minus 15, minus 10 dll

      mereka pakai softlens karena malu kalau pakai kaca mata

      kan tebel gitu. jadi menakutkan ^^

      Delete
  6. pemilihan softlens yang tepat berpengaruh sekali pada kesehatan mata dan kenyamanan penggunanya

    ReplyDelete
  7. pemilihan softlen sangat berpengaruh pada kesehatan mata, sama halnya seperti pemilihan kaca mata (+) atau kaca mata (-) itu harus diperiksa dulu sebelum membeli

    ReplyDelete
  8. ah iya, baca ini jadi ingat klo da lama g pakai soflens
    emang klo pilih softlens nggak bisa sembarangan ya mbak
    ada beberapa hal yang harus diperhatikan

    ReplyDelete
  9. Harus detail dan jeli/teliti banget kalo mau beli softlens ya
    jangan sampe tertipu harga murah, tapi kualitas produk abal2
    kasian mata kita ye kan

    ReplyDelete
  10. Aku baru tahu brand ini. Ada yang clear dan punya ukuran minus, enggak?

    ReplyDelete
  11. mba ini helpfull sekali postingannya terutama buat aku yang gak pernah pakai softlens jadi ngerti banyak sekali pertimbangan yang harus kita tahu yah sebelum pakai softlens dan Miacare CONFiDENCE boleh juga nih rekomendasinya

    ReplyDelete
  12. Saya masih takut untuk pakai softlens. Tetapi, kalau suatu saat tertarik, artikel begini pasti akan saya baca lagi. Karena untuk mata, gak mau sembarangan

    ReplyDelete
  13. Temenku paling suka pakai soft lens, dan dia beneran rajin banget plus teliti kalau nyimpan softlens. Kalau harga confidence berapaan nih, mungkin bisa aku rekomen ke temenku, coraknya bisa dipakai daily nih

    ReplyDelete
  14. Wah Bener,
    Milih Softlen jangan Asal,
    Karena itu diletakkan di Mata kita yang Amat Berharga 🌹🌹🌹

    Pilihlah yang Berkualitas dan juga Aman 🤗

    ReplyDelete
  15. Rekomendasinya oke nih Teh, terlebih lagi sudah aman dan baik penyerapan oksigennya, agar kesehatan mata tetap terjaga

    ReplyDelete
  16. Sebagai pengguna kacamata minus, aku ngerasain banget ribetnya kalo kacamata berembun kena uap napas dari sela-sela masker. Tapi sampe sekarang belum berani pake softlense.

    ReplyDelete
  17. Wah makasih mbak, aku belum pernah makai softlens, maju mundur mau nyobain khawatir gak telaten hehe
    Baru tahu ternyata kudu pilih yg punya kemampuan menyerap oksigen ya TFS tipsnya

    ReplyDelete
  18. Saya dulu pernah pakai softlens karena nggak mau kelopak mata bertambah cembung karena kelamaan pakai kacamata. Memang bikin kita lebih percaya diri dan praktis nggak perlu kacamata.
    Namun saya kurang higienis dalam perawatan dan pemakaiannya sehingga akhirnya lensa kontak saya berjamur dan bikin mata saya pedih. Belum lagi ribetnya saat memasang dan melepasnya.
    Akhirnya saya putuskan untuk tidak memakai lensa kontak lagi.

    ReplyDelete
  19. Aku juga termasuk orang yang sering pake softlense gitu kak, kalau pake softlense suka ada yg oerih bgt gitu kenapa ya kak..

    Ini miacare berapa harganya

    ReplyDelete
  20. BAgi yang menggunakan softlens mungkin bisa jadi referensi untuk tips pemilihanny ada nanti tidak terjadi hal-hal yang bisa membuat mata tidak nyaman

    ReplyDelete
  21. Aku tipe orang yg tkut bgt sih pake softlense, soalnya kaya lebih milih pake kacamata wlwpun softlense minus gtu. Cuma kadang kalo lg ada acara2 gitu kan suka disuruh pake softlense hehe. Jd tipsnya ngebantu bgttt sih.

    ReplyDelete
  22. Aku sama sekali belum pernah pakai softlens. Kelipan aja gak nyaman, apalagi pakai. Belum bisa bayangin. Ternyata kalau mau pakai ya kudu tahu ini itunya, gak bisa sembarangan

    ReplyDelete
  23. aku termasuk yang belum berani pakai soft lense. lebih suka pakai kacamata aja nih haha mungkin karena aku nggak terlalu telaten yaa

    ReplyDelete
  24. Jujur mba, baru tahu kalau softlens itu punya expired date. Maklum belum pernah pakai, sebatas tahu dan sering lihat warna-warnanya yang bikin tampilan mata cantik sehingga menyatu sama make upnya. Thanks infonya ya mba

    ReplyDelete
  25. aku beberapa kali pernah pakai softlens untuk berbagai keperluan tapi dulu itu nggak terlalu memperhatikan masa pakai softlensnya jadi kupakai terus meski sudah lewat masanya. heu

    ReplyDelete
  26. Informatif banget, kak...
    Karena aku selama ini memakai softlense hanya karena penunjang penampilan, kalau engga, pakai kacamata biasa.
    Kagum sama temen-temenku yang betah pakai softlense. Mungkin sudah bertemu yang nyaman seperti Miacare CONFiDENCE.

    ReplyDelete
  27. Ya ampun udah lama banget ngga pakai softlens. Terakhir pakai waktu kuliah hahaha. Kadang2 kangen, bisa lihat duniaa tanpa dibatasi bingkai eaa

    ReplyDelete
  28. pakai soflens ini nggak hanya menunjang penampilan ya mbak, tapi juga bisa membantu pengelihatan, seperti memakai kacamata
    dan tentunya, saat milih soflens nggak bisa sembarangan, harus cek bahannya

    ReplyDelete
  29. Saya gak berani pakai softlense, takut ntr kecilok.. apalagi mata saya silindris 😅

    ReplyDelete
  30. Sebenarnya aku belum pernah pakai softlens. Tapi dulu waktu masih pacalan sama doi, dia itu pingin banget aku coba pakai softlens. Ya.. emang nggak keturutan juga sih sampai sekarang udah jadi suami istri. Hahaha.

    AKunya masih agak takut gitu, walau kadang pingin mencoba.
    Miacare ini terkenal merk yang bagusssss.

    ReplyDelete
Terima kasih sudah singgah di blog amiwidya.com.
Saya persilakan menambahkan komentar untuk melengkapi postingan blog di atas.
Semoga bermanfaat & menginspirasi buat semua...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel