Cara Membedakan Gejala Hamil Muda dan Gejala Akan Haid

Gejala hamil muda dengan gejala haid memang memiliki tanda-tanda yang sangat mirip. Mulai dari payudara yang mengencang, hingga kram perut yang dirasakan. Sehingga akan sulit bagi Anda untuk bisa membedakannya. Terutama Anda yang baru pertama kali merasakan hamil. Tetapi perbedaan gejala dapat bervariasi antara satu wanita dengan yang lainnya. Maka dari itu, dalam artikel kali ini akan membahas tentang cara membedakan antara tanda hamil muda dan gejala akan haid.

Gambar oleh pixabay

Mual Muntah (Morning Sickness) Merupakan Ciri Hamil

Morning sickness yang merupakan salah satu tanda awal kehamilan yang paling klasik dan jelas menjamin Anda sedang hamil. Mual juga dapat mulai dari tiga minggu setelah pembuahan. Tetapi, tidak semua wanita mengalami morning sickness yang terjadi setiap saat sepanjang hari. Jika Anda sedang menstruasi, maka tidak akan mengalami mual atau muntah seperti orang yang sedang hamil muda.

Nyeri Payudara Yang Berlangsung Lama adalah Tanda Hamil

Apabila payudara yang semakin membengkak dan terasa nyeri merupakan tanda-tanda hamil. Payudara terasa padat, terutama di sisi terluar, lalu Anda juga mengalami sensasi payudara yang terasa penuh, sesak, disertai oleh rasa nyeri dan berat. 

Keluhan ini juga hanya muncul tepat sebelum menstruari, dan berhenti di hari pertama menstruasi atau selama periode haid. Tentunya selama awal kehamilan, payudara mungkin akan terasa sakit, sensitif, atau juga keras saat disentuh dan kedua payudara juga mungkin terasa lebih padat dan lebih berat. 

Ciri-ciri ini merupakan pembengkakan yang biasanya akan terjadi satu hingga dua minggu setelah Anda mengalami pembuahan, dan juga dapat berlangsung cukup lama akibat lonjakan tingkat progesteron dalam tubuh untuk mendukung kehamilan. Selain itu juga, beberapa wanita juga memiliki nyeri payudara yang berlangsung sepanjang masa kehamilan mereka.

Ngidam yang Aneh-aneh Bisa Jadi Merupakan Tanda Hamil

Saat Anda mengalami haid, mungkin Anda menyadari bahwa akan cenderung makan makanan yang manis atau asin seperti coklat, keripik kentang, atau juga gorengan. Anda juga mungkin memiliki selera makan yang besar. Beda halnya dengan ngidam ibu hamil yang ditandai dengan keinginan dan kebutuhan akan kombinasi makanan yang biasanya Anda makan. Bisa juga mendambakan makanan yang jarang dikonsumsi atau tidak pernah Anda inginkan sebelumnya. Selain itu, Anda benar-benar tidak tertarik pada beberapa makanan atau memiliki keengganan untuk bau dan selera tertentu. Dikarenakan ngidam merupakan gejala halus, sangat penting untuk memperhatikan tanda-tanda lain sebelum benar-benar yakin.

Kram Perut Yang Berlangsung Lama Adalah Tanda Anda akan Menstruasi

Ada sebagian wanita mengalami kram satu atau dua hari sebelum menstruasi datang, namun kram perut juga bisa terjadi selama masa implantasi embrio. Kram perut merupakan tanda menstruasi. Anda bisa juga mengalami dismenore (kram akibat kejang otot rahim yang terjadi 24-48 jam sebelum menstruasi). Pada umumnya kram menstruasi terasa seolah perut bawah anda diperas sesekali yang diikuti oleh nyeri punggung. 

Kram perut juga bisa disebabkan oleh implantasi embrio yang pada umumnya terasa lebih ringan dari pada kram perut yang biasa Anda alami selama haid. Banyak wanita yang mengatakan bahwa nyeri yang berpusat lebih di satu sisi dari yang lainnya. Pada intinya, jika Anda mengalami kram yang intens dan berlangsung lebih dari satu hari, itu kemungkinan bahwa Anda sedang mengalami haid.

 

Aminnatul Widyana Mom of 2 kiddos/ Ahmad Rahman Budiman's wife/ teacher/ blogger

0 Response to "Cara Membedakan Gejala Hamil Muda dan Gejala Akan Haid "

Post a Comment

Terima kasih sudah singgah di blog amiwidya.com.
Saya persilakan menambahkan komentar untuk melengkapi postingan blog di atas.
Semoga bermanfaat & menginspirasi buat semua...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel