LOMBA BLOG GURUINOVATIF.ID

LOMBA BLOG GURUINOVATIF.ID
LOMBA BLOG GURUINOVATIF.ID

Jenis-jenis Pembukuan Keuangan Untuk Bisnis Startup

pembukuan keuangan sederhana
Gambar oleh freepik


Pembukuan keuangan sederhana untuk bisnis startup dan perusahaan besar sebenarnya memiliki fungsi yang sama. Pembukuan sama-sama berfungsi sebagai media untuk memantau perkembangan keuangan, menilai rencana, serta melihat proses yang sudah dilakukan.

Pembukuan dan laporan keuangan menjadi kewajiban sebagai bentuk pertanggungjawaban kepada pihak lain yang berkepentingan. Terdapat beberapa jenis pembukuan keuangan yang bisa digunakan oleh bisnis startup, sebagai berikut.

Jenis-jenis Pembukuan Sederhana


Pembukuan Pemasukan


Dalam pembukaan ini, anda perlu mencatat setiap uang yang masuk ke bisnis startup anda. Dalam hal ini, usahakan setiap pemasukan dicatat secara teratur setiap harinya. Dengan pencatatan secara teratur, pada akhir bulan anda bisa mengetahui berapa jumlah keuntungan yang didapatkan.

Pembukuan Pengeluaran


Dalam pembukuan ini berisi tentang setiap pengeluaran yang sudah dilakukan oleh bisnis star  up yang anda jalankan. Usahakan setiap pengeluaran dicatat dengan rinci baik pengeluaran dalam nominal yang besar maupun kecil.

Pembukuan Aliran Kas


Sesuai dengan namanya, aliran kas adalah pembukuan yang berisi tentang catatan setiap hal yang berkaitan dengan kas perusahaan. kas bagi perusahaan adalah salah satu aset  yang menentukan likuiditas perusahaan. Dengan begitu pastikan pembukuan ini dilakukan secara benar dan teliti serta lakukan pengawasan dan kontrol yang rutin karena sifatnya yang restricted.

Pembukuan Persediaan


Persediaan atau stok merupakan salah satu penentu bagi berlangsungnya penjualan suatu bisnis. Dengan begitu penting untuk membuat pembukuan keuangan sederhana dalam persediaan barang agar anda tidak kekurangan bahan baku dan juga menimbun terlalu banyak. Pastikan anda melakukan pencatatan setiap kali terjadi penambahan atau pengurangan bahan baku operasional usaha anda.

Pembukuan Investasi Barang


Dalam pembukuan ini berisi tentang catatan setiap aset perusahaan yang anda miliki. Dalam pembuatan pembukuan ini pastikan setiap barang atau aset yang dibeli kemudian catat juga pada buku pengeluaran. Hal itu dikarenakan saat anda membeli aset, maka terjadi pengeluaran keuangan sehingga harus seimbang antara jumlah investasi dan catatan pengeluaran untuk membeli investasi.

Pembukuan Laba Rugi


Dalam pembukuan laba rugi ini berbeda dengan pembukuan laporan keuangan karena buku laba rugi lebih sederhana dibandingkan laporan keuangan. namun secara isi, sebenarnya sama yaitu berisi tentang unsur pendapatan dan beban yang ditanggung dalam periode tertentu.

Bagi pelaku usaha yang sedang memulai bisnis startup, beberapa jenis pembukuan di atas justru membuat pembukuan keuangan terlihat semakin rumit. Namun anda tidak perlu khawatir karena untuk proses pencatatan pembukuan tersebut anda bisa menggunakan aplikasi BukuKas. Aplikasi pembukuan tersebut banyak digunakan oleh perintis usaha sebagai buku warung, buku dagang dan lain sebagainya.

BukuKas memiliki fitur yang beragam mulai dari pencatatan keuangan, transaksi, piutang dan lain sebagianya. dengan banyaknya pengguna aplikasi ini membuktikan bahwa proses pembuatan pembukuan keuangan sederhana dapat dilakukan dengan cara yang praktis dan mudah. 

 

Aminnatul Widyana Mom of 2 kiddos/ Ahmad Rahman Budiman's wife/ teacher/ blogger

0 Response to "Jenis-jenis Pembukuan Keuangan Untuk Bisnis Startup"

Post a Comment

Terima kasih sudah singgah di blog amiwidya.com.
Saya persilakan menambahkan komentar untuk melengkapi postingan blog di atas.
Semoga bermanfaat & menginspirasi buat semua...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel