Penyembuhan Luka Setelah Operasi

Gambar oleh freepik

Sebelum mengetahui bagaimana cara agar luka cepat kering ada baiknya mengetahui beberapa faktor apa saja  Adapun ada beberapa faktor yang mempengaruhi penyembuhan luka, diantaranya faktor hygiene pasien, faktor gizi, dan faktor penyakit penyerta. Penting bagi pasien pasca operasi menjaga kebersihan daerah luka dan sekitarnya. Apabila luka ditutup dengan perban anti air, maka pasien diharuskan saat mandi untuk membersihkan daerah sekitar luka, namun jika perban yang digunakan bukan anti air, maka pertimbangkan untuk menutupinya dengan plastik agar tidak basah. Umumnya luka di daerah kulit akan menutup kembali dalam 3-7 hari. Artinya setelah 7 hari, seharusnya jahitan sudah dapat dilepas dan luka tidak perlu ditutup dengan kasa lagi. 

Pentingnya Protein untuk Penyembuhan Luka Operasi

Sepertiy telah disebutkan di atas, dalam proses pembangunan jaringan baru, dibutuhkan protein. Sama seperti membangun sebuah rumah, jika Anda hanya menyusun bata untuk dinding rumah tanpa direkatkan menggunakan semen, maka saat angin bertiup kencang batu bata tersebut akan jatuh berserakan. Demikian pula dengan jaringan baru yang terbentuk tanpa disertai dengan asupan protein yang cukup. Pada pasien-pasien yang mendapatkan pantangan tidak boleh makan daging, ikan, dan telur setelah operasi, seringkali didapati luka operasi lebih lama sembuhnya. Oleh karena itu penting untuk mengonsumsi protein yang cukup setelah operasi, seperti daging, ikan dan telur, kecuali jika alergi dengan bahan makanan tersebut.

Anda dapat menggantinya dengan protein nabati, seperti tahu dan tempe. Selain itu, perlu diketahui pula penyakit penyerta yang mungkin dapat mengganggu proses penyembuhan, seperti darah tinggi, kencing manis, dan anemia. Apabila tidak diatasi, maka seringkali luka tidak dapat menyembuh dengan baik. Ingat, demam, nyeri, pembengkakan, dan keluarnya cairan adalah tanda gangguan penyembuhan luka. Segeralah kembali ke dokter Anda jika menemukan salah satu tanda tersebut. Selain itu, mobilisasi aktif juga diperlukan untuk mempercepat hilangnya nyeri dan penyembuhan luka, jadi jangan malas bergerak, agar Luka lama sembuh karena operasi.

Aminnatul Widyana Mom of 2 kiddos/ Ahmad Rahman Budiman's wife/ teacher/ blogger

0 Response to "Penyembuhan Luka Setelah Operasi"

Post a Comment

Terima kasih sudah singgah di blog amiwidya.com.
Saya persilakan menambahkan komentar untuk melengkapi postingan blog di atas.
Semoga bermanfaat & menginspirasi buat semua...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel