Featured Post

Katalog Warna untuk Menentukan Cat Rumah

Rekomendasi Game Edukasi Anak


game edukasi anak
Pict by Freepik

Siapa sih yang tidak menginginkan anak tumbuh sehat, aktif, dan lincah? Semua orang tua tentu menginginkannya. Anak bisa tumbuh sehat, aktif, dan lincah melalui proses pembelajaran bersama dengan permainan. Game edukasi anak sangat direkomendasikan bersama orang tua. Dengan melakukan hal tersebut bersama anak, diharapkan anak-anak bisa tumbuh dan berkembang menjadi lebih baik.

Peran orang tua bagi proses tumbuh kembang anak-anak sangatlah penting. Ada beragam cara yang bisa dipraktikkan dalam proses pengasuhan anak. Edukasi dengan menggunakan permainan misalnya. Anda bisa mengajak anak bermain sekaligus belajar untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik. Permainan yang melibatkan fisik dan otak anak akan lebih baik untuk perkembangan mereka. Ini dia rekomendasi game edukasi anak yang cocok untuk Anda mainkan bersama mereka.

1. Bermain Tebak Huruf

Salah satu rekomendasi permainan yang bisa anda berikan yaitu tebak huruf. Mengapa permainan yang satu ini? Karena, dengan melakukan permainan tebak huruf akan membantu dalam memberikan edukasi pengenalan huruf bagi anak.

Pemberian edukasi melalui tebak huruf sangat mudah untuk dilakukan. Caranya yaitu, cobalah untuk menggambar sebuah huruf pada sebuah kertas. Anda bisa menggunakan kertas berwarna dan spidol berwarna-warni. Kemudian, anak bisa diajarkan untuk menebak huruf tersebut. Jika anak Anda belum bisa menebak, maka jangan disalahkan. Melainkan, berikan jawaban yang tepat. Lakukan dengan huruf-huruf yang lainnya. Agar lebih menarik, Anda bisa membuat huruf yang berbeda warna. Dijamin, anak akan menyukai hal yang satu ini!

2. Bermain Puzzle

Anak-anak masih sangat tertarik dengan hal yang berkaitan dengan warna. Salah satunya yaitu bermain puzzle. Permainan puzzle ini memungkinkan anak untuk mengembangkan daya imajinasi yang lebih tinggi. Karena, anak-anak berpotensi untuk mengembangkan daya imajinasi agar lebih luas. Dengan bermain puzzle, diharapkan mereka bisa meningkatkan hal tersebut.

Permainan puzzle yang diberikan bisa disesuaikan tingkat kesulitannya dengan usia anak. Cobalah untuk memilih puzzle yang terdapat gambar binatang maupun tumbuhan bagi anak-anak balita. Pertama-tama, Anda bisa memasangkan terlebih dahulu puzzle tersebut sebagai contoh. Jika sudah, maka acak kembali puzzle. Lalu, pasangkan sesuai pada tempatnya bersama dengan anak. Pada mulanya, anak masih perlu bimbingan untuk menyusun puzzle. Lama-kelamaan, anak akan hafal tata letaknya. Permainan ini berguna untuk membuat pertumbuhan otak agar menjadi lebih kreatif.

3. Bermain Outbound

Aktivitas outbound yang menantang memang dapat melatih anak untuk menjadi lebih pemberani, percaya diri dan tangkas. Selain itu, sistem motorik anak juga akan berkembang dengan cepat. Begitu banyak permainan outbound yang bisa dilakukan. Tentunya, Anda bisa memilih permainan yang sesuai dengan usia dan fisik anak-anak. Karena permainan dalam outbound berhubungan langsung dengan fisik, dan berbahaya jika mereka bermain permainan yang tidak sesuai dengan usia dan batasan fisik mereka.

Pada saat bermain outbound, orang tua harus selalu mendampingi mereka. Hal ini untuk berjaga-jaga apabila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Misalnya terjatuh, terkilir, dan tidak bisa meneruskan permainan karena ketakutan. Di sinilah peran orang tua agar menolong mereka dengan sigap.

4. Bermain Tebak Benda

Tidak semua anak mengenal dengan baik benda-benda yang ada di sekitar mereka. Ada beberapa benda yang biasanya tidak diketahui namanya. Pengenalan nama benda sejak dini akan sangat membantu anak untuk mengenal nama benda tersebut. Anak akan menjadi lebih paham dengan lingkungan sekitar.

Selain memperkenalkan namanya, Anda juga harus menunjukkan kegunaannya. Jangan sampai anak Anda dalam bahaya akibat tidak memahami fungsi dari suatu benda.

Caranya cukup mudah, Anda tinggal menunjukkan benda-benda di sekitar, dan meminta anak-anak menyebutkan namanya beserta kegunaannya. Atau bisa juga sebaliknya. Anda sebutkan nama dan kegunaannya lebih dahulu. Lalu mintalah anak Anda untuk menunjukkan bendanya

Bagaimana, sekarang Anda sudah paham bukan mengenai game edukasi anak? Jadi, jangan sampai Anda tidak memahami dengan benar mengenai hal ini. Sudah saatnya, orangtua dituntut untuk menjadi lebih baik lagi. So, tunggu apa lagi? Coba sekarang juga!

0 Response to "Rekomendasi Game Edukasi Anak"

Post a Comment

Terima kasih sudah singgah di blog amiwidya.com.
Saya persilakan menambahkan komentar untuk melengkapi postingan blog di atas.
Semoga bermanfaat & menginspirasi buat semua...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel