Featured Post

Katalog Warna untuk Menentukan Cat Rumah

Cara Cermat Mengelola Keuangan Rumah Tangga

asuransi jiwa
Gambar oleh pixabay

Sebagai seorang ibu rumah tangga di zaman yang sudah canggih dan modern, sudah pasti tantangannya semakin besar. Terutama terkait dengan pengelolaan keuangan di dalam rumah tangga. Karena kalau zaman dulu kebutuhan pokok rumah tangga hanya seputar makanan pokok, baju layak pakai, dan rumah sederhana.

Berbeda dengan zaman sekarang, untuk makanan pokok saja orang bisa memilih dari bahan-bahan yang berkualitas tinggi maupun yang biasa. Belum lagi trend fashion yang selalu berubah setiap tahunnya. Ditambah lagi beragam pendidikan bergenre apapun yang bisa dipilih anak-anak sesuai kemampuan anggaran orangtuanya. Mudahnya lagi, apapun bisa didapatkan hanya melalui genggaman. Terutama untuk berbelanja dan menghabiskan uang. Kini tidak perlu keluar rumah, kegiatan yang satu ini sudah bisa dilakukan.

Godaan untuk mengeluarkan uang bagi para wanita, saya rasa memang sangat besar. Diperlukan control yang luar biasa dari dalam diri maupun dari luar, yaitu lingkungan. Kalau para ibu rumah tangga tidak memiliki kemampuan yang andal dalam mengelola keuangan rumah tangga, bisa saja keuangan jadi hancur. Padahal seharusnya dalam keadaan yang baik-baik saja kalau bisa mengaturnya.

Nggak mau kan, kalau kondisi keuangan rumah tangga kita hancur berantakan? Akibat dari amburadulnya kondisi keuangan bisa berdampak hebat bagi seluruh anggota keluarga. Banyak sekali contoh keluarga yang awalnya mesra, lalu tiba-tiba menjadi hancur gara-gara kondisi keuangan yangt rusak. Kalau kita benar-benar sayang dengan anggota keluarga kita, sudah sepatutnya kita menjaga kondisi keuangan rumah tangga, bukan?

Oleh karena alasan tersebut, saya selalu berdoa agar dijauhkan dari rusaknya kondisi keuangan rumah tangga. Tak lupa saya juga berusaha untuk mengatur baik-baik keuangan rumah tangga saya. Mulai dari melaksanakan anjuran agama, mengisi tabungan di pos-pos tertentu, investasi di berbagai bidang baik riil maupun nonriil, hingga mengikuti asuransi jiwa.

Pentingnya Asuransi Jiwa

Sebagian orang menganggap asuransi jiwa sebagai hal sepele, sehingga keberadaannya tidak bisa dimasukkan dalam daftar perencanaan keuangan rumah tangga. Namun sebagian lagi menganggap asuransi jiwa termasuk salah satu hal penting yang harus dilakukan demi masa depan sekeluarga.
Lalu apa pentingnya asuransi jiwa?

1. Sebagai jaminan masa depan jika ada suatu hal tak terduga yang terjadi

Namanya hidup manusia tidak ada yang tahu bagaimana kondisinya dari hari ke hari. Untuk itulah keberadaan asuransi jiwa. Asuransi jiwa yang akan memastikan keuangan dan cita-cita masa depan keluarga akan baik-baik saja. Meskipun hal tak terduga atau sesuatu terjadi kepada poros utama keuangan keluarga.

2. Uang kecil untuk uang besar

Bagaimana maksudnya? Ibaratnya obat nyamuk yang kita beli, gunanya untuk berjaga-jaga kalau ada nyamuk di sekitar kita. Kalau kita membeli obat nyamuk ini di waktu 10 tahun mendatang, otomatis harganya akan jauh lebih mahal. Makanya, kita mempersiapkan dari sekarang.

3. Bukti cinta untuk keluarga tersayang

Asuransi jiwa itu bukan hanya untuk diri sendiri. Tetapi untuk masa depan dan cita-cita dari orang yang kita sayangi. Dengan asuransi jiwa, berarti kita sudah mempersiapkan dana untuk masa depan mereka.

Belajar dari Mama Tentang Asuransi Jiwa

Mama saya juga seorang ibu rumah tangga. Saya sendiri sebagai putri sulung. Seorang anak sulung, biasanya juga berperan sebagai media belajar seorang mama baru dalam mengatur segala sesuatu tentang rumah tangga. Termasuk di dalamnya belajar mengelola keuangan rumah tangga. Pada waktu saya lahir, mama masih belum berpikiran untuk mengikuti asuransi jiwa. Jadi belum ada tabungan khusus untuk masa depan masing-masing anggota di keluarga saya.

Hasilnya? Ya sering gali lubang tutup lubang. Apalagi pada saat mama tak lagi bekerja, kondisi keuangan seakan terasa semakin sulit. Makanya, kini saya juga berinisiatif untuk mendaftarkan diri di Asuransi Astra Life.

Apa itu Asuransi Astra Life? 

Yaitu, perusahaan asuransi jiwa di Indonesia yang percaya bahwa perlindungan asuransi harus mengikuti analogi trampolin yang dapat membuat orang melompat lebih tinggi untuk mencapai impian dan tujuan mereka tanpa ada rasa takut gagal. Produk yang ada di Asuransi Astra Life ini berupa Flexi Life dan Flexi Critical Illnes.

Flexi Life adalah asuransi jiwa murni yang dimana uang pertanggungan dan preminya bisa ditentukan oleh nasabahnya sendiri dan memiliki kelebihan berupa:

Gambar oleh ilovelife

  1. Satu polis seumur hidup
  2. Cukup bayar sesuai risiko saat ini atau usia saat mendaftar. Misalnya, orang usia muda biasanya memiliki risiko yang lebih kecil dibanding dengan orang berusia tua. Sehingga premi bisa dibayar lebih murah dan disesuaikan dengan risiko hidup setiap tahunnya. Polis bisa otomatis diperpanjang hingga usia 85 tahun
  3. Asuransi jiwa yang fleksibel, karena kita dapat mengubah premi secara online sesuai kebutuhan dan kemampuan kita, misalnya bulan ini bayar Rp 500.000/bulan namun karena bulan depan harus mengeluarkan dana untuk renovasi  kamar tidur anak, jadi premi  yang saya bayarkan bisa diturunkan jadi Rp 200.000,-
  4. Pembayaran premi dapat dilakukan secara per-bulan atau per-tahun
  5. Perlindungan hingga 5 milyar tanpa cek medis
  6. Tanpa biaya komisi
  7. Jangka waktu produk (durasi masa berlaku) adalah 1 tahun
  8. Untuk detail dan informasi produk, bisa dilihat di https://www.youtube.com/watch?v=YWDWzwlc-Dw

Selain itu, Astra Life juga memiliki produk Flexi Critical Illness, produk ini  merupakan asuransi penyakit kritis yang bisa kita atur sendiri dan cukup bayar sesuai risiko saat ini. Flexi Critical Illness bisa melindungi kita dari risiko 3+1 penyakit kritis yang paling sering dialami. Di antaranya yaitu:

  • Perlindungan stroke, jantung, kanker, dan kanker tahap awal 
  • Komitmen tahunan & otomatis diperpanjang hingga usia 85 tahun
  • Perlindungan hingga 2 milyar tanpa cek medis 
  • Premi efisien karena sesuai risiko setiap tahun

Setelah mempelajari berbagai keuntungan di atas, saat ini saya mencoba mendaftarkan diri saya di salah satu produk Asuransi Astra Life, yaitu Flexi Life. Caranya sangat mudah. Kita tinggal mengisi data di website https://ilovelife.co.id/. Bagi Anda yang ingin turut serta mencoba asuransi yang satu ini, bisa menggunakan kode referral dari saya: BLOGAMINNATUL95. Atau bisa menghubungi saya langsung melalui kontak blog di bawah kalau bingung dengan tata cara registrasinya.

0 Response to "Cara Cermat Mengelola Keuangan Rumah Tangga"

Post a Comment

Terima kasih sudah singgah di blog amiwidya.com.
Saya persilakan menambahkan komentar untuk melengkapi postingan blog di atas.
Semoga bermanfaat & menginspirasi buat semua...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel