Manfaat Habiskan Akhir Pekan dengan Berwisata Alam

Pict by ef.co.id

Bingung ingin menghabiskan waktu liburan akhir pekan Anda kemana? Tak ada salahnya sekali-kali mengunjungi obyek wisata alam terkenal yang ada di Sumatera Selatan yaitu Danau Ranau. Namanya mungkin masih asing bagi sebagian orang, tidak setenar Danau Toba. Namun untuk masalah obyek wisata yang ada disini, dijamin tidak akan mengecewakan Anda. Apalagi bagi yang gemar travelling menikmati keindahan pemandangan alam. Danau Ranau ini adalah salah satu pilihan terbaik untuk masyarakat Sumatera.

Danau yang satu ini memiliki luas 125,9 km persegi. Air yang ada di danau tersebut masih benar-benar jernih dan juga begitu segar, sehingga sangat cocok untuk melepas stres. Belum lagi jika melihat pemandangan alam yang ada di sekitarnya. Sekelilingnya masih didominasi dengan keberadaan sawah, tebing hingga perbukitan yang sangat memanjakan mata. Danau Ranau dimana? Tepatnya berada di Lampung, Sumsel.

Sebenarnya, ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan dengan travelling ke alam, diantaranya adalah:

1. Sebagai sarana untuk menghilangkan stres
Terlalu sering berkutat dengan pekerjaan, sangat rentan dengan stress. Apalagi kalau di tempat kerja Anda mengalami beragam masalah yang tak kunjung habis. Bahkan, pekerjaan ini kerap kali membuat jenuh, sehingga berisiko pula terkena depresi. Dengan travelling khususnya ke alam, nantinya bisa sedikit melepas penat tersebut. Pada akhirnya, dapat mengurangi risiko terkena gangguan mental.

2. Membantu untuk meningkatkan konsentrasi.
Ternyata berinteraksi dengan alam akan membuat otak beristirahat sejenak. Relaksasi akan dirasakan otak dan tubuh kita. Efeknya pun sangat bagus untuk meningkatkan perhatian atau konsentrasi. Dengan demikian, kita bisa kembali fresh ketika masuk kerja nanti.

3. Meningkatkan sistem imun
Wisata ke alam ternyata juga berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Karena terkadang mau tidak mau membuat Anda harus ikut beraktivitas seperti berjalan. Olahraga ini sangat bagus untuk membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh.

4. Meningkatkan mood
Melihat pemandangan alam yang begitu hijau, udara yang segar dan masih bersih ini sangat bagus untuk mengembalikan mood. Sehingga selepas travelling nantinya Anda akan memiliki semangat baru untuk melakukan aktivitas sehari-hari lagi.

5. Mendekatkan diri dengan Sang Pencipta
Mengagumi dan menikmati ciptaan Tuhan, bisa membuat Anda berpikiran lebih terbuka akan kebesaranNya dalam menciptakan alam semesta. Dengan begitu, Anda akan merasa lebih bersyukur dan lebih dekat denganNya.

Maka dari itu, tak ada salahnya bukan jika sekali-kali Anda travelling ke alam. Baik itu gunung, danau ataupun pantai agar bisa mendapatkan 5 manfaat menakjubkan di atas.

Aminnatul Widyana Mom of 2 kiddos/ Ahmad Rahman Budiman's wife/ teacher/ blogger

1 Response to "Manfaat Habiskan Akhir Pekan dengan Berwisata Alam"

  1. memang sangat menyenangkan menghabiskan waktu akhir pekan dengan berwisata alam mengunjungi tempat - tempat yang eksotis yang tuhan cipatakan, namun selama pandemi covid 19 ini kita di paksa berdiam diri di rumah saja dan di paksa menggunakan waktu se produktif mungkin dengan segala keterbatasan yang di anjurkan.

    ReplyDelete
Terima kasih sudah singgah di blog amiwidya.com.
Saya persilakan menambahkan komentar untuk melengkapi postingan blog di atas.
Semoga bermanfaat & menginspirasi buat semua...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel