Featured Post

Pakai Veet, dan Nikmati #BeAConfidentYou

Pertolongan Pertama pada Luka Bakar

Pertolongan Pertama pada Luka Bakar
Pict by shutterstock

Bahaya selalu ada di mana-mana. Apalagi di saat mobilitas tinggi seperti beberapa saat yang lalu, ketika lebaran dan musim mudik ke kampung halaman. Tingkat kecelakaan pun meningkat, terutama di rumah, toko, dan gudang yang ditinggal pemiliknya mudik. Sehingga tidak ada penjaga di dalamnya. Sempat terdengar beberapa kabar buruk kalau terjadi kebakaran di tempat-tempat tersebut. Penyebabnya tak lain karena konsleting listrik yang lupa tidak diputus oleh pemiliknya ketika meninggalkan rumah dan bangunan dalam keadaan kosong.

Oleh karenanya, kali ini saya ingin membahas bagaimana pertolongan pertama yang harus dilakukan ketika terjadi bencana kebakaran di suatu tempat. Dengan pengetahuan ini, diharapkan kita bisa menolong sesama ketika terjadi kebakaran mendadak di suatu tempat. Namun sebelumnya, pastikan Anda memiliki kemampuan yang mumpuni juga sebelum Anda nekat menolong para korban.

Kejadian yang lebih sederhana adalah terkena knalpot sepeda motor sewaktu mudik. Karena knalpot yang panas serta kondisi kendaraan yang berjubel sesama pemudik, bisa jadi Anda kesulitan untuk mengatasinya. Namun, Anda harus tetap tenang seandainya tidak sengaja terkena knalpot sepeda motor di sebelah Anda.

Apabila kejadian itu spontan terjadi, sudah sepantasnya Anda langsung mengambil tindakan sementara. Anda perlu mengetahui treatment yang harus Anda lakukan. Salah satunya Anda bisa minggir dahulu, dan memberi obat luka bakar kena knalpot, atau luka bakar karena hal lainnya. Berikut adalah beberapa hal yang harus Anda lakukan sebelum ke rumah sakit.

Hal Pertama dalam Mengatasi Luka Bakar

1. Menjauhkan korban/diri Anda dari sumber api
Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menjauhkan korban dari api atau benda panas tersebut. Apabila Anda atau korban masih berada di dekat api akan ditakutkan hal yang lebih parah dapat terjadi.

2. Mengalirkan air ke luka
Setelah Anda menjauhkan korban dari sumber api, Anda bisa langsung mengalirkan air ke arah luka. Hal ini berfungsi untuk menghentikan pembakaran pada kulit. Ditambah lagi, air juga dapat membersihkan luka.

3. Kompres
Apabila di rumah atau disekitar Anda tidak ada air mengalir, Anda dapat menggunakan kompres. Anda ambil kain atau baju yang ada di sekitar Anda. Setelah itu Anda dapat membasahi kain tersebut dan menaruhnya di luka bakar. Usahakan Anda menaruhnya secara perlahan.

4. Berikan air suhu normal
Jangan memberikan air es, atau kecap dan zat lainnya terhadap luka bakar. Salah satu obat luka bakar kena minyak panas, kena setrikaan panas, dan knalpot adalah dengan mengalirkan air suhu ruangan. Banyak yang mengatakan bahwa dengan menggunakan odol atau kecap akan meminimalisir luka, padahal nyatanya malah sebaliknya.

5. Menghangatkan korban
Setelah melakukan hal yang sudah disebutkan sebelumnya, cobalah untuk menghangatkan. Usahakan korban hangat dengan memakai selimut dan baju yang tebal. Seperti yang Anda ketahui, kulit yang  terkena luka bakar sangat sensitif. Untuk itu, hal ini sangat perlu dilakukan di akhir sesi pertolongan pertama.

Itulah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menolong korban luka bakar. Atau untuk menolong diri Anda sendiri ketika terkena luka bakar ringan pada saat melakukan kegiatan sehari-hari. Semoga bermanfaat...

0 Response to "Pertolongan Pertama pada Luka Bakar"

Post a Comment

Terima kasih sudah singgah di blog amiwidya.com.
Saya persilakan menambahkan komentar untuk melengkapi postingan blog di atas.
Semoga bermanfaat & menginspirasi buat semua...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel