Featured Post

Magic Peach Cream yang Bikin Baper

Mengenal Colocation Server



Apakah Anda sedang membuka usaha di dunia Teknologi Informasi atau IT? Kalau iya, tentu Anda membutuhkan layanan dan bantuan pihak ketiga. Dalam istilah komputer disebut third party. Kadang-kadang, tanpa ada bantuan dari pihak ketiga, bisnis IT susah berjalan. Kadang juga bisa terjadi kendala dalam sistemnya. Karena dunia IT itu sendiri memang rumit dan sudah pasti membutuhkan tenaga ahli di bidangnya.

Di dunia IT sendiri, pasti kita sering mendengar yang namanya server, web, hosting, cloud, dan yang terakhir adalah colocation server. Mungkin sebagian dari Anda masih ada yang belum paham apa itu colocation. Tapi jangan khawatir karena di bawah ini akan diberikan beberapa penjelasan mengenai istilah tersebut.

Di dalam sistem website atau pemograman, colocation sangat erat kaitannya dengan yang namanya data center, rack, cloud computing, internet, dan server. Selain itu, hal ini juga sangat berkaitan dengan IaaS atau dalam artinya lainnya Infrastructure as a Service.

Colocation server sendiri merupakan wadah atau tempat yang dipakai untuk meletakan server yang berada di dalam sebuah pusat data. Kadang-kadang, data center yang digunakan bukanlah milik sendiri tapi milik pihak ketiga yang tidak bisa mengelolanya sendiri.

Namun, ruangan penyimpanan yang berada di data center tidak boleh asal-asalan. Hanya yang memakai standar tertentu yang bisa menyediakan colocation server. Bagi penyedia layanan tersebut, mereka wajib mempunyai gedung atau bangunan yang sudah dilengkapi dengan spesifikasi atau peralatan yang mendukung, seperti pendingin mesin dan ruangan, sistem keamanan dan pencegah kebakaran, serta genset.

Genset merupakan peralatan yang harus dimiliki juga agar saat mati listrik tiba-tiba, listrik cadangan tetap menyala. Mengingat colocation server harus tetap berjalan tanpa henti selama 24 jam. Jika data centernya berhenti, maka seluruh sistem pemograman pun akan kacau dan error. Jika hal ini terjadi, konsekuensinya Anda tidak akan bisa menggunakan layanan web atau pemogramannya.

Bagaimana cara kerja yang memakai layanan colocation? Bagi Anda yang memakai colocation, server milik Anda nanti akan diletakan di data center atau pusat data, lalu bandwidth lokal dan mancanegara akan tersambung ke pusat data tersebut sebagai jaringan komunikasi datanya.

Orang yang boleh menggunakan colocation server tidak hanya perorangan saja, tapi banyak juga perusahaan-perusahaan yang memakainya. Apalagi perusahaan yang bergerak di bidang IT tentu akan sangat membutuhkannya. Tanpa adanya layanan tersebut, perangkat server mereka tidak akan terpenuhi. Akibatnya, bisa menjadi kekacauan sistem operasional bisnis mereka.

Jika tidak menggunakannya dalam waktu dekat, disaster recovery center atau bencana mitigasi bisa kapan saja terjadi. Bagi Anda yang belum memahami server colocation tidak usah khawatir mengenai pemasangannya. Instalasi dapat dilakukan oleh orang yang sudah ahli atau yang terbiasa melakukan pemasangannya.

Biasanya, staff IT lah yang melakukan instalasi, sehingga tidak heran kalau perusahaan banyak yang mencari calon pelamar IT yang berpengalaman dalam dunia server dan data center. Tapi, jika memang tidak ada, pihak penyedia layanan colocation server akan membantunya dalam hal instalasinya. Karena mereka sudah pasti mempunyai staff yang sudah lebih berpengalaman dalam menangani masalah tersebut.

Selain itu, Anda tidak usah repot-repot lagi mengatur servicenya karena mereka juga yang akan melakukannya. Anda hanya perlu mengendalikan sistemnya untuk server dan data center agar tetap berjalan dengan baik.

Bagi Anda yang masih mencari jasa penyedia colocation server, nexdatacenter.com bisa menjadi pilihan terbaik. Tidak diragukan lagi pengalaman mereka karena mereka sudah menjalani bisnis selama lebih dari 10 tahun. Waktu yang sudah sangat lama untuk dipercaya melayani server dan data center Anda.

Data center mereka juga akan sangat gampang ditemukan karena berada di jantung pusat bisnis Jakarta dan beberapa daerah lainnya. Akan sangat membantu sekali dengan memakai layanan mereka karena selalu terbuka selama 24 jam penuh sehingga Anda tidak perlu khawatir jika kendala sistem datang tiba-tiba. Pilih layanan colocation server Anda di nexdatacenter.com. Sistem aman, bisnis juga akan cepat berkembang.



0 Response to "Mengenal Colocation Server"

Post a Comment

Terima kasih sudah singgah di blog amiwidya.com.
Saya persilakan menambahkan komentar untuk melengkapi postingan blog di atas.
Semoga bermanfaat & menginspirasi buat semua...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel