Kalkulator Penghitung Masa Subur



Memiliki buah hati menjadi dambaan setiap keluarga. Alasannya, selain merupakan anugerah yang tak terhingga, juga demi keberlangsungan keturunan keluarga tersebut. Namun tidak semua pasangan dengan mudah mendapatkan apa yang diidamkan tersebut. Yap, tidak semua pasangan dapat memiliki anak dengan cepat. Ada sebagian pasangan yang baru dikaruniai anak dalam kurun waktu yang cukup lama. Bagi Anda yang sudah cukup lama menginginkan anak, memanfaatkan kalkulator masa subur akan sangat membantu Anda dalam menentukan kapan saat yang tepat untuk berhubungan intim dengan suami Anda.

Perhitungan menggunakan sistem kalkulator masa subur seperti ini bukan kali pertama dilakukan. Sebenarnya sistem ini sudah banyak digunakan. Bahkan telah diterapkan oleh para pasangan yang ingin mempercepat proses kehamilan. Kalkulator masa subur merupakan cara yang lebih akurat untuk mengetahui kapan masa subur terjadi. Cara ini juga dapat membantu setiap pasangan agar lebih mudah mengetahui masa suburnya. 

Kalkulator untuk menghitung masa subur wanita ini juga dilengkapi dengan prediksi kapan Anda akan melahirkan. Oh iya, prediksi kalkulator ini hanya saran dari perhitungan teknikal pada umumnya. Terkadang juga terdapat perbedaan dengan kenyataanya.

Selain itu, kalkulator masa subur dapat digunakan untuk sebaliknya apabila Anda belum ingin mempunyai anak. Caranya dengan mengindari berhubungan intim pada saat ovulasi yang terjadi. Karena kemungkinan hamil pada saat ovulasi terjadi sangat tinggi. Sebab kalkulator ini disertai dengan kalender masa subur, dan kondisi Anda akan sangat subur pada hari sebelum dan setelah ovulasi. Sebelumnya perlu diingat, sperma mempunyai daya tahan sampai dengan 7 hari. Jadi terkadang kehamilan tidak terjadi secara langsung pada hari itu juga. 


Masa ovulasi sendiri akan berlangsung 12-14 hari dan dihitung dari hari pertama menstruasi. Sedangkan ideal masa subur wanita terjadi pada hari 10 sampai hari ke 17 sejak hari berakhirnya menstruasi. Tetapi, hal ini belum bisa dijadikan patokan karena siklus menstruasi setiap wanita berbeda-beda. Sehingga, sangat penting bagi Anda untuk membuat catatan khusus mengenai periode dari siklus menstruasi Anda.

Pada umumnya satu siklus menstruasi atau “datang bulan” adalah 28 hari. Sekalipun begitu pada beberapa wanita lamanya dapat bervariasi mulai dari 22 hari hingga 36 hari. Semua ini dipengaruhi oleh berbagai faktor dan banyaknya variable (kegiatan, jenis makanan, kondisi fisik, dan psikis). 

Siklus menstruasi dihitung dari hari pertama terjadi hingga satu hari hari sebelumya menstruasi berikutnya. Sebagai contohnya adalah menstruasi terjadi pada tanggal 1 Oktober 2018 dan menstruasi bulan berikutnya adalah 29 Oktober 2018, berarti siklus menstruasi anda selama 28 hari. Tetapi, apabila menstruasi Anda tidak mempunyai lama siklus yang tepat, ada baiknya Anda mencoba untuk mengamati selama 3 bulan dan mengambil rata-rata siklus menstruasi Anda. 

Secara garis besar, masa subur seorang wanita telah dibedakan menjadi 2 yaitu masa subur puncak dan masa subur biasa. Untuk masa subur puncak ini sendiri terjadi 13 hari setelah hari pertama menstruasi. Sedangkan untuk masa subur biasa adalah 3 hari sebelum masa subur puncak dan 3 hari setelah masa subur puncak. Dimana antara waktu tersebut, pasangan suami istri dapat melakukan hubungan intim untuk mempercepat terjadinnya kehamilan.

Selain itu, secara normal siklus menstruasi terjadi dalam jangka waktu antara 21-35 hari. Dimana saat menstruasi terjadi, maka ovum (sel terlur) wanita akan mulai tumbuh dan berkembang di dalam ovarium (rahim). Pada saat ovum sudah datang, maka ovarium akan melepaskan ovum. Peristiwa ini disebut dengan ovulasi (masa subur). 

Itulah penjelasan tentang kalkulator masa subur, semoga artikel ini dapat bermanfaat.

9 Responses to "Kalkulator Penghitung Masa Subur"

  1. Terima kasih untuk informasinya, mbak. Aku akan lepas IUD, jadi akan pakai KB kalender aja. :)

    ReplyDelete
  2. Aku belum pernah pakai kalkulator ini mba dan penasaran juga buat mencoba menggunakan kalkulator masa subur ini. Jadi memudahkan

    ReplyDelete
  3. Menarik informasinya, akan saya share ke temen temen cewe saya biar lebih ngerti hal seperti ini. salam kenal kak

    ReplyDelete
  4. Aku baru tahu nih ada kalkulator masa subur. Selain bisa digunakan untuk menanti masa subur, bisa juga buat menghindari masa subur. Maksudnya kalau mau pake kb alami kan bisa dengan kb kalender (tau istilah ini dari sepupuku.). Pake kalkulator ini jadi tahu kapan subur atau engganya. hehe.

    ReplyDelete
  5. aku belum pernah pakai kalkulator ini, agak susah sih soalnya siklus menstruasinya gak pernah sama jadi bingung sendiri mba.

    ReplyDelete
  6. Menurutku kalkulator kyk gini penting ya mbak soalnya kadang ada yang gak terllau ngeh kapan masa suburnya. Jd dengan kalkulator ini bia cek secara mandiri, sehingga buat yang ingin KB atau promil bisa lbh akurat :D

    ReplyDelete
  7. Belum pernah pake kalkulator penghitung masa subur gini. Apalagi sampe sekarang belum mens.
    Ngebantu banget nih buat yang mau promil anak laki-laki. Hihi

    ReplyDelete
  8. Dulu awal2 nikah kepoin banget sama berbagai macam aplikasi kalkulator kesubuean kayak gini hihi. Bagus juga buat cek kesehatan kita sih apalagi kalo haid kita ga teratur

    ReplyDelete
  9. Noted, mba. Ini penting banget lho buat diperhatikan hihi, dan aku pribadi seringkali abai soal ini secara aku pake KB alami mba

    ReplyDelete

Terima kasih sudah singgah di blog amiwidya.com.
Saya persilakan menambahkan komentar untuk melengkapi postingan blog di atas.
Semoga bermanfaat & menginspirasi buat semua...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel